11 Penyebab Leher Kaku dan Tegang : Gejala Penyakit Apa?

20677

Tubuh kita terdiri dari kumpulan otot – otot, baik otot besar maupun kecil yang nantinya bisa mendukung pergerakan dari bagian tubuh kita. Namun ada saat dimana otot – otot di dalam tubuh kita mengalami kaku dan juga terasa sakit ketika digerakan. Hal ini banyak sekali terjadi ketika berolahraga berlebihan tanpa pemanasan ataupun ketika seseorang terlalu lama tidak bergerak, seperti duduk dan berdiam diri tanpa melakukan pergerakan apapun.

Bagi mereka yang berusia lanjut dan sudah diatah 60an, biasanya tegang dan kaku pada bagian otot wajar terjadi, karena faktor usia yang menyebabkan oerkembangan dan juga fungsi otot yang dimiliki mengalami penurunan fungsi. Namun demikian, terkadang hal ini juga sering terjadi pada mereka yang berusia anak – anak hingga dewasa. Namun biasanya, intensitas dari kondisi otot yang kaku dan juga tegang lebih jarang terjadi dan biasanya berlangsung dalam waktu yang sedikit.

Bagian Tubuh Yang Sering Kaku

Rasa tegang dan juga kaku pada bagian otot biasanya banyak dan juga sering terjadi pada bagian tertentu. Berikut ini adalah beberapa bagian tubuh yang sering mengalami gangguan otot kaku dan juga tegang :

  • Bagian paha dan kaki. Otot bagian paha dan juga bagian kaki biasanya sering terjadi terutama ketika terlalu banyak berolahraga lari, ataupun berjalan kaki dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membuat otot kaki kita menjadi tegang dan akhirnya kita harus beristirahat untuk merelaksasikan otot kaki kita. Selain itu, otot kaki juga sering mengalami kram otot, dimana terjadi kesalahan pergerakan pada kaki, yang menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika kaki digerakkan.
  • Otot perut. Otot perut juga sering mengalami gangguan, hal ini biasanya terjadi ketika kita terlalu lelah, dan juga kurang makan. Biasanya tegangnya otot perut juga sering kita kenal dengan istilah kram perut.
  • Otot mata. Otot mata juga merupakan bagian otot yang paling mudah mengalami kaku dan tegang. Hal ini terutama dapat terjadi ketika seseorang terlalu sering menatap layar komputer dan juga bekerja di tempat yang tidak biasa, misalnya di tempat yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi ataupun bekerja di lokasi yang membutuhkan ketelitian dan fokus.
  • Bagian otot leher. Bagian otot lainnya yang juga dapat mengalami kaku dan juga tegang adalah bagian otot leher. Untuk lebih jelasnya mengenai kaku dan tegang pada otot leher, maka ada baiknya anda simak penjelasan di bawah.

Leher kaku dan tegang

Beberapa dari anda pasti sering mengalami kondisi dimana otot leher anda menjadi kaku dan tegang, sehingga hal ini menyebabkan anda kesulitan untuk menengok dan juga menganggukan kepala anda. Biasanya kondisi leher yang kaku dan tegang tidaklah memandang usia, karena siapapun bisa mengalami hal ini, yang membedakan adalah intensitas alias lama atau tidaknya kondisi tersebut bertahan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda rasakan ketika leher anda terasa kaku dan tegang :

  • Muncul rasa sakit ketika menengok dan mengangguk
  • Sulit untuk tidur dengan nyenyak
  • Apabila dipegang, leher terasa sangat keras
  • Terkadang disertai sakit kepala ataupun pusing, serta kelelahan juga pada otot mata

Penyebab Leher kaku dan tegang

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan munculnya gangguan leher kaku dan juga tegang yang terjadi pada diri kita. Hal ini wajar adanya, karena kondisi leher yang kaku dan juga tegang merupakan respon fisiologis tubuh dari otot dan juga syaraf yang mengalami gangguan karena penyebab tertentu. Jadi apabila anda mengalami kondisi leher yang kaku dan juga tegang, maka berarti syaraf dan juga otot anda mengalami ganggun, yang bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Terlalu banyak beban pikiran

Faktor pertama yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya kondisi leher yang mengalmi tegang dan juga kaku apalah faktor psikologis. Hal in iterjadi ketika anda mengalami banyak tekanan, yang membuat adna menjadi stress. Ketika anda menjadi stress, maka bisa saja akan muncul apa yang disebut dengan istilah psikosomatis, yaitu kondisi gangguan kesehatan atau fisiologis yang penyebabnya adalah gangguan pada area psikologis.

Hal ini dapat menyebabkan banyak hal, salah satunya adalah syaraf dan juga otot- otot yang menjadi kaku dan juga tegang. Maka dari itu, ketka anda sudah merasakan bebena dan juga tuntutan hidup anda semakin berat, anda wajib untuk mencari cara gar dapat mengurangi tekanan tersebut. Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah berekreasi ke tempat wisata, atau menenangkan diri dengan cara meditasi sederhana.

Tiap orang memilki cara yang berbeda – beda untuk mereduksi tekanan dan juga stress yang dimiliki, sehingga hal ini dapat memiliki hasil yang berbeda – beda. Tapi, yang terpenting adalah anda harus tau cara terbaik yang harus anda lakukan untuk mereduksi stress dan tekanan pada diri anda.

  1. Kelaparan

Faktor kelaparan juga menyumbang munculnya gangguan leher kaku dan juga tegang. BIsanya hal ini berdampak pula pada munculnya sakit kepala ataupun pusing. Hal ini mungkin cukup jarang terjadi, namun di beberapa kasus, ketika seseorang mengalami kelaparan, maka akan berpengaruh kepada kondisi fisiknya, salah satunya adalah kondisi otot dan juga syaraf yang kemudian menjadi kaku dan juga tegang.

  1. Kelelahan

Faktor berikutnya yang paling sering menyebabkan terjadinya leher kaku dan juga tegang adalah faktor kelelahan. Ya, ketika seseorang merasa lelah, maka tubuh membutuhkan istirahat. Namun demikian, ada beberapa kondisi dimana ketika seseorang sudah lelah, masih dipaksakan untuk beraktivitas, yang akan menyebabkan kelelahan menjadi bertambah parah. Hal ini memicu terjadinya gangguan pada otot dan juga syaraf, salah satunya yang terdapat pada bagian leher, sehingga membuat leher anda menjadi kaku dan tegang.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan cara beristirahat yang cukup, terutama ketika anda merasa lelah. Jangan pernah memaksakan kemampuan diri anda, karena dapat membahayakan diri anda sendiri.

  1. Posisi tidur yang tidak tepat

Pernahkah anda bangun dari tidur, lalu merasakan bahwa leher anda terasa sakit,kaku dan juga tegang? Ya, hal ini juga cukup sering terjadi ketika anda mengambil posisi tidur yang salah. Hal ini agak sulit untuk dihindari, karena ketika sedang tidur, anda mungkin tidak menyadari posisi tidur anda, sehingga hal ini dapat terjadi begitu saja. Namun yang perlu anda perhatikan keika anda bangun tidur dan mengalami leher yang kaku dan juga tegang, anda harus beristiahat sebentar, lalu kemudian cobalah untuk memijat – mijat bagian leher anda yang sakit dengan menggunakan minyak gosok, serta coba untuk melakukan gerakan pada leher anda.

  1. Panic Attack

Panic attack merupakan kondisi dimana seseorang mengalami gangguan panik secara tiba – tiba. Hal ini merupakan salah satu gejala psikologis, yang berasal dari pikiran seseorang. Ketika mengalami panic attack, seseorang akan merasakan pusing dan juga mual, serta efek lanjutannya adalah tubuh menjadi terasa kaku dan otot menegang, termasuk otot leher. Orang yang mengalami panic attack harus diatasi oleh mereka yang kompeten dalam melakukan terapi psikologis, karena berhubungan dengan perubahan pola kognisi dan juga alam bawah sadar individu.

  1. Tubuh yang terlalu pasif dan jarang bergerak

Bagi anda yang jarang bergerak, pasti anda sering mengalami hal ini. Ya, kondisi leher yang kaku dan juga tegang juga dapat disebabkan karena kondisi tubuh anda yang pasif dan tidak banyak bergerak. Hal ini akan menyebabkan otot dan juga syaraf anda tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga dapat memicu terjadinya kondisi leher yang kaku dan juga tegang. Hal in ijuga dapat terjadi ketika anda berada teralalu lama pada posisi tubuh tertentu. MIsalnya terlalu lama berdiri, ataupun terlalu lama mengenok, sehingga menyebabkan leher menjadi kaku dan juga tegang.

  1. Posisi ergonomis yang buruk

Posisi ergonomis merupakan salah satu hal yang trkadang banyak diacuhkan dan tidak dipedulikan. Padahal posisi ergonomis yang salah dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti rasa sakit pada tulang belakng dan juga otot syaraf yang terasa sakit. Conoth dari posisi ergonomis yang buruk adalah berjalan dengan membungkuk, mengetik dengan posisi keyboard yang terlalu tinggi, kursi tanpa sandaran belakang, dan masih banyak lagi.

  1. Gangguan pada sistem syaraf dan juga otot

Merupakan penyebab lainnya dari leher yang akku dan tegang Hal in iberhubungan dengan kondisi fisik seseorang, yang haus diperiksakan seger ke ahli dan juga spesialis syaraf.

  1. Tetanus

Tetanus adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang dapat mengakibatkan leher kaku dan tegang. Selain di leher, bagian rahang biasanya juga menjadi susah di gerakan.

  1. Kolesterol Tinggi

Leher sering kaku dan tegang, anda wajib mewaspadai kolesterol tinggi pada tubuh anda. Jangan sepelekan ini, terutama jika anda juga mengalami rasa penat di pundak anda. Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi untuk menghindarinya.

  1. Darah Tinggi

Nah hati hati dengan salah satu penyakit satu ini, bisa jadi dia juga telah bersarang pada diri anda. Darah tinggi juga dapat menyebabkan leher anda kaku dan tegang. Baca juga : Pantangan darah tinggi

Tips Mengatasi Leher Kaku dan Tegang

Jika anda mengalami leher kaku dan tegang anda wajib melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan yang anda lakukan harus mengedepankan beberapa aspek di bawah ini.

  • Gejala tambahan apa yang sering anda rasakan ? Contoh nya selain leher kaku dan tegang anda juga mengalami cepat lelah dan berkunang kunang
  • Sudah berapa lama anda mengalaminya
  • Riwayat penyakit anda sebelumnya
  • Kebiasaan dan pola hidup anda.

jika hal hal di atas sudah anda siapkan maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan untuk mengatasinya harus sesuai dengan penyebabnya, jika tidak diketahui penyebabnya maka akan mustahil di obati. Itulah beberapa penyebab dari leher kaku dan juga tegang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda.