5 Cara Menghilangkan Gas di Perut dengan Jahe Paling Mujarab

709

Jahe kita ketahui sebagai rempah berguna dengan segudang khasiat yang mampu menyembuhkan masuk angin hingga menghangatkan tubuh secara alami. Ketika perut terasa penuh oleh gas, maka salah satu langkah terbaik untuk dilakukan adalah mencoba salah satu cara menghilangkan gas di perut dengan jahe sebagai berikut.

  1. Teh Jahe

Jahe adalah rempah dengan kandungan zingibain tinggi yang berfungsi mengurangi gas yang dipicu oleh makanan-makanan yang mengandung protein tinggi. Jadi, tak salah bila Anda mencoba menggunakan jahe sebagai salah satu solusinya, termasuk membuat teh dengan bahan utama jahe.

Caranya: Sediakan seinci jahe yang dipotong lebih dulu dan rebuslah segelas air sambil menambahkan jahe cincang. Setelah direbus beberapa waktu, angkat dari api dan dinginkan lebih dulu. Belum selesai, tambahkan juga air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan larutan siap untuk diminum. Setiap hari, ulangi konsumsi teh jahe agar khasiatnya dapat dirasakan; dapat juga menggunakan madu 1 sendok teh sebagai tambahan.

  1. Minyak Esensial Jahe

Selain jahe adalah rempah yang bisa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat teh jahe, ada pula minyak esensial jahe yang bisa dimanfaatkan. Fungsi dan khasiatnya pun sama seperti jahe rempah yang akan mestimulasi proses pencernaan sekaligus membuat otot-otot halus melemas.

Caranya: Cukup sediakan minyak esensial jahe secukupnya dan juga minyak esensial lain sesuai dengan keinginan atau selera Anda. Campurkan kedua minyak tersebut dengan perbandingan 1:1 yang kemudian bisa dijadikan sebagai obat oles dan pijat. Terapkan langsung ke perut selama beberapa menit dan ulangi pemakaian ketika perut terasa kembali penuh dengan gas dan menyebabkan ketidaknyamanan.

  1. Jahe Kombinasi dengan Daun Ketumbar dan Daun Mint

Jahe sebagai obat untuk gas di perut juga bisa diolah bersama dengan daun mint serta daun ketumbar. Sifat anti-inflamasi di dalam jahe akan membantu mengeluarkan gas dari dalam perut yang menyebabkan rasa tak nyaman yang cukup mengganggu.

Caranya: Sediakan sesendok teh bubuk jahe, lada hitam, biji ketumbar sekaligus daun mint kering. Giling lebih dulu seluruh bahan yang kemudian perlu disimpan di dalam wadah kedap udara. Bila perut dipenuhi gas, konsumsilah dengan cara mengambil sesendok teh campuran ramuan tadi lalu mencampurkannya ke dalam segelas air. Minumlah hingga perut terasa lebih baik.

  1. Jahe dan Lemon

Lemon kita tahu adalah sumber antioksidan selain dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Campuran atau kombinasi dari lemon serta jahe akan membantu meredakan dan mengeluarkan gas yang memenuhi perut secara sederhana.

Caranya: Siapkan 1 inci jahe yang kemudian bisa diparut, lalu hasil parutan tersebut bisa direndam ke dalam sesendok teh air jeruk nipis. Konsumsilah setiap sehabis makan dan ulangi cara ini setiap hari agar perut tak mudah bergas.

  1. Jahe Segar

Selain dapat dikombinasi dengan bahan-bahan alami lainnya, pada dasarnya jahe sendiri bisa digunakan, namun pastikan untuk memakai jahe yang masih dalam kondisi segar.

Caranya: Cukup sediakan 1 inci jahe yang segar dan kemudian parut; konsumsilah setiap sebelum makan dan ulangi cara perawatan ini setiap hari. Sebagai cara alternatif, Anda juga bisa mengambil ekstrak jahe dari parutannya di mana kemudian tambahkan jus jahe berikut gula secukupnya ke dalam segelas air, konsumsilah secara rutin sebelum makan.

Tentu saja cara menghilangkan gas di perut dengan jahe tersebut adalah cara paling alami dan aman, namun juga tak menutup kemungkinan untuk menimbulkan efek samping jahe bila konsumsi berlebihan. Iritasi mulut dan diare adalah contoh efek samping dikarenakan dosis jahe berlebih yang sebaiknya dihindari.