Masker Pepaya Bikin Kulit Wajah Sehat, Begini 3 Cara Gunakannya

123

Pepaya adalah buah yang tak hanya bisa dikonsumsi sebagai solusi sembelit, tapi juga dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kulit wajah supaya terasa elastis dan lembut serta tampak bercahaya. Untuk kulit wajah sehat dan cantik, masker dari pepaya yang kaya mineral serta vitamin siap menutrisi kulit dengan cara penggunaan yang mudah bagi tiga jenis kulit.

  1. Masker Pepaya Campur Timun dan Pisang untuk Kulit Normal

Bagi para wanita yang menginginkan kulitnya makin bersinar dan juga bernutrisi, tak ada salahnya gunakan buah yang mudah ditemukan di mana-mana ini, yakni pepaya yang juga bisa dicampur bersama timun sekaligus pisang. Untuk efek sejuk dan lembab, timun dan pisang adalah yang dibutuhkan.

  • Cukup campur ketiga buah ini dengan memblendernya bersama (takaran bisa secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan).
  • Setelah adonan pasta terbentuk, langsung terapkan saja ke kulit wajah sampai leher sampai merata dengan cara mengolesnya menggunakan kuas riasan wajah.
  • Tunggu sekitar 10-12 menit sebelum bisa menggunakan air hangat untuk membasuhnya bersih.
  • Jangan lupa jika sudah dibilas bersih, keringkan wajah memakai handuk lalu pakai produk pelembab wajah yang ringan setelahnya.
  1. Masker Pepaya Campur Madu untuk Kulit Kering

Bagi yang memiliki jenis kulit kering, madu adalah bahan yang paling tepat dikombinasi bersama buah pepaya untuk dijadikan masker wajah solusi penyebab kulit bersisik hingga mengelupas. Enzim di dalam pepaya sekaligus madu akan membuat pori-pori terbuka dan terbersihkan secara alami.

  • Siapkan madu ½ sendok teh, jus lemon ½ sendok teh, serta tak ketinggalan bahan utamanya, ¼ cangkir sari atau jus pepaya matang.
  • Seluruh bahan ini campurkan hingga rata sampai membentuk pasta kental, barulah kemudian Anda bisa terapkan pada wajah.
  • Setelah 10 menit membiarkannya meresap sempurna ke dalam kulit, gunakan air dingin untuk membasuh.
  • Untuk hasil terbaik dan Anda bisa merasakan manfaatnya, prosedur perawatan masker satu ini bisa dilakukan setiap hari sekali.
  1. Masker Pepaya Campur Jeruk untuk Kulit Berminyak

Pepaya juga bisa digunakan untuk merawat kulit tipe berminyak, dan akan jauh lebih tepat bila dikombinasi bersama buah jeruk. Jeruk adalah jenis buah sitrus segar kaya vitamin C yang siap menyegarkan wajah dan membebaskan dari minyak berlebih penyebab kulit kusam.

  • Ambil ekstrak pepaya matang secukupnya dan taruhlah pada sebuah mangkok.
  • Tambahkan jus jeruk sebanyak 3 sendok makan saja, aduk sampai tercampur rata.
  • Jika sudah selesai, segera terapkan ke kulit wajah dengan mengoleskannya.
  • Bilas dengan air biasa sampai bersih setelah membiarkannya selama 15 menit.

Perawatan wajah untuk tiga jenis kulit tidak harus mahal dan sulit bukan? Pepaya adalah buah yang bisa didapat di manapun, begitu juga dengan bahan alami lainnya yang dipakai sebagai campurannya. Jadi, selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga nutrisi dari pepaya dan bahan-bahan kombinasinya berhasil menyehatkan kulit wajah Anda.