18 Makanan Penurun Androgen Ampuh

Androgen adalah sejenis hormon dalam tubuh manusia yang fungsinya adalah mengatur hasrat seksualitas, merangsang dorongan seksual, membantu pembentukan kilut, otot, tulang serta organ seksual dan sebagai pembentuk sel darah merah. Hormon androgen dapat mengalami ketidakseimbangan yang bisa mengakibatkan kelainan pada pertumbuhan rambut (hirsutisme) dengan ditandai tumbuhnya rambut pada bagian yang tidak semestinya, khususnya pada wanita.

Pada pria ketidakseimbangan kadar androgen dapat menyebabkan pembentukan massa otot secara berlebih dan tidak terkontrol. Secara penelitian, androgen merupakan hormon khas yang dimiliki oleh pria, dan kadarnya juga ditemukan pada wanita dalam jumlah yang sedikit saja.

Hiperandrogen atau kelebihan androgen adalah kondisi yang tidak sehat karena dapat mengakibatkan beberapa efek negatif pada tubuh. Gangguan yang sering ditemukan dari kasus hiperandrogen adalah kelainan pada kulit seperti jerawat, kumis pada wanita, minyak berlebih pada pria, dan beberapa ketidakseimbangan fungsi organ seksual. Dengan demikian, sangatlah penting untuk menjaga kadar hormon androgen agar tetap stabil dan terkontrol untuk metabolisme dan sekresi kelenjar sebum.

Pentingnya menjaga keseimbangan hormon bukanlah hal yang sulit jika anda mau berusaha dengan rutin. Beberapa bahan alami disekitar kita pun dapat menjadi senjata untuk mengatasi hiperandrogen dan tetap dalam keadaan stabil. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat anda konsumsi jika ingin mengurangi kadar androgen pada tubuh.

Baca Juga:

1. Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa dalam masakan termasuk cara yang tepat untuk anda yang ingin menurunkan kadar androgen. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang sangat bermanfaat dalam proses produksi hormon serta perbaikan kulit. Minyak kelapa juga diyakini mempu membunuh virus dalam tubuh serta membantu proses metabolisme. (baca juga: Makanan Penurun Kreatinin, Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang)

2. Dark Chocolate

Cokelat mengandung tryptophan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan endorfin. Mengonsumsi cokelat saat kondisi sedang stres dapat membantu pola pikir menjadi lebih rileks, sehingga anda dapat menyikapi segala permasalahan dengan santai serta cenderung berbahagia dengan pola pikir yang sehat.

3. Alpukat

Lemak sehat dalam buah alpukat sangat baik untuk dijadikan sumber gizi bagi tubuh anda. Selain itu alpukat mengandung vitamin E yang baik bagi kulit, magnesium, potasium, dan asam folat yang bermanfaat bagi keseimbangan hormon di dalam tubuh.

4. Kedelai

Kedelai termasuk sumber protein tinggi yang sangat baik dikonsumsi. Kedelai yang cocok bagi anda yang ingin menurunkan kadar androgen adalah kedelai dalam jenis organik. Kedelai organik lebih terjamin kandungan gizinya karena tumbuh tanpa bahan kimia obat seperti pestisida dan semacamnya. Kandungan dalam kedelai organik dapat bermanfaat untuk kekuatan tulang, menjaga kondisi prostat, kesehatan jantung, serta menurunkan kolesterol dan menjaga keseimbangan hormon.

5. Kacang- Kacangan

Segala jenis kacang-kacangan mengandung  bahan aktif beta-sitosterol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Satu diantara jenis kacang yang banyak sekali dimanfaatkan adalah kacang almond, karena selain beta-sitosterol tinggi yang dikandungnya, almond juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. (baca juga: Minuman Penambah Massa Otot, Obat Tinnitus Alami)

6. Kuning Telur

Kuning telur ayam, terutama ayam organik dapat menjadi sumber puluhan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Vitamin A, D, E, B2, B6, B9, kalsium, zat besi, serta potasium dan fosfor siap meramaikan metabolisme tubuh sehingga lebih terjaga keseimbangan hormon didalamnya.

7. Daging Organik

Daging dari hewan ternak yang berasal dari jenis makanannya yang organik memang sulit dijumpai. Akan tetapi saat ini sudah tersedia pasaran khusus untuk mendapatkan daging jenis ini. Meskipun dibandrol dengan harga yang lebih tinggi, tidak ada salahnya sesekali mengonsumsi daging organik karena kandungan gizinya yang 70% lebih tinggi dibandingkan dengan daging biasa.


8. Delima

Senyawa yang alami pada buah delima dapat menghambat enzim pada tubuh wanita. Penghambatan tersebut memengaruhi estrogen lemah menjadi estrone dan estradiol. Kedua hormon ini sangat berperan pada organ reproduksi wanita, sehingga penting dikonsumsi bagi anda yang ingin menjaga kesuburan organ reproduksi.

Artikel Terkait: Terapi Sakit Jiwa , Cara Mengobati Telinga Berair

9. Wortel

Kaya vitamin A ternyata sangat penting dalam pembentukan hormon tertentu dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jenis buah-buahan yang berwarna cerah seperti wortel dan pepaya sangat berperan dalam proses detox hormon estrogen yang berlebihan dalam tubuh. Cara mengonsumsinya pun juga harus diperhatikan yaitu memasak wortel setengah matang atau lebih baik jika dimakan dalam keadaan mentah untuk manfaat optimal.

10. Kayu Manis

Kayu manis memang merupakan jenis rempah yang memiliiki banyak manfaat. Kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat membantu mempercepat proses penyembuhan serta menjaga kadar insulin dalam darah. Kondisi insulin yang stabil dapat menjadikan kesehatan bagi beberapa organ seperti liver. (baca juga: Obat Tradisional Sembelit , Erosi Gigi)

11. Air Putih

Air putih merupakan sumber kehidupan sehat terbaik. Sudah menjadi rahasia umum bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi air putih sesuai takaran yang dianjurkan yakni 2 liter per hari, terbukti mampu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung, stroke dan sejenisnya. Menghindari bahaya dehidrasi adalah cara yang tepat untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh anda.

12. Teh Hijau

Efek menenangkan dalam kandungan teh hijau merupakan cara yang baik untuk membantu menyeimbangkan hormon. Seperti yang sudah diketahui bahwa hormon sangat berpengaruh pada perubahan mental seseorang, dengan menenangkan kondisi otak dan rileksasi maka kesimbangan hormon androgen dapat dijaga normal.

Artikel Terkait: Dehidrasi, Minuman Penurun Gula Darah

13. Jahe

Rempah-rempah mengandung antioksidan tinggi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang stabil akan membuat kadar hormon anda seimbang. Jahe termasuk di dalam jenis rempah yang dapat digunakan sebagai pengganti minuman (wedang) seperti kopi. Selain dapat mengatasi rasa mual dan begah pada perut, jahe memberikan perlawanan terhadap adanya serotonin di dalam usus. (baca juga: Cara Menyembuhkan Mual)


14. Umbi

Umbi-umbian sangat mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini dapat menjadi poin positif bagi anda yang berniat untuk menurunkan kadar androgen dalam tubuh. Jenis umbi-umbian seperti ubi jalar, ketela, lobak mampu menjaga keseimbangan hormon. Bahkan dengan mengonsumsinya sebagai pengganti nasi adalah cara terbaik untuk mendapatkan karbohidrat sehat.

15. Brokoli

Jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam, asparagus bermanfaat untuk menurunkan kadar androgen. Jenis sayuran tersebut berperan mencegah metabolis estrogen. Sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit mematikan seperti kanker dan jantung. Mengonsumsi brokoli yang tepat adalah dengan merebus hingga matang setekah sebelumnya direndam dengan air garam dan dibilas bersih. (baca juga: Cara Mengatasi Gigi Sensitif , Ciri Ciri Ginjal Tidak Sehat )

16. Kunyit

Selain jahe dan kayu manis, kunyit adalah sumber antioksidan yang cenderung banyak dimanfaatkan bagi seseorang yang ingin menjaga metabolisme tubuhnya. Dengan rajin mengonsumsi kunyit serta jenis rempah-rempah lainnya yang memiliki bau serta rasa tajam akan membantu mengurangi peradangan, serta rasa nyeri yang timbul di dalam tubuh.

17. Anggur

Kandungan flavonoid tinggi pada buah anggur dan jenis berry- berryan lainnya dapat menjadi sumber terbaik untuk kesehatan kulit dan perbaikan hormon. Dengan kandungan flavonoid, vitamin A dan C yang ada, maka nutrisi dapat terserap dengan baik oleh tubuh anda sehingga keseimbangan hormon dapat dijaga.

Artikel Terkait: Anak Muntah-muntah, Terapi Autis

18. Minyak Ikan

Sumber omega-3 dan 6 yang ada pada minyak ikan merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penyakit dapat dihindari dengan rajin mengonsumsi  minyak ikan dalam takaran yang dianjurkan oleh dokter (karena setiap individu berbeda kebutuhan). Minyak ikan merupakan sumber protein yang dapat anda manfaatkan untuk mencegah kelebihan androgen.

Baca Juga:

Selain beberapa tipe makanan diatas, mencegah ketidakseimbangan hormon androgen dapat diimbangi dengan beberapa pola hidup sehat seperti berolah raga teratur serta memperbaiki sistem imunitas melalui konsumsi makanan bergizi lainnya. Kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh yang dapat dipenuhi dengan baik akan membantu kadar hormon menjadi lebih seimbang. Demikian artikel informatif mengenai makanan penurun Androgen. Semoga bermanfaat bagi anda!

, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, April 2017 / 04:01 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat