Dapatkan 11 Manfaat Gerakan Pemanasan Yang Dilakukan Secara Rutin Ini !

526

Gerakan pemanasan selalu ada dalam setiap olahraga dan ya, gerakan pemanasan selalu wajib dilakukan supaya mampu membuat risiko cedera terminimalisir. Karena bahaya olahraga tanpa pemanasan dapat mengintai, maka berikut ini adalah manfaat gerakan pemanasan sebelum masuk pada inti gerakan olahraga yang Anda perlu tahu dan praktekkan.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan pemanasan diperlukan sebagai sebuah cara melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Ketika melakukan pemanasan, darah akan lebih lancar dalam mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika suplai oksigen terdukung dengan baik dan lancar, otomatis hal ini turut meningkatkan performa fisik saat melakukan gerakan olahraga inti.

  1. Mengurangi Kadar Asam Laktat

Pemanasan adalah gerakan simpel dan singkat yang diperlukan ketika berolahraga sebagai awalnya dan hal ini bermanfaat dalam menurunkan kadar asam laktat dalam darah. Terjadi peningkatan tenaga, asam laktat sekaligus kinerja jantung sewaktu sudah masuk ke gerakan inti olahraga. Jadi, pemanasan sekaligus pendinginan merupakan hal dibutuhkan setiap kali berolahraga.

  1. Mencegah Cedera

Pemanasan memang merupakan suatu gerakan yang amat diperlukan karena dengan pemanasan otot dan sendi akan menjadi ‘panas’ sehingga saat beralih pada gerakan inti olahraga tidak akan kaget. Otot tidak akan kaku saat sudah memasuki gerakan inti sehingga turut juga meminimalisir risiko keseleo, otot robek dan jenis cedera lainnya.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan pemanasan atau peregangan dalam olahraga bermanfaat pula dalam membuat tubuh jauh lebih fleksibel. Dengan melakukan pemanasan, tubuh yang sudah lebih fleksibel juga otomatis memiliki kemampuan lebih dalam melakukan berbagai macam gerakan tanpa harus khawatir atau takut terjadi kram atau cedera pada otot.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Selama berolahraga, fokus dan mental kita akan lebih baik bila sebelumnya melakukan pemanasan. Tak hanya manfaat fisik saja yang diperoleh, tapi mental kita juga akan jauh lebih segar dan baik setelah melakukan peregangan. Hal ini akan menimbulkan rasa tenang bagi tubuh yang kemudian efektif dalam menjaga konsentrasi selama sudah berada pada gerakan inti olahraga.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melakukan pemanasan atau peregangan juga sangat bermanfaat bagi Anda yang kerap susah tidur alias mengalami insomnia. Gerakan pemanasan akan merilekskan otot sekaligus menenangkannya dan inilah yang kemudian secara tak langsung berpengaruh pada kualitas tidur Anda sebab Anda akan bisa tidur dengan cepat.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Apakah Anda menjumpai bahwa postur tubuh Anda kurang baik? Untuk memperbaiki dan menyempurnakannya, gerakan pemanasan bisa dilakukan setiap hari. Terkadang postur tubuh yang kurang baiklah yang menjadi faktor penyebab sakit dan nyeri pada tubuh sehingga Anda perlu mengatasi sumbernya lebih dulu.

  1. Menambah Stamina

Melakukan gerakan pemanasan akan memberikan Anda manfaat dalam hal peningkatan stamina tubuh. Stamina yang meningkat artinya Anda tak akan mudah lemas dan lelah ketika harus melakukan banyak kegiatan. Bahkan dengan rajin melakukan gerakan pemanasan setiap harinya, Anda pasti cenderung lebih aktif juga seakan tak ada capeknya.

  1. Meredakan Rasa Nyeri Tubuh

Apakah Anda kerap merasakan bahwa otot-otot menegang sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tubuh? Melakukan gerakan peregangan atau pemanasan justru sangat membantu dalam meredakan rasa nyeri tersebut. Selain tubuh tak lagi kaku dan nyeri, pemanasan juga akan mendukung supaya tubuh jauh lebih aktif.

  1. Meredakan Stres

Melakukan pemanasan adalah suatu cara untuk meredakan depresi atau stres ringan. Jadi apabila Anda tak ada waktu untuk melakukan olahraga yang cukup berat, melakukan gerakan peregangan saja dalam waktu 15 menit akan menjadi cara menghilangkan stres pikiran dan fisik yang paling oke. Efek terapeutiknyalah yang bisa Anda andalkan dalam meredakan stres emosional sehingga Anda akan merasa jauh lebih baik.

  1. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Pemanasan atau peregangan yang dilakukan secara rutin atau setiap hari juga berguna dalam meningkatkan koordinasi tubuh. Saat Anda mulai melakukan gerakan peregangan teratur, otomatis koordinasi tubuh mengalami perbaikan dan akan ada pula peningkatan dalam rentang gerak sendi yang tadinya terbatas menjadi lebih luas.

Demikianlah daftar manfaat gerakan pemanasan yang bisa Anda peroleh ketika melakukannya secara rutin. Kurang olahraga dapat menjadikan tubuh cepat lelah dan mudah sakit, oleh sebab itu Anda perlu melakukan gerakan pemanasan baik hanya untuk menjaga tubuh tetap aktif atau melakukannya setiap kali olahraga.