Sponsors Link

15 Cara Agar Kaki Tidak Berkeringat dan Bau Paling Mudah

ads

Saat melakukan berbagai aktifitas sehari-hai tetapi kaki berkeringat dan bau, maka akan menjadikan seseorang menjadi tidak tampil percaya diri atau kepercayaan dirinya akan berkurang. Bau kaki memang akan sangat mengganggu indera penciuman jika tercium apalagi jika baunya sangat tidak sedap dan dalam kurun waktu yang lama maka bisa menjadikan orang yang menghirupnya mengalami masalah perut atau bahkan bisa pingsan. (Baca Juga: Penyebab Linu Pada Kaki , Obat Kaki Kapalan)

Kaki yang berkeringat dan bau biasanya lebih dikarenakan alas kaki yang dipakai. Jika menggunakan alas kaki yang tertutup atau tidak ada ruang pergantian udara yang masuk dan keluar maka akan menyebabkan udara didalam lembab sehingga berkeringat dan akan menimbulkan bau kaki. Alas kaki yang tertutup contohnya seperti sepatu kerja resmi atau sepatu orang kantoran atau guru. Sementara jika seseorang menggunakan alas kaki yang terbuka seperti model sandal, maka kondisi kaki berkeringat dan bau akan lebih mudah terhindarkan. (Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak Sebelah , Bahaya Menyetir Tanpa Alas Kaki)

Dalam tubuh manusia memang menghasilkan kelenjar keringat, tidak terkecuali yaitu bagian tubuh seperti kaki. Dalam kedua kaki manusia terdapat kurang lebih 120.000 kelenjar keringat, yang setiap hari akan bekerja dan akan melembabkan daerah kaki terutama telapak kaki. Sebenarnya yang mengakibatkan timbulnya bau kaki bukan dari keringat yang keluar tetapi lebih karena bakteri atau kuman yang ada menempel pada kaki. Bakteri tersebut bereaksi dengan keringat yang ada di kaki kemudian karena memakai alas kaki yang tertutup atau model alas kaki sepatu, maka bakteri akan semakin berkembang dan menimbulkan bau kaki karena kondisinya lembab serta tidak ada ruang pergantian udara yang seharusnya dapat menetralisir terjadinya bau kaki. (Baca Juga: Gejala Kaki Panas , Gejala Kaki Dingin)

Jika kaki berkeringat serta mengeluarkan bau tidak sedap maka seseorang akan minder ketika membuka alas kaki atau sepatunya dihadapan orang lain. Anda tidak usah begitu khawatir dan cemas karena ada beberapa tips agar kaki tidak berkeringat dan bau.

Cara Agar Kaki Tidak Berkeringat dan Bau

  1. Gunakan sepatu dari kulit

Bahan pembuat sepatu berbeda-beda. Sepatu yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat maka akan mengurangi dan mencegah terjadinya bau kaki. Kulit merupakan bahan yang bisa menyerap keringat sehingga suhu di dalam sepatu tidak lembab. Suhu yang lembab akan menjadikan kaki menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap. Saat membeli sepatu maka pilihlah bahan pembuat sepatu yang dapat menyerap keringat atau dapat memberikan ruang agar kaki bisa bernafas sehingga suhu didalam sepatu tidak terlalu lembab. Sepatu dengan ukuran yang kekecilan juga bisa menjadikan ruang gerak dan ruang nafas kaki menjadi sempit sehingga akan menjadikan kelembaban tinggi. (Baca Juga: Penyebab Kaki Bau setelah Pakai Sepatu , Cara Mengatasi Bau Kaki)

sponsored links
  1. Rendam kaki dengan air hangat

Kaki merupakan anggota tubuh bagian bawah yang sering menginjak hal-hal apapn yang ada dibawah kita. Kaki harus dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Salah satu cara untuk mengatasi bau kaki sekaligus mencegah bau kaki timbul kembali yaitu dengan cara merendam kaki dengan air hangat. Rendamlah kedua kaki anda dalam air hangat selama beberapa menit sambil di pijat atau digosok bagian telapak kaki. Jika ingin hasil yang lebih baik gunakan sabun antiseptik untuk membunuh kuman-kuman yang ada di telapak kaki yang dapat menimbulkan bau pada kaki. Jangan lupa untuk menggosok bagian sela-sela kaki sera sela-sela jari agar seluruh bagian kaki bersih. Setelah bersih rendam kembali dalam air hangat lalu setelah beberapa menit angkat kaki dan keringkan dengan handuk yang bersih. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kaki)

  1. Gunakan lotion

Kaki yang berkeringat dan bau lebih sering terjadi dikarena kondisi kelembaban kaki yang kurang terjaga. Gunakanlah lotion atau minyak zaitun pada telapak kaki dengan cara dioleskan setelah kaki bersih yaitu setelah mandi. Hal ini akan menjadikan kelembaban pada kaki seimbang, sehingga tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering. Kondisi permukaan telapak kaki yang terlalu lembab atau terlalu keringlah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada kaki. Penggunaan lotion atau minyak zaitun akan membantu menyeimbangkan kelembaban pada kaki sehingga kaki tidak pecah-pecah atau kering serta tidak mudah berkeringat. Gunakan lotion secara teratur setelah habis mandi agar kaki tidak mudah berkeringat dan menimbulkan bau. (Baca Juga: Obat Herpes Kulit)

  1. Taburi kaki dengan bedak tabur

Bedak tabur dapat ditaburkan pada kaki yang telah bersih sehingga kaki menjadi tidak mudah lembab karena menggunakan sepatu yang tertutup. Kaki tidak mudah lembab sehingga mencegah kaki mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bedak tabur juga dapat melindungi kaki atau daerah tumit agar tidak lecet ketika menggunakan sepatu seharian sehingga kaki atau tumit kaki tetap terlindungi dan tidak lecet atau terluka karena goresan bagian sepatu. (Baca Juga: Bahaya Bedak Bayi , Obat Luka Dalam karena Benturan)

  1. Mandi teh

Teh merupakan salah satu bahan yang mengandung zat tanin yang dapat mengecilkan pori-pori kulit atau membantu menutup pori-pori kulit sehingga jika digunakan akan bisa mengecilkan pori-pori pada telapak kaki. Pori-pori pada kaki mengecil sehingga produksi kelenjar keringat akan berkurang dan akan mengurangi terjadinya bau kaki. Teh yang mengandung zat tanin tinggi yaitu teh jenis teh hitam. Caranya yaitu dengan menyeduh teh hitam dengan air panas kemudian campurkan seduhan air teh hitam tersebut dengan air dingin yang dimasukkan kedalam baskom. Kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berendam atau mandi kaki. Rendamlah kedua kaki selama kurang lebih 20 menit dan lakukanlah cara ini dengan teratur sehingga kaki tidak bau.

Baca Juga:

  1. Pakai kaus kaki yang sesuai

Kaus kaki merupakan hal yang sangat harus dioerhatikan baik kebersihannya serta bahan pembuatnya sehingga tidak menyebabkan bau pada kaki. Ketika akan menggunakan kaus kaki maka pilihlah kaus kaki dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat sehingga kaki tidak terlalu lembab. Selain itu jangan sampai menggunakan kaus kaki yang masih basah karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Sering-seringlah mengganti kaus kaki jika bisa maka setiap hari harus ganti kaus kaki agar bakteri tidak banyak yang menempel pada telapak kaki yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada kaki. (Baca Juga: Penyebab Kaki Dingin , Obat Kaki Bengkak karena Jatuh)

  1. Taburkan baking soda

Baking soda yang selama ini kita kenal sebagai bahan untuk membuat kue agar kue dapat mengembang ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan dan mengatasi bau pada kaki. Caranya yaitu dengan cara menaburkan baking soda kedalam sepatu sebanyak satu sendok teh. Hal ini dapat menetralisir bau kaki sehingga anda dapat tampil percaya diri tanpa bau kaki serta baking soda ini akan membantu menjaga kaki tetap kering selama beraktifitas sehingga tidak mudah berkeringat. (Baca Juga: Bahaya Baking Soda , Gejala Rematik Kaki )

  1. Olahraga kaki

Olahraga memang akan menyehatkan termasuk olahraga kaki yang akan menyehatkan kaki serta akan menjaga kondisi kelembaban pada permukaan kaki sehingga kaki akan menjadi tidak terlalu mudah berkeringat. Kaki yang diam saja akan mudah berkeringat sehingga akan menjadi terlalu lembab dan menjadikan efek bau kaki. Semantara kaki yang sering berolahraga akan menjadikan suhu kaki panas sehingga akan mengatur suhu kelembaban pada kaki tetap seimbang sehingga kaki tetap kering dan tidak mudah bau karena kondisi kelembaban tetap terjaga. (Baca Juga: Jenis Olahraga untuk Diet)

  1. Gunakan sabun anti bakteri

Kaki juga perlu dijaga kebersihannya walaupun kaki merupakan anggota badan yang ada di bawah dan akan kotor kembali jika untuk melakukan aktifitas. Jika ingin menilai kebersihan seseorang maka kita bisa melihat dengan kondisi kebersihan kakinya, karena memang kebanyak orang lebih memprioritaskan kebersihan anggota badan lain dibanding dengan kaki. Banyak juga orang yang wajahnya cantik dan bersih tetapi kakinya hitam dan tidak bersih. (Baca Juga: Cara Penularan Hepatitis , infeksi Kulit Karena Bakteri)

Bersihkan kaki setiap kali kita mandi atau pulang kerja, jika ingin membunuh kuman-kuman yang ada di kaki maka gunakan sabun anti bakteri agar segala bakteri yang ada di kaki yang dapat menimbulkan bau kaki akan mati, sehingga anda akan terbebas dari masalah bau kaki.

  1. Rendam kaki dengan perasan jeruk lemon

Cara lain untuk menghilangkan bau pada kaki yaitu dengan perasan jeruk lemon. Caranya yaitu dengan merendam kaki dengan campuran perasan jeruk lemon. Gunakan air hangat dalam merendam kaki agar kaki lebih rileks sehingga akan memberikan efek terapi yang baik pada permukaan kaki. Rendam kaki dengan waktu kira-kira 15 menit, sari lemon akan membuat kaki segar serta tidak bau serta menjaga kelembaban kaki sehingga tidak akan mengeluarkan keringat yang berlebih yang dapat menyebabkan bau pada kaki. ?(Baca Juga: Obat Herbal Radang Tenggorokan , Efek Bahaya Jeruk Nipis untuk Rahim)

  1. Potong kuku secara teratur

Kuku pada kaki sering kurang terawat dibanding dengan kuku tangan. Jika banyak orang yang memanjangkan kuku tangan tetapi jarang sekali orang yang memanjangkan kuku di kaki. Memanjangkan kuku kaki memang bukan hal yang baik dan justru akan memberikan efek buruk pada kesehatan kaki yang dapat menimbulkan bau pada kaki. Kuku yang panjang bisa menampung banyak bakteri atau kuman pada sela kuku yang dapat menyebabkan bau tidak sedap pada kaki sehingga lebih baik kuku kaki dalam kondisi pendek serta bersih sehingga bau kaki tidak menghampiri kaki. (Baca Juga:  Obat Kuku Berjamur , cara Mengobati Jamur Kuku )

Sponsors Link

  1. Gunakan bubuk kopi

Bubuk kopi yang terkenal dengan kelezatannya jika diseduh dengan air panas ternyata bisa mengatasi masalah bau tidak sedap pada kaki. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk kopi pada permukaan telapak kaki lalu diamkan dengan waktu sekitar 15-20 menit kemudian bersihkan kembali. Kopi yang digunakan pilihlah bubuk kopi hitam. Selain cara tersebut juga bisa digunakan dengan cara memasukkan bubuk kopi kedalam plastik silica kemudian masukkan kedalam sepatu sebelum digunakan, hal ini juga bisa mencegah timbulnya bau pada kaki. (Baca Juga: Bahaya Ampas Kopi , Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia)

  1. Ganti sepatu dan kaus kaki dua kali seminggu

Sepatu dan kaus kaki yang kotor juga sangat dapat memicu timbulnya bau tidak sedap pada kaki. Jagalah kebersihan sepatu dan kaus kaki, jika bisa maka gantilah kaus kaki setiap hari serta ganti sepatu dua kali seminggu. Lalu cucilah sepatu agar bersih kembali.

  1. Gunakan jahe

Jahe yang selama ini terkenal sebagai rempah atau obat-obatan serta mempunyai khasiat untuk menghangatkan badan ternyata dapat mengatasi bau tidak sedap pada kaki. Gunakanlah jahe dengan cara dihancurkan lalu buatlah seperti bubur, kemudian campur dengan air hangat dan gunakan air tersbut untuk dioleskan pada kaki setiap malam dengan rutin maka akan mengurangii bau pada kaki.selain bahan yang alami jahe juga harganya terjangkau. (Baca Juga:  Efek Samping Jahe , Obat BAB Berdarah)

  1. Gunakan lobak

Selain jahe ternyata lobak juga bisa mengatasi bau tidak sedap pada kaki. Caranya yaitu dengan cara dihaluskan dengan cara di blender atau ditumbuk. Setelah halus pisahkan sari lobak dari ampasnya kemudian masukkan kedalam botol semprotan dan tambahkan satu sendok teh gliserin. Kemudian gunakan percampuran bahan tersebut untuk disemprotkan di telapak kaki secara rutin maka dapat mengusir serta mencegah terjadinya bau tidak sedap pada kaki. (Baca Juga: Efek Samping Lobak Putih ,  Cara Mengatasi Masuk Angin)

Demikian beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengatasi serta mencegah terjadinya bau tidak sedap di telapak kaki. Kaki bebas bau tidak sedap maka anda kan tampil degan percaya diri dan tidak khawatir bau kaki.

 

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, December 2016 / 01:49 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki