8 Terapi Vertigo Di Rumah Paling Mudah Dilakukan

5442

Terapi vertigo di rumah merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan teknik sederhana yang cenderung mengandalkan gerakan dan posisi tubuh. Terapi vertigo di rumah yang dilakukan secara teratur dan jangka panjang mampu melancarkan sirkulasi darah menuju otak sehingga vertigo mudah dikendalikan .

Penyebab vertigo

• Mengkonsumsi alkohol jangka panjang , Merokok berlebihan, Sering begadang dan kurang asupan air putih serta tekanan otot dan saraf kepala akibat serangan stres dan depresi.
• Terserang sindrome coqan yaitu jaringan ikat yang ada pada kornea mata mengalami peradangan dan kerusakan.
• Adanya perubahan tekanan cairan yang ada pada rongga telinga bagian dalam yang telah terjadi dalam kurun waktu lama
• Penggunaan obat obatan secara berlebihan dan jangka panjang misalnya jenis antibiotik, Anti depresan dan golongan anti neoplastic.
• Terjadi penumpukan kalsium dalam telinga yang bergerak dari pososo kekepala kanal semisirkulasir posterior sehingga memicu kelainan dalam penglihatan dan muncul sensasi berputar putar ketika diuduk atau berdiri atau bahkan sedang berbaring.

Solusi pengobatan
Terapi vertigo di rumah dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan atau jasa orang lain, Dan jika dilakukan secara teratur dapat merdakan rasa nyeri kepala dan mengurangi efek berputar putar serta menyembuhkan vertigo secara bertahap.
Berikut beberap tips sederhana yang patut dicoba agar bahaya penyakit vertigo mudah dicegah.

1.Menggunakan teknik Bradt daroff
• Pasien disarankan duduk tegak disisi ranjang dengan posisi kedua kaki menggantung. Tapi tidak digerakan.
• Mata dalam keadaan tertutup dan baringkan dengan spontan atau gerakan cepat kesaalah satu sisi lalu tahanlah selama 30 detik.
• Kemudian duduklah keposisi semula dan berdiamlah untuk relaksasi selama 30 detik. Lalu lakukan gerakan seperti sebelumnya dengan membuang secara spontan tubuh kesisi lainnya.

2. Latihan fisik
• Melakukan gerakan pada sendi, Otot dan bola mata untuk merangkan saraf kepala lebih aktif dan mencegah adanya kalsium pada jaringan rongga telinga bagian dalam.
• Teratur melakukan yoga yang diimbangi dengan mengkonsumsi makann rendah garam,m Kalori dan semua jenis makanan yang digoreng.

3. Latihan fokus pada posisi kepala
• Posisi kepala ketika sedang duduk atau berbaring sebaiknyaa lebih tinggi kaki agar aliran darah menuju jantung dan otak bisa cepat terjadi sehingga tercegah dari munculnya vertigo.
• Mengurangi segala kegiatan yang cenderung sering mendongakan kepala keatas atau membungkukan kepala kebawah sampai punggung melengkung.
• Angkatlah kepala perlahan lalu gerakan kekana kiri dan memutar lalau berdirrilah perlahan lahan dengan tegak dari ranjang. Peregangan ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan menenangkan otot pada kepala yang mendeerita ketegangan dan kekakuan.

4. Melakukan manuver epley
• Ganjalah punggung dengan bantal ketika ingin berbaring terlentang dengan bahu jatuh kearah bantal.
• Atau Putarlah kepala dengan sudut 45 derajat kearah kanan jatuhkan secara spontan tubuh anda dengan bahu yang sengaja mengarah keatas bantal.

5. Melakukan manuver half somersault
• Ambilah posisi seperti sedang berlutut llau pandangilah langit langit selama beberapa detik lalu sentuh kepala kearah lantai , Masukan kepal kearah dada .
• Putarlah kepala kearah telinga yang dirasa sakit karena serangan vertigo. Lakukan cara ini dengan arah sebaliknya berulangkali sehingga gerakan tersebut merangsang saraf , otit dan pembuluh darah lebih rileks dan terbuka.
• Angkat kepala dengan arah yang sejajar dengn punggung sambil kondisi masih padaa posisi merangkak. Tulang punggung harus tetap membungkuk lalu bertahanlah selama 30 detik.
• Istirahatkan tubuh anda secara total tidak lagi melakuakn gerakan apapun) selama kurang lebih 30 menit.

Terapi vertigo di rumah dapat dilakukan melalui pemilihan makanan tertentu

Makanan beberapa jenis makanan sehat yang ampuh dalam mengatasi masalah vertigo. Jika rajin mengkonsumsinya maka vertigo akan mudah disembuhkan dan agar penyebab vertigo kambuh lagi tidak pernah terjadi.

• Cuka apel dan madu asli
Czmpurkan sari cuka apel dan madu secukupnya lalu aduklah hingga merata kemudian minumlah setiap hari tiga kali sampai vertigo benar benar hilang. Gabungan cuka apel dan madu manjurmelancarkan aliran darah menuju otak dan meregangkan saraf saraf yang ada dikepal menjadi lebih ringan dan rileks. Cuka apel dan madu merupakan bahan herbal ampuh untuk terapi vertigo dirumah. Cuka apel dan madu adalah salah satu obat herbal vertigo paling ampuh yang dapat dikonsumsi oleh dewasa dan lansia.

• Air jeruk lemon
Peraslah lemon lalu ambilah sarinya dapat langsung diminum tanpa atau menmkaai bahan herbal campuran madu.Air jeruk lemon memiliki sifat meredakan rasa nyeri dan bertindak sebagai antioksidan kuat untuk mengahmbat pergwerakan radikjal bebas penyebab vertigo.

• Kacang almond
Rendamlah kacang almond pada air mendidih selama kurang lebih 30 menit lalu dinginkan dan saringlah airnya sebelum kemudaian diminum Kacaang almond memiliki vitamin A, D dan E yang tinggi serta senyawa lain misalnya flavonoid mampu menstimulasi aliran darah yang semula mengalami penyumbatan, Berangsur akan lebih terbuka. Kacang almond terbukti ampuh sebagai terapi vertigo dirumah yang dapat dilakukan kapan saja.

Khasiat musik untuk terapi penyakit vertigo
Terapi vertigo dirumah yang menyenngkan adalah menggunakan media audio suara. Penggunaan musik adalah metode pengobatan paling mudah diaplikasikan pada penderita vertigo awal atau sudah akut. Pilihlah musik yang tidak memiliki aluna yang menghentak atau terlalu keras. Pilihlah lagu lagu yang berirama lembut, Teratur dan tanpa vocal. Lagu lagu intrumental klasik adalah pilihan terbaik untuk merangsang otak lebih lama berelaksasi. Tahukah anda bahwa salah satu Pantangan untuk penyakit vertigo adalah berada pada ruangan yang terlalu terang atau menyalakan musik dengan suara yang hingar bingar.