Home Featured Intip 9 Manfaat Kuku Pendek Ini Bagi Kesehatan !

Intip 9 Manfaat Kuku Pendek Ini Bagi Kesehatan !

by Erlita

Banyak wanita selalu ingin memanjangkan kukunya karena ingin terlihat cantik dan indah, namun sebenarnya ada sejumlah bahaya memanjangkan kuku tangan yang sebenarnya cukup mengganggu nantinya. Bagi para wanita yang berkuku pendek atau para wanita yang mempertimbangkan untuk memiliki kuku pendek, maka manfaat-manfaat kuku pendek di bawah ini bisa Anda perhatikan.

1. Kuku Lebih Bersih

Kotoran sangat mudah berada di bawah kuku, apalagi ketika kuku dalam kondisi panjang. Kotoran itulah yang akan menarik bakteri dan kuman untuk lebih betah bersarang di sana dan bahkan berisiko membahayakan tubuh. Bila Anda ingin menghindari tempelan kotoran pada bagian dalam kuku, kuku bisa dijaga tetap pendek supaya nampak bersih.

2. Mencegah Kuku Patah

Kuku panjang akan lebih mudah patah karena tingkat kerapuhan meningkat. Dengan memiliki kuku pendek, otomatis Anda bisa terhindar dari kerapuhan kuku sehingga tak perlu takut kuku bisa patah apalagi sampai melukai kulit. Kuku pendek jarang bermasalah, jadi Anda bisa merasa tenang ketika beraktivitas apapun.

3. Perawatan Lebih Mudah

Kuku yang sengaja dipanjangkan tentunya membutuhkan proses perawatan yang cukup sulit, sementara kuku pendek akan lebih sederhana dalam hal perawatannya. Tak perlu ada brush khusus yang Anda gunakan supaya bisa membersihkan dan merawat bawah kuku, sebab nail file saja pun sudah lebih dari cukup dalam pembentukan kuku.

4. Kuku Lebih Sehat

Karena kuku lebih bersih, otomatis kuku yang pendek juga jauh lebih sehat. Rata-rata para wanita lebih senang memakai kuteks di kuku mereka yang panjang dan akan lebih enggan mengenakan pewarna kuku di kuku yang pendek. Tanpa mengenakan kuteks (yang pastinya mengandung bahan kimia), kuku pun bisa jadi lebih sehat.

5. Mencegah Ingrown Nails

Selain kuku panjang menjadi penyebab kuku sering patah, kuku yang dipanjangkan berisiko pula bisa tumbuh ke dalam atau yang disebut dengan ingrown nails, dikenal juga dnegan istilah onychocryptosis. Ketika mengalami ingrown nails ini, tak hanya timbul rasa sakit yang begitu parah, tapi penderita juga akan mengalami pembengkakan dan kemerahan dikarenakan kuku bisa tembus kulit.

6. Menurunkan Risiko Infeksi Bakteri

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kuku pendek menguntungkan karena lebih terjaga kebersihannya. Karena tingkat kebersihannya lebih tinggi daripada saat berkuku panjang, tentu saja hal ini bisa mencegah bakteri berkembang biak, apalagi sampai menginfeksi. Infeksi bakteri dari kuku bisa dicegah ketika Anda memotong kuku secara teratur.

7. Menurunkan Risiko Infeksi Jamur

Selain infeksi bakteri, infeksi bakteri pun dapat diminimalisir karena kuku panjang juga adalah sarang dari jamur. Saat infeksi jamur terjadi, maka kulit di sekitar kuku tangan maupun kaki yang panjang bisa kemerahan, beruam, gatal-gatal dan bahkan sampai muncul kutu air. Jadi ketika membiarkan kuku terawat dan tetap dalam keadaan pendek, jamur pun tak akan bisa beraksi.

8. Meminimalisir Gangguan Sistem Pencernaan

Kuku dalam kondisi panjang merupakan kesempatan bagi kuman untuk tumbuh dan bahkan berkembang di bagian bawahnya. Jika Anda terbiasa memanjangkan kuku ditambah terbiasa makan dengan langsung menggunakan tangan, gangguan pencernaan hingga masalah keracunan makanan bisa terjadi karena kuman yang ada di kuku masuk ke dalam tubuh.

9. Tidak Stres dalam Melakukan Kegiatan Apapun

Beberapa wanita sesenang-senangnya memiliki kuku panjang, mungkin akan ada sedikit rasa tidak nyaman yang timbul ketika harus melakukan kegiatan tertentu. Kuku panjang akan mudah patah di saat melakukan aktivitas membuka kaleng misalnya. Bahkan keramas, mencuci piring, mengucek pakaian, hingga membersihkan perabotan rumah dengan kondisi kuku panjang cukup bisa memicu stres bukan?

Ketika kuku dalam kondisi pendek, biasanya Anda tak perlu takut untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, karena kuku dijamin lebih kuat saat pendek. Anda akan terhindar dari rasa stres dan takut melakukan ini dan itu karena kuku pendek menjadikan hidup jauh lebih sederhana tanpa khawatir kuku bisa terganggu.

Itulah daftar manfaat kuku pendek bagi kesehatan yang bisa Anda perhatikan. Pertimbangkan untuk memotong kuku secara rutin mulai sekarang supaya tetap mudah merawat dan menjaga kebersihannya sehingga tubuh terjauh pula dari rangkaian risiko masalah kesehatan.

You may also like