5 Efek Samping Jahe Untuk Lambung dan Bahaya Lainnya

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan rempah – rempah yang satu ini. Tidak hanya biasa digunakan untuk bumbu masakan, jahe juga bisa digunakan untuk berbagai macam pengobatan tradisional. Khasiat dari jahe memang terkenal sangat banyak. Dari mulai bisa meredakan masuk angin, meredakan berbagai masalah pencernaan, bahkan sampai menjadi obat anti kanker dan juga sebagai salah satu cara diet dengan jahe.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah mengkonsumsi jahe secara berlebihan juga ternyata memiliki efek samping jahe untuk lambung yang tidak baik. Kesalahan pada saat konsumsi jahe ini malah bisa menimbulkan masalah lain pada lambung dan organ pencernaan lainnya. Beberapa efek samping jahe untuk lambung yang harus kita waspadai diantaranya adalah :

  1. Menimbulkan masalah di pencernaan
    Hal pertama yang menjadi masalah dari efek samping jahe pada lambung ini adalah munculnya masalah gangguan pencernaan pada lambung. Konsumsi jahe selain bisa membuat masalah dengan lambung, juga akan bermasalah dengan mereka yang memiliki masalah dengan radang usus. Mereka yang memiliki masalah radang usus sebaiknya membatasi jumlah konsumsi jahe. Terlalu banyak mengkonsumsi jahe akan menyebabkan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.
  2. Menyebabkan perut kembung
    Mengkonsumsi jahe secara berlebihan juga akan menyebabkan perut menjadi kembung. Peur kembung ini karena terlalu banyak nya produksi gas di dalam perut sehingga membuat perut menjadi kurang nyaman. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya kita membatasi jumlah konsumsi jahe.
  3. Iritasi Lambung
    Efek samping jahe untuk lambung lainnya adalah jika kita mengkonsumsi jahe dalam jumlah yang berlebihan maka bisa juga menyebabkan terjadinya iritasi lambung. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya kita mengkonsumsi jahe sesuai dengan anjuran.
  4. Bisa menimbulkan diare
    Hal lain yang juga berbahaya ketika kita mengkonsumsi jahe dalam jumlah yang berlebihan adalah bisa memimbulkan penyakit diare. Konsumsi jahe dengan jumlah yang berlebihan ini akan menimbulkan masalah pencernaan yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah pada saluran cerna salah satunya adalah munculnya diare.
  5. Pendarahan pada saluran cerna
    Hal berbahaya lain yang juga  bisa berakibat fatal sebagai efek dari mengkonsumsi jahe yang terlalu banyak adalah bisa mengakibatkan pendarahan pada saluran cerna.

Selain terdapat efek samping jahe untuk lambung jika penggunaannya berlebihan dan salah, jahe juga memiliki efeks samping lain yang juga bisa berefek negatif jika kita terlalu berlebihan dalam penggunaan nya. Selain efek samping jahe untuk lambung, beberapa efek samping jahe lainnya dan juga bahaya jahe ketika digunakan pada saat yang salah adalah

  1. Bisa menimbulkan alergi dan iritasi kulit
    Memang dalam beberapa kasus, jahe juga sering digunakan sebagai pengobatan luar. Namun ternyata tidak semua jenis kulit bisa cocok dengan jahe. Ada beberapa jenis kulit yang bisa menjadi alergi bahkan iritasi jika terkena jahe. Jika terkena alergi atau iritasi ini biasanya akan muncul ruam merah pada kulit.
  2. Jahe menjadi berbahaya jika dikonsumsi dengan obat herbal lainnya
    Meskipun ada beberapa obat herbal yang jika digabung bisa menjadi obat yang sangat ampuh, namun dalam kasus ini tidak dengan jahe. Di dalam jahe terdapat kandungan yang jika dikonsumsi dengan obat herbal lainnya justru akan menimbulkan penyakit lain. Penyakit yang bisa ditimbulkan seperti penyakit kandung kemih.
  3. Menyebabkan datang bulan menjadi lebih berat
    Bagi perempuan, konsumsi jahe yang berlebihan juga bisa menyebabkan kondisi lebih berat ketika datang bulan. Efek samping jahe ini seperti munculnya rasa tidak nyaman pada bagian perut.
  4. Jahe tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil
    Bagi ibu yang sedang mengandung sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe. Beberapa aduan menyatakan jika jahe bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Selain itu, jahe juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan pada ibu hamil.
  5. Jahe bisa berbahaya bagi mereka yang mengalam masalah kelainan darah
    Bagi mereka yang memiliki masalah kelainan darah seperti hemofilia, maka mengkonsumsi jahe dengan jumlah yang berlebihan justru bisa berdampak lebih buruk.
  6. Jangan mengkonsumsi jahe ketika sedang mengkonsumsi obat – obatan tertentu dengan rutin
    Jahe juga bisa menjadi berbahaya apabila kita mengkonsumsi jahe dengan obat – obatan lain yang kita konsumsi dengan rutin. Beberapa jenis obat – obatan tersebut seperti obat pengencer darah dan juga jenis obat anti inflamasi nonsteroid.

Itulah beberapa efek samping dan bahaya jika mengkosumsi jahe dengan salah dan berlebihan. Pada dasarnya jahe memang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh dan juga bagi kesehatan jika kita benar ketika mengkonsumsinya. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan seperti membuat tubuh menjadi hangat, sebagai obat alternatif dan herbal seperti menjadi salah satu cara mengatasi flu perut dengan jahe dan juga salah satu cara menghilangkan gas di perut dengan jahe.

Namun jika kita mengkonsumsi jahe dengan cara yang salah maka hal itu juga akan menimbulkan masalah lain. Salah satunya adalah efek samping jahe untuk lambung.

 

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya