Kenali 11 Penyebab Susah Buang Air Besar pada Wanita Perlu Diwaspadai

285

Sebenarnya susah BAB bukanlah masalah yang hanya terjadi pada wanita karena pria pun banyak yang juga mengalaminya. Hanya saja, penyebab susah buang air besar antara yang terjadi pada wanita dan pria ada yang berbeda. Berikut ini adalah sejumlah penyebab susah buang air besar pada wanita yang sebaiknya para wanita kenali.

  1. Kehamilan

Para wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami kesulitan dalam buang air besar, apalagi kalau masih hamil muda. Ketika hamil, terjadi perubahan hormon yang juga ikut berpengaruh pada munculnya reaksi sistem saraf enterik. Itulah mengapa sayur dan buah adalah makanan yang perlu untuk dikonsumsi setiap hari selama hamil untuk menghindari gangguan pencernaan.

  1. Kurang Olahraga

Banyak wanita lebih suka makan tanpa diimbangi dengan adanya aktivitas olahraga yang cukup. Karena tubuh jarang bergerak, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit dan bahkan lebih gampang mengalami ketidaklancaran BAB. Ini karena fungsi otot dan saraf khususnya pada organ metabolisme berpengaruh cukup besar pada timbulnya sembelit.

  1. Stres

Wanita mudah tertekan dan stres, dan rupanya sistem pencernaan dapat dengan mudah terpengaruh oleh suasana hati yang buruk. Sistem saraf enterik, yaitu saraf yang berhubungan dengan sistem pencernaan kita bisa menjadi kacau karena stres. Salah satu efeknya yang paling umum adalah sulit buang air besar pada akhirnya.

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Rata-rata wanita adalah yang jauh lebih suka ngemil, apalagi kalau sedang stres. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi pun kerap menjadi pilihan santapan. Inilah yang perlu diperhatikan, bahwa kandungan serat di dalam makanan berlemak sangat rendah sehingga ketika makan makanan berlemak terlalu banyak justru mengganggu proses metabolisme dan memicu sembelit.

  1. Menahan BAB

Para wanita biasanya cukup kurang nyaman untuk menggunakan toilet umum saat sedang bepergian. Banyak wanita yang kemudian harus menahan rasa ingin buang air besar karena tak ingin berada di toilet tersebut. Jika hal ini terlalu sering, maka tentunya buang air besar juga jadi lebih sulit.

  1. Banyak Makan Daging

Apakah Anda salah satu penggemar daging dan sering mengonsumsinya? Tanpa mengimbangi dengan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur, makan daging saja hanya akan memberi asupan protein bagi tubuh dan memicu sulit buang air besar karena konstipasi.

Di dalam daging tak terdapat kandungan serat alami sehingga jika Anda tak mengonsumsi sayur dan buah. Oleh sebab itu, konsumsi daging berlebihan malah membuat usus makin kerja keras untuk mencerna daging dan pada akhirnya feses pun harus tertimbun pada saluran metabolisme yang pada akhirnya sulit dikeluarkan.

  1. Kurang Minum

Bagi para wanita yang sibuk entah itu di kantor ataupun di rumah sebagai ibu rumah tangga, seringkali kesibukan yang padat membuat Anda lupa untuk mengonsumsi air putih secara cukup bukan? Padahal sistem pencernaan kita bisa menjadi lancar berkat adanya kerjasama antara asupan serat dan air.

Upayakan untuk mengoonsumsi sekitar 8-10 gelas air putih setiap harinya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ini karena dehidrasi sendiri merupakan kondisi yang bisa memperburuk kondisi sistem pencernaan sehingga kinerjanya menjadi kurang optimal. Walau sudah mengasup serat, Anda tetap memerlukan air untuk membuat pencernaan lebih lancar.

  1. Menempuh Perjalanan Jauh

Sulit buang air besar juga kerap terjadi pada wanita yang memiliki kegiatan seperti sering melakukan perjalanan jauh. Entah itu urusan pekerjaan atau sekadar berlibur, sembelit bisa saja terjadi saat sedang berada jauh dari rumah karena asupan makanan yang mungkin tak seperti biasanya atau mengonsumsi makanan yang sebelumnya belum pernah dimakan.

  1. Efek Obat Tertentu

Susah BAB dapat terjadi karena penggunaan obat tertentu, seperti antidepresan, diuretik, antipsikotik, antiepilepsi, pereda nyeri, laksatif, suplemen zat besi, dan juga suplemen kalsium. Jika memang obat-obatan inilah yang memicu Anda sulit buang air besar, konsultasikan dengan dokter atau segera hentikan pemakaian obat tersebut.

  1. Olahraga Berat

Sistem pencernaan dapat menjadi terganggu karena aktivitas olahraga yang terlampau berat. Kurang olahraga sebaiknya memang dihindari, tapi juga bukan berarti Anda perlu mengambil risiko dan bahaya olahraga yang berlebihan. Olahraga terlalu berat justru menurunkan kinerja usus dalam fungsinya sehingga Anda akan mengalami susah buang air besar.

  1. Gangguan Kesehatan Tertentu

Susah buang air besar juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang kurang sehat. Cobalah Anda cek kesehatan secara rutin sebab kondisi medis seperti hiperkalsemia, sindrom iritasi usus besar, fisura ani, kanker usus, radang usus, hipotiroid, Parkinson, stroke, dan juga diabetes mampu menyebabkan susah BAB.

Untuk mengatasi penyebab susah buang air besar pada wanita, mulailah minum banyak air putih, mengasup banyak serat, tidak terlalu sering menunda BAB, dan berolahraga rutin. Namun ketika susah buang air besar ada kaitannya dengan gangguan medis tertentu atau penggunaan obat, segera temui dokter untuk mengonsultasikannya.