10 Ciri Ciri Ginjal Tidak Sehat – Penanganan dan Solusi

2444

Ciri ciri ginjal tidak sehat merupakan kondisi dimana seseorang telah mengalami keluhan kesehatan seputar perut dan pinggangnya akibat ginjal bermasalah. Ginjal yang tidak sehat dapat dialami segala usia yang cenderung disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan buruk sehari hari yang berdampak pada kesehatan ginjal. (Baca Juga: Obat Ginjal Tradisional , Minuman dan Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal)

Ciri Ciri Ginjal Tidak Sehat

  1. Sesak nafas

Ciri ciri ginjal tidak sehat yang mudah dilihat dari fisik luar seseorang adalah serangan sesak nafas yang beulang tetapi tidak teratur kapan jadwal kesulitan bernafas tersebut muncul. Hal ini disebabkan adamnya penggumpalan atau penumpukan cairan didalam tubuh sehingga ginjal kehilangan kemampuannnya membuang limbah metabolisme secara normal. Menumpuknya cairan dalam tubuh menyebabkan penekanan pada sistem pernafasan sehingga seseorang mengalami kesulitan bernafas. (Baca Juga: Penyebab Sesak Nafas , Obat Sesak Nafas karena Jantung)

  1. Tubuh mudah kelelahan

Tubuh yang mudah lelah walaupun sedang melakukan aktivitas yang tidak membutuhkan banyak tenaga merupakan salah satu ciri ciri ginjal tidak sehat yang sering menimpa orang dewasa. Kondisi ini dipicu karebna tubuh kekurangan sel darah merah dalam jumlah yang banyak. Kurangnya sel darah merah dapat menyebabkan anemia dimana penyakit ini sering muncul akibat pola makan yang tidak baik pada banyak orang orang yang konsisten melakukan rutinitas kerja sehari hari yang membutuhkan banyak energi dan pikiran. Terlalu abnyak tubuh kekurangn sel darh merah dapat menyebabkan masuknya oksigen keotak menjadi terus berkurang sehingga bisa menimbulkan keluhan kesehatn lain berupa hilangnya keseimbangan tubuh , Misalnya tubuh mudah limbung dan terjatuh. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lelah , Cepat Lelah dan Jantung Berdebar)

  1. Tubuh merasa dingin dan menggigil

Tubuh merasa dingin dan menggigil walaupun sedang berada pada tempat yang bersuhu hangat adalah ciri ciri ginjal sehat yang dapat dialami tua maupun usia produktif. Hal ini disebabkan ginjal telah mengalami penurunan fungsi akibat terbentuknya batu ginjal. (Baca Juga: Penyebab Batu Ginjal pada Pria dan Wanita)

  1. Pinggang sakit

Pinggang sakit adalah ciri ciri ginjal tidak sehat yang paling sering terjadi pada manusia. Pinggang sakit dapat muncul akibat terbentuknya batu ginjal yang ada didalam saluran kemih yang awalnya disebabkan karena seseorang tidak rajin minum air putih dengan jumlah yang cukup. (Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Ginjal)

  1. Nyeri saat berkemih

Seseorang yang mengalami kesulitan berkemih terus menerus merupakan satu indikasi yang akurat jika seseorang telah mengalami ciri ciri ginjal tidak sehat. Kondisi ini muncul akibat disaluran kemih twrdapat kristal kristal batu gibnjal yang menekan kemih sehingga muncul rasa nyeri, Perasaan penuh dan tidak nyaman pada jaringan perut bagian bawah ketika sedang berkemih. (Baca Juga: Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih , Batu Saluran Kemih)

  1. Urin keruh, Tidak lancar dan berbuih

Munculnya ciri ciri ginjal tidak sehat adalah ketika area ginjal terinfeksi oleh bakteri dan virus maka akan menyebabkan peradangan pada ginjal dan menyebabkan ginjal tidak mampu lagi menyaring urin dengan baik sehingga warna urin tidak terfilter dengan sempurna, Akibatnya urin akan berwaran keruh kekuningan, Kecokelatan atau bahkan kemerahan akibat urin bercampur darah yang keluar dengan debit yang sedikit sedikit (tidak lancar) bahkan urin dapat keluar dengan buih seperti gelembung soda. Keadaan ini bisa menyebabkan penderita mengalami demam ringan hingga berat akibat infeksi bakteri yang telah menggerogoti organ ginjal. (Baca Juga: Penyebab Urin Berwarna Kuning , Fungsi Tes Urine)

  1. Mual, Kembung dan muntah

Perut merasa mual, Kembung dan sesekali ada keinginan untuk muntah muntah merupakan ciri ciri ginjal tidsak sehat yang perlu diwaspadai karena jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan tidur. Kondisi ini disebabkan karena adanya penekanan pada jaringan perut dan lambung yang menggerogoti lapisan perut yang akhirnya menimbulkan peradangan dimana keadaan ini bisa menimbulkan keluhan lain berupa menurunnya nafsu makan dan penurunan bobot tubuh yang signifikan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Perut Kembung , Penyebab Perut Terasa Penuh)

  1. Bagian tubuh membengkak

Membengkaknya beberapa baagian tubuh yang tak kunjung sembuh atau muncul secara tidak teratur adalah ciri ciri ginjal tidk sehat, Misalnya pada lutut, Kaki , Tangan, bagian prostat pria , Bagian perut dan wajah. Kondisi ini muncul akibat penumpukan cairan didalam tubuh yang tidak mampu dikeluarkan semuanya oleh organ ginjal melalui sluran kemih. Hal ini disebabakan ginjal mengalami peradangan karena infeksi bakteri. (Baca Juga: Penyebab Gagal Ginjal Akut  , Cara Mengatasi Ginjal Bocor )

  1. Terserang diare

Muncunya diare pada anak atau dewasa yang tak kunjung sembuh merupakan salah salah satu ciri ciri ginjal tidak sehat yang telah memasuki tahap yang harus diatasi secara intensif dengan penaganan medis. Diare terjadi akibat serangan bakteri shigella dysentrial yang merupakan salah satu bakteri penyebab diare paling berbahaya termasuk bagi kesehatan organ ginjal. Diare bukan hanya karena terbuangnya cairan tubuh yang menyebabkan tubuh lemah, Penurunan bobot tubuh dan kehilangan daya tahan tubuh saja melainkan dapat menyebabkan kondisi ginjal semakin parah. (Baca Juga: Penyebab Diare pada Anak , Penyebab Diare Berkepanjangan)

  1. Pucat dan lesu

Pucat dan lesu yang terus menerus pada anak anak dan remaja bukan cuma muncul karena kekurangan gizi seimbang tetapi juga bisa merupakan ciri ciri ginjakl tidak sehat yang disebabkan karena ginjalnya sedang meradang karena terserang bakteri dan virus yang terbawa dalam makanan yang telah dikonsumsi. Pucat dan lesu muncul akibat ginjal telah kehilangan kemampuannya menyaring cairan tubuh secara normal sehingga limbah metabolisme tidak sepenuhnya dikeluarkan organ ginjal melalui saluran kemih, Sehingga sisa metabolisme yang masih ada didalam tubuh mencemari aliran darah yang menyebabkan wajah nampak tidak segar. (Baca Juga: Makanan untuk Meningkatkan HB , Vitamin untuk Badan Letih)

Penanganan Ginjal Tidak Sehat

Tips mudah untuk mengatasi dan mencegah munculnya ciri ciri ginjal tidak sehat

  • Mengurangi asupan garam dan lemak yang berlebihan ketika mengkonsumsi makanan
  • Minum air putih secara berkala setidaknya hingga 8 liter perhari
  • Membiasakan diri untuk tidak menahan kencing disaat kandung kemih sudah terasa penuh
  • Memperbaiki pola makan yaitu yang berstandar 4 sehat 5 sempurna
  • Menghindari rokok, Menjauhi minuman beralkohol dan minuman bersoda
  • Membiasakan diri meluangkan waktu berolahraga ringan secara rutin setidaknya 2 kali seminggu masing masing 30 menit
  • Mengkonsumsi obat obatan sesuai dengan yang direkomendasikan dokter atau ahli kesehatan yang terkait
  • Berkonsultasi pada dokter sebelum mengguanakan suplemen makanan tertentu atau jenis Obat obatan herbal.

(Baca Juga: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih , Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh)

Solusi Ramuan Tradisional

Untuk mengobati sakit ginjal atau mencegah munculnya ciri ciri ginjal tidak sehat ada baiknya anda mengkonsumsi salah satu dari tiga ramuan tradisional ampuh ini untuk mengembalikan fungsi ginjal yang mulai menurun akibat penumpukan garam dalam tubuh, serangan bakteri dan virus dan akibat kebiasaan merokok serta miunum minuman beralkohol.

  1. Daun sukun

Beberapa daun sukun dapat direbus hingga mendidih lalu dinginkan kemudian saring airnya untuk kemudian diminum dua kali sehari untuk pengobatan dan satu kali sehari untuk pencegahannya (bagi yang belum menderita ginjal bermasalah). Daun sukun memiliki senyawa ampuh untuk menyehatkan ginjal yaitu asam hidrosianat, Tanin dan zat flavonoid.

Baca Juga:

  1. Daun keji beling

Beberapa daun keji beling dapat direbus sampai mendidih lalu dinginkan untuk kemudian disaring dan dikonsumsi dua kali sehari. Daun keji beling memiliki keistimewaan menyembuhkan ginjal yang meradang sehingga memperbaiki fungsinya menjadi lebih baik. Daun keji beling mengandung Fosfor, Natrium, Mineral kalsium, Vitamin B dan C serta senyawa yang kuat dalam melindungi kesehatan jaringan ginjal yaitu asam silat

  1. Daun mahkota dewa

Beberapa daun mahkota dewa dapat direbus sampai mendidih lalu dinginkan untuk kemudian disaring. Minumlah air ramuan tersebut dua kali sehari sampai rasa mual, Perut kembung, Pinggang sakit dan saluran kemih tidak terasa nyeri lagi saat berkemih. Daun mahkota dewa mengandung senyawa yang ampuh mengatasi masalah ginjal bermasalah termasuk sebagai obat herbal batu ginjal mujarab, Diantaranya senyawa polifenol, Falvonoid dan saponin yang berlimpah. (Baca Juga: Obat Sakit Pinggang , Gejala Infeksi Ginjal)