Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan 10 Obat Infeksi Usus Alami dan Medis

10 Obat Infeksi Usus Alami dan Medis

by Henny Anugerah

Obat infeksi usus sangat diperlukan bagi seseorang yang sedang menderita gejala atau yang telah mengalami gangguan pada sistem pencernaan ususnya. Infeksi usus dapat muncul karena kebiasaan dan gaya hidup sehari hari yang kurang baik terlepas seseorang peduli atau tidaknya kebersihan lingkungan termasuk apa dan bagaimana yang akan mereka makan.

Gejala infeksi usus

Tanda tanda awal munculnya gejala Infeksi usus yang perlu anda ketahui :

1.Kehilangan selera makan
Organ pencernaan yang mengalami iritasi, Luka dan peradangan yang telah berlangsung cukup lama namun tidak segera mendapat pengobatan dapat menyebabkan selera makan seseorang makin hari makin berkurang. Kasus ini sering menimpa anak anak yang kian hari bobot tubuhnya makin kurus.

2.Ulu hati tidak nyaman
Dinding perut akan terasa nyeri dan seperti sedang mendapat tekanan dari dalam sehingga menyebabkan ulu hati tidak nyaman dan timbul mual mual yang semakin dibiarkan semakin berat hingga menimbulkan keinginan ingin muntah. Kondisi ini merupakan indikasi bahwa telah terjadi gangguan pada sistem pencernaan usus.

3. Perut terasa kaku dan kram
Kaku dan kram pada area perut bisa disebabkan karena telah masuk dan terjadi penyebaran bakteri didalam usus dan sistem pencernaan lain misalnya lambung.

4. Tubuh terserang demam
Jika suhu tubuh meningkat pada level hampir mencapai 40 derajat celsius maka itu bisa dipastikan bahwa usus positif menderita luka yang telah berkembang menjadi infeksi.

5. Sulit buang air besar
Infeksi usus terjadi akibat serangan bakteri dan cacing usus sehingga menyebabkan seseorang akan kesulitan buang air besar. Bakteri atau cacing usus mampu mengikat cairan diarea saluran pembuangan sehingga struktur feses akan mengalami pengerasan karena tidak memiliki cukup air untuk membuatnya lunak, Akibatnya feses akan sulit untuk dikeluarkan.

6. Mencret
Bakteri yang ada dalam pencernaan usus Adakalanya atau bahkan sering mengiritasi dinding usus lalu secra bertahap membuat lubang luka yang dapat melebar menjadi peradangan. Jika kondisi ini terjadi maka akan terjadi penumpukan cairan pada saluran pembuangan kotoran sehingga feses tidak akan menjadi mengeras dan berbentuk gumpalan. Kondisi ini dapat menyeababkan seseorang terserang diare atau mencret yang membuat tubuh menjadi kekuranagn cairan dan lemas.

7. Nyeri kepala
Ketika seseorang telah kehilangan selera makan, Ulu hatinya terganggu, mengalami kram perut, Tubuh demam , Terserang sembelit atau mencret maka kondisi selanjutnya adalah muncul demam tinggi . Demam ayang muncul akan diikuti dengan sakit kepala yang kadang terjadi pada belakang kepala atau hanya pada satu sisi dan bahkan bisa menyerang kedua sisi sekaligus.

Penyebab infeksi usus
Munculnya gejala infeksi usus disebabkan oleh jenis bakteri yang berbeda beda namun sama sama dapat menyebabkan gangguan dan kelainan pada organ pencernaan usus, Diantaranya:

1.Bakteri Staphylococcus Aureus
Bakteri jenis staphylococcus aureus dapat berakumulasi dan berkembang cepat pada makanan dan menyebabkan nutrisi makan berubah menjadi racun. Ketika makanan masuk dalam sistem pencernaan mnusia maka akan menimbulkan rasa mual, Muntah, Mencret, Infeksi tenggorokan dan gangguan rongga hidung. Makanan yang dimaksud adalah jenis makanan dari daging unggas, Produk roti dan susu.

2. Bakteri Salmonella dan shigella
Kedua bakteri ini menyebabkan munculnya penyakit tifus. Bakteri salmonella daan shinegella adalah bakteri yang aktif mudah berkembang biak didalam air yang telah tercemar oleh kotoran manusia. Awal gejala keluhan pad tubuh adalah sakit perut, Kram , Mencret, Ulu hati tidak enak sehingga muncul keinganan untuk muntah.

3. Bakteri Escherichia – coli
Bakteri escherichia coli paling sering menyerang jaringan usus anak anak . Bakteri ini kerab menetap pada air dan tanah yang kembab yang telah terkontiminasi dengan kotoran manusia dan hewan. Anaka anak yang sering bermain dan berinteraksi dengan tanah. Lumpur atau pasir berpotensi terkena bakteri jenis escherichia coli.

4. Bakteri Clostridium difficile
Bakteri jenis Clostridium difficile dapat muncul karena penggunan antubiotikm yang tidak cocok pada tubh seseorang yang biasanya menyerang pada kaum manula. Bakteri ini sering muncul pada lokasi rumah sakit termasuk pada Sistem sanitasi rumah sakit. Bakteri ini sering menyerang manula karena berhubungan dengan imunitas mereka yang telah mengalami penurunan seriring betambahnya usia.

5. Bakteri pylori
Bakteri pylori menyerang ulkus lambung dan duodenum yang menyebabkan jaringan seputar pencernaan menderita nyeri luarbiasa , mual dan muntah namun ada juga yang mengalaminya tanpa merasakan gejala apapun.

6. Bakteri Campylobacter
Bakteri Campylobacter menginfeksi usus pada anak usia dini yang belum berusia 3 tahun, Dimana gejala awalnya berupa diare. Diare terjadi karena anak mengkonsumsi susu yang tidak steril yang bisa terjadi karena susu telah kadaluarsa atau mengalami kerusakan kemasan sehingga memungkinkan bakteei hasil radikal bebas dari udara bisa masuk kedalam.

Selain bakteri apakah ada penyebab lain?
Infeksi usus dapat juga muncul karena serangan virus penyebab diare bernama Virus Adeno yang juga berpotensi merusak jaringan organ pernafasan. Virus adeno biasa menyerang anak anak namun juga bisa menyerang orang dewasa yang hidup dengan standar kesehatan yang minim atau cenderung hidup pada tempat yang kotor.

Penanganan
Tips mudah cara mencegah serangan bakteri penyebab infeksi usus

• Kurangi makanan yang berbahan dasar sulit dicerna oleh sistem pencernaan misalnya nasi berlemak, Jenis gorengan, Jenis daging merah, Makanan yang terlalun pedas, Jenis makanan junkfood atau siap saji. Makanlah makan yang mudah dicerna oleh enzim pencernaan misalnya buah buahan dan sayuran.

• Membiasakan diri untuk minum air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perharinya agar sistem pencernaan tidak mudah terkena iritasi atau radang oleh serangan bakteri hasil dari radikal bebas yang melekat pada makanan yang telah dikonsumsi.

• Cucilah makanan mentah ayang ingin diolah dengan proses perebusan atau kukus degan teliti dan sebersih mungkin agar terhindar dari bakteri yang masih tersembunyi.

• Membiasakan diri untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyantap makanan atau minuman untuk mencegah perpindahan bakteri dan mikroorganisme lain darai tangan ke makanan.

Obat infeksi usus
Infeksi usus dapat diatasi dengan pengobatan secara alami atau kimia yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan

• Obat infeksi usus secara alami

1.Kunyit, Asam kawak dan madu
Kunyit dibuang kulitnya lalu dicuci bersih kemudian diparut. Campurkan dengan asam kawak (jawa) dan madu sesuai selera bersama air matang yang panas. Aduklah sampai merata lalu disaringb airnya . Minumlah ramuan nikmat ini setiap hari dua kali sampai kondisi usus berangsur membaik. Ramuan sederhana yang manjur ini dapat dijadikan obat pertolongan pertama sebelum jaringan usus mengalami infeksi berat atau bahkan bisa mencegah terjadinya infeksi usus bagi orang otrang yang sehat.

2. Daun jambu biji dan arang kayu jati
Ambillah beberapa pucuk daun jambu biji lalu campurkan sepotong arang kayu jati kemudian rebuslah sampai air mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian saringlah. Setelah itu bisa lagsung dikonsumsi dua kali seminggu untuk mengobati infeksi usus agar cepat sembuh dan rasa nyeri berkurang. Selain sebagai obat infeksi usus ternyata daun jambu biji dapat mencegah diare yang juga disebabkan oleh bakteri penyebab infeksi usus.

3. Buah mengkudu, Kunyit dan madu
Cucilah sampai benar benar bersih lalu parutlah buah mengkudu dan saringlah airnya kemudian tambahkan air perasan kunyit dan madu sesuai selera. Ramuan tradisional yang aman dan mujarab ini dapat menghilangkan rasa nyeri, Menghilangkan rasa mual dan mempercepat proses penyembuhan peradangan yang terjadi pada dinding usus.

4. Daun patikan kebo dan krokot
Daun patikan kebo dan krokot merupakan obat infeksi usus yang ampuh untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada pencernaan usus. Daun payikan kebo dan krokot dapat direbus secara bersamaan. Setelah mendidih diamkan air sampai dingin kemudian saringlah lalu minumlah setiap hari sar-tu kali untuk memblokir pergerakan bakteri akn tidak meluas pada jaaringan usus yang telah mengalami luka. Ramuan herbal ini juga bisa mempercepat penyembuhan iritasi atau peradangan pada ulkus lambung.

5. Jombang, Sambiloto kering dan madu
Rebuslah jombang, Sambiloto kering dengan air berukuran 800 cc dan sisakan menjadi kira kira 400 cc. Tambahkan madu secukupnyan kemudian minumlah seminggu dua kali secara teratur agar proses penyembuhan infeksi pada usus bisa maksimal. Ramuan ini adalah obat infeksi usus yang relatif aman tetapi hanya berlaku untuk dikonsumsi orang dewasa dan lansia.

6. Sari daun belimbing
Haluskan daun belimbung kemudian peras airnya dan tambahkna sedikit madu jika mau agar rasa getirnya bisa dikurangi. Ramuan sederhana ini mampu menghentikan pelebaran infeksi pada jaringan usus dan meredakan rasa sakit diperut.

• Obat infeksi usus secara medis atau kimia

1.Anti peradangan non-steroid
Rasa nyeri, Mual dan ingin muntah akibat gangguan usus dapat diredakan dengan penggunaan obat jenis non-steroid misalnya Aspirin dan Ibuprofen. Obat anti inflamasi non steroid merupakan obat infeksi usus yang terbukti mampu mengatasi rasa mual dan menghilangkan Rasa tidak nyaman pada ulu hati.

2. Antibiotik
Antibiotik bisa menjadi pilihan sebagai obat infeksi usus dalam bentuk kimia yang relatif aman untuk dikonsumsi yang bisa mengatasi rasa nyeri pada perut dan mual mual yang timbul tenggelam. Jenis jenis antibiotik dan dapat diperoleh dengan resep dokter. Jenis antibiotik paling aman yaitu jenis amoxcillin. Dapat pula menggunakan alternatif Obat anti mikroba aktif jenis metronidozole dan Clarithomycin golongan marolide yang berguna untuk mengurangi infeksi dan meredakan rasa mual. Baca juga : antibiotik

3. Antasida dan alginat
Antasida dan alginat adalah obat infeksi usus yang dapat dikonsumsi sesuai degan anjuran dokter agar asam lambung selalu stabil dan tidak memperparah gejala infeksi usus yang sudah terlanjur terjadi walaupun baru pada tahap pemula.

4. Obat jenis budesonide
Obat budesonide merupakan salah satu obat infeksi usus yang disarankan dokter untuk dikonsumsi oleh penderita kelaianan dan gangguan pada jaringan ususnya. Obat budesonide mampu meredakan peradangan, Dapat menghambat kinerja bakteri diarea usus dan melindungi infeksi yang telah terjadi agar lebih cepat mereda dan tidak kembali menginfeksi pada lokasi yang sama dengan frekuensi yang lebih berat.

You may also like