13 Buah Penurun Darah Tinggi yang Jarang Orang Ketahui

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Buah penurun darah tinggi bisa menjadi solusi bagi penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi medis yang menunjukkan terus meningkatnya tekanan darah di dalam areteri. Biasanya, tekanan darah tinggi tidak memperlihatkan gejala apapun.  Tekanan darah inggi berkepanjangan dapat berisiko pada sejumlah penyakit serius seperti sroke, jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Sebelum membahas macam-macam buah yang bisa menurunkan tekanan darah, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu tekanan darah.

Ketika jantung anda berdetak, maka darah akan dipompa dan disebar untuk memberikan energy dan tentunya oksigen yang dibutuhkan tubuh. Kekuatan untuk memompa darah itulah apa yang dimaksud dengan tekanan darah. Jika tekanan darah anda terlalu tinggi, itu menunjukkan sebuah kerja ekstra tinggi di dalam arteri. Hal tersebut berisiko membuat anda terserang stroke atau serangan jantung. Oleh sebab itu, tekanan darah mesti dijaga dalam hitungan ideal. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.

Lantas, bagaimana anda bisa mengetahui bahwa tekanan darah anda tinggi atau tidak. Tekanan darah tinggi sendiri disebut dengan hipertensi. Memeiliki tekanan darah tinggi biasanya tidak memberi tanda-tanda perasaan atau kondisi apapun pada diri anda. Sederhananya, secara umum, tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apapun. Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah anda tinggi atau tidak adalah denga cara enghitungnya. Tekanan darah dihitung dengan ukurang millimeter merkuri (mmHg) dan ditulis di dalam 2 nomor. Contohnya, 120/80 mmHg.

Setiap tekanan darah dibaca dengan dua nomor tadi. Nomor-nomor tersebut disebut dengan top nomor dan sebaliknya. Nomor pertama, top nomor (misal, nomor 120 dari contoh di atas) disebut dengan tekanan sistolik. Ini adalah nomor tekanan darah tertinggi yang dicapai oleh detak jantung. Hitungan ini menunjuukkan saat jantung berkontraksi. Kemudian yang kedua adalah tekanan diastolic (nomor 80 dari contoh di atas). Ini adalah hitungan terendah dari detak jantung anda. terjadi saat jantung berelaksasi.

Perlu dipahami, meski anda tidak mempunyai tekanan darah tinggi saat ini, penting untuk menjaga tekanan darah anda tetap pada hitungan ideal, serendah mungkin. Semakin tinggi tekanan darah anda, semakin tinggi pula anda terkena risiko masalah-masalah medis serius lainnya seperti, stroke, serangan jantung, kebutaan, hingga masalah ginjal.

Lantas, mari kita mulai pembahasan macam-macam buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Pepaya

Meskipun pada umumnya vitamin C didapat dari jeruk, papaya pun ternyata kaya akan vitamin C. vitamin C sendiri kita ketahui berfungsi untuk menambah jumlah darah, tepatnya sel darah merah. Tapi anda harus ingat bahwa tekanan darah dengan jumlah darah itu berbeda. Jadi, tidak berarti ketika jumlah darah naik, maka tekanan darah juga naik. Itu sangat keliru. Kembali ke papaya, buah satu ini juga kaya dengan berbagai campuran vitamin dan mineral lainya, termasuk asam amino dan potassium. Hal tersebut membuat papaya menjadi primadona sebagai buah-buahahan yang mampu menurunkan tekanan darah. Potassium bermanfaat untuk kesehatan jantung anda. Bonus lainnya yang didapat adalah jelas, papaya memiliki rasa yang segar dan enak saat dikonsumsi. Maka dengan demikian, pertibangkanlah papaya sebagai buah-buahan yang mampu menurunkan tekanan darah. Jika bosan, buat jadwal atau rotasi dengan buah-buahan jenis lainnya.

2. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan potassium yang amat tinggi. Buah ini juga mengandung sejumlah fiber sehingga dapat membantu sistem pencernaan berjalan lebih baik. jika anda ingin mendapat hasil maksimal, sebuah studi di India mengungkapkan bahwa anda harus memakan jambu biji sebelum makan. Meskipun sebetulnya ini agak sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, yang terpenting adalah jambu biji sangat membantu dalam menurunkan darah.

3. Kiwi

Buah kecil hijau ini bukan hanya manis dan enak, kiwi juga telah terbukti mampu membantu memulihkan tekanan darah di dalam tubuh. Sebaga tambahan, untuk meraih hasil maksimal dari kiwi, anda harus mengonsumsinya secara rutin 3 buah per hari. Sebuah kiwi yang berukuran sedang mampu menjadi sumber 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Itu merupakan kandungan yang sangat tubuh kita butuhkan. Kadar ideal tesebut memungkinkan kiwi menjadi bagian jenis buah-buahan penurun tekanan darah.

[AdSense-B]

4. Pisang

Buah yang satu ini sangat mudah dijumpai. Beruntung berada di wilayah topis, andai kata menanam pohonnya pun tak akan sulit. Bahkan kerap ada anekdot bahwa buah pisang itu seperti jamur, tumbuh di mana-mana. Yang terpenting adalah manfaatnya. Yang banyak diketahui, buah pisang amat baik bagi penderita kolesterol. Namun tahukah anda bahwa pisang juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah? Ya, kandungan kalium dan beberapa kandungan lannya yang tidak kalah penting dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh anda.

5. Cranberry

Buah ini bisa dibilang tak begitu mudah ditemukan di Indonesia. Bisa dibilang demikian jika dibandingkan dengan betapa mudahnya kita menemukan pisang. Buah cranberry banyak tumbuh di Negara Amerika Serikat, khususnya bagian utara. Crnbery berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, tak sedikit juga yang menggunakan buah ini untuk tujuan kecantikan. Namun tahukah anda, buah cranberry juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu membantu komponen penting penurunan darah berjalan lebih optimal. Maka tidak ada salahnya jika anda memulai mengonsumsi cranberry sebagai menu pengontrolan atau penurunan tekanan darah anda.

6. Bluberry

Tak begitu jauh berbeda dengan cranberry, buah yang satu ini juga banyak tubuh di Amerika. Perlu diketahui, bluberry merupakan salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan. Hal itu tentu sangat berkhasiat baik penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, yang juga tak kalah pentingnya adalah bluberry cukup baik dalam menurunkan tekanan darah. Meski efek penurunannya tak sebesar apa yang buah-buahan penurun tekanan darah lainnya lakukan. namun tdak ada salahnya untuk memasukkan bluberry ke dalam menu diet anda, sebagai penurun tekanan darah.

7. Tomat

Buah penurun darah tinggi berikutnya adalah tomat. Tomat adalah jenis buah yang kaya akan akan lycopene. Lycopine ini mampu membantu mencegah diabetes dan penuaan dini. Yang terpenting, dalam bahasan darah, tomat menjadi salah satu buah yang dianjurkan guna menurunkan tekanan darah anda. sifatnya yang bisa dikonsumsi kapan pun dengan menu bagaimana pu memungkinkan tomat menjadi pilihan termudah untuk dijadikan makanan penurun darah anda.

8. Aprikot

Aprikot bisa dibilang sebagai buah terbaik yang kaya akan kandungan kaliumnya. Bayangkan, dalam satu cangkir apricot kering, sekitar 119 gram, mengandung 2.202 mg kalium. Selain itu, apricot juga mempunyai kandungan vitamin A yang cukup banyak. Sebagai tambahan, buah ini hanya sedikit mengandung natrium, lemak jenuh, dan kolesterol. Dengan kombinasi kandungan nutrisi itu semua, maka apricot menjadi salah satu jenis buah-buahan yang mampu menurunkan tekanan darah anda. cobalah!

9. Semangka

Semangka merupakan jenis buah yang sangat mudah didapatkan. Kemudian, dengan rasanya yang manis dan rupanya yang menggiurkan menjadikan semangka sangat digemari. Beruntungnya, kandungan di dalam semangka sangat baik bagi kesehatan tubuh  anda. di dalam bab ini, maka jelaslah bahwa semangka menjadi salah satu jenis buah-buahan yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline itulah yang membantu membuat rileks pembuluh darah sehingga buah semangka dapat menjadi buah penurun darah. Sangat baik juga dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

10. Alpukat

Bagaimana alpukat bisa menjadi buah penurun tekanan darah? Itu jelas karena kandungan mineral di dalamnya. Selain itu, alpukat juga amat kaya dengan lemak tak jenuh yang pastinya sangat baik bagi jantung anda. sebagai tambahan, sepotong buah alpukat mampu memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium. Hal tersebut mampu memenuhi keutuhan masing-masing zat tersebut di dalam tubuh anda. yang perlu digarisbawahi adalah, kandungan mineral alpukat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, barangkali anda bisa mencoba buah alpukat ini sebagai panganan penurun tekanan darah.

11. Jeruk

Jangan heran dulu, memang buah jeruk ini sangat kaya akan vitamin C yang justru dapat membantu menyerap zat besi yang kemudian memproduksi darah. Tapi ada satu hal perlu diketahui, jangan lupa bahwa jumlah darah dan tekanan darah berbeda dan tidak ada kaitan yang misal jika jumlah naik maka tekanannya pun naik. Tidak. Jeruk juga mengandung kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung natrium membuat buah yang satu ini menjadi salah satu buah penurun tekanan darah terbaik. Selain itu, jeruk juga menjadi sumber potassium yang baik. di dalamnya juga terdapat kandungan fosfor, vitamin A, dan asam folat. Inilah jeruk, buah tinggi nutrisi dan rendah kalori. Sangat baik untuk jadi makanan “pengobatan” banyak masalah kesehata. Salah satunya tekanan darah.

[AdSense-A]

12. Mengkudu

Mengkudu di dunia herbal dan pengobatan rasanya sudah sangat dikenal. Bahakan buah yang satu ini menjadi primadona buah obat. Memang tak bisa dipungkiri, mengkudu memiliki banyak khasiat baik utnuk kesehatan tubuh, termasuk dalam urusan mengobati. Lantas, di dalam pembahasan ini, Mengkudu juga mampu menurunkan tekanan darah.

13. Blewah

Blewah, anda tidak tahu apa itu buah blewah? Bagaimana rupanya? Coba googling saja. Yang terpenting adalah bahwa blewah merupakan salah satu jenis buah – buahan yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu mengoptimalkan zat-zat yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Mengontrol, menjaga tekanan darah tidak naik ekstrim hingga menyebabkan masalah-masalah kesehatan lainnya seperti stroke, kebutaan, serangan jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Itulah ketiga belas buah buahan yang bisa menurunkan tekanan darah anda. Selain itu, ada juga treatmen lain untuk menurunkan tekanan darah. Lantas, ketika berbagai cara penurunan tekanan darah dilakukan secara bersama-sama, bukantidak mungkin ada akan mendapatkan hasil terbaik. Sedikit berbagi, berikut adalah cara lain untuk menurunkan tekanan darah.

Pertama adalah berolahraga secara teratur. Setidaknya luangkanlah waktu antara 30 sampai 60 menit setiap harinya. itu bermanfaat untuk darah anda, terutama dalam hal menurunkan tekanannya. Kedua adalah mengonsumsi jenis makanan lain yang dapatmenurunkan tekanan darah. Buakan hanya buah-buahan, sayuran atau bahkan obat herbal, anyak yang bisa menurunkan tekanan darah.

Beberapa sayuran yang bisa menurunkan tekanan darah di antaranya adalah bayam, seledri, tomat, buncis, kedelai, kentang, dan lain sebagainya.

Lantas sebetulnya, sebelum kita mengonsumsi buah-buahan penurun darah tinggi, kita bisa mengontrol tekanan darah agar tekanan darah yang kita miliki tiba-tiba menjadi tinggi. Berikut ini hanya sedikit ulasan cara mengontrol tekanan darah tinggi. Ini hanya bentuk preventif yang bisa diupayakan. Setidakna ada sepuluh hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah.

Pertama, kurangi berat badan. Tekanan darah sering kali naik beriringan dengan berat badan. Memiliki bobot bada yang terlalu besar bisa menyebabkan kesulitan bernafas selama tidur yang mana pada glirannya akan menaikkan tekanan darah. Oleh sebab itu, mengurangi berat badan merupakan langkah yang amat baik dalam upaya mengontrol tekanan darah. Selama menjalani ini, anda diharuskan untuk memperhatna lingkar pinggang anda. kehilanagn 10 pounds (4,5 kg) bisa mengurangi tekanan darah anda.

Yang kedua adalah berolah raga secara rutin. Berolah raga setiap hari atau melakukan aktivitas fisik lainnya, sekuranga-kuranganya 30 menit per hari, dapat menurunkan tekanan darah hingga 4 atau 9 milimeters of mercury (mmHg). Hal ini penting dilakukan secara utin jika ingin mendapat hasil aksimal. Sebab, jika tidak dilakukan rutin, hasil olah raga yang sekali dua kali itu seolah menjadi tidka bgitu bermakna.

Apabila tekanan darah anda naik secara tiba-tiba. Aka berolahragalah. Dengan demikian, anda bisa menghindari peningkatan full-blown hypertension. Latas jika anda memiliki tekanan darah tinggi sejak lama, berolah raga secara rutin tentu dapat menurunkan angka sistolik atau diastolic di dalam tubuh sebanyak beberapa angka.

Jenis olah raga terbaik untuk hal ini adalah berjalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. Latihan ketahanan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Upaya pencegahan tkanan darah tinggi ketiga adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Untuk urusan diet ini, ada tips yang barangkali bisa dicoba; Buat buku harian husus untuk mencatat semua makanan yang dikonsumsi. Catat jenis makanan, kuantitas dankualitas mkanannya. Monitoring kebiasaan makan anda, lantas lihat lah kebiasaan makan anda; Banyak konsumsi makanan yang mengandung potassium. Potassium sendiri berfungsi untuk menurunkan efek dari sodium di dalam tekanan darah. Takaran potassium terbaik di dalam makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran lebih baik dibandingkan dengan suplemen; Pintarlah dalam berbelanja. Baca label yang ada pada makanan ketika anda akan membelinya. Cocokkan dengan rencana ataumenu makanan sehat anda.

Keempat, cara mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan sodium ke dalam tubuh. Saking peningnya hal ini, bayangkan, mengurangi sedikit saja sodium di dalam tubuh akan mengurangi tekanan darah dari 2 hingga 8 mmHg.pada umumnya, batas tubuh mengonsumsi sodium adalah 2.300 mg per hari. Lebih rendah lebih baik.

Cara kelima adalah batasi konsumsi alcohol. Tentu yan satu ini diperuntukkan bagi peminum minuman beralkohol. Alcohol sendiri dapat menjadi baik dan buruk bagi tubuh. Dalam takaran yang sedikit, itu dapat merendahkan tekanan darah 2 hingga 4 mmHg. Namun, jika mengonsumsi dalam jumlah banya, misal, lebh dari satu kaleng bagi wanita dan usia lanjut, aka hal itu berpotensi meningkatkan tekanan darah dengn cepat dan jumlah yang tinggi.

Keenam, untuk menjaga diri dari teknan darah tinggi, berhentilah merokok. Setiap batang rokok yang dihisap dapat meningkatkan tekanan darah dalam beberapa waktu setelah anda selesai merokok. Berhenti merokok membantu tekanan darah anda kembali normal.

Selanjutnya, yang ketujuh, kurangi juga mengonsumsi kafein. Yang paling banyak dikenal, kafein terkandung di dalam kopi. Itu benar. Aakah kafein menyebabkan tekanan darah naik atau tidak juag sebetulnya masih menjadi perdebatan. Hanya, beberapa pakar mengungkapkan bahwa tekanan darah naik hingga 10 mmHg pada orangyang mengonsumsi kafein. Meski kenaikannya tak beegitu besar. masih dalam taraf toleransi.

Kedelapan, mengurangi stress akan membantu anda terhindar dari tekanand darah tinggi. Stress kronis memberika kontribusi utama pada kenaikan tekanan darah. Dalam beberapa kesempatan juga, stress berkontribusi pada tekanan darah tinggi jika anda bereaks atas stress anda dengan memakan makanan yang tidak sehat, merokok, dan meminuum alcohol.

Sebilan, teruslah kontol tekanan darah. Ini berkaitan tidk adanya gejala dalam tekanan darah tinggi. Jadi, jangan sampai anda kaget karena mengethui anda telah menderita tekanan darah tinggi. Dengan demikian, jika anda dapa melihat indikasi tekanan darah inggi dengan menghitung tekanan darah, anda bisa melakukan pencegahan awal agar tidak terlanjur terkena hipertensi.

Yang terakhir adalah dukungan. Faktor ini jangan dianggap remeh. Dukungan dari keluarga atau teman dapat menambah kesehaatan badan anda. mereka tentu akan mendorong anda untuk memerhatikan kondisi kesehatan tubuh anda.

Jika tekanan darah anda naik terus – terusan, tanpa melakukan perlakuan atau tindakkan khusus untuk menurunkan atau mengembalikannya menjadi normal kembali, maka tunggulah hingga anda termasuk menjadi penderita tekanan darah tinggi.

[AdSense-C]

Hanya untuk menyegarkan ingatan, berikut ini merupakan penyebab terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh.

Pertama adalah usia. Semakin tua usia seseorang, maka semakin tinggi pula risiko otang tersebut untuk tekena tekanan darah tinggi. Saat orang beranjak menjadi tua, ada kecenderungan terjadi pengerasan arteri sehingga tekanan darah menjadi naik karena energy yang dikeluarkan untuk memompa darah semakin besar pula.

Kedua, faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah faktor keturunan. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang terkena kolesterol tinggi, maka sebaiknya anda harus berhati-hati. usahakan untuk mengatur dan memotior asupan seharihrai anda. sebab, anda berpotensi besar untuk terkena tekanan darah tinggi.

Penyebab tekanan darah tinggi yang ketiga adalah jenis klamin. Tidak banyak yang tahu bahwa pria berpotensi lebih tinggi disbanding dengan perempuan untuk terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Maka berhati-hatilah. Meski demikian, wanita juga diharuskan berhati-hati karena faktor yang satu ini masih debatable dan kemungkian tekanan darah tinggi itu bisa terkena pada setiap orang.

Berikutnya adalah disebabkan oleh kelebihan berat badan. Di atas kita sudah bicara soal bagaimana menjaga diri agar tidak terserang tekanan darah tinggi, salah satunya menurunkan bobot brat badan. Maka tidak heran jika di sini ditulis bahwa bobot bereat badan yang tinggi menjadi salah satu penyebab tkanan darah tinggi. Bahkan banyak yang menyebut bahwa kelebihan beraat bada atau obersitas merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi. Ini disebabkan karena lemak mampu memngganggu sirkulasi darah anda sehingga menyebabkan naiknya berat badan.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi yang kelima adalah sensitivitas garam. Beberapa orang memiliki sesitivitas yang tinggi akan garam sehingga menyebabkan tekanan darah mereka meningkat. Oleh seba itu, jika anda menderita hal yang demikian, maka batasila mengonsumsi garam.

Inilah artikel buah penurun darah tinggi. Jangan lupa, ada yang lebih penting dari sekedar menurunkan darah. Itu adalah menjaga darah tetap normal. Menjaga tekanan darah di angka ideal, sehat. lakukan juga kontrol tekanan darah secara utin agar anda bisa mengetahui aktivitas naik turunnya darah anda. Tidak ada cara lain utnuk mengetahui tekanan darah selain dengan menghitungnya. Jangan terlambat, sudah darah tinggi baru sadar. Bagaimana pun juga, menjaga  teap sehat lebih baik daripada mengobati.

fbWhatsappTwitterLinkedIn