39 Ciri ciri Demam Berdarah pada Anak dan Orang Dewasa

Penyakit demam berdarah dengue merupakan penyakit musiman yang sudah menjadi penyakit yang cukup biasa bagi masyarakat Indonesia. penyakit ini bisa membuat para penderitanya mengalami sakit yang cukup parah hingga menusuk sampai ke tulang. Penyakit DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi penular virus ini adalah jenis nyamuk aedes aegepty.

Saat ini setidaknya terdapat ratusan ribu kasus demam berdarah yang tejadi di dunia setiap tahunnya, waktu penyebaran virus ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan menjangkit ribuan orang dalam waktu singkat saja. di Indonesia sendiri kasus demam berdarah sudah menjadi kasus luar biasa (KLB) dan menduduki peringkat ke dua dengan kasus penyakit demam berdarah tertinggi di dunia setelah negara brazil.

Menurut data dari kementerian kesehatan menyebutkan bahwa jumlah kematian akibat penyakit DBD dalam kurun waktu tahun 2009 hingga 2011 mencapai 1.125 kasus. Jumlah tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama dalam jumlah kasus kematian akibat DBD tertinggi di Asia tenggara. Sejalan dengan data tersebut juga menujukkan bahwa pada tahun 2013 terjadi 48.905 kasus penderita demam berdarah dengan jumlah kematian sebanyak 376 jiwa. Sehingga bisa dipastikan bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang umum terjadi di Indonesia.

Penyebab Demam Berdarah Dengue

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa penyakit DBD ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh jenis nyamuk aedes aegepty. Jenis nyamuk ini bisa menggigit kapan saja baik pagi, siang atau malam hari. Virus dengue yang ditularkan terbagi menjadi 4 jenis yaitu DEN 1, DEN 2. DEN 3 dan DEN 4. Mekanisme tubuh pada virus ini sangat baik karena saat tubuh terjangkit salah satu virus dari ke empat jenis tersebut maka sistem metabolisme tubuh setelah pulih akan secara otomatis kebal dari virus tersebut jadi kemungkinan terkena penyakit ini  menjadi berkurang.

Namun karena jenis virusnya ada 4 anda mungkin akan terkena penyakit ini lagi dan jika terkena penyakit ini untuk kedua kalinya maka proses penyembuhan akan semakin sulit dan penyakitnya akan semakin parah. Populasi penduduk dan mobilitas yang sangat cepat membuat virus ini menyebar lebih cepat dibandingkan dengan yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Nyamuk pembawa virus dengue ini biasanya hidup pada air yang menggenang entah itu di luar rumah maupun di dalam rumah seperti di dalam bak mandi sekalipun. Bahkan menurut penelitian menunjukkan jika nyamuk ini lebih suka hidup pada air bersih dibandingkan di tempat yang kumuh seperti jenis nyamuk lainnya. Namun nyamuk ini lebih banyak ditemukan pada tempat yang terlalu sempit dengan populasinya banyak seperti di Indonesia ini. Oleh karena itu Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak terjadi kasus demam berdarah dengue.

Gejala atau Ciri ciri Demam Berdarah Secara Umum

Penyakit demam berdarah terjadi disebabkan oleh virus dan masa inkubasi virus dengue bisa berlangsung selama empat hingga tujuh hari. Masa inkubasi adalah masa dimana virus pertama kali mulai menjangkiti tubuh hingga terjadi gejala-gejala dari adanya virus tersebut. Pada penyakit demam berdarah dengue biasanya akan muncul saat tiga belas atau empat belas hari setelah masa inkubasi yang biasanya diawali dengan adanya demam tinggi hingga mencapai suhu 40 derajat celcius.

Ada beberapa tanda atau gejala demam berdarah yang bisa menunjukkan bahwa seseorang tengah menderita DBD. Hal ini sangat penting karena penyakit yang satu ini memang cirinya hampir sama dengan sakit demam biasa namun jika dibiarkan dapat menuju kepada kematian. Berikut ini adalah ciri-ciri dari orang yang sedang mengalami demam berdarah :

  1. Di permukaan kulit akan tampak bintik merah yang tidak mudah hilang
  2. Panas suhu tubuh yang sangat tinggi dalam waktu seminggu bahkan mencapai 40 derajat celcius.
  3. Di dalam sel darah terdapat trombosit sebanyak 100.000 per mm3
  4. Terkadang penderita DBD juga bisa mengalami pendarahan atau keluarnya darah dari hidung atau juga lebih sering disebut dengan mimisan.
  5. Terjadinya pembesaran plasma darah yang ditandai dengan adanya kenaikan pada dinding pembuluh darah.
  6. Penderita akan merasakan nyeri dan sakit pada bagian ulu hati bahkan bisa sampai pada pendarahan pada lambung
  7. Penderita mungkin akan mengalami muntah darah atau buang air besar bercampur darah
  8. Penderita mungkin akan mengalami hematemeses
  9. Munculnya keringat dingin yang tidak biasa
  10. Badan akan terasa lemas
  11. Demam yang tinggi dalam waktu yang cukup lama hingga dalam waktu 7 hari
  12. Munculnya bintik-bintik merah pada seluruh tubuh penderita
  13. Badan akan merasa mual dan muntah setiap saat
  14. Penderita mungkin akan merasakan diare  pada kurun waktu yang cukup lama dan buang air besar bercampur darah
  15. Sakit kepala yang terasa sangat kuat
  16. Batuk yang tidak kunjung berhenti
  17. Wajah akan terlihat lebih pucat dibandingkan biasanya
  18. Penderita akan merasa lemas dan lelah
  19. Penderita akan dikatakan mengalami demam berdarah dengue (DBD) jika melakukan tes trombosit maka hasilnya tidak lebih dari 100.000 mm3, ini sangatlah berbahaya karena bisa mengancam nyawa penderita
  20. Pada hasil tes tourniquet juga akan menunjukkan hasil yang positif
  21. Penderita akan mengalami pendarahan petekia, akimosis atau purpura
  22. Apabila sakit DBD yang dialaminya sudah cukup parah maka pendeirita akan mengalami gelisah dengan bagian kaki dan tangan mengeluarkan keringat dingin.
  23. Terkadang pendarahan juga akan terlihat pada bagian luar meskipun pendarahannya terdapat di bagian dalam
  24. Karena suhu tubuh yang cukup tinggi akan membuat tubuh menjadi menggigil
  25. Penderita akan mengalami sakit kepala yang cukup parah
  26. Sakit pada tenggorokan disertai dengan batuk
  27. Penderita umumnya akan kehilangan nafsu makannya
  28. Penderita akan merasakan nyeri hingga sakit pada bagian perut
  29. Wajah para penderita DBD ini biasanya kemerah-merahan
  30. Penderita juga akan merasakan nyeri yang sangat hebat pada bagian otot punggung bawah, bagian lengan hingga pada bagian kaki
  31. Para penderita akan mengalami sakit dan nyeri pada bagian tulang dan persendian
  32. Penderita juga akan merasakan sakit pada bagian belakang mata
  33. Terjadi pendarahan yang tidak wajar diantaranya seperti gusi berdarah, mimisan hingga darah pada air seni.

Ciri ciri Demam Berdarah pada Anak-anak

Gejala penyakit demam berdarah dengue pada anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gejala DBD pada orang dewasa namun perlu adanya perhatian khusus. Ini karena sistem metabolisme anak masih tidak stabil sehingga virus yang menyerang akan lebih mudah dibandingkan dengan yang dialami oleh orang dewasa. Gejala demam berdarah pada anak juga bervariasi tergantung dari tingkat keparahan penyakit itu sendiri bahkan gejalanya mungkin tidak muncul hingga terkadang membuat bingung kalau sudah seperti ini harus segera dilakukan pemeriksaan tes darah untuk lebih akurat lagi.

Pada bayi dan anak gejala penyakit demam berdarah juga akan ditandai dengan :

  1. Adanya pendarahan pada makulapopular yang terlihat bintik-bintik merah di seluruh tubuh. bintik merah ini jika kulit diregangkan juga tidak hilang sehingga lebih mudah dikenali. Jika bayi dan anak sudah mengalami hal ini maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
  2. Pada bayi dan anak juga biasanya akan terjadi syndrome trias dengue dimana terjadi peningkatan suhu tubuh secara mendadak serta suhu tubunya sangat tinggi. Anak juga akan mengalami nyeri pada bagian seluruh tubuh. pada anak dan bayi yang belum bisa mengutarakan rasa sakit ini biasanya akan menunjukkan rasa tidak nyaman dengan gelisah atau menangis yang tak kunjung berhenti.
  3. Gejala demam berdarah dengue pada bayi dan anak juga bisa ditandai dengan adanya pembesaran pada plasma. Untuk bisa mengetahui hal ini maka perlu dilakukan pemeriksaan tes darah yang lebih akurat karena nantinya akan dilihat berapa nilai hematokrit pada darah. biasanya akan terjadi kenaikan sebesar 20% pada sel darah namun ini akan tergantung pada usia dan jenis kelamin anak dan bayi.
  4. Jumlah trombosit yang dimiliki anak akan kurang dari 100.000 mm3 hingga membuat anak menjadi lemas dan tidak bertenaga.
  5. Anak dan bayi akan mengalami shock yang ditandai dengan adanya penurunan denyut nadi, tekanan darah rendah, demam yang tinggi namun pada telapak tangan dan kaki malah mengeluarkan keringat dingin.
  6. Selain hal yang sudah disebutkan di atas juga ditandai dengan adanya hasil pemeriksaan yang seperti uji tourniquet yang positif, jumlah trombosit yang di bawah ambang batas normal, terjadinya kebocoran plasma yang ditandai dengan adanya pendarahan di dalam pembuluh darah.

Jika anda atau anak dan bayi anda mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter. Hal ini sangatlah penting terutama jika yang mengalami gejala tersebut adalah anak atau bayi anda. Seperti yang telah diketahui bahwa anak dan bayi masih memiliki sistem metabolisme yang belum stabil sehingga pertahanan dirinya belum sempurna seperti yang dimiliki oleh para orang dewasa.

Komplikasi Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah dengue bisa jadi mengalami komplikasi pada beberapa kasus dan biasanya merupakan penyakit yang terlambat penanganannya. Meski kasus ini tidak begitu banyak dan hanya ada beberapa saja namun perlu diwaspadai oleh semua orang karena semua orang juga berpotensi mengalaminya. Komplikasi penyakit demam berdarah dengue ini juga kerap kali disebut sebagai penyakit demam berdarah dengue (DBD) berat. Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri-ciri dari  DBD berat :

  • Tubuh penderita akan terasa lemas yang sangat di seluruh tubuh
  • Demam tinggi namun terkadang sering naik turun jadi terkadang naik tinggi sedangkan pada kemudian hari malah turun
  • Nyeri dan sakit pada bagian perut yang tidak kunjung sembuh
  • Penderita akan sering mengalami mual dan muntah
  • Terjadi pembengkakan pada organ hati bahkan bisa terlihat dari luar tubuh serta jika bagian perut disentuh akan terasa sakit.
  • Terjadi pendarahan yang cukup sering melalui hidung (mimisan), muntah bahkan bisa melalui air seni dan saat buang air besar.

Selain tanda di atas terdapat beberapa gejala lain seperti terjadinya penurunan tekanan darah yang sangat drastis dan secara tiba-tiba, kejadian ini disebut dengan dengue shock syndrome. Berikut ini adalah tanda atau gejala yang lebih rinci:

  1. Terjadi pelemahan denyut nadi namun intensitasnya lebih cepat
  2. Penderita akan merasakan kering di bagian mulut
  3. Kulit akan terasa dingin dan lembab berkeringat
  4. Nafas akan menjadi terengah-engah
  5. Intensitas buang air kecil akan menurun

Jika anda mengalami gejala yang telah ditunjukkan sebagai gejala demam berdarah berat sebaiknya segera melakukan pemeriksaan karena jika tidak bisa membuat penyakit akan menjadi lebih parah. Bahkan para penderita diutamakan untuk melakukan rawat inap karena membutuhkan cairan infuse yang digunakan untuk menstabilkan tekanan darah serta mencegah terjadinya dehidrasi. Jika penyakit ini ditangani dengan cepat maka tidak akan terjadi komplikasi yang berkelanjutan dan bisa sembuh dalam beberapa hari saja.

Fase Penyakit Demam Berdarah

Pada penyakit demam berdarah terdapat tiga fase demam berdarah yang perlu diketahui dan diwaspadai, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Fase Pertama

Fase pertama terjadi pada 1 hingga 3 hari dengan ditandai dengan adanya demam tinggi secara tiba-tiba disertai dengan sakit kepala yang sangat terasa dan nyeri pada seluruh tubuh sehingga, para penderitanya akan merasa tidak berdaya. Pada fase ini juga sudah terdapat bintik-bintik merah serta batuk dan sakit tenggorokan yang sangat mengganggu.

  • Fase Kedua

Fase kedua penyakit demam berdarah terjadi pada hari ke 4 hingga ke 5. Pada tahap ini merupakan tahap kritis dimana kadar trombosit sudah menurun dengan drastis. Pada tahap ini mungkin demam tidak akan setinggi pada fase sebelumnya. Hal inilah yang membuat para penderita mengira bahwa dirinya sudah membaik padahal sebaliknya keadaan makin kritis. Pada tahap ini juga bisa terjadi pendarahan entah itu dari hidung, air seni atau dari feses. Jadi, sebaiknya waspada dengan betul bila dalam tahap ini.

  • Fase Ketiga

Fase ketiga penyakit demam berdarah terjadi pada hari 6 dan seterusnya, jika pada fase kedua sudah mengalami penanganan yang optimal, maka fase ketiga ini menjadi fase penyembuhan meskipun badan masih terasa lemas, batuk, demam dan sakit tenggorokan. Fase ini juga menandakan bahwa terjadi penaikan jumlah trombosit di dalam darah.

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Dengue

Anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter saat anda merasakan flu dan demam dalam jangka waktu lebih dari satu minggu apalagi jika demam yang dirasakan sangat tinggi. saat melakukan pemeriksaan biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk memastikan apakah anda terjangkit virus demam berdarah atau tidak. tes darah ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada penyakit lain yang anda alami.

Untuk masalah pengobatan sebenarnya sampai saat ini belum ada obat dan vaksin yang bisa mencegah terjadinya penyakit demam berdarah dengue. Pengobatan yang dilakukan saat ini hanya berkisar pada cara meringankan gejala yang dialami oleh penderita dan membuat penderita menjadi senyaman mungkin dengan kondisi tubuhnya. Jika penyakit demam berdarah yang dialami masih cukup ringan maka sebaiknya penderita melakukan hal berikut:

  • Istirahat cukup
  • Perbanyak minum air putih supaya tidak terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh
  • Penderita bisa mengkonsumsi paracetamol untuk mengurangi demam dan nyeri yang dirasakan di seluruh tubuh namun sebaiknya para penderita tidak mengkonsumsi obat ibuprofen dan aspirin karena kedua jenis obat tersebut bisa menyebabkan pendarahan yang semakin parah.
  • Sebaiknya para penderita segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika dalam waktu 3 hingga 5 hari belum ada tanda-tanda pemulihan dari gejala yang dirasakan.
  • Namun bagi para penderita yang sudah mengalami penyakit demam berdarah yang sudah cukup parah maka penderita membutuhkan perawatan yang lebih intensif bahkan membutuhkan rawat inap di rumah sakit karena membutuhkan bantuan dari cairan infuse, pemantauan tekanan darah. Bahkan jika perlu melakukan tranfusi darah jika tekanan darah terlalu rendah.
  • Jika penderita sudah dikatakan pulih oleh dokter maka biasanya penderita akan merasakan lemas dan tubuh yang tidak fit. Oleh karena itu membutuhkan proses pemulihan dengan istirahat cukup dan melakukan beberapa gaya hidup sehat paling tidak selama dua minggu. Biasanya penderita akan pulih dua minggu lebih dari tahap pemulihan awal.

Selagi dalam masa pemulihan para penderita juga sebaiknya memperhatikan asupan makanan seperti berikut ini:

  • Vitamin C

Sebaiknya para penderita demam berdarah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat dan lainnya. vitamin C merupakan pembentuk anti bodi alami sehingga virus di dalam tubuh bisa hilang selain itu juga bisa membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Bubur

Bubur bisa menjadi pilihan  karena sangat mudah dicerna oleh tubuh. seperti yang diketahui bahwa para penderita DBD sedang dalam keadaan tidak fit termasuk organ pencernaannya.

  • Minum Air Putih

Para penderita demam berdarah sangat rentan terkena dehidrasi jadi sebaiknya cukupi asupan minum air putih. Selain air putih, para penderita juga bisa meminum air kelapa karena di dalamnya mengandung elektrolit yang cukup tinggi sehingga ion di dalam tubuh cepat terganti.

  • Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang paling baik untuk para penderita demam berdarah. Jika penderita tidak suka dengan sayuran yang dimasak karena sedang sakit maka bisa membuat sayuran menjadi jus misalnya saja jus wortel, timun atau sayuran hijau.

Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Karena hingga saat ini belum ditemukan obat maupun vaksin yang bisa menangkal penyakit demam berdarah maka tindakan terbaik adalah dengan melakukan pencegahan. Pencegahan yang dilakukan adalah untuk menekan pertumbuhan dari nyamuk pembawa virus dengue supaya terhindar dari gigitan nyamuk aedes aegepty. Berikut ini adalah tindakan cara mencegah demam berdarah yang bisa dilakukan:

  • Menguras

Menguras dilakukan dengan cara menguras penampungan air secara rutin seperti bak mandi dan kolam. Sebaiknya jangan biarkan ada genangan air di sekitar rumah. jika anda tetap khawatir, anda bisa menambahkan ikan kecil di dalam bak mandi atau kolam, ikan tersebut akan memakan jentik-jentik nyamuk yang kerap hinggap di dalam kolam.

  • Menutup

Jika anda sudah selesai melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air maka sebaiknya segera tutup tempat penampungan air. Hal ini dilakukan untuk membuat nyamuk tidak masuk ke dalamnya. perlu diketahui bahwa nyamuk demam berdarah lebih suka ditempat air yang jernih jadi dengan menguras saja tidak akan cukup.

  • Menimbun

Pencegahan selanjutnya adalah dengan menimbun. Barang yang ditimbun adalah barang yang sudah tidak terpakai yang memungkinkan terjadinya genangan air dan menjadi sarang nyamuk.

  • Menggunakan Pembasmi Nyamuk

Saat ini sudah banyak produk pembasmi nyamuk baik itu semprot, bakar atau lotion. Anda bisa menggunakan pembasmi nyamuk tersebut untuk tindakan pencegahan ekstra.

Demikian artikel mengenai demam berdarah, semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai penyakit yang ditularkan dari nyamuk ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, March 2016 / 03:32 Oleh :
Kategori : Demam Berdarah