13 Efek Samping Teratai Salju – Positif dan Negatif

Teratai salju, nama tanaman tersebut tentunya masih terdengar asing ditelinga masyarakat Indonesia. Sebab teratai salju memang tidak tumbuh di negara tropis ini. Jenis teratai salju yang merupakan tanaman dengan 300 spesies ini hanya tumbuh di dataran tinggi pegunungan Eropa, Amerika, dan sebagian di dataran China dan kutub Asia.

Habitat terbesar tanaman yang termasuk dalam family Asteraceae ini berada di pegunungan Himalaya. Oleh sebab itu, di Indonesia tanaman ini sementara hanya bisa didapatkan dari obat atau ramuan herbal dengan kandungan aktif teratai salju didalamnya. (baca juga: Bahaya Menggunakan Kondom , Efek Samping KB Implan )

Teratai salju diyakini berguna untuk kesehatan maupun kecantikan. Tanaman yang dikenal juga dengan nama Shan Xue Lian ini memang dipercaya khasiatnya bahkan sejak masa Dinasti Qing. Secara umum, tanaman ini juga memiliki efek samping pada penggunaannya.

Namun, sebagian besar mereka yang mengonsumsi teratai salju lebih berpendapat bahwa efek samping tersebut cenderung mengarah pada efek yang bersifat baik (menguntungkan). Beberapa efek samping yang bisa diakibatkan oleh teratai salju dikategorikan menjadi efek samping yang bersifat negatif dan positif. Kedua sifat efek samping tersebut akan dibahas pada uraian berikut ini. Simak ya!

Artikel Terkait: Cara Menurunkan Hormon Kortisol, Cara Mengatasi Mata Kering

Efek Samping Positif Teratai Salju

1. Menguatkan Stamina

Teratai salju adalah tumbuhan yang didalamnya terkandung bahan aktif antioksidan yang berfungsi untuk menguatkan stamina lemah. Pada kondisi seseorang yang selesai melakukan operasi atau mereka yang sedang berada dalam masa penyembuhan, teratai salju dapat membantu proses penyembuhan tersebut agar lebih cepat.

2. Mengobati Impotensi

Impotensi yang dialami pria pada usia muda, adalah masalah yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi bagi pasangan, tentunya kondisi tersebut bisa berisiko pada hubungan secara social. Dengan mengonsumsi teratai salju secara tepat, impotensi yang diderita diyakini akan berangsur pulih dalam waktu kurang dari enam bulan.

Baca Juga:

3. Mengobati Gangguan Hati

Teratai saljumengandung berbagai molekul protein yang dibutuhkan tubuh. Selain itu kandungan polifenol didalamnya juga membantu proses pemecahan senyawa racun dalam organ hati. Hal ini dapat berakibat baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan hati. Teratai salju bisa meringankan kinerja liver, sehingga bermacam gangguan hati juga bisa diatasi.

4. Mengobati Cedera

Bagi anda yang tengah mengalami cedera tangan atau kaki dengan indikasi adanya pembengkakan. Maka menggunakan ramuan berbahan teratai salju adalah pilihan yang tepat. Teratai salju bisa membantu mengurangi peradangan serta memulihkan bengkak akibat cedera ringan. (baca juga: Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah, Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung)

5. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau penyakit susah tidur yang disebabkan oleh banyak faktor (stres, pencernaan, jantung, dll) tentu sangat mengganggu aktifitas anda. Ada baiknya anda mencoba tanaman teratai salju ini untuk mengatasi hal tersebut. Selain insomnia, berbagai keluhan stres atau depresi ringan diyakini bisa disembuhkan dengan kandungan antioksidan didalamnya.


6. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes yang menyebabkan penderitanya lemas dan kerap mengantuk dapat diatasi dengan mengonsumsi teratai salju sesaat sebelum beranjak tidur malam. Teratai salju dengan senyawa polifenol dan kaya akan antioksidan akan membantu menetralisir rasa kantuk tersebut dan mengembalikan metabolisme tubuh seperti semula serta membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Artikel Lainnya: Khasiat Asam Jawa, Gejala Multiple Sclerosis

7. Anti Masuk Angin

Mengalami masuk angin tentunya tidak menyenangkan. Akan tetapi, pori-pori kulit yang sudah terlanjur peka pada angin bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi tanaman teratai salju baik berupa obat maupun herbal. Teratai salju membantu mengatasi masuk angin yang disebabkan karena efek buruk cuaca yang tidak menentu maupun pancaran pendingin ruangan.

8. Kecantikan Kulit

Di negara-negara maju ternyata tanaman teratai salju sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik maupun obat kecantikan. Teratai salju memiliki kegunaan yang sangat besar dalam membantu proses regenerasi sel kulit mati serta proses penuaan kulit. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kulit akan menjadi lebih kencang serta bebas dari efek penuaan dini dan terlihat lebih segar. (baca juga: Cara Menghilangkan Pikiran Negatif )

9. Memperbaiki Sistem Peredaran Darah

Sirkulasi peredaran darah dalam tubuh tentunya sangat memengaruhi kinerja sebagian besar organ tubuh manusia. Oleh sebab itu, menjaga peredaran darah tetap lancar akan sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh secara keseluruhan. Teratai salju juga mengandung senyawa yang mirip dengan oksigen untuk membantu mengatasi peredaran darah yang tidak lancar.

Baca Juga:


Sementara efek samping negatif teratai salju, diantaranya adalah:

1. Dehidrasi

Tanaman teratai salju ternyata menjadi pemicu utama dehidrasi. Sebagian besar mereka yang pernah mengonsumsi tanaman ini dalam bentuk ramuan atau obat-obatan mengaku sering merasakan haus yang lebih dari biasanya. Kondisi ini memang tidak merugikan secara berlebihan, namun dehidrasi yang tidak segera mendapatkan penanganan justru akan memicu peradangan dan panas dalam. (baca juga: Pertolongan Pertama Sesak Nafas, Pertolongan Pertama Saat Tersedak)

2. Alergi

Alergi hanya dialami bagi orang-orang tertentu yang kemungkinan belum mengetahui bahwa tubuhnya alergi terhadap tanaman teratai salju. Biasanya alergi yang ditimbulkan adalah mual disertai muntah, pusing, dan ruam pada kulit. Kondisi ini bisa diupayakan untuk mendapatkan penanganan medis apabila gejala alergi tidak berangsur membaik dalam jangka waktu dua hari.

3. Gangguan Pencernaan

Teratai salju memiliki kandungan enzim laktat yang sangat berfungsi baik bagi tubuh terutama pada saluran cerna. Akan tetapi, apabila penggunaannya melebihi takaran atau dikonsumsi dengan cara yang salah akan berakibat diare, kembung, bahkan sembelit. Disarankan untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengonsumsi tanaman ini.

Artikel Terkait: Cara Mencegah Xerostomia, Pengobatan Multiple Sclerosis

4. Tidak Boleh Untuk Wanita Hamil

Teratai salju dianggap bisa mengganggu saluran pencernaan. Oleh karena itulah, sebagian besar ahli kesehatan berpendapat bahwa tanaman ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Selain berisiko sembelit akut, berbagai gangguan pencernaan seperti diare bisa terjadi dan mengganggu aktifitas kehamilan serta janin dalam rahim.

Baca Juga:

Secara umum efek samping yang bersifat positif cenderung mendominasi tanaman ini. Penelitian mencatat bahwa manfaat teratai salju masih banyak yang belum terlihat, sehingga wajar apabila ramuan herbal berbahan teratai salju saat ini sangat banyak diminati. Bagi anda yang ingin juga mencoba khasiat dari tanaman bernama Latin Saussurea Involucrate dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan cara dan dosis yang tepat agar manfaat yang diperoleh bisa seimbang dan menguntungkan.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda , Cara Meningkatkan Hormon Serotonin

Demikian artikel informatif tentang efek samping teratai salju, baik itu efek positif maupun yang negatif yang semoga bisa menjadi referensi untuk anda dan bermanfaat sebelum memutuskan untuk memakainya.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal