4 Bahaya Buah Tin dan Kandungannya

Bahaya buah tin dinyatakan tidak ada oleh banyak orang karena terkenal sebagai buah kaya manfaat yang berasal dari Arab Saudi. Buah tin mampu mengobati berbagai macam penyakit misalnya mengobati stroke, menghilangkan wasir, Mengatasi Kanker usus besar, Mengontrol berat badan berlebih, Membersihkan jaringan liver, Mengontrol tekanan darah. dan sebagainya.

Kandungan nutrisi buah tin 

Buah tin layak disebut sebagai buah istimewa karena bernutrisi tinggi dan rasanya nikmat serta bisa dimakan oleh segala umur. Kandungan gizinya adalah :

  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Serat
  • Kalsium
  • Folat
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Natrium
  • Kalium
  • Klorin
  • Zat besi
  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5 dan vitamin A

Apakah buah tin memiliki efek samping?
Banyak orang yang hanya mengetahui jika buah tin sangat berguna bagi kesehatan tubuh sehari hari, namun ternyata memiliki efek buruk juga jika dikonsumsi secara tidak tepat. Diantaranya:

1. Diare
Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan maka akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk mengkonsumsi buah tin yang berlebihan. Buah tin memiliki sifat panas dan mampu mengganggu sistem pencernaan termasuk iritasi lambung dan Iritasi dinding usus. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan sakit perut dan memicu terjadinya kegagalan pengerasan feses disaluran pembuangan yang menyebabkan diare. Diare adalah salah satu bahay buah tin yang paling sering menimpa anak anak, Dimana ketika mereka sudah ketagihan dengan rasa nikmatnya maka cenderung menolak untuk mengkonsumsi makanan jenis lain.
Baca juga : Obat diare tradisional


2. Perut kembung
Bahaya buah tin juga bisa terjadi jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan penekanan pada dinding perut dan lambung akibat desakan efek panas yang ada pada buah tersebut. Perut menjadi kembung, Terasa penuh dan sebah atau terasa mengganjal yang menyebabkan rasa tidak nyaman.
Baca juga : Cara mengatasi Perut kembung

3. Gatal gatal
Bagi yang memiliki alergi gatal gatal terhadap buah yang mengandung zat natrium misalnya buah pir, jeruk atau strawberry maka tidak menutup kemungkinan akan terserang alergi gatal pula ketika mengkonsumsi buah tin dalam jumlah yang banyak. Hal ini disebabkan karena buah tin mempunyai kandungan natrium sebanyak 26.00 mg /100 mg, Cukup tinggi dan berpotensi sebagai salah satu dampak dari bahaya buah tin yang dikonsumsi berlebihan yaitu menimbulkan alergi gatal kulit.
Baca juga : Obat gatal gatal

4.Gigi kuning banyak plak
Bahaya buah tin yang belum banyak orang tahu adalah Kandungan gula yang ada pada buah tin akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi jika dikonsumsi secara tidak moderat atau wajar. kandungan gulanya sangat baik untuk mengontrol insulin didalam tubuh tetapi dapat berbahaya bagi lapisan email yang menimbulkan warna gigi menjadi kekuningan dan banyak plak. Jika memgkonsumsi buah tin pada malam hari dan anda langsung berangkat tidur tanpa lagi menggosok gigi, karena karakter dari kandungan gulanya mampu melekat kuat pada lapisan gigi.
Baca juga : Penyebab gigi kuning

Sebaik apapun kandungan nutrisi yang ada pada buah buahan tetap saja akan berdampak kurang baik kesehatan tubuh jika ternyata dikonsumsi secara berlebihan, Apalagi jika tidak diimbangi dengan asupan gizi dari jenis makanan yang lain.


Buah tin memang mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mendukung kesehatan organ vital tubuh sehari hari, Namun lebih baik lagi jika dibarengi dengan makanan lain dari kelompok sayuran atau jenis daging dan ikan, Karena tidak semua nutrisi yang ada pada makanan lain lengkap ada pada buah tin dan juga sebaliknya. Kondisi ini dapat mencegah munculnya bahaya buah tin yang ternyata belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya