Home Penyakit dan KelainanDemam Berdarah 14 Gejala Awal DBD pada Bayi dan Orang Dewasa

14 Gejala Awal DBD pada Bayi dan Orang Dewasa

by Gilang Pratama

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan sebuah penyakit berbahaya dan menular yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Demam berdarah dengue (DBD) ini merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang terdapat pada nyamuk aedes aegypti. Virus ini menjangkiti manusia dari gigitan nyamuk tersebut. Nyamuk ini banyak terdapat di daerah tropis seperti Indonesia. Nyamuk ini banyak dijumpai terutama pada musim hujan. Mereka yang terkena DBD biasanya akan merasakan demam yang tinggi dan juga disertai dengan nyeri otot dan nyeri bagian sendi. Selain itu DBD juga bisa berujung pada kematian.

Untuk menghindari dari bahaya demam berdarah ini. Ada baiknya kita mengenali gejala awal DBD agar kita bisa mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. Beberapa gejala awal DBD antara lain adalah :

  1. Demam yang tinggi
    Gejala awal dari munculnya demam berdarah dengue ini adalah penderitanya akan mengalami demam yang sangat tinggi mencapai 39 sampai 40 derajat celcius. Suhu normal manusia adalah 36 sampai dengan 37 derajat celcius.
  2. Demam tanpa batuk
    Pada tahap awal, demam yang dirasakan tidak disertai dengan batuk. Batuk akan muncul ketika kondisi tubuh mulai menurun
  3. Kepala terasa sakit
    Pada gejala demam berdarah ini juga penderita akan merasakan sakit pada kepala akibat demam yang sangat tinggi. Selain itu hal ini juga akan mengakibatkan badan menjadi lemas.
  4. Merasa mual
    Penderita demam berdarah dengue juga biasanya akan merasakan mual bahkan sampai mengalami muntah.
  5. Nyeri pada bagian sendi – sendi
    Hal lain yang muncul sebagai gejala awal DBD adalah penderita akan merasakan nyeri pada bagian persendian. Virus ini menyebabkan penderita mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas apapun.
  6. Muncul bintik merah
    Dalam beberapa kasus penderita demam berdarah juga muncul bintik merah pada permukaan kulit baik pada tangan atau pun pada kaki. Biasanya bintik merah ini juga disertai gatal dan sulit hilang.

Selain itu beberapa gejala awal demam berdarah dengue yang lain adalah :

  1. Nyari pada bagian belakang mata
  2. Nyeri otot
  3. Sel darah merah terus menurun
  4. Gangguan pencernaan
  5. Nafsu makan menurun
  6. Pendarahan pada hidung dan gusi
  7. sakit pinggang
  8. Biasanya juga penderita mengalami gastritis

Fase demam berdarah dengue

Biasanya mereka yang terserang demam berdarah dengue akan mengalami beberapa fase demam berdarah. Fase dalam demam berdarah tersebut yaitu :

  • Fase pertama
    Pada fase pertama atau fase awal ini biasanya penderita mengalami demam. Pada fase ini biasanya demam masih dianggap demam biasa hanya saja rentan waktu yang agak lama
  • Fase ke dua
    Pada fase kedua ini demam yang diderita penderita berangsur membaik. Suhu tubuh sudah mulai turun. Namun sebenarnya, ini adalah fase paling kritis. Dalam fase ini virus sudah mulai menyebar di dalam tubuh. Pemberian obat demam berdarah yang benar sangat penting pada fase ini.
  • Fase ke tiga
    Fase ke tiga ini adalah fase terakhir. Di mana pada fase ini merupakan fase penyembuhan.

Masa Pemulihan

Hal penting yang harus diperhatikan setelah sembuh dari demam berdarah adalah masa pemulihan. Ini merupakan tahap yang sangat penting karena berkaitan juga dengan tahap mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Beberapa langkah yang bisa dilakukan dan dicoca dalam tahap pemulihan ini antara lain adalah

  • Lebih banyak minum air putih. Beberapa ahli menyarankan untuk meminum 3 liter air mineral selama masa pemulihan ini. Meminum lebih banyak air dari biasanya bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit
  • Disarankan untuk meminum berbagai jenis jus. terutama jus jambu yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jus jambu ini juga bisa dicampur dengan madu.
  • Banyak mengkonsumsi madu yang bisa dicampur dengan air hangat untuk meningkatkan stamina dan juga meningkatkan kesehatan badan. Di dalam madu mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh dan juga bisa meningkatkan jumlah trombosit
  • Banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu merah, kiwi, dan buah – buahan lain
  • Istirahat lah selama mungkin sampai tubuh anda benar – benar pulih. Jangan melakukan aktivitas yang membuat kondisi tubuh menjadi lemah kembali

Pencegahan demam berdarah dengue

Untuk menghindari dari bahaya demam berdarah ada beberapa cara pencegahan demam berdarah dengue yang bisa kita lakukan. Beberapa cara mencegah demam berdarah tersebut antara lain :

  • Buatlah kondisi rumah dan lingkungan yang asri dan bersih agar bebas nyamuk
  • Bersihkan tempat yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak seperti genangan air dan lubang pada tanah
  • Memberantas¬† sarang nyamuk penyebab demam berdarah tersebut
  • Melakukan pengasapan atau fogging
  • Mengunakan abate

Dengan cara – cara itu kita bisa menghindarkan dari resiko demam berdarah dengue dan juga jika sudah muncul gejala awal DBD maka tindakan penanganan yang cepat dan tepat juga sangan dibutuhkan.

You may also like