Home MakananBuah Berbahaya Hindari Makan Berlebihan, 9 Buah Ini Pemicu Kentut

Hindari Makan Berlebihan, 9 Buah Ini Pemicu Kentut

by Erlita

Untuk kesehatan tubuh, kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi sayur serta buah. Betul kok kalau tubuh kita akan ternutrisi dengan baik ketika mengonsumsi buah, namun perlu juga lho kita kenali buah apa saja yang berpengaruh cukup buruk bagi sistem pencernaan. Ada lho buah-buahan yang malah memicu perut terasa penuh, perut bergas, hingga jadi lebih sering buang gas alias kentut.

1. Mangga

Buah musiman yang manisnya luar biasa ini kaya fruktosa bila dibandingkan kandungan glukosanya. Inilah kenapa tubuh lebih sulit menyerap dan malah memicu ketidakseimbangan yang mengakibatkan perut mudah kembung usai mengonsumsinya. Ini dia salah satu buah pemicu kentut yang sebaiknya tak dikonsumsi banyak-banyak.

2. Apel

Buah yang kaya antioksidan dan mampu mencegah berbagai macam penyakit ini pun kandungan fruktosanya tinggi lho sehingga proses mencernanya lebih sulit bagi beberapa orang. Ketika penyerapan fruktosa tak mampu sampai ke aliran darah lewat dinding usus, inilah yang membuat molekul mudah turun ke perut lalu oleh bakteri jahat akan dimanfaatkan menghasilkan hidrogen dan gas metana. Jadi jangan heran bagi sejumlah orang, apel (termasuk pir juga) bisa bikin bau mulut, perut bergas, perut kram, kembung, kentut dan diare.

3. Blackberry

Blackberry atau berry hitam adalah buah yang kandungan poliolnya tinggi, yakni komponen utama yang menggantikan gula tapi juga disebut juga dengan istilah gula alkohol. Biasanya komponen ini hanya akan sebagian saja yang usus halus serap dan selebihnya akan bertahan lama pada area sistem pencernaan. Sisa poliol itulah yang mampu menarik air ke dalam usus besar maupun kecil dan dari situ bakteri usus memfermentasikannya sehingga perut bergas dan malah lebih sering buang angin.

4. Pisang

Walau kaya kalium, vitamin C, vitamin B6, dan bahkan magnesium, buah pisang juga dapat menimbulkan kondisi perut penuh bergas yang kemudian memicu kentut. Umumnya, pisang yang belum sepenuhnya matanglah yang bisa bikin perut terasa tak nyaman, kembung, sering buang gas dan juga timbul kram.

5. Anggur

Kandungan fruktosa yang sulit dicerna pada anggur mampu memicu gangguan pencernaan apabila mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Beberapa orang yang mengonsumsi terlalu banyak bahkan dapat mengalami diare. Jadi kalau ingin perut aman, pastikan ya agar tidak menghabiskan kebanyakan anggur.

6. Semangka

Buah penuh kesegaran ini juga bisa bikin perut bergas dan jadi mudah buang angin, apalagi kalau memakannya berlebihan. Karena buah ini segar dan ringan, terkadang kita bisa saja memakannya agak berlebihan, nah hati-hati dengan efek negatif yang berasal dari kadar tinggi fruktosanya serta sejenis gula alkohol manitol di dalamnya.

7. Nanas

Buah nanas juga tak ketinggalan mampu memicu gas dan kentut. Kandungan serat dan fruktosanya yang cukup banyak di dalam buah ini mampu menjadi penyebab perut kembung. Ada pula bromelain, enzim pencernaan yang fungsinya mendukung proses pemecahan protein yang tak tercerna baik di saluran pencernaan. Kentut yang begitu bau biasanya disebabkan oleh pembusukan protein dalam usus karena proses pencernaannya yang buruk.

8. Ceri

Buah ceri yang begitu manis kalau sampai kebanyakan mengonsumsinya bisa-bisa sejumlah gangguan pada pencernaan bisa terjadi lho, seperti kentut, diare, kram, hingga perut besar karena kembung. Ini karena di dalam ceri terdapat kadar fruktosa tinggi, gula alkohol, dan serat yang saluran pencernaan lama mencernanya.

9. Buah Kering

Buah yang telah melalui proses pengeringan entah itu dengan pengering buatan atau paparan sinar matahari langsung tanpa mengubah rasa serta aroma rupanya juga berbahaya bagi pencernaan. Faktanya, buah-buah kering seperti kurma dan kismis mengandung fruktosa, sorbitol dan serat tak dapat dicerna di dalam saluran pencernaan. Kalau kita tak mengunyahnya dengan baik justru menimbulkan masalah di pencernaan, termasuk salah satunya adalah buang angin.

Itu dia sederet buah pemicu kentut yang perlu dipastikan agar tidak kebanyakan mengonsumsinya. Terlepas dari begitu sehatnya beberapa buah ini, memang ada sejumlah kandungan yang perlu kita waspadai seperti fruktosa dan sorbitol, jenis gula yang mampu memroduksi gas berlebih.

You may also like