17 Cara Penanganan Alergi Obat Secara Alami

2770

Alergi obat merupkan suatu kondisi dimana terjadinya reaksi antara kekebalan tubuh yang dikarenakan adanya obat yang masuk, reaksi ini terjadi berlebihan pada kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kekebalan tubuh menjadi abnormal. Beberapa jenis obat ada yang tidak cocok dengan tubuh sehingga akan terjadi reaksi yang berlebihan. Maka obat harus diminym sesuai dengan resep dokter agar tidak menimbulkan alergi pada kekebalan tubuh. Alergi ini jika tidak segera diobati dapat menyebabkan bahaya bagi yang mengkonsumsinya. Ada beberapa tanda-tanda seorang terserang alergi obat.

Tanda-tanda alergi obat

Gejala atau tanda-tanda dari alergi obat biasanya ditandai dengan rasa gatal, biduran dan kulit berwarna lebih kemerahan. Selain itu wajah pada penderita alergi obat akan lebih bengkak dan mengalami sesak nafas. Selain sesak nafas pertanda lain seperti anafilaksis ini akan menyebabkan efek yang lain yang akan dirasakan oleh tubuh seperti perut merasa mual, denyut nadi berdenyut lebih cepat, tekanan darah menurun, kehilangan kesadaran pada tubuh, dan muntah-muntah.

Ketika mengkonsumsi obat mengalami gejala seperti yang dijabarkan di atas segera lakukan pemeriksaan atau pengobatan dari cara mengobati alergi obat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cara penanganan alergi obat, adalah :

  1. Hentikan pemakaian obat

Cara paling utama yang harus dilakukan ketika menderita alergi adalah dengan menghentikan konsumsi obat yang diduga membuat alergi pada tubuh. Dengan cara ini tubuh tidak akan terkena alergi yang terus-menerus, sehingga sisttem kekbalan tubuh akan mengembalikan tubuh kembali ke sistem yang normal.

  1. Hindari obat yang membuat alergi

Konsumsi obat ukan hanya sekali saja, pasti sebelumnya sudah pernah mengkonsumsi obat. Konsumsi obat tentu sudah mengetahui apakah obat itu cocok atau tidak. Bila salah satu dari obat diketahui dapat membuat alergi pada tubuh, maka segera hindari obat itu dan mintalah pada dokter obat yang lain yang tidak menyebabkan alergi. Sebelum meminta obat ke dokter sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

  1. Meredakan gejala alergi

Ketika terjadi alergi obat, hal yang paling utama harus di lakukan adalah dengan menghentikan penggunaaan obat itu sendiri. Selain itu untuk mengobatinya perlu mengetahui beberapa gejala yang menyebabkan alergi, bila sudah mengetahui gejala dari alergi itu maka dapat mengboati alergi dengan mengobati gejala-gejala itu. Tetapi hal ini tidak lah bersifat permanen dalam mengobati alergi, ada beberapa hal yang hanya bersifat sementara saja. untuk itu tetap harus mengkonsumsi makanan yang dapat meredakan alergi. Untuk meredakan alergi memang perlu mengetahui gejala apa yang timbul. Bila tidak mengetahui gejala itu dapat diketahui dengan cara tes alergi

  1. Kortikosteroid

Kortikosteroid dapat memberikan peredaan pada alergi yang terjadi pada tubuh karena mengkonsumsi banyak obat. Dengan mengkonsumsi kortikosteroid dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh. Bahkan kortikosteroid tidak hanya untuk alergi obat saja, tetapi biasa digunakan untuk mengobati alergi, termasuk obat alergi gatal

  1. Konsumsi antihistamin

Dokter bisa memberikan obat ini untuk mereka yang menderita alergi obat. Obat ini bertujuan untuk mengembalikan imun tubuh. Karena antihismtamin ini mampu mengembalikan unsur kimia seta mengaktifkan kembali sistem imun yang berhenti bekerja karena adanya reaksi alergi oleh obat yang membuat alergi tadi. Untuk mengkonsumsi obat ini disarankan bila memang di minta untuk dokter mengkonsumsinya jika tidak jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Setiap obat memiliki efek samping, termasuk pada efek samping obat jangka panjang

  1. Dengan suntikan epinefrin

Suntikan epinefrin untuk membantu pernafasan. Karena alergi obat dapat menyebabkan sesak nafas. Dimana sesak nafas sangat mengganggu proses pernafasan pada tubuh. Dengan menggunakan suntikan epinefrin akan membantu nafas menjadi normal kembali. Penanganan ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang memang sudah menderita alergi obat yang sangat parah.

  1. Menggunakan lotion anti gatal

Gejala dari reaksi obat yang berlebihan atau alergi ini akan menderita gatal. Oleh sebab itu lotion untuk gatal ini sangat dibutuhkan bagi penderita untuk menyembuhkan alergi obat itu sendiri. Lotion ini biasa digunakan untuk cara mengatasi alergi pada anak.

  1. Kacang kenari

Kacang kenari memiliki kandungan omega-3 yang dapat membantu otak dan sistem imun untuk mengembalikan imun yang hilang. Mengkonsumsi kacang kenari selain omega-3 juga terdapat lemak yang mengembalikan imun pada tubuh.

  1. Daun pegagan

Hal ini merupakan cara alami yang diambil dari alam yaitu dengan daun pegagan. Bahan ini cukup direbus kemudian diminum. Daun pegangan lebih cocok untuk mengobati alergi obat pada bagian paru-paru. jadi daun pegangan sangat efektif untuk menghilangkan penyebab dada sesak.

  1. Jahe

Jahe biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Jadi ia sangat cocok digunakan sebagai cara mengatasi alergi dingin. Jahe dapat digunakan sebagai obat alergi dengan membuatnya minuman yang dapat diminum setiap hari secara rutin sampai alergi itu hilang.

  1. Madu

Madu yang dapat digunakan untuk meredakan alergi obat adalah madu yang asli. Ketahuilah cara membedakan madu asli dan palsu agar dapat mengobati alergi obat dengan baik dan benar. Madu memiliki antibodi yang baik sehingga dapat membantu tubuh untuk bertahan dari alergen yang menyebabkan alergi pada tubuh.

  1. Yogurt

Yogurt yang dapat digunakan adalah yogurt tanpa Gula. Yogurt tanpa gula memang tidak digunakan untuk mengobati alergi tetapi ia mampu mencegah terjadinya alergi yang berlebihan pada tubuh.

  1. Daun sambung nyawa

Daun ini memang merupakan daun yang memiliki berjuta manfaat. Manfaat dari daun sambung nyawa salah satunya dapat digunakan untuk mengobati alergi obat cara menggunakan daun sambung nyawa adalah dengan merebus 7 lembar daun sambung nyawa dan diminum rebusannya.

  1. Petai cina

Petai cina memiliki manfaat untuk menghilangkqn alergi gatal-gatal. Gejala dari alergi obat adalah gatal-gatal. Cara menggunakan petai cina adalah dengan merebusnya dan di oleskan pada bagian yang gatal.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan memang. Kunyit pun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan gatal-gatal yang disebabkan karena alergi. Selain kunyit ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan gatal. Tetapi waspadai pula makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit.

  1. Teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan pada teh mampu menghilangkan alergi yang sangat efektif.

  1. Lemon

Lemon mengandung Vitamin C yang baik untuk kulit. Terutama mengobati gatal-gatal pada kulit yang disebabkan alergi obat. Lemon yang dapat digunakan adalah pada sarinya. Karena sari lemon lebih banyak mengandung vitamin c.

17 cara di atas dapat membantu mengobati alergi yang disebabkan karena obat, atau alergi obat. Alergi obat ini harus segera di tangani agar tidak menjalar ke yang lainnya.