5 Bahaya Bedak Bayi Untuk Orang Dewasa

13560

Bahaya bedak bayi untuk orang dewasa merupakan reaksi kimia yang terjadi antara bahan dasar yang ada didalam bedak terhadap kulit. Bedak bayi memiliki karakter partikel yang menyerupai tepung yaitu berupa serbuk halus yang dapat dibalurkan pada permukaan kulit .

Tujuan pemakaian bedak bayi pada orang dewasa

Apa yang sebenarnya tujuan pemakaian bedak bayi pada orang dewasa?
1. Untuk mempertahankan agar kondisi kulit tetap kering
2. Agar penyerapan keringat lebih maksimal
3. Bedak bayi diminati karena dianggap mengandung bahan alami yang tidak akan merusak kulit
4. Bedak bayi dinilai dapat menghaluskan kulit seperti kulit bayi
5. Karena aromanya yang lebih lembut dan banyak pilihan

Kandungan zat pada bedak bayi
Walaupun dinilai lebih alami dan lembut , Sebenarnya bedak bayi mermiliki kandungan bahan dasar kimia

1. Senyawa kimia dari Magnesium silcates
Bedak bayi yang mengandung talk atau talc atau yang memiliki nama ilmiah magnesium silcates merupakan bahan dasar yang digiling menjadi butiran serbuk halus dan menjadi bedak yang jika terhirup dalam jangka panjang oleh bayi atau orang dewasa lalu tanpa disadari masuk pada jaringan paru paru maka dapat menyebabkan radang paru paru.

2. Parfum
Bedak bayi identik dengan aroma yang wangi dan harum dengan banyak pilihan, namun pewangi yang dipakai lebih banyak menggunakan pewangi buatan yang apabila dipakai secara berlebihan pada orang yang berjenis kulit sensitif maka dapat mengiritasi permukaan kulit bayi maupun orang dewasa.

3. Kalsium karbonat
Bedak yang mengandung senyawa kalsium karbonat secara berlebihan dan jangka panaajang maka dapat menyumbat pori pori dan menggagalkan penyerapan keringat berlebih yang akhirnya menyebabkan munculnya biang keringat dan gatal-gatal.

4. Zinc stearate
Bedak bayi yang mengandung zat zinc stearate sebaiknya tidak ditaburkan pada seluruh tubuh dalam keadaan tebal dan menumpuk , Akibatnya dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi bau tak sedap atau mengalami peningkatan asam pada kulit. Apalagi jika berinteraksi dengan sinar matahari dan radikal bebas.

5. Pati beras
Bedak bayi yang memakai pati beras didalam pengolahannya ditujukan untuk memberi efek halus dan kering dari keringat pada permukaan kulit, Namun jika dipakai sembarangan dan berlebihan dapat berakumulasi dengan keringat pada orang dewasa yang memiliki kelenjar keringat aktif dan memicu pati beras mudah terdekomposisi dengan bakteri yang dihasilkan dari radikal bebas.

Bahaya

Ada 5 bahaya bedak bayi yang perlu diketahui orang dewasa :

1. Memicu kanker ovarium
Bahaya bedak bayi untuk orang dewasa paling banyak terjadi karena cenderung memakai bedak bayi secara berlebihan disekitar kemaluan yang awalnya untuk tujuan agar kulit tetap kering justru dapat memicu pertumbuhan sel abnormal dan menyebabkan kanker ovarium. Kondisi tersebut dapat terjadi ketika menggunakan bedak bayi dalam jangka panjang.

2. Radang paru paru
Pemakaian bedak bayi yang tanpa sengaja terhirup oleh mulut atau rongga hidung dan terjadi terus menerus atau jangka panjang, Maka akan menyebabkan penumpukan partikel halus bedak pada jaringan paru paru yang menyebabkan peradangan paru. Peradangan paru paru disinyalir cukup sering terjadi sebagai reaksi bahaya bedak bayi untuk orang dewasa.

(Baca juga : Ciri ciri radang paru paru)

3. Gatal dan iritasi
Pada dasarnya kondisi kulit orang dewasa dan bayi sangat berbeda. Orang dewasa memiliki kandungan minyak alami yang berlimpah pada permukaan kulitnya dan kondisi pori pori yang telah beradaptasi dengan lingkungan bebas yang mengandung radikal bebas. Orang dewasa cenderung tidak cocok jika menggunakan bedak bayi untuk aktivitas sehari hari karena memicu munculnya gatal dan iritasi. Keadaan itu lebih terpicu karena kondisi minyak alami yang ada pada permukaan kulit yang tidak bisa beradaptasi dengan bahan dasar talk pada bedak bayi.

4. Gangguan pernafasan (sesak nafas dan batuk)
Bahaya bedak bayi untuk orang dewasa yaitu ketika seseorang menggunakan bedak bayi sebagai bedak wajah sehari hari karena memungkinkan partikel halus dari bedak dapat masuk pada hidung dan rongga mulut lalu menghambat saluran pernafasan akibat oksigen yang kita hirup telah terkontiminasi dengan butiran bedak yang sedang terurai di udara. Gangguan pernafasan yang terjadi berupa sesak nafas. Tersedak dan batuk batuk.

5. Alergi kulit (Bengkak dan kemerahan)
Bahaya bedak bayi untuk orang dewasa juga dapat terjadi karena 0rang dewasa memiliki tipikal kulit yang alergi pada bahan dasar talk yang ada pada bedak bayi itu sendiri yang efeknya seseorang dapat mengalami perubahan permukaan kulitnya beberapa jam setelah memakai bedak bayi yaitu berupa pembengkakan yang di ikuti dengan ruam ruam kemerahan. Walaupun tidak terasa nyeri namun mengganggu penampilan.

(Baca juga : Kegunaan obat aerius desloratadine)

Solusi terbaik

Tips cara terhindar dari keluhan kesehatan pada orang dewasa ketika memakai bedak bayi

  • Kenali jenis kulit anda, Jika ternyata berjenis kulit sensitive atau kering sebaiknya gunakan bedak bayi yang tidak mengandung bahan dasar talc, kondisi ini untuk mencegah munculnya bahaya bedak bayi pada orang dewasa.
  • Tidak menaburi bedak bayi pada seluruh tubuh karena keringat orang dewasa berbeda dengan bayi. Keringat yang keluar pada orang dewasa ketika beraktifitas cenderung menghasilkn kemasaman yang tinggi dan dikhawatirkan telah bercampur dengan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan penyumbatan pori pori pemicu munculnya biang keringat. Pakailah sewajarnya saja.
  • Gunakan bedak bayi yang tidak menggunakan pewangi agar kulit terhindar dari iritasi dan serangan alergi
  • Sebaiknya memakai bedak bayi setelah mandi dan atau ketika ingin berangkat tidur malam agar didapat rasa lebih segar dan nyaman pada kulit serta terhindar dari bahaya bedak bayi yang mengganggu aktifitas sehari hari.