BAB Berbau Busuk – Penyebab dan Cara Mengatasi

2146

Seperti yang diketahui pada umumnya bahwa kotoran manusia yakni tinja mempunyai bau tak sedap. Bukan hanya itu saja, tampilannya pun sangat jauh dari keindahan. Akan tetapi dari bau tinja yang kita cium tersebut belum seberapa. Pasalnya masih banyak lagi BAB berbau busuk yang jauh lebih menyengat, dan hal ini tentu saja ada penyebabnya. Salah satunya adalah masalah kesehatan yang sedang di hadapi oleh seseorang, ketika mendapati aroma tinja jauh dari lumrah.

Menurut gastroenterologist Larry Good, MD, bau yang ditimbulkan oleh tinja dipengaruhi dua hal, yakni makanan yang dikonsumsi dan soal akumulasi bakteri dalam saluran usus. Serta disebutkan juga adanya 10 triliun mikro organisme yang hidup di saluran pencernaan manusia. Misalnya pada saat makanan dengan kandungan serat masuk ke dalam usus. Maka dengan cara melakukan memfertasi, bakteri bisa saja menghasilkan gas yang berbau tak sedap.

Penyebab

Apabila anda menemukan kasus seperti ini, coba perhatikan lagi tentang makanan yang sudah anda konsumsi. Jika ternyata anda hanya mengkonsumsi makanan pada umumnya, bisa jadi keadaan ini di picu oleh kesehatan yang terganggu lainnya. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa menjadikan BAB memiliki aroma yang lebih menyengat jika dibandingkan biasanya.

  • Iritasi Usus

Penyebab dari tinja berbau sangat menyengat adalah terjadinya sindrom iritasi usus. Setiap orang pasti ada yang mengalami kondisi ini, hanya saja tidak diketahui secara jelas. Kemungkinan yang di rasakan hanyalah nyeri di bagian perut atau dada yang aslinya adalah efek dari usus yang luka. Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti ini Anda bisa mengetahui obat infeksi usus berikut.

  • Makanan

Makanan yang anda konsumsi bisa jadi momok utama mengapa BAB Anda berbau sangat menyengat. Diantaranya adalah memakan jenis makanan yang terbilang aneh seperti kerang mentah dalam jumlah banyak seperti jengkol dan sejenisnya.

  • Infeksi Bakteri

Bakteri bisa saja menyerang kapanpun, begitu juga bisa menyerang sistem pencernaan. Hasilnya, ketika ingin membuang air besar adalah timbulnya sembelit, diare, hingga bau tinja tidak sedap dan sejenis gejala perut yang lain. Jika infeksi ini terjadi pada usus Anda, berikut beberapa gejala infeksi usus yang perlu Anda ketahui supaya bisa melakukan penanganan lebih dini.

  • Pendarahan

Saat mengalami masalah pada sistem pembuangan, ada kalanya tinja seseorang di sertai dengan darah. Ini yang di namakan pendarahan pada anus. Darah ini yang menyertakan tinja anda dengan bau yang cukup tidak wajar. Biasanya kejadian seperti ini disebabkan oleh penyebab BAB berdarah berikut.

Dengan melihat penyebab bau BAB menimbulkan aroma sangat menyengat di atas, tentunya anda sudah bisa mewaspadai lebih dini. Minimal jika kejadian ini terjadi pada Anda, segera lakukan pengobatan atau pencegahan agar keadaannya tidak semakin parah.

Cara Mengobati

Pengobatan BAB yang memiliki bau menyengat ini sangat banyak sekali, dan hal ini tergantung kepada anda sendiri sebagai penderitanya. Pasalnya, sistem pembuangan dan sistem pencernaan telah bekerja sama dalam menelan dan membuang makanan yang anda konsumsi sehingga sangat masuk akal apabila penyebab dari feses anda sangat menyengat adalah jenis makanan yang di telan. Makanan sudah mendominasi kondisi ini, jadi ada baiknya mulai saat ini anda memperhatikan pola makan yang sehat.

  1. Atur Makan

Selain mengatur jadwal makan, anda juga perlu menentukan jenis makanan yang hendak di santap. Jangan sampai pilihan menu anda mengawali tinja menjadi berbau sangat menyengat dan tidak sedap. Kalaupun ada beberapa makanan yang memang bisa menimbulkan aroma cukup busuk, minimalkan jumlah konsumsinya.  Pada dasarnya makan dalam jumlah besar memang kurang baik. Dengan menerapkan cara ini, maka Anda juga telah menerapkan salah satu dari cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit ini.

  1. Memeriksakan Keadaan

Saat anda sudah merasa makan dengan menu yang baik, namun tinja masih berbau tidak enak, cobalah untuk melakukan konsultasi ke dokter. Tujuan ini sangat jelas untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Apakah anda baik-baik saja atau sedang sakit. Dengan begini, anda bisa memperoleh resep yang tepat.

  1. Minum Vitamin

Cobalah anda membeli vitamin yang sesuai dengan kondisi ini. Anda bisa memperolehnya dari apotek-apotek. Vitamin sangat di perlukan dalam kondisi apapun, termasuk kondisi normal. Tidak hanya bisa menjadi obat BAB bau busuk saja karena masih ada 10 fungsi vitamin lain yang harus Anda ketahui lebih lanjut.

  1. Suplemen

Mungkin beberapa banyak menganggap suplemen dan vitamin adalah dua komponen sama. Akan tetapi, suplemen yang di maksudkan disini adalah semacam obat untuk menambahkan daya imun yang siap memerangi bakteri. Walaupun sangat dianjurkan, namun Anda juga harus mengetahui lebih lanjut mengenai Bahaya minuman suplemen ini agar bisa lebih berhati-hati mengkonsumsinya.

  1. Banyak Minum Air

Perbanyak minum air putih agar kondisi pembuangan anda lebih nyaman dan bau busuk pada B.A.B anda dapat di kondisikan dengan sangat baik. Akan tetapi juga jangan berlebihan, untuk alasannya Anda bisa ketahui mengenai 6 efek minum air putih berlebihan berikut ini.

Perlu Anda ketahui bahwa tinja ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui tingkat kesehatan seseorang. Seperti itulah penyebab dan pengobatan dari BAB berbau busuk yang wajib anda perangi sekarang juga agar tubuh bisa lebih sehat dan nyaman di setiap aktivitas yang akan dijalani.