Home Tips KesehatanKesehatan Gigi 18 Cara Mengatasi Gigi Sensitif Paling Ampuh

18 Cara Mengatasi Gigi Sensitif Paling Ampuh

by Erlita

Apakah gigi Anda sangat sensitif sehingga saat makan es akan terasa begitu ngilu dan tak nyaman? Sebetulnya rasa ngilu pada gigi bisa saja sebagai efek dari gigi berlubang atau efek pasca penambalan. Penyebabnya tak hanya itu saja, terkadang membiarkan plak sisa makanan menumpuk di sela gigi juga menjadikan gigi mudah sensitif serta cara menyikat gigi yang kasar dan berlebihan.

Selain itu, faktor infeksi gigi yang terjadi secara terus-menerus pun dapat menjadi alasan mengapa gigi bisa terinfeksi dan akhirnya mengalami luka. Serangan bakteri juga memungkinkan gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya. Lalu, kira-kira cara mengatasi gigi sensitif seperti apa yang dapat dilakukan?

(Baca juga: bahaya gigi berlubang – cara mengatasi abrasi gigi)

1. Menghindari Makanan/Minuman Panas

Ingat bahwa makanan atau minuman yang terlalu panas bisa menjadi penyebab gigi sensitif dan terasa ngilu. Jadi untuk mengurangi risiko rasa ngilu karena sensitifnya gigi, hindarilah makanan/minuman panas. Tunggu dulu sampai makanan/minuman tersebut hangat barulah Anda bisa menyantapnya supaya gigi sensitif dapat teratasi dengan baik.

2. Menghindari Makanan/Minuman Dingin

Selain makanan/minuman panas, makanan/minuman dingin juga menjadi hal yang bisa membuat gigi sensitif menjadi makin ngilu. Jadi, sebaiknya Anda coba untuk menghindari yang dingin-dingin, seperti es krim atau es batu. Minum es memang menyegarkan, tapi ini akan berbahaya bagi yang memiliki gigi sensitif, maka untuk mengatasinya, tunggula sebentar sampai suhu naik.

3. Menghindari Makanan Manis

Bukan hanya masalah panas atau dingin saja, beberapa orang tidak begitu nyaman ketika harus mengonsumsi makanan manis karena mampu meningkatkan rasa ngilu pada gigi sensitifnya. Supaya gigi tak sensitif, Anda bisa menghindari makanan-makanan yang terlalu manis, seperti menghindari permen, biskuit manis dan coklat. Sisa makanannya biasa juga akan tertinggal di sela gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

(Baca juga: penyebab abrasi gigi)

4. Menggunakan Air Garam

Air garam biasanya dipakai sebagai obat batuk alami paling ampuh meski sangat sederhana dalam penggunaannya. Namun rupanya, air garam juga sangat membantu dalam mengatasi gigi yang sensitif. Anda tak perlu sulit-sulit juga dalam membuat larutan satu ini.

Cukup sediakan saja air hangat atau air putih biasa yang dicampur dengan garam secukupnya lalu jadikanlah sebagai obat kumur. Bersihkanlah mulut dan gigi dari segala kuman dengan mengumurinya. Lakukanlah rutin paling tidak 2 kali dalam sehari supaya Anda bisa merasakan gigi jauh lebih baik.

5. Menggunakan Obat Kumur yang Mengandung Fluoride

Enamel gigi dapat dibantu menjadi lebih kuat oleh fluoride dan oleh karena itulah saat gigi sensitif serta ngilu jangan ragu mengumurinya dengan produk berkandungan fluoride. Gigi yang sensitif akan berangsur sembuh dan tidak ngilu lagi ketika Anda berkumur secara rutin. Maka pastikan Anda pun telaten dalam melakukan metode ini.

6. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Saat gigi terasa ngilu Anda pasti sudah tahu bahwa hal tersebut disebabkan oleh sensitivitas gigi yang begitu tinggi. Maka dari itu, mulailah beralih dari pasta gigi yang biasa ke pasta gigi berfluoride karena sudah cukup banyak juga pasta gigi dengan kandungan tersebut.

Pasta gigi khusus mengatasi gigi sensitif sangat bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko terdekat, jadi Anda bisa membelinya dan mencobanya sendiri di rumah. Dengan pasta gigi tersebutlah email gigi akan diberikan perlindungan dan otomatis rasa ngilu juga hilang. Bahkan kuman-kuman yang bersarang di sela gigi juga akan ikut terbasmi.

(Baca juga: penyebab sakit gigi)

7. Menggunakan Sikat Gigi Lembut

Sikat gigi yang lembut merupakan solusi juga dalam mengatasi gigi yang sensitif karena sikat gigi dengan tekstur kasar hanya akan menambah luka. Sikat gigi yang lembut akan mengurangi risiko infeksi dan luka pada gigi penyebab gigi sensitif dan ngilu.

Mungkin Anda sudah pernah mengalami di mana pemakaian sikat gigi bertekstur kaku dan keras tidaklah begitu nyaman. Sikat gigi yang demikian biasanya akan menjadi penyebab lapisan email gigi yang menipis dan akhirnya setiap hari pun enamelnya menjadi terkikis. Sebelum membeli sikat gigi Anda bisa melihat dulu review-nya atau membaca label pada produk tersebut.

8. Tidak Menyikat Gigi secara Kasar

Walaupun Anda memakai sikat gigi yang tepat dan tak begitu kasar, tetap saja gigi akan menjadi mudah terinfeksi dan teriritasi ketika Anda menyikat gigi dengan kasar. Menyikat gigi secara berlebihan dengan tujuan supaya hasilnya sangat bersih malah justru bisa membuat email gigi terkikis dan menyebabkan sensitivitas meningkat.

9. Menggunakan Baking Soda

Saat gigi terasa begitu sensitif dan sering ngilu, ada alternatif lain yang bisa dicoba selain membeli pasta gigi khusus untuk mengatasi gigi sensitif. Pasta gigi alami dari baking soda bisa segera Anda coba meski memang ada bahaya baking soda bila menggunakannya berlebihan.

Sediakan baking soda sebanyak ½ gelas dan tambahkan juga dengan 4 sendok teh gliserol sayuran, perasan lemon 10 tetes, serta gel lidah buaya 1 sendok teh. Dalam 1 gelas air, seluruh bahan tersebut perlu Anda campur rata, barulah setelahnya Anda gunakan sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin setiap hari 2 kali agar cepat sembuh.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit gigi dan mulut)

10. Mengunyah Permen Karet dengan Kandungan Xylitol

Rahasia dalam mengatasi gigi sensitif lainnya adalah dengan mengunyah permen karet di mana memang permen karet ini masih cukup kontroversial. Ada yang setuju bahwa permen karet mampu menjaga kesehatan mulut kita, namun tak sedikit juga orang yang punya pendapat sebaliknya.

Sebetulnya memang benar kalau gigi berlubang mampu terjadi akibat konsumsi permen karet manis. Namun untuk mengatasi gigi sensitif dan ngilu, permen karet yang dianjurkan untuk dikunyah adalah yang berkandungan xylitol sehingga berbeda dari permen karet biasa yang terlalu manis. Kandungan xylitol itulah yang bakal membantu agar asam pada mulut ternetralisir dengan baik.

11. Mencegah Penumpukan Plak pada Sela-sela Gigi

Gigi sensitif merupakan akibat dari adanya plak-plak yang menumpuk di sela-sela gigi di mana plak tersebt berasal dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi. Plak kemudian akan mengeras dan mengristalisasi sehingga akan mampu mengiritasi saraf dan menyebabkan gigi sensitif serta ngilu.

Dalam mencegah plak agar tidak menumpuk di sela-sela gigi, pastikan bahwa Anda rajin menyikat gigi dengan sikat gigi yang lembut, pasta gigi yang tepat dan khusus untuk gigi sensitif bila ada, serta menyikat gigi dengan cara yang benar dan tak kasar. Menyikat gigi tak sekadar membuat gigi senantiasa bersih, tapi juga menjaga gusi agar tak mudah rusak.

12. Menggunakan Cengkeh

Secara sederhana, Anda juga bisa mengatasi gigi sensitif menggunakan bahan alami seperti cengkeh. Anda bisa mengunyah-ngunyah cengkeh dengan bagian gigi yang terasa sensitif dan ngilu. Tapi jangan ditelan, namun setelah dirasa cukup Anda bisa membuangnya.

Atau, bisa juga menggunakan minyak cengkeh yang dicampurkan dengan minyak zaitun secukupnya. Ambil bola kapas untuk mengaplikasikan campuran minyak esensial tersebut ke bagian gigi yang sensitif. Tahan di sana selama beberapa menit dan biarkan kandungan minyak-minyak tersebut bekerja secara maksimal. Setelah beberapa menit biasanya rasa tidak nyaman plus ngilu akan hilang; tapi lebih baik lakukan metode ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

(Baca juga: obat sakit gigi sangat ampuh)

13. Memakai Ekstrak Vanila

Sangat mudah dalam menjaga kesehatan gigi dan mengatasinya ketika sensitif. Cukup rendam bola kapas ke dalam ekstrak vanila yang telah disiapkan dan aplikasikan langsung pada bagian gigi yang dikeluhkan sensitif. Tahan beberapa menit di sana hingga benar-benar terasa baikan dan lakukan rutin beberapa kali dalam 1 minggu.

14. Menggunakan Daun Margosa

Gunakanlah bahan herbal untuk mengatasi gigi sensitif, seperti daun margosa yang bisa ambil ekstraknya untuk dicampurkan dengan oregano. Setelah itu aplikasikan ke gigi yang sensitif secara rutin hingga membaik. Atau, kunyah-kunyah saja langsung daun margosa yang telah dicuci bersih agar gigi sensitif cepat sembuh.

15. Menggunakan Jahe

Ambil saja jus jahe atau ekstrak jahe untuk membantu memulihkan gigi yang sensitif sehingga tak ngilu lagi. Aplikasikan rutin pada bagian gigi yang sensitif dan Anda pun akan merasakan hasilnya yang efektif. Lakukan setiap hendak tidur di malam hari supaya maksimal hasilnya dan perhatikan juga akan efek samping jahe untuk berjaga-jaga.

(Baca juga: cara mengobati sakit gigi)

16. Menggunakan Daun Mint

Daun lainnya yang layak dicoba untuk membuat gigi sensitif tak lagi sensitif dan bebas dari ngilu adalah daun mint. Masukkanlah beberapa daun mint (secukupnya) ke dalam air mendidih. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur alami setelah dingin. Menggunakannya rutin akan menjamin gigi Anda cepat membaik dan tak lagi sensitif.

17. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah memang seharusnya menjadi bumbu dapur untuk menyedapkan masakan, namun sebenarnya juga bisa dijadikan solusi gigi sensitif. Kunyah-kunyahlah bawang merah mentah dengan bagian gigi yang sensitif selama beberapa menit. Bila tak ingin mengunyahnya, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan ekstraknya ke gigi yang sensitif secara rutin.

18. Menggunakan Bawang Putih

Sama dengan jahe dan bawang merah, ada pula efek samping bawang putih yang kerap mengkhawatirkan orang-orang yang hendak memakainya. Namun sebenarnya asalkan memakainya secara benar maka tak perlu cemas tentang efek sampingnya. Hancurkan bawang putih yang sudah disiapkan dan campurkan dengan garam meja sesuai kebutuhan. Barulah kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikannya ke gigi sensitif Anda; lakukan rutin supaya gigi cepat membaik.

(Baca juga: bahaya membiarkan gigi berlubang – obat alami sakit gigi)

Itulah beragam cara mengatasi gigi sensitif paling efektif untuk dicoba ketika Anda merasakan ngilu yang terus-menerus. Tak sulit bukan untuk mengatasi gigi sensitif? Kiranya Anda berhasil membuat gigi kembali sehat tanpa sensitif dan ngilu.

You may also like