21 Cara Mengobati Skoliosis Tanpa Operasi

Skoliosis adalah keadaan tulang belakang yang melengkung ke arah samping yang merupakan bentuk tulang tidak normal. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak yang belum melewati pubertas. Apabila tidak dilakukan langkah pencegahan sesegera mungkin, maka akan menimbulkan komplikasi lanjutan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati skoliosis ini dan akan kami uraikan secara lengkap sebagai berikut.

  1. Akupuntur

Seorang ahli akupuntur akan melakukan sebuah metode khusus sehingga tubuh stagnan pada pasien akan mengeluarkan qi atau energi vital. Dengan ini, maka aliran energi vital yang ada dalam tubuh bisa berjalan dengan baik dan membuat tulang menjadi rileks. Dengan melakukan akupuntur secara berkala, maka keadaan tulang akan kembali seperti sediakala.

Tapi juga perhatikan efek samping akupuntur sebelum memutuskan melakukannya karena ada sejumlah efek akupuntur bagi kesehatan yang cukup berbahaya apabila akupuntur dilakukan dalam jangka waktu panjang. Dan juga, datanglah pada terapis atau ahli akupuntur yang memang benar-benar tepat supaya tidak salah dalam menangani Anda.

  1. Aromaterapi

Mengobati skoliosis dengan cara alami bisa dilakukan dengan berbagai minyak aromaterapi, ahli pijat akan melakukan pemijatan pada bagian otot yang tegang dengan bantuan dari minyak esensial seperti rosemary, lavender dan beberapa jenis aromaterapi lainnya dengan tujuan agar kontraksi otot bisa dikendurkan.

Artikel terkait:

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Meningkatnya kadar osteopontin pada tubuh seseorang terjadi akibat infeksi bakteri. Sangat disarankan untuk selalu membersihkan bak mandi supaya mycobacterium bisa dihambat pertumbuhannya yang menjadi penyebab dari infeksi bakteri kronis serta skoliosis tersebut.

  1. Konsumsi Suplemen Selenium

Suplemen juga sangat dibutuhkan agar skoliosis bisa diobati. Proses penyembuhan penyakit ini memerlukan kalsium, mineral dan juga magnesium yang berguna untuk membuat otot punggung lebih rileks. Anda bisa mengkonsumsi suplemen selenium sebanyak 200 mg per harinya.

Artikel terkait:

  1. Melakukan Fleksibilitas Punggung

Anda bisa melakukan beberapa gerakan untuk menyembuhkan penyakit skoliosis yang anda derita, yakni dengan membungkukkan badan ke arah depan, belakang, kanan dan kiri serta tangan yang selalu mengikuti arah badan tersebut. Tahan sebentar setiap melakukan 1 gerakan sebanyak 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 kali repitisi.

  1. Melakukan Stretching Thoraxal

Gerakan ini sangat penting untuk menyembuhkan skoliosis dengan bentuk tulang yang melengkung ke belakang atau pada bagian atas. Silahkan anda berdiri dengan tegak dan buka kaki selebar bahu lalu tekuk siku dan posisikan tangan pada dada samping. Angkat tangan keatas kepala dan lekukan badan ke samping arah tangan sedang ditekuk dan tahan selama 10 hitungan serta ulangi sebanyak 5 repitisi.

Artikel terkait:

  1. Latihan Punggung

Punggung menjadi target utama untuk latihan penderita skoliosis. Letakkan bantal pada bawah punggung dan silahkan anda tidur secara telentang dengan keadaan rileks. Cara ini akan membuat otot tulang punggung berkurang ketegangannya.

  1. Gunakan Korset Penyangga

Brace atau kawat penyangga dalam bentuk korset ini bisa dipakai untuk mengobati skoliosis sehingga lekukan pada punggung tidak bertambah parah. Sedangkan untuk dewasa, tujuan menggunakan korset ini adalah untuk meringankan rasa nyeri pada bagian punggung bawah akibat skoliosis.

Artikel terkait:

  1. Menghindari Kebiasaan Melipat Satu Kaki

Kebiasaan duduk bisa menjadi salah satu pemicu besar terjadinya skoliosis. Contoh paling sering adalah posisi duduk dengan melipat satu kaki. Sebagai solusi, jika memang kaki kanan sudah dilipat, maka beberapa menit kemudian bisa bergantian melipat kaki yang kiri. Kebiasaan tidak seimbang tersebut bisa berakibat fatal, jadi sebaiknya perhatikan mulai dari sekarang.

  1. Konsumsi Kalsium

Mengkonsumsi minuman serta juga makanan yang mengandung kalsium tinggi sangat penting dalam pengobatan skoliosis. Ingat bahwa kalsium adalah mineral penting yang teramat berguna bagi kesehatan tulang, jadi jangan sampai tubuh kekurangan asupannya sebab bisa berbahaya bagi tulang. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi susu, yoghurt, ikan, keju, jus buah, telur dan kacang-kacangan.

  1. Konsumsi Amla

Amla merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C serta mengandung kolagen tinggi. Kolagen memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan ligamen, otot dan juga tendon. Dengan mengkonsumsi amla ini secara teratur, maka skoliosis bisa disembuhkan sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Artikel terkait:

  1. Bayam

Dalam bayam mengandung vitamin A yang tinggi dan sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit skoliosis secara alami dan juga memperbaiki jaringan pada tubuh. Dengan konsumsi bayam secara rutin, maka otot-otot pada tulang punggung akan semakin rileks dan melepaskan kontraksi tidak wajar yang terjadi pada punggung anda.

Hanya saja, perhatikan juga akan kondisi kesehatan Anda lainnya bila ada, seperti misalnya apakah Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi. Penderita beberapa penyakit, termasuk asam urat tak diperbolehkan untuk menyantap bayam. Jadi, lebih cermat juga dalam memilih makanan untuk memulihkan kondisi tulang Anda.

  1. Lavender

Pada bunga lavender terdapat zat anti inflamasi yang bisa menghilangkan rasa nyeri akibat skoliosis dan juga melepaskan tegang otot serta kontraksi.

  1. Kubis atau Kol

Dalam tanaman kubis mengandung banyak kolagen dan juga serat yang sangat baik untuk menambah tingkat elastisitas dari kartilago serta tulang. Selain itu, kubis berguna untuk membuat tulang punggung bisa lebih fleksibel dan masa otot yang menopang bisa lebih kuat.

Artikel terkait:

  1. Timi

Timi merupakan jenis dedaunan yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati skoliosis dan berbagai kelainan tulang belakang lainnya. Anda bisa mengkonsumsi ekstrak daun timi secara rutin untuk menyembuhkan penyakit tulang punggung yang anda derita.

  1. Berjalan Dengan Tegak

Supaya tulang belakang yang merupakan tempat dari lebih 400 otot anda bisa kembali seperti semula, maka usahakan untuk selalu berjalan dengan tegak sehingga lengkung alami pada tulang belakang bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Turunkan Berat Badan

Agar proses penyembuhan skoliosis bisa berjalan dengan baik, seimbangkan berat badan anda. Dengan berat badan berlebihan, maka tulang punggung akan semakin terbebani dan inilah yang kerap kali tidak disadari oleh para penderita obesitas dalam kehidupan sehari-harinya. Ketika tubuh terlalu gemuk, tulang juga akan otomatis terkena dampak bebannya, maka ini juga artinya akan membuat skoliosis berisiko lebih parah.

Artikel terkait:

  1. Oregano

Oregano yang merupakan salah satu rempah untuk memasak ini juga sangat baik untuk mengobati skoliosis. Oregano mengandung anti inflamasi serta anti oksidan yang cukup tinggi. Selain itu, minyak oregano juga bisa anda gunakan sebagai pbat oles punggung yang juga dipercaya bisa meluruskan tulang punggung bengkok akibat skoliosis.

  1. Peppermint

Keadaan tulang punggung akan semakin parah karena penumpukkan mikroba dan menyebabkan malformasi tulang berjalan semakin cepat. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan peppermint yang merupakan antibiotik alami. Caranya adalah dengan menggunakan minyak peppermint sebagai obat oles punggung yang dilakukan secara merata.

  1. Kale

Kale tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, namun juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif skoliosis. Dalam kale terdapat kandungan kolagen yang sangat tinggi yang sangat dibutuhkan tulang, jaringan dan juga otot, sekaligus meningkatkan kepadatan tulang anda.

  1. Renang

Olahraga renang merupakan satu jenis olahraga yang tak hanya bermanfaat dalam meninggikan badan, tapi juga mampu membuat tulang yang terkena skoliosis menjadi lebih baik. Bersenang-senanglah 2-3 kali dalam seminggu untuk berenang dan pilihlah gaya bebas ketika melakukannya. Alasan mengapa harus gaya bebas adalah karena gaya ini akan membantu penggunaan kanan dan kiri tubuh menjadi lebih seimbang dan tentunya tanpa operasi pun Anda akan memperoleh kembali kesehatan tulang yang sempat tak maksimal

Artikel terkait:

Skoliosis dan juga kelainan tulang punggung lainnya bisa disembuhkan tidak hanya menempuh jalur operasi, namun juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan alami serta melakukan beberapa gerakan secara teratur dan rutin. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.