11 Penyebab Kepala Kesemutan Harus Anda Ketahui

4744

Penyebab kepala kesemutan seringkali diabaikan banyak orang karena lebih fokus pada kesibukan sehingga tak mengetahui informasi tentang bahaya kesemutan pada kepala. Kepala kesemutan dapat mudah terjadi ketika seseorang didalam tubuhnya memiliki penyakit yang mengiringinya atau karrena gaya hidup dan kebiasaan sehari hari dan kondisi ini bisa menyerang anak anak atau orang dewasa dimana kecepatan proses penyembuhannya tergantung pada daya tahan tubuh setiap masing masing individu. (Baca Juga: Kepala Kesemutan , Cara Mengatasi Kepala Peyang)

Penyebab Kepala Kesemutan

Ada beberapa alasan dan penyebab kepala kesemutan bisa muncul pada anak dan dewasa

1. Area leher tegang

Aktivitas yang menuntut banyak gerak dan energi seringkali menjadi penyebba kepala kesemutan , Kegatan rutinitas kerab menyebabkan ketegangan otot diseputar leher bagian belakang yang bisa memicu munculnya kesemutan pada kepala. (Baca Juga: Penyebab Kepala Terasa Berat, Obat Nyeri Otot Bahu)

2. Saraf kepala tertekan

Kelelahan tubuh akibata aktivitas yang berlebihan juga dapat menyebabkan ketegangan otot yang menyebabkan kesemutan pada kepala akaibat saraf saraf kepala merngalami tekanan . (Baca Juga: Jenis Kelainan SarafPengaruh Alkohol terhadap Sistem Saraf Manusia)

3. Adanya penyakit

Munculnya kesemutan pada kepala dapat disebabkan karena didalam tubuh telah bersemayam penyakit seperti Migrain, Vertigo, Galukoma, penyempitan pembuluh darah menuju otak dan sebagainya. (Baca Juga: Terapi Vertigo Di Rumah , Penyebab Migrain Sebelah Kanan)

4. Terjadi sklerosis

Sklerosis adalah gangguan neurologis autoimun yaitu hilangnya selubung selubung dari myelin yang mengelilingi serabut sraaf yang melindungi jaringan otak dan sumsum tulang belakang . Gangguan neurologis autoimun adalah penyebab kepala kesemutan yang cukup parah dan sulit untuk disembuhkan dalam waktu yang singkat. (Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala AkutKesehatan Sistem Saraf Otak)

5. Adanya virus Herpes Zoster

Ketika seseorang memiliki virus herpes zoster didalam tubuhnya maka penyakit cacar tersebut akan menyerang jalur saraf yang diiringi dengan gejala neuralgia yang akut dan merusak jaringan trigeminal serta semua saaraf saraf serviks. Gejalanya adalah kepala kesemutan, Mati rasa yang terjadi pada satu sisi saja, Virus cacar herpes zaoster adalah salah satu penyebab kepala kesemutan yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan keghilangan kesadaran. (Baca Juga: Gejala Herpes , Obat Herpes Kulit)

6. Adanya penyakit meningitis

Meningitis merupakan penyakit yang bisa menulari orang lain dengan durasi waaktu yang cepat . Penyakit ini muncul akibat serangan bakteri yang telah berhasil masuk dan merusak susunan meningitis otak. gejala umumnya adalah mual. Muntah. Kepala kesemutan dan mati rasa dengan rasa nyeri yang amat tinggi. (Baca Juga: Gejala Meningitis Pada AnakPenyebab Meningitis pada Anak dan Orang Dewasa

7. Ganguan sistem saraf pusat

Seseorang yang memiliki penyakit epilepsi maka akan mengalmi kejang otiot, Hilangnya kesadaran dan kesemutan padaa kepalanya. Penyakit epilepsi adalah jenis penyakit yang dapat kambuh secara tiba tiba yaitu pada saat sistem saraf pusat mengalami gangguan.

8. Stroke

Stroke ringan atau berat tetap dapat menyebabkan gangguan fungsi otak karena pembuluh darah pecah yang akhirnya menimbulkan kondisi nekrosis pada jaringan otak. Keadaan ini dapat menjadi penyebab kepala kesemutan dan terasa menebal pada salah satu sisi kepala atau mati rasa.(Baca Juga: Penyebab Stroke Sebelah Kiri , Obat Herbal Stroke Ringan)

9. Jantung iskemik

Yaitu kondisi jantung yang telah melemah karena kehilangan kemampuannya untuk memompa pasokan darah dan menyebarkannya kejaringan otak dengan cepat. Penyakit jantung iskemik seringkali menjadi penyebab kepala kesemutan yang intensitasnya muncul secara berulang ulang lalu timbul tenggelam dan muncul kembali dengan intensitas kesemutan yang semakin terasa lebih berat. (Baca Juga: Ciri-ciri Jantung Sehat , Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Jantung)

10.Tigeminal neuralgia

Yaitu gangguan saraf yang seriing menyerang orang dewasa diaman saraf trigeminaalnya mengalami kelainna dan kerusakan pada otak yang hingga saat ini belum diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

11. Hiperkalemia

Hiperkalemia merupakan penyakit yang berhubungan dengan ginjal akibat terlalu banyaknya zat kalium didalam darah. Namun bisa juga disebabkan karena pemakaian obat diuretik karena penyakit gagal ginjal yang telah lama diderita atau masalah kelainan ginjal lainnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Kalium  , Ciri ciri Keracunan Kalium Sianida)

Penanganan Kepala Kesemutan

Untuk menghindari serangan kepala kesemutan hanya dinutuhkan kedisiplinan untuk konsisten melakukan beberapa aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan jaringan otak atau kepala, Diantaranya:

1.Rajin minum air putih setidaknya 8 liter perhari

Tubuh yang kekurangan cairan dapat mudah menurunkan kualitas kinerja pembuluh darah diseluruh tubuh dan menghambat masuknya oksigen, Termaauk pada pembuliuh darah yang ada dikepala.Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari betapa pentingnya air putih untuk kesehatan pembuliuh darah yang membawa pasokan darh untuk dialirkan ke otak. (Baca Juga: Akibat kelebihan air Putih dalam TubuhBahaya Akibat Terlalu Banyak Minum Air Putih)

2. Istirahat malam yang cukup

Kurang tidur malam dapat menjadi penyebab kepala kesemutan akibat aliran darah tersendat sedndat dengan kualitas pasokan daarah yang makin berkurang. Ketika kurang tidur tubuh tak mampu menghasilkan sel darah merah baru sehingga jaaringan otak menjadi terganggu dan menyebabkan pusing dan kesemutan. (Baca juga: Penyakit akibat kurang tidur malam)

3. Pemakaian bantal yang tidak terlalu rendah atau tinggi

Penggunaan bantal yang tidaak terlalu lunak atau keras ketika tidur sangat penting agar didapat kualitas tidur yang lebih baik dan tidak menimbulkan aliran darah yang tertekan sehingga menghambat laju jalan darah pada pembuluh darah ke kepala. Posisi tidur yang salah dan terlalu lama tidur pada posisi yang tidak amengalami perubahan selama berjam jam dapat menjadi penyebab kepala kesemutan dan mati rasa . (Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik

4. Menjauhi alkohol dan rokok

Alkohol dan asap rokok adalah penyebab kepala kesemutan paling berbahaya karena alkohol dan nikotin sama sama bisa melukai dinding pembuluh darah keotak dan meracuni padsokan darah yang siap dilairkan ke jaringan kepala, Akibatnya akan timbul keluhan berupa kepala kesemutan, Mati rasa untuk sesaat da bagian kepala belakang terasa berat dan nyeri. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh)

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanna yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna saangat disarankan agar dapat mencegah penyemputa pembuluh darah dan melancaarkan aliran darah dengan cepat. Nutrisi lengkap pada menu makanan dapat memperkuat imun tubuh dan meningkatkan kualitas kekuatan dari areteri disekitar otak karena bisa mencegah penyempitan, Pengerutan dan ketersendatan darah yang mengalir ke arah bagian otak. (Baca Juga:  Ciri-ciri Makanan Sehat)

6. Jauhi segala bentuk obat obatan tanpa resep dokter

Hindari pemakaian obat obatan yang berlebihan dan tanpa resep dokter agar tercegah darai munculnya kepala kesemutan. Zat kimia pada obat bersifat adiktif ketika telah masuk pada jaringan darah dan mengalami penggumpalan. Kondisi ini dapar mencederai dinding pembuluh darah keotak dan menyebabkan pelebaran arteri seputar kepala yaang nantinya menyebabkan kepala kesemutan dan rasa nyeri. (Baca Juga: Akibat Sakit Kepala)

7. Melakukan olahraga

Melakukan olahraga yang teratur walaaupun hanya dua kali alam seminggu, Ternyata sudah cukup mampu melancarakan aliran darah, Menstabilkan pembuluh darah dan meningkatkan pasokan oksigen di dalam darah yang mengalir menuju kepala. Pilihlah olahraga yang memiliki standar keamanan yang tinggi misalnya lari santai, jalan cepat, Bersepwda sehat atau hanya sekedar sit-up dan push- up. (Baca juga: Dampak negatif tidak pernah berolahraga bagi tubuh)