13 Cara Menghilangkan Mata Sayu Untuk Pria Dan Wanita

Cara menghilangkan mata sayu merupakan upaya untuk memperbaiki bentuk dan kondisi mata yang terlihat menurun, lelah dan tidak segar. Seseorang yang bermata sayu cenderung nampak kurang menarik dari segi estetika penampilan wajah karena dari sudut manapun mata sayu terlihat seolah olah seseorang sedang dalam kondisi sakit. (Baca Juga: Operasi Mata Juling , Penyebab Mata Berlemak)

Penyebab Mata Sayu

  1. Dehidrasi

Minumlah cukup banyak air putih setidaknya 8 liter perharinya untuk mencegah tubuh dehidrasi. Ketika tubuh mengalami kurang cairan maka akan muncul salah satu bahaya dehidrasi bagi tubuh yaitu gangguan pembuluh darah termasuk bagian mata akan mengalami kekeringan. Otot mata menjadi lemah dan sorot matapun menjadi tidak segar, Kondisi ini dipicu karena mata berubah menjadi sayu. (Baca Juga: Akibat Dehidrasi , Gejala Dehidrasi)

  1. Kurang tidur

Seseorang yang sering begadang maka pembulug darah sekitar mata akan mengalami penyempitan, Produksi sel darah merah berkurang dan menyebabkan otot serta saraf saraf mata menjadi kurang sehat. Akibatnya mata aayang tidak diistirahatkan akan mengalami kelwemahan otit mata yang memicu munculnya mata yang sayu dan tidak segar. (Baca juga: Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur , Cara agar Cepat Tidur)

  1. Benturan

Mata yang mengalami trauma sedera akibat hantaman atau benturan dapat menyebabkan lebam dan luka dalam pada pembuluh darah atau saraf saraf selitar mata yang memicu munculnya perubahan bentuk pada mata, Yaitu mata akan terlihat lebih turun dan tidak segar atau sayu. (Baca juga: Obat Luka Dalam karena Benturan , Pertolongan Pertama Benturan Kepala)

  1. Asap rokok

Efek samping rokok bagi kesehatan biasanya diakibatkan karena Kepulan asap rokok yang merupakan salah satu penyebab gangguan organ kesehatn termasuk dapat menyebabkan mata menjadi sayu. Tembakau, Tar dan nikotin yang ada didalamnya dapat mengiritasi selaput lendir yang melapisi bagian putih mata dan menyebabkan mata gatal, Memerah dan sayu. (Baca Juga: Bahaya Menelan Asap Rokok , Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif)

  1. Sakit mata

Sakit mata terdiri darai mata merah, Mata belekan, Radang mata, Infeksi mata atau mata iritasi karena masuknya debu dapat menyebabkan bentuk mata mengalami perubahan yaitu nampak menurun, Kecil dan tidak segar. Jika tidak segera ditangani maka mata akan menjadi semakin sayu. (Baca Juga: Obat Sakit Mata Bengkak)

  1. Menangis

Seseorang yang banyak menagis atau menangus secara berlebihan dapat menyebabkan kelenjar air mata dipaksa untuk terus memproduksi air mata dalam jumlah yang banyak sehingga bisa menyebabkan pembuluh darah disekitar mata menjadi melebar dan timbul iritasi yang akhirnya memicu munculnya pembengkakan dibagian mata. Kondisi ini dapat menyebabkan mata menjadi sayu atau kecil daripada bentuk yang aslinya. (Baca Juga: cara Menenangkan Pikiran , Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu)

  1. Mata lelah

Mata yang sering digunakan untuk menulis atau membaca bisa mengalami kelelahan otot dan ketegangan saraf saraf mata yang jika terus berlangsung tanpa adanya peregangan maka mata akan menjadi sayu. Terlalu lama berada didepan layar komputerpun rentan mengakibatkan otot mata mengalami kelelahan dan menyebabkan mata menjadi terlihat sayu. (Baca juga : Gejala mata lelah , Cara Mengobati Mata Lelah)

  1.  Genetik

Cara menghilangkann mata sayu karena keturunan lebih kepada teknik pemakaian makeup pada wanita agar matanya terlihat lebih terangkat dan segar. Namun bagi pria cenderung sulit untuk menyembunyikannya. Mata sayu karena genetik muncul bukan karena kelewmahan otoit bagian mata dan bukan pula karena mata lelah, Sakit mata ataubanyak menangis karena memang ada akibat kewdua orangtua atau salah satu dari mereka memiliki karakter mata sayu yang terbawa sejak lahir. (Baca juga: Obat Alergi Mata)

Penanganan Mata Sayu

Tips cara menagatsi mata sayu dengan cara umum dan dapat dilakukan siap saja

  1. Olahraga mata

Olahraga mata dapat dilakukan setiap hari dan kapan saja bahkan dapat dilakukan disela sela kesibukan anda ditempat kerja. Caranya mudah dan memiliki efek baik bagi otot mata agar tetap kuat. Kedipkan mata dengan kecepatan yang anda bisa lalu bisa dilanjutkan dengan menggunakan bola mata untuk digerakkan kekiri dan kekanan, Keatas dan kebawah tanpa menggunakan kepala untuk ikut bergerak.

Baca juga:

  1. Cukup minum air putih

Minumlah air putih disela sela kesibukan dan santai anda agaar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Mata menjadi sayu cenderung muncul lebih cepat ketika pasokan air dalam tuibuh tidak bisa memenuhi kebutuhan pembuluh darah ditubuh sehingga pembuluh darah menjadi tidak lancar. Pembuluh adarah yang tidak lancar pada bagian mata menyebabkan mata menjadi mudah lelah, Mudah iritasi dan mengalami kelemahan otot yang dapat menjadikan mata menjadi sayu.

  1. Menggunakan punggung sendok

Sendok yang sebeumnya direndam dalam air dingin atau lemari pendingijn bermanfaat untuk menyegarkan mata dan melancarkan aliran darah sekitar mata sehingga mata tidak lagi menjadi sayu. Letakkan cekungan sendok kearah mata saling bergantian dengan durasi waktu masing masing mata adalah 3 menit. mRasakan sensasi sejuk yang dihantarkan melalui sendok kerah mata anda.

Baca Juga:

  1. Kaca mata anti silau

Untuk mencegah dan mengatasi mata yang sayu dapat menggunakan kaca mata anti silau untuk menangkal bahaya radiasi layar komputer atau televisi dimana radiasinya dapat melelahkann otot mata dan membuat mata menjadi sayu. Kaca mata anti silau ini dapat diperoleh diapotik atau tempat terapi khusus untuk kesehatan mata.

Tips cara mengatasi mata yang sayu dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita.

  1. Mentimun

Irisah mentimun yang sebelumnya telah disimpan pada lemari pendingin lalu letakkkan pada kedua mata yang dipejamkan. Biarkan beberapa saat dan ulangi kembali meletakkan irisan mentimun baru. Efek dingin pada mentimun mampu menenangkan peredaran darah dan menperkuat otot mata yang mendereita kelelahan. Menggunakan irisan mentimun untuk mengompresb mata adalah salah satu cara menghilangkan mata sayu yang terbukti efektif bagi prai dan wanita.

Baca Juga:

  1. Bunga telang

Bunga telang memiliki warna biru atau biru keunguan yang banyak tumbuh liar di pekarangan rumah, Hutan ataun perbukitan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan matas sayu akibat radang mata. Seduhlah beberapa bunga telang lalu dinginkan kemudian gunakan rebusan bunga telang untuk mencuci mata ppagi dan sore hari setelah pulang dari beraktivitas.

  1.  Teh celup

Teh celup apapun termasuk teh hitam atau hijau dapat dimanfatkan sebagai solusi cara menghilangkan mata sayu. Teh celup hendaknya direndam sesaat didalam air dingin sebelum anda letakkan pada kedua mata yang dipejamkan. Teh mengandung zat yang dapat menperbaiki ketegangan, Penyempitan pembuluh darah dan menyegarkan mata sehingga mata terhindar dari mata sayu.

Baca juga:

  1. Es batu

Cara menghilangkan mata sayu dengan mengggunakan es batu yang telah dibalut kain atau saputangan dapat digunakan untuk mengompres mata yang sayu agar kembali menjadi segar dan terbuka. Lakukan cara ini sehabis anda pulang dari rutinitas kerja. Lakukan cara ini hanya 2 kali sehari setiap hari secara teratur.

  1. Lidah buaya

Khasiat Lidah buaya untuk kulit memang sangat terkenal didunia kecantikan namunlidah buaya juga memiliki sifar mendinginkan, Menenangkan, Mengempiskan pembengkakan pada kelopak mata, Menghilangkan kantung mata yang hitam dan dapat pula melindungi mata dari iritasi akibat serangan debu atau zat kimia yang ada pada kosmetik. Caranya adalah Haluskan lendir lidah buaya lalu balutlah dengan kain kasa lalu letakkan pada kedua mata yang telah dipejammkan.

Baca juga:


  1. Biji bunga Boroco

Tanaman boroco adalah keluarga padi padian atau rumput berwarna keunguan dimana bijinya dapat direbus dan air rebusannya dapat digubakan untuk merambang atau merendam mata. Biji bunga boroco dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata sayu akibat infeksi mata.

  1. Air Strawberry

Buah strawbwrry meniliki vitamin dan mineral yang dapat menyegarkan pembuluh darah bagian mata dan memperbaiki bentuk mata yang sayu menjadi lebih segar. Haluskan buah strawberry lalu letakkan dalam kain tipis untuk kemudian menjadi alat untuk mengompres mata yang sayu.

Baca Juga:

  1. Irisan kentang

Daging kentang dapat memperbaiki aliradn darah yang tersendat disekitar saraf mata yang menjadi penyebab mata menjadi sayu. Cara menghilangkan mata sayu dengan menggunakan irisan kentang (diletakkan pada kedua mata yang terpejam selama 20 menit) terbukti ampuh mengempiskan pembengkakan pada kelopak mata, Menyegarkan pandangan mata dan membersihkan mata darai kotoran sehingga mata akan terhindar dari mata sayu.

  1. Umbi dan daun dewa

Cara menghilangkan mata sayu akibat benturan maka dapat memanfaatkan khasiat dari umbi dan daun dewa. Rebuslah daun dewa beserta umbnya untuk kemudian airnya dapat digunakan untuk membasuh mata dan setengahnya dapat diminum guna perawatan dari dalam. (Baca Juga: Efek Samping Daun Kelor , Efek Samping Daun Kersen)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 00:21 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata