Demam Dengue – Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Demam dengue adalah demam yang disebabkan oleh perkembangan infeksi virus didalam tubuh yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti melalui gigitannya. Demam dengue sering menyerang negara yang memiliki tipikal geografis tropis atau subtropis, Dimana kondisi tersebut menyebabkabn curah hujan tinggi dan lingkungan yang selalu lembab sehingga mempermudah perkembangan nyamuk aedes aegepti. (Baca juga: gejala demam berdarah pada anak , penyebab kepala kliyengan)

Penyebab

Penyebab munculnya demam dengue umumnya disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti ytang telah terinfeksi virus dengeu, Tetapi ada penyebab lain yang beresiko menyebabkan mudahnya seseorang terkena demam dengue, Diantaranya adalah:

1. Daya tahan tubuh menurun

Ketika seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh misalnya akibat kurang tidur, Kelelahan dan terserang flu, Maka virus dengue akan menyerang sel darah putih (sel darah putih adalah sel yang bertugas untuk memerangi benda asing yang masuk dalam tubuh dan menolaknya) tetapi ketika adaya tahan turun maka kekuatan sel darah putih melemah. Dampaknya virus dengue akan mudah masuk dan menyebar keseluruh jaringan tubuh. (Baca Juga: Gejala demam berdarah ,Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh)

2. Kurang menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari untyk pencegahan perkembangan nyamuk aedes aegypti yaitu dengan cara tidak memberi peluang untuk mereka berkembang misalnya membersihkan selokan, Bak kamar mandi, Membuang genagan air bekas hujan , Mengubur kaleng, Ember tak terpakai atau benda apapun yang bisa menadah air dan melakukan penyemprotan nyamuk satu bulan sekali. (Baca juga: penyebab demam berdarah)

3. Donasi organ tubuh

Donasi organ tubuh yang dimaksud adalah tranfusi darah atau transplatasi organ tubuh lain sepertin ginjal yang jika pendonormya telah terinfeksi virius dengue maka penerima dorohnya akan tertular infeksi virus dan terjangkiti penyakit demam dengue setelah pasca transfusi atau operasi penerimaan organ tubuh. (Baca juga: fase demam berdarah)

4. Ibu hamil yang terinfeksi virus dengue

Seorang ivu hamil yang terjangkiti infeksi virus dengue akan menularkan infeksinya pada janin yang sedang dikandungnya. Kondisi dapat menyebabkan gangguan organ tubuh bayi yang baru asaja terbebentuk. Perkembangan infeksi demam dengue terbilang sangat cepat merusak jaringan janin. (Baca juga: ciri-ciri demam berdarah)

5. Sindrome uremik hemolitik

Sindrome uremik hemolitik merupakan pewnykit yang dapat menyebabkan penurunan trombosit mendadak dan jika tidak diobati segera dapat mempermudah infeksi virus dengeu terjadi sesaat setelah nyamuk aedes aegypti menggigit. (Baca juga: demam naik turun)

6. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol setiap hari atau berlebihan dalam jangka panjang adalah salah satu penyebab trombosit turun karena alkohol dapat melemahkan sel sel dan menurunkan daya tahan tubuh kemudian menpermudah penularan infeksi virus yang dibawa nyamuk aedes aegypti melalui gigitannya. (Baca juga: bahaya demam berdarah)

7. Kemoterapi

Kemoterapi yang berulang ulang pada pasien kanker dapat memberi peluang penularan infeksi dengue melalui gigitan nyamuk. Kemoterapi dapat merusak sel dan jarinagn tubuh serta menyebabkan gangguan fungsi sel darah putih sehingga memungkinkan seseorang menderita demam dengue sesaat mendapat giugitan dari nyamuk jenis aedes aegypti. (Baca juga: gejala demam berdarah dbd)

8. Penyakit autoimun

Seseorang yang memiliki penyakitb autoimun maka kekebalan tubuhnya akan menyerang dirinya sendiri dan kewhilangan kemampouannya untuk melawan serangan infeksi virus termasuk demam dengue. Penyakit autoimun bisa meliputi penyakit rheumatoid arthritis dan penyakit lupus kronis. (Baca Juga:  makanan untuk orang demam)

9. Penyakit diabetes dan asma

Tahukah anda bahwa penyakit demam dengue cenderung akan menyebabkan kondisi tubuh pasien menjadi semakin parah dan mengalami pendarahan didalam tubuh dan mempersulit proses penyembuhan ketika pada awal munculnya gejala infeksi virus dengue pasien memiliki penyakit kronis jangka panjang misalnya diabetes dan asma. (Baca Juga:  cara meningkatkan trombosit darah)

10. Kerusakan limpa

Seseorang yang mengakami gangguan pada limpantya maka akan rentan terkena demam dengue dari nyamuk aedes aegypti yang membawa infeksi virus. Limpa mempunyai tanggung jawab untuk menyaring darah dari segala partikel yang dicurigai tidak boleh masuk dalam tubuh serta dapat melawan serangan radikal bebas dalam bentukk apapun, Nmaun ketika limpa mengalami gangguan maka fungsinya tersebut akan mengalami kemunduran dan tidak mampu melawan infeksi virus penyebab demam dengeu. (Baca Juga:  cara kompres yang benar untuk demam)

11. Penggunaan obat obatan

Mengkonsumsi obat obatan pereda rasa nyeri misalnya jenis ibuprofen, Aspirin atau advil yang diminum dengan sembarangan dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan turunnya jumlah trombosit dalam tubuh dan menyebabkan demam dengue mudah muncul ketika seseorang terkena gigitan nyamuk aedes aegypti dalam hitungan jam saja. (Baca Juga: efek kelebihan trombosit)

12. Akibat aplastic anemia

Aplastic anemia merupakan penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah yang menyebabkan berhentinya sumsum tulang memproduksi sel darah yang baru, Penyakit ini berkaitan dengan anemia atau akibat kurang darah yang biasanya diiringi dengan infeksi didalam tubuh dan demam tinggi. Kondisi ini memungkinkan penderita mengalami demam dengue dengan cepat ketika tanpa sengaja terkena gigitan nyamuk aedes aegypti yang telah terinfeksi virus dengue. (Baca Juga:  cara menjaga kesehatan peredaran darah)

Perbedaan Demam Dengue dan Demam Berdarah

Masih banyak masyarakat yang menganggap jika demam dengue adalah demam berdarah, Walupun kedua penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus dengue namun ternyata antara demam dengue dan demam berdarah adalah bentuk penyakit yang berbeda.

1. Demam dengue

Demam dengue hanya berupa demam biasa yang bisa mencapai 40 derajat dan menimbulkan syok tetapi tidak diiringi dengan kebocoran plasma darah. (Baca Juga: cara menjaga kesehatan peredaran darah manusia)

2. Demam berdarah

Demam yang menyebabkan bocornya plasma darah yaitu ketika demam dengue menyerang maka akan terjadi melebarnya celah antara sel di arteri yang menyebabkan keluarnya plasma darahn dari arteri darah. Penyakit demam dengue demam berdarah dinyatakan sangat berbahaya ketimbang demam dengue biasa karena kebocoran plasma dalam demam berdarah seringkali menyebabkan kematian akinat terjadi pengentalan darah yang abnormal sehingga pasokan darah yang mengalir menjadi berkurang keorgan organ penting didalam tubuh. (Baca Juga: kepala sering pusing)

Gejala

Gejala demam dengue dan demam berdarah adalah sama, Diantaranya:

  • Penderita akan mengalami sakit kepala, Bola mata kemerahan yang diiringi rasa nyeri ketika digerakkan
  • Tungkai sendi , Otot dan tulang terasa nyeri
  • Pendarahan (jarang terjadi) hanya sering muncul pada demam dengue demam berdarah
  • Tubuh terasa menggigil dan muncul nyeri pada punggung
  • Suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat celsius dan menderita tekanan darah yang rendah
  • Munculnya pembengkakan (pembesaran) pada kelenjar leher
  • Nyeri retro orbita
  • Mengalami kukopenia
  • Kelenjar keringat menjadi lebih aktif mengeluarkan keringat
  • Muncul ruam ruam kulit yang kemerahan kecuali pada wajah.

(Baca Juga: kepala sering terasa berat pusing dan mual , mata berkunang kepala pusing)

Pengobatan

Pengobatan bisa dibagi menjadi dua cara yaitu secara medis dan tradisional.

1. Pengobatan secara medis

Jika seseorang sudah memiliki gejala demam dengue segeralah lakukan pemberian laurat oralit, Air sirup, Jus buah, Lakukan pengompresan dengan air dingin, Minum banyak air putih setidaknya 20 gelas setiap hari, Pemberian cairan infus lalu Beristirahat cukup dan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi atau jenis antibiotik tertentu dan paracetamol atau obat penurun panas atas resep dokter. (Baca Juga:  ciri-ciri kurang darah , akibat kurang darah)

2. Pengobatan secara tradisional

  • Jus jambu biji merah

Jambu biji merah memiliki senyawa flavonoid, Tanin, Minyak atsiri dan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit darah pada penderita demam dengue. Jambu biji merah bisa disantap langsung atau dibuat menjadi jus harian untuk pencegahan penularan infeksi virus dari nyamuk aedes aegypti. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Keringat )

  • Daun jambu biji

Menggunakan daun jambu biji (jambu biji putih atau merah) dapat menyembuhkan gejala demam dengue berupa menurunkan panas badan, Meringankan nyeri pada kepala, Otot dan persendian dan memperbaiki tingkat trombosit dalam tubuh yang mulai berkurang.
Rebuslah daun jambu biji untuik kemudian dikonsumsi airnya 2 kali sehari secara rutin sampai gejala demam dengue hilang. (Baca Juga: Cara Menormalkan Detak Jantung )

  • Daun pepaya gandul

Daun pepaya yang kuat pada pembengkakan organ hati dan meningkatakan daya tahan tubuh bagi penderita demam dengue. Daun pepauya gandul dapat direbus atau dikukus lalu disantap langsung bersama makanan lain yang mengandung anti mikroba sehingga manfaat dari daun pepaya gandul dapat dirasakan lebih maksimal, Misalnya mengjonsumsi bawang putih yang sebelumnya telah dikukus/direbus. (Baca Juga: Khasiat Daun Pepaya)

  • Kunyit dan temu ireng

Kunyit dan temu ireng adalah rimpang herbal yang didalamnya terdapat senyawa istimewa yang dapaat memperbaiki kerusakan sel sel akibat serangan virus dengeu pada anaka anak. Kunyit dan temu ireng memiliki zat antimikroba, Anti virus dan antioksidan kuat yang mampu mempetahankan daya tahn tubuh tetap stabil ketika virus dengue telah masuk dalam sel sel darah, Sehingga mempercepat proses penyembuhan. Kedua bahan herbal tersebut dapat di dihaluskan lalu direbus kemudian disaring airnya. Komsumsilah 2 kali sehari secarav teratur sampai gejala demnam dengue sembuh. (Baca Juga: Efek Samping Kunyit)

  • Buah kurma

Buah kurma dapat disantap langsung atau dibuat menjadi jus dmana sarinya mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatka trombosit dalam tubuh dan meringankan nyeri otot serta sakit kepala akibat serangan demam dengue. Nutrisi yang ada didalmnya terdiri dari mineral lengkap ( Fosfor, Kalium , Kalsium , Zat besi dan lain lain), Vitamin A, C dan B kompleks, Thiamin, Riboflavin, Niasin dan asam folat. (baca Juga: Cara Mempercepat Menstruasi)


  • Angkak

Angkak adalah jenis makanan semacam beras merah yang diolah dengan metode fermentasi dengan pemakaian ragi khusus. Dimana angkak mampu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh, Menurunkan suhu tubuh (demam dengue) dan mencegah meluasnya infeksi virus dengue kejaringan tubuh lain. Angkak bisa direndam beberapa jam didalam air panas lalu saring dan minumlah airnya yang telah berubah kemerahan 2 kali sehari seacra rutin. (Baca Juga: Efek Samping Angkak)

  • Meniran dan daun pegagan

Meniran dan daun pegagan mempunyai kandungan tanin, Falavonoid, Triterpenoid dn asam fenoleat yang bertindak sebagai antifungi, Mengobati penyakit gastrointentinal dan meningkatkan produksi trombosit pada penderita demam dengue sehingga penyakit mudah untuk disembuhkan. Rebuslah kedua bahan herbal tersebut untuk kemudian disaring dan dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin.

  • Daun dewa

Daun dewa menmpunyai senyawa aktif yang dapat menyembuhkan demam dengue dan demam berdarah (zat flavonoid, Saponin dan minyak atsiri) karena mampu menurunkan panas tubuh, Mengeluarkan racun akibat penyebaran infeksi virus demam dengue, Meningkatkan trombosit dalam tubuh, Mencegah kerusakan sel lebih lanjut, Mampu memperbaiki fungsi otot. Meringankan rasa nyeri pada persendian dan tulang akibat demam dengue dan mampu meningkatkan imunitas seseorang. Rebuslah daun dewa dan minumlah rebusannya dua kali sehari secara rutin hingga gejala demam dengue memberikan tanda tanda penyembuhan, Bersabarlah karena pengobatan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang tetapi terbukti menyembuhkan. (Baca Juga: Obat Herbal Penyakit Kuning )

Pencegahan

Tips cara mencegah munculnya perkembangan dan penularan infeksi virus aedes aegepty didalam lingkungan dan rumah anda

  • Membakar sampah dan tutup bak sampah dengan penutup
  • Mengubur segala benda yang dapat menahan air hujan
  • Membersihkan selokan, Parit atau jalan air yang tersumbat sampah
  • Membersihkan genangan air yang terjdi pada cekungan jalan atau pot tanaman
  • Usahakan ada sinar matahari pagi masuk kedalam rumah sehingga terjadi pergantian udara baru
  • Membersihkan dan menata ulang perabotan rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk
  • Menguras dan mengganti air bak mandi setidaknya seminggu sekali
  • Pada malam hari gunakan ruangan rumah dengan penerangan yang cukup
  • Hindari tumpukan barang yang tidak perlu untuk menghindari nyamuk bersembunyi ditempat tersebut
  • Hindari tumpukan pakaian yang tidak tertata rapih karena nyamuk suka dengan kain kain yang menumpuk atau masih basah
  • Penggunaan lotion anti nyamuk pada siang dan malam hari untuk memperkecil penularan virus dengue dari nyamuk betina jenis aedes aegepty melalui gigitannya.
  • Mandi dua kali sehari dan banyak minum air putih untuk mempertahankan daya tahan tubuh
  •  Membersihkan dan merapihkan taman bunga atau pekarangan yang ditumbuhi berbgai macm jenis pohon
  • Melakukan penyemprotan teratur pada lingkungan dan rumah untuk menjaga perkembangan nyamuk betina aedes aegepty yang sedang dalam masa bertelur.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk , Ciri Ciri Nyamuk DBD )

, ,
Post Date: Tuesday 13th, June 2017 / 08:59 Oleh :
Kategori : Demam Berdarah