Bahaya Makan Ayam Sakit yang Harus Kamu Tahu

Jenis hewan sangatlah banyak, baik  hewan yang hidup di darat atau pun hewan yang hidup di laut. Salah satu hewan yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah hewan darat, dimana hewan darat yang dibahas adalah ayam. Ayam bukanlah hewan yang asing bagi kita, biasaya hewan ayam ini banyak ditemukan di pedesaan, bahkan di daerah pedesaan sering banyak orang yang mengelola peternakan ayam, terutama bagi mereka yang sudah menjadi partner penyetor daging ayam untuk beberapa rumah makan. Tapi taukah anda, kita pun harus hati-hati ketika hendak mengkonsumsi ayam karena bisa saja ayam itu mengalami sakit sebelum disembelih, tentu ayam yang terserang penyakit sebelum disembelih ini akan membawa beberapa bahaya, diantaranya beberapa bahaya ayam sakit ini akan diuraikan lebih lanjut. (Baca Juga: Bahaya Makan Ayam Potong , Ciri-ciri Daging yang Sehat)

Bahaya Makan Ayam Sakit

1. Tertular Penyakit

Ayam yang sakit sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi terlebih jika ayam itu mengidam penyakit yang mengerikan atau disebabkan karena virus seperti flu burung. Ayam yang sakit tidakbaik untuk dimakan sebab jika kita tidak mengolahnya dengan baik atau sesuai dengan prosedur, penyakit atau virus yang terdapat didalam ayam yang sakit itu dapat saja menular pada tubuh kita, hal ini justru sangatlah merugikan dirikita sendiri. Untuk itu jika memang ingin memakan ayam pilah-pilahlah ayam dengan benar, agar kita tidak tertuar penyakit ataupun virus yang ada pada ayam tersebut.

Baca Jua:

2. Menyebabkan Sakit

Ayam yang sakit dapat menyebabkan berbagai penyakit, sebab ayam yang sedang sakit bisa menularkan penyakitnya pada diri kita. Jika anda tidak ingin tertular atau menjadi sakit karena memakan ayam yang sakit itu maka hindarilah untuk mengkonsumsi ayam yang sakit. Dan usahakan sebisa mungkin untuk memakan makanan yang sehat. dan biasakan selalu melakukan gaya hidup sehat dan menghindari gaya hidup tidak sehat.

Baca Juga:


3. Hukum haram

Ayam yang sakit bisa saja mati mendadak, dan belum pasti ayam olahan yang sakit disembelih terlebih dahulu, karenanya jika ayam yang diolah namun tidak melalui penyembelihan menurut syariat syariat yang sudah ditentukan ayam itu hukumnya menjadi haram. Jadi jika anda memelihara ayam dan ayam tersebut sakit hingga menyebabkan kematian maka kuburkanlah saja ayam tersebut, hal ini dapat mengurangi resiko-resiko lain seperti virus yang menyebar akibat ayam kita sakit. Jika memang ingin dikonsumsi maka pastikanah bahwa penyakit yang ada didalam ayam itu tidak berbahaya bagi tubuh kita dan juga pastikanlah dalam pengolahan ayam tersebut dilakukan dengan baik sehingga aman untuk dikonsumsi, dan yang terpenting ayam yang sakit tersebut harus melawati penyembelihan terlebih dahulu, agar ayam yang kita konsumsi hukumnya halal.

Baca Juga:

Itulah beberapa resiko dan bahaya makan ayam yang sudah mati. Jika kita ingin terhindar dari berbagai penyakit dan resiko dari mengkonsumsi ayam yang sakit maka hindarilh mengkonsumsi ayam sakit tersebut. Jangan biarkan kita terserang penyakit yang kedepannya akan merugikan kita sendiri. Jika memang  tidak yakin akan penyakit yang diderita ayam tersebut dan tidak yakin dalam pengelolaan ayam tersebut maka sebaiknya kuburkan atau bakar saja ayam tersebut. agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. Ada juga beberapa hal yang berkaitan dengan virus atau bakteri seperti infeksi kulit karena bakteri, virus ebola, ciri-ciri influenza , bahaya infeksi RSV , virus zika dan masih banyak lagi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Daging Berbahaya