11 Gejala Demam Berdarah Dengue Awal

6186

gejala demam berdarahDemam berdarah termasuk sebagai penyakit yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Anak-anak dan orang dewasa bisa terkena demam berdarah. Wabah demam berdarah paling ditakuti ketika musim penghujan. Bahkan di Indonesia angka kenaikan penderita demam berdarah terus menunjukkan peningkatkan ketika musim penghujan.

Sekarang setiap daerah di Indonesia bisa terkena demam berdarah termasuk perkotaan dan pelosok. Penyebab demam berdarah adalah infeksi virus dengue yang disebarkan ke manusia lewat gigitan nyamuk Aides aegypti. Nyamuk ini bisa berkembang dengan cepat di daerah yang hangat seperti iklim di Indonesia. Kota Jakarta di klaim sebagai daerah yang memiliki kasus demam berdarah tertinggi. Struktur daerah dan kepadatan yang lebih besar membuat nyamuk bisa berkembang dengan cepat.

Penyebaran Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh infeksi dari virus dengue yang terdapat pada nyamuk Aides aegypti. Nyamuk biasanya sering bersarang di rumah-rumah dan tempat genangan air yang kotor. Penyebaran dapat terjadi ketika ada nyamuk yang menggigit penderita demam berdarah kemudian virus akan masuk ke dalam nyamuk. Kemudian virus telah masuk ke dalam nyamuk dan nyamuk tersebut bisa menularkan demam berdarah. Dengan siklus seperti ini maka penyebaran demam berdarah bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Orang yang telah terinfeksi virus dengue atau terkena demam berdarah lebih dari dua kali maka bisa mudah terinfeksi kembali.

Faktor Resiko Demam Berdarah

Demam berdarah bisa berkembang pada iklim dan kondisi lingkungan yang hangat. Nyamuk pembawa virus dengue mudah menyebar dan berkembang biak dengan cepat. Dibawah ini adalah beberapa faktor yang membuat resiko terkena demam berdarah menjadi semakin besar :

  • Orang yang tinggal di kawasan perumahan padat penduduk.
  • Lingkungan dengan sanitasi yang kurang baik seperti terlalu banyak genangan air baik di tanah maupun bejana.
  • Daerah yang memiliki iklim lembab dan hangat.
  • Daerah yang sudah pernah memiliki kasus demam berdarah.
  • Anak-anak hingga orang dewasa bisa memiliki resiko yang tinggi bila tinggal dilingkungan yang memicu penyebaran nyamuk aides aegypti.

Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah sering ditandai dengan panas atau demam yang cukup tinggi pada penderita. Kasus demam berdarah paling sering ditemukan pada anak-anak. Terkadang gejala yang mirip seperti tifus atau kelelahan sehingga pemeriksaan awal sama sekali tidak menunjukkan demam berdarah. Untuk mencegah agar tidak berkelanjutan, dibawah ini adalah beberapa gejala demam berdarah yang perlu diwaspadai :

  1. Demam tinggi yang tiba-tiba dan bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celcius.
  2. Muncul ruam atau bercak kemerahan pada kulit.
  3. Rasa sakit pada sendi-sendi tubuh dan otot tubuh.
  4. Tekanan darah rendah yang terus menurun.
  5. Rasa sakit yang berlebihan pada bagian belakang mata.
  6. Gangguan pencernaan seperti rasa mual dan muntah yang bisa menurunkan nafsu makan.
  7. Pada tahap yang lebih parah bisa menyebabkan pendarahan dari hidung dan gusi.

Gejala Ketika Pembuluh Darah Rusak

Demam berdarah yang tidak segera diobati bisa meningkatkan kerusakan pada pembuluh darah. Pembuluh darah bisa bocor dan menyebabkan trombosit menurun secara drastis. Berikut ini beberapa gejala demam berdarah jika pembuluh darah sudah rusak atau tahap demam berdarah yang parah :

  1. Penderita akan merasa sakit perut yang sangat parah dan muntah yang berlebihan.
  2. Muncul pendarahan atau mimisan dari hidung dan muntah darah.
  3. Timbul pendarahan di bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan lapisan kulit seperti memar dan merah kehitam-hitaman.
  4. Kesulitan bernafas, detak jantung lebih cepat dan bisa menyebabkan komplikasi untuk jantung, hati dan paru-paru.

Bagaimana Pemeriksaan Demam Berdarah

Gejala demam berdarah pada tahap awal sering tidak disadari karena gejalanya memang sangat mirip. Biasanya banyak orang yang meragukan antara penyakit tifuss dan demam berdarah. Gejala awal penyakit ini memang memiliki ciri-ciri yang sama seperti demam, mual, muntah, sakit kepala dan batuk kering. Namun untuk menentukan kepastian demam berdarah maka bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter seperti dibawah ini.

  • Pemeriksaan tekanan darah – Bila tekanan darah terlalu drop dan menyebabkan penderita menjadi lemah maka gejala ini harus dirujuk untuk pemeriksaan pendukung.
  • Pemeriksaan kulit – Pemeriksaan untuk melihat ruam pada kulit dan bercak kemerahan pada kulit yang tidak bisa hilang jika ditekan.
  • Pemeriksaan darah – Pemeriksaan untuk melihat jumlah trombosit dan pembekuan darah.
  • Pemeriksaan ronsen dada – untuk melihat kemungkinan komplikasi pada paru-paru.

Komplikasi Berat Demam Berdarah

Gejala demam berdarah yang mulai muncul, memerlukan penanganan yang cepat dan sesuai dengan kondisi penderita. Jika perawatan tidak dilakukan segera maka bisa meningkatkan resiko komplikasi yang lebih berat. Salah satu komplikasi yang paling berat dari demam berdarah adalah kerusakan pada beberapa organ penting seperti jantung, hati, paru-paru dan sistem pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan penderita dalam keadaan yang drop, tekanan darah yang terus menurun dan kematian.

Pencegahan Demam Berdarah

Ilmuwan di berbagai negara maju sedang mengembangkan sebuah vaksin yang bisa mencegah demam berdarah. Percobaan pemberikan vaksin untuk anak-anak sudah dilakukan di Amerika Serikat. Namun kondisi efek dari vaksin memang belum sempurna sehingga belum diperkenalkan ke dunia medis. Usaha yang bisa dilakukan adalah mencegah agar tidak terinfeksi virus dengue. Berikut ini beberapa cara mencegah demam berdarah yang bisa kita lakukan :

  • Ciptakan kondisi rumah yang asri. Anda bisa menanam pohon atau bunga di halaman rumah dan bersihkan rumah secara teratur agar tidak ada nyamuk yang bersarang di dalam dan luar rumah.
  • Jika anda tinggal di tempat yang padat penduduk maka hindari keluar rumah tanpa pelindung saat pagi dan sore hari.
  • Lakukan kegiatan pada pagi hari dan hindari tidur pada saat pagi hari.
  • Pakailah pakaian yang bisa melindungi tubuh jika Anda pergi ke tempat yang redup atau tempat hangat yang menjadi tempat sarang nyamuk.
  • Gunakan obat nyamuk yang bisa dipakai untuk rumah, kulit maupun pakaian.
  • Bersihkan semua tempat yang bisa menyebabkan genangan air seperti selokan, lubang tanah atau bejana penampung air. Nyamuk bisa nyaman tinggal di lingkungan seperti ini.

Pemulihan Penderita Demam Berdarah

Jika seseorang diketahui menderita demam berdarah berdasarkan pemeriksaan darah, maka bisa mengikuti saran dokter untuk menjalani perawatan di rumah sakit atau rawat jalan jika kondisinya masih dalam tahap gejala. Berikut ini adalah beberapa tips ringan yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kondisi badan agar cepat pulih :

  • Minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Jika Anda tidak terbiasa minum 3 liter air mineral dalam sehari maka usahakan untuk sering minum. Air akan membantu tubuh agar kesehatan cepat pulih.
  • Minum berbagai jenis jus jambu yang dicampur madu untuk meningkatkan trombosit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Minum madu yang dicampur dengan air hangat untuk meningkatkan kesehatan badan. Madu mengandung berbagai macam nutrisi yang ternyata bisa meningkatkan jumlah trombosit.
    4. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu merah, kiwi dan buah-buahan lain.
  • Istirahat selama mungkin hingga tubuh Anda benar-benar pulih. Hindari melakukan berbagai aktivitas yang membuat kondisi badan menjadi lebih lemah.