Lidah Ada Bintik Putih Pada Anak – Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati

3255

Lidah ada bintik putih pada anak hampir pernah dialami siapa saja yang merupakan gejala awal telah terjadi gangguan kesehatan didalam rongga mulut. Walaupun bintik bintik putih tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh namun ketika tidak mengetahui cara mengatasinya maka akan menjadi masalah serius yang merugikan kesehatan mulut. (Baca Juga: Cara Mengobati Mulut Pahit)

Penyebab Lidah Berbintik Putih

Beberapa penyebab lidah ada bintik putih yang harus anda ketahui

1. Sel dan protein keratin

Terlalu banyak sel dan protein keratin (leukoplakia) dimulut maka dapat menyebabkan pembentukan bercak putih diarea lidah. Kondisi ini muncul ketika lidah mengalami iritasi ringan yang banyak tidak disadari oleh para perokok aktif dan para Penggemar minuman beralkohol.

Jika kondisi lidah ada bintik putih terus menerus berlangsung tanpa ada upaya penghentian kebiasaan minum alkohol maka pertumbuhan jamur pada lidah akan semakin subur dan sulit dibasmi dengan cepat.

Sedangkan kebiasaan merokok, bukan hanya bahaya merokok bagi alat pernafasan manusia saja yang akan muncul tetapi zat yang ada pada tembakau dapat mempercepat pembentukan sel abnormal pada lidah yang memicu munculnya sel kanker.

Baca Juga:

2. candidiasis

Candidiasis (oral thrush) merupakan pertumbuhan jamur yang penyebarannya sangat cepat dilapisan rongga mulut termasuk pada lidah. Jamur candidiasis seringkali menyebabkan lidah ada bintik putih yang tidak merata, Permukaan lidah terasa nyeri, Panas dan muncul kemerahan seperti peradangan pada ujung dan sisi lidah yang jika dibiarkan tanpa ada tindakan pengobatan maka dapat muncul keluhan lain berupa sariawan.

Berhati hatilah pad penderita diabetes, Anemia akut dan pada orang orang yang memasang gigi palsu, Agar senantiasa menjaga kebersihan mulut dan lidahnya karena mereka 6 kali beresiko lebih cepat terserang candidasis.

3. Gangguan kekebalan tubuh

Seseorang yang mengalami stres dan kelelahan fisik yang berkepanjangan maka beresiko mengalami penurunan kekebalan tubuh tanpa mereka sadari. Mereka akan cepat terserang flu dan saat itulah muncul bintik putih pada permukaan lidah yang sering meninggalkan jejak berupa rasa nyeri, Gusi meradang dan mengalami penimbunan plak putih yang semakin hari semakin tebal pada lapisan mulut. Penderita penurunan kekebalan tubuh seringkali beranggapan jika lidah ada bintik putihnya hanya sebagai gejala tubuh sedang tidak fit, Padahal bintik putih adalah awal dari munculnya gangguan kesehatan rongga mulut.

Baca Juga:

4. Faktor genetika

Papila pada permukaan lidah (Geographic tongue) menjadi berkurang, Berlubang tidak merata, Lidah ada bintik putih yang tak beraturan atau bergerombol, Muncul bintil bintil kasar atau bahkan papila menghilang bersamaan munculnya warna kemerahan pada pinggir lidah. Kondisi lebih banyak dialami karena faktor keturunan. Kondisi tersebut lama kelamaan memicu munculnya infeksi jamur yang menimbulkan rasa nyeri, Perih dan bau mulut tak sedap. (Baca Juga: Bahaya Kelebihan Vitamin C  , Akibat Kelebihan Vitamin C)

Cara Mencegah

Tips cara mudah agar lidah tetap berwarna cerah dan tidak ditumbuhi bintik bintik putih, Maka lakukanlah tahap tahap pencegahan sebagai berikut.

1. Biasakanlah untuk membersihkan gigi 2 kali sehari
yaitu pagi dan sebelum tidur malam

Sisa makanan yang dikonsumsi cenderung bersembunyi disela sela gigi, Melekat pada dinding rongga mulut dan gusi yang jika tidak dibersihkan maka akan ada bakteri yang mengurai pembusukan. Keadaan inilah yang bisa memicu pertumbuhan jamur pada area lidah. (Baca juga: Obat Alami Sakit Gigi , Obat Sakit Gigi Berlubang)

2. Membersihkan permukaan lidah

Menghapus permukaan lidah ada bintik putih dengan alat khusus (tongue scrapeu) yang dapat menarik kotoran dan bakteri yang ada dilidah atau bisa juga menggunakan cara alternatif punggung sikat gigi yang lembut untuk menggosok lidah. (Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Kambuh , Penyebab Sakit Gigi)

3. Rajin berkumur

Rajinlah berkumur setelah menggosok gigi dengan cairan antiseptik untuk pembunuh bakteri yang ada dirongga mulut yang khusus diiformulasikan untuk pemakaian setelah selesai menggosok gigi, Dimana cairan tersebut sudah banyak dijual diapotik dan toko obat. Cara ini dapat mencegah lidah ada bintik putih yang bergerombol, Menghambat munculnya peradangan akibat dari penguraian bakteri hasil sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Baca Juga:

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Lupakan rokok dan jauhi minuman beralkohol jenis apapun agar pertumbuhan jamur penyebab lidah ada bintik putih dan peradangan lokal pada strutur permukaan lidah bisa dihambat dan tidak berkembang biak ke area yang lebih luas.

5. Minumlah air putih

Air putih yang cukup dalam tubuh sangat berguna untuk mengendalikan kelembabn dalam rongga mulut, Karena jika lidah terserang dehidrasi maka memberi peluang untuk bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembangbiak melalui polutan udara , Makanan dan minuman sehingga memicu lidah ada bintik putihnya yang awalnya terlihat sedikit namun seiring berjalnnya waktu akan membentuk penebalan seperti plak. (Baca Juga: Cara Mencegah Dehidrasi , Bahaya Dehidrasi)

Cara Mengobati Lidah yang Berbintik

Ketika lidah sudah terlanjur ada bintik putih maka anda tidak perlu khawatir karena ada tips mudah cara mengatasi untuk masalah tersebut.

1. Garam

Mengobati lidah ada bintik putih yang terlihat masih sedikit atau sudah menumpuk banyak seperti plak bisa menggunakan cara sederhana dengan garam. Garam memiliki senyawa yang mampu mengikis pertumbuhan jamur penyebab sedikit demi sedikit bintik putih pada lidah dan menekan penyebarannya. Taburkanlah garam secukupnya pada permukaan lidah anda sampai menggosok perlahan. Biarkan untuk beberapa saat lalu berkumurlah dengan air matang yang hangat dan jangan ditelan karena bahaya minum air garam untuk kesehatan. Ulangi beberapa kali cara ini setiap pagi dan menjelang tidur malam. Cara ini berlaku untuk segala usia karena garam terbukti ampuh dan aman untuk dipakai pengobatan bintik putih pada lidah.

2. Stroberri

Stoberi merupakan buah yang mengandung senyawa Fenol, Antasionin, Fisetin, Falvonoid, Phenolic acid yang bertindak sebagai anti oksidan kuat dan anti inflamasi yang aktif diman semuanya mampu membersihkan bintik bintik putih pada lidah tanpa menimbulkan iritasi. Sedangkan vitamin C nya dapat melindungi papila dilidah tetap stabil dan permukaan lidah tetap bersih selama 24 jam. Hancurkanlah buah stoberri yang sudah matang lalu oleskan padaa pwrmukaaan lidah 2 kali sehari secra rutin. Berikan cara pengobatan ini pada anak anak yang terserang infeksi jamur pada lidahnya.

Baca Juga:

3. Lemon dan baking soda

Perpaduan air lemon dan baking soda merupakan pembasmi paling efektif untuk menekan pergerakan bakteri dan jamur , Mencegah infeksi jamur serta membersihkan bintik putih yang ada pada lidah. Masukan baking soda secukupnya pada 2 sendok perasan air lemon, Campurkan menjadi satu hingga merata, Kemudian oleskan pada permukaan lidah yang ditumbuhi bintik putih sambil digosok gosok perlahan. Lakukan 2 kali sehari secara teratur. Cara ini hanya bisa diberikan pada dewasa dan orangtua saja karena pertimbangan baking soda yang bersifat panas dan lemon yang cenderung mengiritasi lidah anak anak yang masih usia dini.

4. Apel

Apapun jenis buah apel dapat dimanfaatkan sebagai obat yang menyehatkan gusi dan rongga mulut serta mampu membersihkan bintik bintik putih pada lidah. Apel mempunyai kandungan vitamin A, B kompleks dan C serta mineral magnesium, Klsium, Potassium , Zinc dann zat besi . Disarankan mengkonsumsinya dalam bentuk jus melainkan makanlah lansung buah apel tersebut setiap hari karena sari dari buah itulah yang bekerja menekan perkembangbiakan bakteri dan jamur yang ada dirongga mulut ketika seseorang sedang mengunyahnya. Apel bisa dikonsumsi segala usia karena nutrisi yang terkandung didalamnya mmapu meningkatkan daya tahan tubuh. (Baca Juga: Bahaya Pengaruh Alkohol bagi Penderita Diabetes , Bahaya Minum Alkohol 70 Persen)

5. Kunyit

Kunyit terkenal memiliki senyawa anti bakteri, Anti jamur, Antiseptik yang aktif serta mempercepat proses penyembuhan luka. Parutlah kunyit lalu ambilah sarinya dan bisa tambahakan sedikit air lemon untuk kemudian dioleskan pada permuakaan lidah yang mengalami bintik bintik putih atau penumpukan plak putih hasil dari sisa limbah makanan yang dikonsumsi. Cara ini bisa anda terapkan pada anak anak yang berusia diatas 10 tahun selain pada orang Dewasa dan lanjut usia. Untuk perawatan dari dalam anda bisa mengkonsumsi air kunyit yang ditambahkan gula aren dan air lemon dua kali sehari dan bukan setiap hari, Karena salah satu bahaya minum kunyit setiap hari yang harus kamu ketahui adalah peningkatan asam lambung.

6. Yoghurt

Yoghurt dapat dijadikan suplemen probiotik harian yang ampuh membersihkan bintik putih dilidah dan membersihkan permukaan lidah dari timbunan plak putih yang didalamnya telah ditunggangi kuman, Bakteri atau jamur. Yoghurt dapat diberikan pada segalka usia mengingat yogurt memiliki struktur yang halus dan nikmat untuk dikonsumsi. (Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Usia 40 Tahun , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

Oleskan perlahan lahan yoghurt tanpa penambahan bahan lain. diamkan beberapa saat agar bakteri baik yang ada pada yoghurt meresap dan bekerja secara maksimal. Lakukan sesering anda bisa karena produk yoghurt aman dan tanpa efek samping jika digunakan setiap hari.

7. Daun sirih

Daun sirih mengandung mintak atsiri yang didalmnya terkandung senyawa bethephenol, Seskuiterpen, Samak dan kovikol yang terbukti dapat membuhun kuman , Bertindak sebagai antioksidan kuat dan sebagai anti jamur yang aktif termasuk jamur yang aad pada lidah penyebab lidah ada bintik putihnya. Sirih juga mengikis jamur yang ada pada permukaan lidah secara klinis .

Cara memanfaatkan Daun sirih tersebut adalah dengan cara ditumbuk halus dan tambahkan sedikit air lemon lalu lumatkan pada lidah yang sedang terserang bintik putih. Cara ini hanya bisa diberikan padaa orang dewasa dan orangtua mengingat rasa pedas dan panasnya cenderung menyebabkan lidah anak anak mengalami iritasi. (Baca Juga: Bahaya Buah Tin  , Bahaya Buah Kelengkeng )