14 Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

6476

Salah satu buah yang cukup terkenal karena harganya yang mahal. Buah yang memiliki tekstur lembek dan penuh dengan isi halus. Beberapa orang merasa jijik karena hal tersebut sehingga kebanyakan dari mereka untuk menghindari.

Buah naga memiliki cita rasa yang tak beitu kuat. Sebab kandungan airnya yang banyak. Sehingga ketika anda mengicipi buah tersebut untuk dimakan biasa memang kurang. Lebih enak lagi jika anda mengolahnya sebagai komposisi dari sup buah dan jus.

Dragon fruit juga biasa digunakan untuk kecantikan kulit. Khasiatnya mampu untuk mengurangi jerawat. Kandunganya yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan penjagaan kulit. Salah satu buah rekomendasi untuk para remaja yang sedang memasuki masa pubertas.

Nutrisi buah Naga

Nutrisi buahKandungan
Fiber0,9 gram
Calcium8,8 gram
Fat0,61 gram
Karoten0,012 gram
Niasin0,43 miligram
Fosfor36,1 miligram
Protein0,229 gram
Air83 gram
Iron0,65 gram

Buah naga yang kaya akan kalsium dan air. Anda akan merasakan kesegaran ketika mengkonsumsi buah ini. Kandungan serat yang cukup banyak juga baik untuk tubuh anda. Selain itu kandungan mineral yang cukup berperan dalam pembentukan tulang seperti kalsium dan fosfor.

Kandungan tersebut membuktikan bahwa buah naga cukup memberikan gizi tinggi. Dalam hal ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi  setiap hari.

1. Tampak Awet Muda

Salah satu manfaat nyata yang cocok untuk para wanita yakni mengurangi masa penuaan dini. Sehingga kulit anda akan tampak awet muda. Hal ini disebabkan karena kandungan buah naga yang mengandung anti oksidan. Zat ini mampu menangkal radikal bebas, berupa racun. Biasanya radikal tersebut di sebabkan karena polusi udara di tengah padatnya aktivitas.

Cara membuat ramuanya :

  • Gunakan separuh dari buah naga
  • Lalu diblender sampai anda memastikan benar-benar halus
  • Campurlah dengan plan yoghurt sebanyak 1 sendok makan
  • Aduklah sampai semua benar-benar tercampur
  • Ratakan pada bagian wajah serta leher
  • Tunggu sampai kering, sekitar 15-20 menut
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan dengan rutin maksimal satu minggu sekali

2. Mengurangi resiko kanker

Kandungan anti oksidan bukan hanya untuk menghambat proses penuaan dini. Tapi juga mampu untuk mengurangi resiko kanker. Adanya anti oksidan mampu menghambat aktifitas sel kanker. Menurut penelitian bahwa sel kanker tak mampu bertahan dalam waktu lama. Hanya beberapa jam atau hari saja ia hidup. Lalu jika anda mengkonsumsi buah naga, efisiensi waktu hidupnya yang sebentar tersebut semakin dipercepat. Jadi masa tenggang hidup sel kanker juga menjadi cepat. Dan lama-lama akan mati. Begitulah cara kerja buah naga untuk mengurangi resiko kanker.

3. Meningkatkan sistem imun

Selain dari kandungan nutrisi diatas, buah naga juga memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini baik untuk meningkatkan sistem imun anda. Vitamin C bersama leukosit bekerja sama untuk membuat pertahanan diri lebih kuat. Sehingga ketika ada virus atau bakteri masuk, sudah ada prajurit imun yang menghadang dan membunuh virus terlebih dulu.

4. Mengontrol kolesterol

Buah naga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol dalam tubuh manusia. Dalam tubuh manusia terdapat banyak kandungan zat yang tidak terlalu diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Salah satunya kolesterol. Jika kandungan dalam tubuh terlalu banyak malah mampu memicu penyakit jantung koroner, stroke, dan arterosklerosis. Untuk itu kadar kolestrol harus dikontrol dan dijaga. Untuk itu kosumsilah buah naga. Kandungan vitamin B3 mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

5. Mengurangi resiko diabetes militus

Salah atau penyakit degenerative yang paling banyak diderita oleh para manula di Indonesia. Biasanya penyakit ini di derita oleh orang-orang yang tidak menjaga pola makanya serta banyak mengkonsumsi makanan manis seperti roti, gula, teh manis, atau nasi yang terlalu banyak. Solusinya dengan konsumsi buah naga yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Buah naga dapat kita jadikan sebagai buah untuk penderita diabetes yang aman.

6. Merawat mata

Organ yang cukup penting namun banyak orang yang mengalami kecacatan. Mata memang paling banyak bekerja ketika anda beraktifitas. Oleh sebab itu ia memerlukan lebih banyak nutrisi sebagai penopang kesehatanya. Konsumsilah buah naga yang mengandung karoten. Nutrisi ini mampu bekerja dengan baik dalam menjaga kesehatan mata anda.

7. Baik untuk Jantung

Kesehatan jantung anda memang harus dijaga dari sekarang. Kandungan buah naga yang kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3 cukup mampu untuk menjaga jantung anda. Disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.

8. Menjaga kesehatan kulit

Anda mengalami kulit kering? Konsumsi buah naga! Kandunganya yang kaya akan vitamin B3. Fungsinya adalah untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit serta melembabkan kulit kering yang terkena paparan sinar matahari.

  • Gunakan buah naga sebanyak 2/3
  • Haluskan dengan blender hingga benar-benar halus
  • Saring ampas buah dengan kain. Anda cukup menggunakan sarinya
  • Oleskan pada wajah dan leher anda menggunakan kapas
  • Tunggulah sampai kering
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan dua kali dalam satu minggu untuk melihat hasil yang maksimal

9. Mengurangi jerawat

Buah naga memiliki manfaat untuk mengurangi jerawat. Kadungan nutrisi buah naga yang mampu bekerja aktif yakni vitamin C, ia merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Adanya sifat acid atau asam mampu mengobati jerawat dan bekerja aktif untuk mematikan bakteri. Selain tu juga mampu mengatasi peradangan pada kulit berjerawat

Caranya :

  • Campurlah buah naga dengan air.
  • Lalu cukup oleskan pada bagian yang berjerawat.
  • Biarkan sampai mengering.

10. Mempercepat penutupan luka

Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin C mampu berperan lebih. Yakni untuk mempercepat penutupan luka. Sehingga ia membantu untuk mempercepat penyembuhan ketika anda sakit atau tersajut.

11. Menu pas untuk DIET

Anda yang mengalami kegemukan atau obesitas cocok untuk mengonsumsi buah naga. Karena kandunganya yang minim glukosa dan kaya air. Hal ini mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

12. Membantu sistem pencernaan

Buah naga memiliki kandungan fiber yang tinggi. Selain itu juga kaya akan serat alami. Kedua hal ini yang amat berguna untuk sistem pencernaan anda. Mereka membantu melancarkan perjalanan makanan dari usus halus ke usus besar. Juga membantu proses penyerapan sari-sari makanan.

13. Baik untuk pertumbuhan

Buah naga cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sebab kandunganya terdapat mineral kalsium dan forfor yang berguna untuk pertumbuhan. Zat ini sangat berperan aktif dalam pembentukan tulang dan gigi. Banyak supplement atau susu yang mulai menambahkan kandungan zat kalsium dan fosfor. Kedua zat ini juga baik bahkan ketika si anak masih dalam kande=ungan.

14. Mengurangi resiko dehidrasi

Buah naga memang memiliki rasa hambar. Fruktosa (gula pada buah) serasa kurang pekat rasanya. Sebab kandungan air pada buah naga yang cukup menyumbang banyak. Oleh sebab itu cocok untuk para penderita dehidrasi. Mereka kebanyakan kekurangan cairan dalam tubuh. Oles sebab itu, salah satu solusinya dengan konsumsi buah naga

Demikian artikel mengenai manfaat buah naga. Semoga dapat membantu ^_^