8 Efek Samping Daun Tin yang Wajib Anda Ketahui

Daun tin merupakan salah satu daun yang berasal daru jenis tanaman tin atau ara. Mengenai daun tin tentunya sudah banyak yang mengetahuinya. Sebab daun ini sudah sangat jamak dikenal orang. Tidak hanya daunya yang terkenal, juga buah tin yang menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang. Selain cocok dijadikan konsumsi karena buahnya yang segar, kandungan yang di dalamnya juga yang banyak diincar. Sebab buah dan daun tin memiliki kandungan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Seperti daunya, banyak yang sudah menyakini daun tin ini memiliki khasiat ampuh yang mampu membantu dalam meredakan bahkan menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh. Sebab daun tin ini mengandung beberapa senyawa yang ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh, serta mampu melawan melawan beberapa jenis penyakit yang menyerang tubuh. Selain itu, daun tin ini juga dipahami sebagai salah satu obat tradisional yang sangat aman digunakan, sebab tidak memiliki kandungan kimia seperti obat pada umumnya. Berikut beberapa khasiat yang dimunculkan oleh daun tin.

  1. Dapat Menguatkan Tulang

Khasiat pertama yang dimunculkan oleh daun tin ini adalah dapat menguatkan tulang. Sebab daun tin memiliki senyawa yang dapat dijadikan salah satu cara mencegah tulang keropos. Sehingga tulang akan terhindar dari pengkroposan, dan patah tulang akibat keropos.

  1. Menjaga Kekuatan Gigi

Selain tulang, khasiat lain yang dapat dimunculkan dari daun tin adalah dapat menguatkan gigi. Sebab daun tin mengandung zat alami yang dikenal sangat ampuh dalam melindungi kesehatan gigi dari ancaman kuman dan penyakit gigi lainnya. Sehingga Anda akan terhindar dari gejala sakit gigi.

  1. Memunculkan Nafsu Makan

Selanjutnya khasiat ampuh yang dapat dimunculkan dari daun tin adalah dapat memunculkan nafsu makan. Bagi Anda yang mengalami penurunan nafsu makan, penting mengkonsumsi daun tin untuk menaikkan nafsu makan Anda.

Meskipun daun yang sering disebut sebagai daun ara memiliki beberapa khasiat ampuh di dalamnya, namun tidak terlepas dari efek sampingnya. Daun tin ini juga memiliki efek samping yang berbahya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu pemahaman mengenai efek samping ini peting untuk Anda jadikan pemahaman sebelum Anda mengkonsumsinya. Bagi Anda yang belum mengetahui efek samping dari daun tin. Berikut artikel ini akan menjelaskan beberapa efek samping yang dimunculkan dari daun tin.


  1. Diare

Efek samping pertama yang dapat muncul dari daun tin adalah diare. Efek samping ini yang penting Anda ketahui, mengingat diare merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan dikhawatirkan diare bisa memberikan dampak yang lebih buruk bagi tubuh. Untuk itu Anda penting memperhatikan cara mengkonsumsinya agar tidak sampai terkena efek samping yang satu ini.

  1. Perut Kembung

Selain diare, efek samping selanjutnya yang dapat muncul setelah Anda mengkonsumsi daun tim adalah perut merasa kembung. Perut kembung ini bisa muncul bisa karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi daun tin, sehingga reaksinya tidak baik terhadap proses pencernaannya. Perlu perhatian khusus jika Anda mengalami hal demikian, sebab perut kembung bisa mengganggu aktivitas Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  1. Gatal-gatal

Efek samping selanjutnya yang dapat dimunculkan dari daun tim adalah gatal-gatal. Gatal-gatal ini bisa terjadi ketika tubuh Anda menolak kandungan yang ada di dalam daun tin. Gatal-gatal bisa menjadi reaksi akan hal itu. Agar efek samping ini tidak menyerang Anda, penting melakukan konsultasi dokter, agar mengetahui kandungan yang cocok untuk tubuh Anda.

  1. Membuat Plak Kuning Pada Gigi

Meskipun sisi positif dari daun tin dapat menguatkan gigi, namun di balik itu daun yang satu ini juga bisa menjadi perusak  gigi, yakni dengan munculnya plak kuning pada gigi. Plak ini yang perlahan akan merusak gigi. Efek samping yang satu ini dapat muncul ketika Anda mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang sangat banyak.

  1. Diabetes

Efek samping selanjutnya yang tidak kalah penting Anda perhatikan dari daun tin ini adalah diabetes. Diabetes ini bisa muncul ketika Anda mengkonsumsi daun ini dalam takaran yang banyak. Sebab di dalam daun tin ini terdapat kandungan gula. Sehingga ketika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Maka gula itu akan menumpuk dan efeknya bisa menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes.

  1. Alergi

Feel samping alergi ini bisa saja muncul pada diri Anda setelah mengkonsumsi daun Tin. Sebab tidak semua tubuh menerima kandungan yang ada di dalam daun Tin. Alergi ini menjadi salah satu reaksi tubuh Anda yang tidak cocok dengan kandungan yang ada di dalam daun Tin.

  1. Mual dan Muntah

Selain alergi, reaksi tubuh ketika menolak kandungan daun tin adalah mual dan muntah. Hal ini sangat umum terjadi, tubuh akan mengeluarkan daun tin dengan cara memuntahkannya.

  1. Sakit Kepala

Mual dan muntah di atas umumnya juga disertai dengan rasa sakit kepala. Efek samping ini tidak kalah menjadi perhatian. Sebab sakit kepala bisa merusak aktivitas Anda sehari-hari.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup