36 Makanan Penambah Trombosit Darah

Trombosit merupakan satu diantara komponen dalam darah yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kadar trombosit normal dibutuhkan untuk kelangsungan hidup seseorang karena berkaitan erat dengan penyembuhan luka dan sejenisnya. Trombosit memiliki peran yang sangat vital yaitu membantu pembentukan benang fibrin atau mencegah pendarahan pada saat terjadi luka atau semacamnya yang mengeluarkan banyak darah.

Tingkat trombosit yang rendah bisa menimbulkan masalah kesehatan yang pastinya berppengaruh pada sistem metabolisme tubuh anda. Jadi, kestabilan trombosit dalam tubuh manusia sangat penting untuk dipertahankan. (baca juga: Kehamilan Ektopik, Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa)

Trombosit yang mengalami penurunan menyebabkan tubuh dalam keadaan lemah. Kondisi ini dikenal dengan istilah trombositopenia. Trombositopenia mengakibatkan beberapa masalah pada kondisi tubuh yaitu sulitnya melakukan koordinasi dan menyeimbangkan imunitas terutama saat tubuh dalam keadaan sakit atau terluka. Trombosit atau keping darah berguna saat proses fibrinogen yaitu membantu penyembuhan luka dengan penyumbatan darah atau dengan kata lain mencegah pendarahan hebat saat tubuh mengalami luka. (baca juga: Radang Kelopak Mata, Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh)

Kadar trombosit dalam darah yang mengalami penurunan disebabkan oleh beberapa faktor seperti virus demam berdarah, kelainan genetik, kehamilan, efek samping obat, pengaruh alkohol, dan sebagainya. Kondisi tersebut berpengaruh pada kondisi kesehatan organ tubuh lainnya sehingga perlu untuk diantisipasi dengan meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Artikel Terkait: Benjolan di Belakang Telinga , Cara Menghilangkan Dagu Berlipat

Jumlah trombosit yang menurun, sebenarnya mudah diatasi karena pada dasarnya kadar tersebut bisa pulih dengan sendirinya. Akan tetapi, bagi anda yang sedang mengalami penurunan jumlah trombosit akan lebih baik jika ditunjang dengan beberapa cara seperti mengonsumsi bahan makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit dengan cepat. Nah, berikut ini adalah daftar beberapa jenis makanan yang disarankan bagi anda yang ingin menaikkan kadar trombosit dalam tubuh. Disimak ya!

Baca Juga:

1. Buah Naga

Buah naga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Beberapa pakar kesehatan bahkan mengklaim buah naga bisa digunakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit termasuk penyakit kronis sekalipun. Hal ini juga menjadi dasar penelitian bahwa buah naga mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah yang berada dalam tingkat rendah.

2. Kurma

Kurma sepertinya sudah akrab di lidah masayarakat Indonesia. Ya, buah yang didatangkan khusus dari Timur Tengah ini bermanfaat banyak bagi tubuh terutama bagi pembentukan energi. Itulah sebabnya banyak yang menganjurkan konsumsi buah kurma ini saat dalam keadaan berpuasa. Nuah kurma disinyalir memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar trombosit yang menurun karena kondisi tubuh yang sakit.

Artikel Terkait: Cara Mengobati Skoliosis, Efek Samping Ibuprofen

3. Bayam Merah

Bayam merah sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan darah. Termasuk juga pada pembentukan trombosit. Mengonsumsi bayam merah akan meningkatkan zat besi serta menaikkan kadar trombosit dengan cepat. Sebenarnya baik bayam hijau maupun bayam merah sama bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dan memperbaiki aliran darah. Akan tetapi, bayam merah lebih disarankan oleh pakar kesehatan karena nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan bayam hijau.

4. Brokoli

Sayuran yang banyak digemari ini ternyata mengandung berbagai senayawa aktif untuk membantu kadar trombosit semakin naik. Konsumsi brokoli rebus lebih disarankan saat tubuh dalam keadaan trombositopenia atau bisa juga saat masa penyembuhan berlangsung. Untuk mengatasi rasa brokoli yang mungkin hambar usai direbus, anda bisa menambahkannya dalam menu salad atau semacamnya yang dikombinasikan dengan beberapa sayuran lainnya. (baca juga: Efek Samping Suntik Silikon , Artritis Septik)

5. Gandum

Gandum adalah salah satu tanaman yang termasuk makanan penambah trombosit paling popular. Gandum mengandung kadar klorofil tinggi serta wheatgrass yang berfungsi meningkatkan kadar trombosit karena memiliki struktur molekul yang hampir sama dengan hemoglobin manusia. Gandum bisa dikonsumsi dalam bentuk apapun, namun cara yang terbaik adalah mengonsumsi jus dari rumput gandum murni yang bisa anda manfaatkan untuk menambah kadar trombosit anda kurang dari 2 hari.

Artikel Lainnya: Makanan Penambah Sel Darah Putih, Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

6. Jambu Merah

Jenis jambu yang disarankan untuk pasien demam berdarah yang memiliki kadar trombosit rendah adalah jambu merah. Jambu merah mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar trombosit secara signifikan. Selain jambu merah, jambu biji biasa juga bisa digunakan untuk mengatasi trombosit rendah. Namun, kandungan vitamin C dan antioksidan yang lebih banyak pada jambu merah membuatnya menjadi pilihan utama untuk mengatasi trombosit menurun.

7. Sayuran Hijau

Jenis sayuran yang berwarna hijau lainnya seperti kangkung, buncis, dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar trombosit anda. Sayuran berwarna hijau mengandung klorofil dan vitamin K yang sangat tepat untuk dikonsumsi saat anda mengalami trombositopenia.

Baca Juga:

8. Angkak

Angkak merupakan bahan makanan yang sangat banyak manfaatnya. Angkak selama ini dikenal sebagai pereda demam efektif bagi mereka yang mengalami demam tinggi, angkak juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang. Khasiat lain dari angkak ternyata adalah untuk menambahkan kadar trombosit yang rendah dan seringkali digunakan sebagai obat bagi penderita demam berdarah.

9. Almond

Kacang almond memiliki efek yang baik sebagai penambah trombosit. Camilan yang menyehatkan ini bisa anda pilih saat mengalami gangguan pada kadar trombosit anda. Almond atau jenis kacang-kacangan lainnya mengandung vitamin K, dan vitamin D yang berfungsi untuk menaikkan kadar trombosit anda. Apalagi Almond mengandung fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium untuk menaikkan kadar trombosit.

10. Kiwi

Buah kiwi tergolong buah yang cukup mahal harganya. Akan tetapi, jika anda ingin menaikkan kadar trombosit sesegera mungkin. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah berwarna hijau tersebut. Buah kiwi dengan kandungan vitamin A dan termasuk makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit selama kurang dari seminggu.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Spider Vein, Efek Samping Teratai Salju

11. Ikan Salmon

Ikan laut seperti salmon sangat berfungsi meningkatkan imunitas serta membantu pembentukan sel darah termasuk trombosit. Keping darah yang berfungsi untuk pembentukan fibrin ini bisa seketika meningkat saat beberapa vitamin dan mineral dari ikan salmon terserap dengan sempurna.

12. Asam Jawa

Rasa yang masam cenderung diabaikan bagi mereka yang ingin lekas menaikan kadar trombosit dalam tubuh. Asam jawa mengandung antioksidan yang akan terserap tubuh dan meningkatkan kadar trombosit secara signifikan. (baca juga: Bahaya Menggunakan Kondom, Efek Samping Acetaminophen)

13. Tuna

Ikan tuna yang kaya akan omega-3 dan protein bermanfaat sangat tepat untuk dikonsumsi saat tubuh mulai mengalami lemah. Kekurangan kadar trombosit juga dianjurkan mengonsumsi beberapa jenis ikan laut agar kondisi tubuh dapat terkontrol.

14. Yoghurt

Yoghurt kaya akan vitamin B12 yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar trombosit. Perlu diketahui bahwa rendahnya trombosit biasanya dipengaruhi oleh faktor kekurangan vitamin B12. Mengonsumsi yoghurt dalam takaran yang wajar dan rutin setiap harinya akan membantu pembentukan trombosit normal kembali.

15. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber protein tinggi yang mampu meningkatkan kadar trombosit serta mengurangi efek dari rendahnya kadar trombosit seperti lemas, dan tubuh cenderung lesu. Selain mampu meningkatkan metabolisme tubuh daging sapi juga sebagai sumber energi.

Baca Juga:

16. Hati Ayam

Bagian ayam selain daging dan telur yang bermanfaat adalah hati ayam. Hati ayam kaya akan kandungan omega-3 serta berbagai mineral protein yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kadar trombosit, anda bisa mencoba mengonsumsinya secara rutin.

17. Strawberry

Buah strawberry kaya akan vitamin C. Manfaat vitamin C dan beberapa zat antioksidan dalam strawberry akan berguna bagi kesehatan tubuh anda dalam meningkatkan fungsi organ tubuh dan penyerapan gizi. Meningkatkan trombosit bisa dilakukan dengan rajin mengonsumsi jus strawberry yang dicampur dengan madu murni. (baca juga: Khasiat Daun Kelor, Efek Samping Daun Kumis Kucing)

18. Labu

Buah labu yang akrab di buat sebagai kudapan kolak ini bisa juga anda manfaatkan untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh. Biasanya orang akan lebih suka mengonsumsinya jika berdampingan dengan santan atau susu. Nah, untuk kali ini sebaiknya labu dikonsumsi murni tanpa tambahan apapun setelah direbus matang.

19. Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang berhubungan dengan ketidakstabilan hormon serta sirkulasi darah. Madu bisa dimanfaatkan bagi anda yang berada pada masa penyembuhan serta membutuhkan kenaikan kadar trombosit lebih banyak dari sebelumnya.

20. Kismis

Kismis bisa menjadi pilihan anda saat ingin menaikkan trombosit. Mengonsumsi kismis secara teratur selama 3 hari kedepan akan menaikkan kadar trombosit dalam tubuh anda sekitar 70 persen.

Baca Juga:

21. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry memang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Senyawa aktif tersebut dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga pembentukan trombosit lebih optimal.

22. Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam proses penyerapan kalsium. Kalsium yang terserap dengan baik akan menghasilkan trombosit dengan segera saat tubuh membutuhkannya.

23. Kuning Telur

Kaya akan protein dan asam amino membuat kuning telur diburu untuk pemulihan penyakit. Fungsinya sebagai sumber energi bagi tubuh dan penyerapan nutrisi, kuning telur juga dianjurkan bagi mereka yang mengalami penurunan kadar trombosit darah.

Baca Juga:

24. Susu

Kalsium yang tinggi pada susu merupakan sumber terbaik untuk membantu meningkatkan trombosit anda. Dengan rutin mengonsumsi susu, maka pembentukan trombosit akan semakin maksimal dan asupan kalsium juga terus terjaga.

25. Seledri

Mengonsumsi seledri mungkin sedikit aneh karena rasanya yang berbeda dari jenis tanaman sayur pada umumnya. Akan tetapi manfaat dari tanaman ini sangat besar terutama bagi pembentukan sel darah dan keping darah. Untuk mensiasati rasa seledri yang sedikit pahit, anda bisa mengkombinasikannya dengan buah tertentu dalam bentuk minuman jus.


26. Lidah Buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk menjaga kestabilan imunitas anda. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam lidah buaya bisa bermanfaat untuk menunjang pembentukan trombosit dalma tubuh secara optimal. (baca juga: Terapi Sinusitis , Gejala Xerostomia)

27. Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia yang juga tentunya agar mampu menjauhkan manusia dari yang namanya dehidrasi. Ya, kondisi sirkulasi oksigen serta metabolisme tubuh lainnya sangat ditentukan dengan konsumsi air putih sesuai takaran. Setidaknya 2 liter setiap harinya tubuh harus mengonsumsi air putih untuk kestabilan kondisi. Air putih juga dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan serta memiliki kekurangan trombosit.

28. Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki khasiat yang penting untuk kesehatan. Selain baik untuk penderita hipertensi dan kolesterol tinggi, minyak wijen juga disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar trombosit rendah atau sedang dalam kondisi tubuh yang lemah.

29. Bawang Putih

Selain sebagai makanan penurun kolesterol tinggi dan pereda hipertensi. Bumbu dapur yang satu ini memiliki manfaat ekstra. Ya, bawang putih disarankan untuk anda yang sedang dalam masa penyembuhan terutama saat kadar trombosit anda ikut menurun.

Artikel Terkait: Cara Memperbaiki Pola Tidur, Tanda Jantung Tersumbat

30. Pepaya

Kandungan vitamin A dalam pepaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan kalsium sebagai pembentukan trombosit lebih banyak. Buah pepaya termasuk dalam beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit anda dengan cepat.

31. Kalkun

Mungkin masih terdengar asing jenis daging yang satu ini. Ya, ayam kalkun cukup sulit ditemukan di pasar bebas di Indonesia. Akan tetapi, perlu diketahu saja bahwa kandungan vitamin B12 dalam daging ayam kalkun sangat berguna untuk menyembuhkan kondisi trombositopenia. Anda bisa mendapatkan daging kalkun ini di supermarket untuk meningkatkan trombosit kurang dari satu minggu.

32. Delima

Buah delima kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Buah delima bisa menjadi pilihan anda untuk meningkatkan trombosit dengan cara mengonsumsi buah secara langsung maupun dengan memanfaatkan daun delima yang direbus dan diminum airnya.

Artikel Lainnya:

33. Bee Pollen

Kandungan asam amino yang tinggi dalam bee pollen merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kadar trombosit anda. Pembuatan sel darah atau dikenal dengan proses hemopoesis bisa maksimal dengan rutin mengonsumsi bee pollen sesuai takaran yang dianjurkan.

34. Buah Bit

Buah bit kaya akan kandungan vitamin A, E dan beberapa mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Fungsi buah bit lebih kepada peningkatan sistem imun agar mampu menghadapi kondisi trombosit yang sedang rendah. Diharapkan seseorang yang mengalami penurunan kadar trombosit bisa tetap bugar sambil mengonsumsi jenis makanan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan trombosit tersebut.

35. Asparagus

Dikenal sebagai salah satu sayuran yang mahal, tanaman asparagus ini memang memiliki khasiat lain selain meningkatkan cita rasa masakan. Asparagus diperkaya dengan kandungan vitamin B9 yang sangat berperan meningkatkan trombosit dalam darah. (baca juga: Penyebab Penyakit Ayan)

36. Jeruk

Buah yang kaya manfaat ini juga tidak mau ketinggalan. Kemampuannya untuk menunjang kondisi tubuh yang sedang dalam masa pemulihan sangat penting untuk dikonsumsi. Buah jeruk mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, keseimbangan metabolisme, dan satu lagi yaitu meningkatkan penyerapan nutrisi saat pembentukan trombosit.

Artikel Lainnya: Penyebab Penyakit Aterosklerosis, Pertolongan Pertama Sesak Nafas

Selain mengonsumsi berbagai jenis makanan yang telah disebutkan diatas, alangkah baiknya usaha meningkatkan kadar trombosit juga diimbangi dengan beberapa kebiasaan sehat sebagai berikut:

  • Menghindari kondisi tubuh yang dehidrasi atau berada dalam suhu panas yang tidak terkendali dalam waktu lama.
  • Mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.
  • Menghindari kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan begadang.
  • Rajin berolah raga dan istirahat cukup, jangan sampai kurang olahraga karena akan mudah juga terkena penyakit.

Demikian artikel informatif tentang makanan penambah trombosit yang bisa digunakan sebagai referensi untuk anda. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, June 2017 / 06:02 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat