Kolesterol Sedang Tinggi? Makan Deh 4 Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Saat kadar kolesterol tinggi, ini artinya kadar kolesterol berlebihan menyebabkan pengendapan di dinding arteri sehingga aliran darah yang seharusnya lancar menuju otak, jantung dan bagian tubuh lainnya terhambat. Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai tanda bahwa kolesterol sedang tinggi-tingginya antara lain adalah:

  • Dada terasa nyeri, hal ini bisa disebabkan oleh pembuluh darah jantung mengalami penimbunan plak sehingga kinerja jantung jadi terhambat dan bahkan hal ini meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Kaki terasa nyeri, ini karena area kaki bisa merasakan sensasi terbakar, perih, nyeri dan berat akibat dari plak yang menumpuk di bagian pembuluh darah kaki.
  • Cepat lelah, kondisi ini disebabkan utamanya oleh lagi-lagi plak menimbun dalam pembuluh darah sehingga aliran darah yang seharusnya tersuplai lancar ke seluruh tubuh jadi terhambat. Karena peredaran darah tak selancar dan senormal biasanya, inilah yang menjadi alasan dibalik tubuh yang rasanya mudah lelah saat beraktivitas.
  • Tengkuk nyeri, jika rasa nyeri timbul di bagian tengkuk maka ada kemungkinan pembuluh darah di wilayah leherlah yang mengalami penumpukan plak dan akhirnya malah menghambat aliran darah di leher sekaligus aliran darah yang mengarah pada otak.

Bila sudah terjadi tanda-tanda di atas dan bingung bagaimana cara menormalkan lagi kadar kolesterol yang melonjak, cobalah beberapa buah segar penurun kolesterol ini.

1. Jeruk

Mengonsumsi buah jeruk yang kaya vitamin C entah itu langsung buahnya atau diolah menjadi minuman jus ternyata mampu menurunkan kolesterol jahat/LDL sebanyak 10 persen menurut Mayo Clinic. Tak hanya membuat kadar LDL rendah, HDL rendah pun jadi naik kembali sehingga tubuh penuh dengan kolesterol baik.

Sebuah studi tahun 2000 pada American Journal of Clinical Nutrition membuktikan kalau baik pria maupun wanita mampu menaikkan kadar HDL sebanyak 21 persen cukup dengan minum jus jeruk 750 ml setiap hari. Jadi bila ingin memiliki kadar kolesterol yang terjaga normal dan stabil, buah jeruk bisa menjadi solusi lho.

2. Buah Berry

Buah dari keluarga berry boleh coba dikonsumsi rutin jika kadar kolesterol sedang melonjak, entah itu bluberi, stroberi atau buah berry lainnya. Ini karena sudah terbukti lewat sebuah studi di University of California Davis yang diterbitkan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 1998 bahwa raspberry merah, blackberry, stroberi, bluberi, dan juga ceri manis adalah penurun kadar LDL yang ampuh.

Ada sebuah studi lainnya tahun 2009 yang diterbitkan pada Nutrition Journal mampu membuktikan. Studi oleh A. Basu dan timnya di Oklahoma State University bahwa dalam 4 minggu saja para wanita yang mengonsumsi bubuk stroberi kering beku dalam minuman efektif secara signifikan menurunkan kadar kolesterol.

3. Apel

Kolesterol tinggi juga dapat diatasi dengan makan apel lho; oleh sebab itu, dampak dari kebiasaan makan apel tak bisa diremehkan. Kaya akan serat, apel adalah buah super yang mampu menjadikan tubuh sehat, pencernaan lancar, dan risiko penyakit jantung berkurang.

4. Jeruk Bali

Mengonsumsi sebuah jeruk Bali per hari secara signifikan diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam waktu sebulan saja menurut hasil studi 2006 di Hebrew University of Jerusalem melansir dari LiveStrong. Jeruk Bali versi yang merah ditemukan jauh lebih efektif walaupun yang putih pun juga bisa menormalkan lagi kolesterol tinggi.

Walau buah-buah segar dan menyehatkan tersebut terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, pastikan untuk tetap ke dokter apabila kolesterol tinggi sampai mengganggu aktivitas. Hubungi dan temui dokter ketika gejala-gejala yang dirasakan tak kunjung mereda atau justru memburuk.