20 Gejala Pankreas Bermasalah dan Penyebabnya

Gejala pankreas bermasalah muncul karena pankreas kehilangan kemampuannya untuk memproduksi enzim serta hormon guna melancarkan fungsi sistem pencernaan. Fungsi organ Pankreas yang mengalami masalah seringkali baru diketahui dan dirasakan oleh penderitanya ketika telah memasuki stadium lanjut dimana akhirnya harus segera mendapat tindakan medis.

Baca juga:

Penyebab

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol berlebihan dan jangka panjang dapat mencederai dinding pankreas dan menimbulkan peradangan.Peradangan yang tak kunjung sembuh dapat memicu munculnya gejala pankreas bermasalah yang ditandai rasa sakit pada perut selama berbulan bulan. Alkohol mampu merangsang kerusakan DNA yang menyebabkan proses mutasi penyebab tumbuhnya sel kanker pada pankreas.

Baca juga :

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan yaitu dimana jejak mudahnya pankreas mengalami perubahan sel dan mengalami penyumbatan pada saluran pankreas akibat riwayat yang diwariskan dari generasi sebelumnya misalnya ayah atau ibu.

3. Faktor makanan

Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi dapat menyumbat pankreas sehingga fungsi pankreas melemah yang menyebabkan pankreas tidak bisa lagi menghasilkan insulin dalam jumlah yang stabil.

4. Obat obatan

Pemggunaan obat obatan terlarang atau obat yang dijual bebas dipasaran dalam jangka panjang dan tanpa resep dokter adalah penyebab terbesar munculnya gejala pankreas bermasalah.

5. Inveksi virus

Organ pankreas yang terserang inveksi virus maka dinding lapisan pankreas akan mengalami peradangan, Pendarahan, Kebocoran hingga melemahkan jaringan yang ada disekitarnya.

6. Akibat trauma setelah operasi

Organ pankreas yang sebelumnya pernah menjalaniu pembedahan dan mengalami peradangan maka lukanya akan meluas kesekitar jaringan perut serta rasa sakitnya bisa menjalar kearah punggung.

7. Penggunaan hormon estrogen

Penggunaan atau akibat kelebihan hormon estrogen yang berlangsung dalam jangka panjang dapat merusak jaringan pankreas dalam bentuk kacaunya kadar insulin yang diproduksi sehingga seseorang dapat mudah terserrang peningaktan kadar gula, Rendahnya tekanan darah atau detak jantung semakin cepat.

Gejala

1. Perut kembung

Perut kembung dan terasa penuh serta menimbulkan efek tidak nyaman pada bagian bawah perut bisa menjadi gejala pankreas bermasalah yang masih dalam kategori stadium pemula .

Baca juga:

2. Perut nyeri

Gejala Pankreas bermasalah dapat ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada bagian perut atas dimana rasa perutnya akan muncul tenggelam seacara mendadak , Tetapi pada stadium lanjut intensitas rasa nyerinya akan sering muncul hingga rasa sakitnya bisa meluas kebagian piunggang serta punggung.


3. Ulu hati tidak nyaman

Ulu hati terasa tidak nyamaan dalaam kondisi apapun misalnya sedang tidur, Duduk, Berdiri atau berjalan. Kondisi ini dikarenakan organ pankreas sedang mendapat tekanan terus menerus dari peradaangan yang sudah terbentuk.

4. Demam

Ketika peradangan telah terjadio pada area pankreas maka akan muncul gejala pankreas bermasalah yang paling umum yaitu terserang demam yang awalnya ringan tetapi seiring perubahan jaringan pankreas yang mengalami radang maka demam tinggi tidak bisa dihindari.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah salah satu gejala pankreas bermasalah karena fngsi dari sistem pencernaan yang tidak lancar yang menimbulkan pankreas tidak mampu mengolah nutrisi atau gagal dalam menyerap kalsium dalam tubuh.

Baca juga:

6. Terserang diare

Diare dapat muncul ketika gejala pankreas bermasalah telah memasuki stadium 2 dimana jaringan usus tidak mampu mengolah feses (kotoran) sisa dari limbah makanan untuk diproses secara normal kesaluran pembuangan. Karena ketidakseimabngan insulin maka Feses yang terbentuk justru terjadi terlalu cepat dan cair sehingga gagal menyebabkan tinja menggumpal.

Baca juga:

7. Tinja berwarna keruh

Ketika gejala pankreas bermasalah telah terjadi dalam stadium lanjut biasnya tinja yang dihasilkan dari saluran pembuangan akhir adalah dalam warna yang keruh, Kehitaman, Kcokelatan bahkan kehijauan dalam bentuk air.

8. Tinja berminyak

Seain tinja berwarna keruh maka tinja bisa diselimuti oleh ciran berminyak yang menandakan bahwa insulin yang dihasilkan didalam tubuh tidak normal dan gagal mengolah lemak yang ada didalam tubuh untuk dipecah menjadi energi.

9. Detak jantung cepat

Penderita gejala pankreas bermasalah kerab akan mengalami detak jantung yang cepat . Kondisi ini disebabkan fungsi jantung menjadi melemah akaibat kadar insulin yang tidak stabil.

10. Tekanan darah rendah

Tekanan darah akan semakin rendah ketika peradangan yang terjadi pada organ pankreas mengalami pelebaran yang dapat menjalar pada organ tubuh lain disekitarnya . Hal ini disebabkan karena insulin dalam darah tidak seimbang dengan pasokan darah murni yang sedang dipompa jantung.

11. Kulit dan mata kuning

Lemahnya fungsi pankreas dapat diawai dengan penampilan kulit dan putih mata yang pucat kekuningan.Keseluruhan wajah akan terlihat lesu dan kusam.

12. Metabolisme tubuh terganggu

Gejala pankreas bermasalah dapat diakibakan karena adanya pertumbuhan sel abnormal didalam pankreas yang membentuk mutasi DNA yang nantinya menimbulkan seseorang tidak bisa gemuk atau bahkan sangat kurus.

13. Mudah jatuh sakit

Ketika gejala pankreas bermasalah telah memasuki stadium lanjut maka penurunan daya tahan tubuh terjadi secara signifikan diman kondisi tersebut menyebabkan seseorang mudah jatuh sakit dan tidak mampu melawan perubahan iklim atau penyebaran penyakit menular yang ada disekitar.

14. Tubuh membungkuk

Pada penderita gejala pankreas bermasalah maka akan dijumpai adanya perubahan bentuk dari struktur tulang punggung dimana punggung akan melengkung dan membungkuk.

15. Gelisah

Rsa gelisah terus menrus dapat muncul saat didalam tubuh memiliki jumlah insulin yang tidak stabil sehingga dapat melemahkan fungsi organ lain yanag ada didekatnya bahkan mempengaruhi kondisi psikologi seseorang sehingga dapat menyebabkan rasa gelisah yang berlebihan.

16. Kesulitan tidur

Kesulitan tidur atau insomnia seringkali dialami oleh penderita gejala pankreas bermasalah dimana rasa nyeri akibat pankreas mengalami infeksi, Peradangan atau pertumbuhan sel DNA yang tidak wajar (kanker) selalu muncul lebih kuat pada saat malam hari.

Baca juga:

17. Perut bengkak

Pankreas yang mengalami peradangan, Infeksi atau pertumbuhan sel sel abnormal dapat diawali dengan gejala pankreas bermasalah yang klasik yaitu pembesaran pada rongga perut. Dimana bentuk perut akan terlihat buncit dan menggantung.


18. Tidak nafsu makan

Pada saat penderita gejala pankreas bermasalah mengalami mual, Muntah, Nyeri perut dan diare maka akan terserang dehidrasi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan nafsu makan. Jika terus berlangsung maka bobot tubuh akan menurun secara cepat.

19. Kadar gula meningkat

Insulin yang gagal diproduksi seacra noraml oleh organ pankreas sdapat menyebabkan seseorang mengalami peningakatan kadar gula dalam darah. Kurangnya insulin dalam tubuh dapat menyebabkan gula dalam tubuh gagal dipecah sehingga menyebabkan penggumpalan diarea jaringan darah.

Baca juga:

20. Terserang dehidrasi

Melemahnya fungsi pankreas akibat terkena gejala pankreas bermasalah maka cairan tubuh akan terus menerus terserap melalui diare yang tak kunjung sembuh akibataa kadar insulin yang tidak normal. Kondisi ini menyebabkan penderita kerusakan pankreas terserang dehidrasi hebat hingga tidak memiliki energi yang cukup saat melakukan aktivitas yang ringan sekalipun. Dehidrasi akut merupakan salah satu penyebab pankreas tidak berfungsi yang belum banyak diketahui orang.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 19th, August 2017 / 08:16 Oleh :