20 Penyebab Kaki Gatal Gatal dan Ruam

Pada dasarnya masalah kaki gatal dapat mudah disembuhkan dengan obat obatan tradisional ataupun obat medis resep dokter, Tetapi jika rasa gatal sulit disembuhkan dalam waktu yang cukup panjang maka bisa mejadi indikasi bahwa didalam tubuh telah muncul gejala serius yang berkaitan dengan kesehatan.

Manusia rentan terserang macam macam penyakit kulit yang menyebabkan gatal gatal diseluruh bagian tubuh termasuk pada area kaki, Dimana penyebabnya berbeda beda tetapi memiliki dampak buruk yang sama yaitu dapat mengganggu penampilan, Membatasai ruang gerak sehingga mengganggu aktivitas sehari hari.

1.Penyakit kudis

Penyebab kaki gatal yang umum menyerang manusia adalah jenis penyakit kudis adalah infeksi kutu betina bernama tungau sarcoptes scabieis yang dapat masuk didalam pori pori kulit dan bersarang dibawah lapisan kulit terluar /epidermis dengan masa inkubasi antara 30 sampai 42 hari sebelum serangan rasa gatal dan ruam ruam kemerahan muncul.

2.Penyakit panu

Penyakit panu atau nama medisnya Tinea versicolor merupakan penyebab kaki gatal yang cenderung meninggalkan jejak pada permukaan kulit berupa bercak putih yang berukuran beragam yaitu dari yang ukurannya berdiameter kecil hingga besar. Penyakit kulit panu paling sering menyerang negara negara yang menmiliki intensitas sinar matahari yang kuat, Misalnya indonesia.Penyakit panu muncul akibat serangan jamur yang menyerang pada seluruh bagian tubuh termasuk area kaki yang menyebabkan rasa gatal gatal.

baca juga: cara mengobati panu

3.Penyakit Eksim

Penyakit eksim adalah penyebab kaki gatal yang cukup meresahkan masyarakat yang bisa menyerang segala usia karena eksim merupakan kondisi dari tubuh yang memiiki respon imun yang terlalu tinggi atau cepat terhadap luka atau iritasi yang terjadi pada kulit termasuk pada area kaki , Meliputi pergelangan kaki, Tumit, Betis, Lurtut atau jari jari kaki. Eksim menimbulkan rasa gatal gatal yang cenderung mudah kambuh dan sulit untuk disembuhkan jika sipenderita memiliki riwayat penyakit genetika asma atau alergi.

4. Penyakit prurigo

Penyakit kulit prurigo atau sering disebut dengan darah manis merupakan penyebab kaki gatal yang dapat menyerang anak anak hal tersebut muncul akibat kondisi dimana permukaan kulit terlalu sensitif dimana hal tersebut mudah terjadi ruam serta gatal gatal hanya karena di gigit nyamuk misalnya. Uniknya permukaan kuklit akan mudah terjadi iritasi ringan yang akhirnya menyebabkan warna kulit berubah menjadi lebih gelap setelah gatal gatal digaruk.

5.Penyakit Folikulitis

Folikulitis muncul sebagai salah satu penyebab kaki gatal yang bisa menyerang segala usia karena penyakit ini disebabkan karena serangan bakteri jenis straphylococcus aureus yang menyerang folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut termasuk yang ada diarea betis kaki . Bakteri tersebut dapat menyebabkaan infeksi kulit yang diawali engan ruam ruam, Pembengkakan dan gatal gatal.

6. Penyakit Psoriasis

Penyakit psoriasis muncul akibat kelainan autoimun yaitu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh mengalami kekacauan dan tidak mengenali sel sel sehat yang seharusnya dilindungi tetapi justru diserang, Sehingga menyerang pusat kekebalan tubuhnya sendiri yang akhirnya memicu munculnya kelainna pada kulit yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh manapun termasuk area kaki. Penyakit Psoriasis dapat menyebabkan permukaan kulit terjadi ruam ruam kemerahan, Kulit menebal, Kulit kering dan muncul gatal gatal yang semakin meningkat intensitas rasa gatalnya ketika garukan dengan menggunakan tangan dilakukan yang menyebabkan permukaan kulit mudah terkelupas lalu iritasi.


7.Penyakit Kurap

Penyakit kulit jenis kurap merupakan penyebab gatal kulit yang mudah menular dari manusia kemanusia, Kehewan atau melekat pada benda benda mati yang kemudian akan menulari manusia kembali melalui kontak fisik secara langsung. Penyakit kurap disebabkan serangan parasitb dermatofit yang dapat menggerogoti keratin llau menimbulkan lesi berbentuk bulat lebar, Kulit menjadi bersisik, Mudah meradang ketika digaruk karena rasa gatal gatal yang luar biasa yang timbul tenggelam .

Baca juga: Cara mengobati kurap

8.Reaksi alergi

Pada sebagian orang reaksi alergi dapat menjadi penyebab kaki gatal yang muncul karenan penggunaan obat obatan tertentu misalnya antibiotik atau aspirin yang dikonsumsi tanpa resep dokter atau tidak disesuaikan dengan kondisi tubuh yang sebenarnya tidak cocok sehingga muncul alergi sebagai bentuk pelokana tubuh terhadap berbagai macam zat kimia yang ada pada obat obatan tersebut. Reaksi alergi dapat berupa gatal gatal yang akan menjadi iritasi ketika digaruk. Kondisi ini paling muncul pada sela sela jariu kaki, Telapak kaki dan area betis.

9.Gigitan serangga

Gigitan serangga adalah penyebab kakai gatal paling umum dan seriumg menyerang segala usia karena searngga melepaskan zat pemicu gatal melalui aliran darah setelah menggigit atau berhasil menyegat, Misalnya sengatan lebah, Gigitan nyamuk, Gigitan kutu rambut, Kutu busuk yang sering bersarang pada loakasi lokasi yang lembab dann kotor misalnya pada kasur yang tidak pernah dijemur dan dibersihkan dalam waktu yang lama.

10.Penyakit cacar

Penyakit cacar dapat digolongkan menjadi penyakit cacar air, Cacar api dan cacar ular atau zoster. Penyakit cacar adalah penyebab kaki gatal ketika cairan cacar menyerang bagian kaki termasuk betis dan sela sela jari kaki. Pernyakit ini dapat menular melalui percikan darah dan ludah atau akibat kontak fisik langsung. Penyakit cacar disebabkan karena masuknya virus vericella atau vericella zoster (Virus – V2) kedalam tubuh yang bisa menyerang segaal usia.

11.Penyakit tinea pedis / Kutu air

Penyebab kaki gatal yang banyak menyerang anak anak adalah jenis tinea pedis atau yang lebih sering disebut sebagai kutu air, Penyakit ini dapat muncul akibat anak anak sering berinteraksi dengan air yang tidak steril atau lokasi yang memiliki genagan air yang didalamnya ternyata telah terkontiminiasi dengan kutu air yang bentuknya kecil, Halus , Kemerahan dan masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Penyakit tinea pedis menyebabkan munculnya ruan ruanm kemerahan yang sangat garal yang paling sering menyerang bagian kaki misalnya telapak kaki, Pinggiran kaki , Sela sela jari atau tumit kaki. Baca juga : cara mengobati kutu air secara alami

12.Menopause

Wanita yang teah menjalani masa menopause maka akan rentan mengalami gatal gatal pada area tangan dan kakinya , Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon yang menyebabkan produksi kolagen yang tersemat dibawah lapisan kulit menjadi berkurang dan menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih kering, Bersisuk dan muncul gatal gatal. Menopause merupakan penyebab kaki gatal yang paling sering menyerang wanita yang berusia 50 tahun keatas. Baca juga: Gejala menopause pada wanita

13.Neurodermatitis

Neurodermatitus atau istilah medisnya lichen simplex merupakan penyebab kaki gatal yang hingga saat ini belum jelas apa penyebabnya, Namun dalam beberapa pemeriksaan medis kondisi ruam ruam dan gatal gatal yang kuat dengan intensitas gatal yang sering muncul ini tercatat lebih sering muncul akibat seseorang mengalami gangguan psikologis yang berhubungan dengan stres dan depresi yang berkepanjangan.

14.Infeksi cacing tambang

Seseorang yang telah terinfeksi larva cacing tambang maka akan mengalami gatal gatal yang cukup menyiksa ketika malam hari. Cacing tambang paling mudah masuk kedalam kulit melalui telapak kaki . Cacing tambang adalah penyebab kaki gatal yang dapat menyerang segala usia namun hingga saat ini masih sering di alami oleh anak anak dimana cacing tersebut adalah penyebab cacingan. Cacing tambang terdapat pada tanah, Lumpur atau genangan air yang ada pada parit, Selokan , Sungai sungai edan lain lain.

15.Pitted keratolysis

Pitted keratolysis merupakan penyebab kaki gatal yang serinmg menyerang kaki bagian bawah misalnya tumit, Telapak kaki atau area jari jari kakai. Pitted keratolysis disebabkan oleh serangan bakteri yang memicu rasa gatal luar biasa lalu timbul ruam kemerahan yang bentuknya tidak rata kemudian mudah muncul peradangan lalu permukaan kulit telapak kaki berlubang setelah gatal gatal digaruk dimana intensitas penggarukan telah terjadi dalam jangka panjang. Kondisi ini awalnya dipicu akibat kelenjar keringat pada area telapak kaki terlalu aktif sehingga mempermudah bakteri untuk masuk dan berkembang biak lalu menyebabkan permukaan kulit menjadi berlubang.

16.Biduran/urtikaria

Biduran adaalah reaksi kulit yang terlalu sensitif terhadap partikel asing yang berubah menjadi racun ketika jaringan tubuh menolaknya misalnya zat zat yang berasal dari hewan hasil laut misalnya kerang, Cumi cumi, Lobster, Kepiting, Tiram dan lain lain atau akibat zat yanag ada pada alkohol.

17.Gangguan organ tubuh bagian dalam

Beberapa keluhan kesehatan dapat menjadi penyebab kaki gatal yang nantinya justru berbalik memperparah gejala penyakit yang awalnya telah ada didalam tubuh, Misalnya gejala anemia defisiensi zat besi, Gejala hepatitis, Gejala munculnya limfoma, Gangguan ginjal, Penyakit celiac atau adanya kelainan fungsi tiroid. Gejala gejal penyakit tersebut adalah penyebab munculnya ruam ruam kemerahan, Permukaan kulit kaki (Tumit dan telapak kaki) semakin menebal lalu timbul gatal gatal.


18.Kondisi udara

Faktor lingkungan adalah penyebab munculnya penyakit kulit gatal paling umum dan termasuk penyebab kaki gatal yang paling sering terjadi pada manusia tua maupun muda. Kondisi udara yang meniliki kelembaban terlalu rendah atau pemakaian AC dalam ruangan yang terlalu berlebihan dapat menjadi penyebab utama kaki kering, Muncul ruam kemerahan yang sangat gatal dan dehidrasi kulit yang nantinya rentan menimbulkan kulit bersisik dan mudah iriatsi ketika rasa gatal yang muncul digaruk.

19.Saraf terganggu

Adanya kelainan saraf pada area kaki dapat disebabkan karena gejala penyakit gula darah, Kaki terkilir/keseleo atau akibat adanya gejala herpes. Gangguan saraf saraf kaki merupakan penyebab kaki gatal yang paling banyak menyerang dewasa dan lanjut usia.

20.Kehamilan

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon, Metabolisme tubuh dan jaringan untuk sementara. Kondisi inilah yang memicu munculnya kegemukan dan rasa gatal pada hampir seluruh bagian tubuh termasuk area kaki. Banyak ibu hamil yang mengeluh karena rasa gatal gatal yang tak kunjung hilang disela sela jari atau telapak kakinya.

,
Post Date: Monday 25th, September 2017 / 03:39 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki