15 Penyebab Albino Pada Manusia

3304

Penyebab albino muncul karena tubuh tidak memiliki kenampuan membentuk melanin secara normal dimana kondisi ini dapat menyerang pria atau wanita. Albino merupakan penyakit langka namun terjadi pada semua negara didunia dengan rata rata hanya memiliki persentase sebanyak 1 orang penderita albino per 20.000 penduduk. (Baca Juga: Kelainan Kromosom , Kelainan Genetika)

Jenis Albino yang Ada pada Manusia

  1. Jenis albino Oculocutaneous Albinism

Yaitu kekurangan zat pigmen pada kulit, Mata dan rambut sehingga berwarna putih pucat, Terang atau putih kekuningan. Kondisi ini adalah jenis albino yang menyebabkan seseorang sangat sensitif terhadap bahaya radiasi sinar matahari.

  1. Jenis albino Ocular albinism

Yaitu kekurangn zat pigmen yang hanya menyerang pada area mata. Mata akan berwarna terang atau pirang namun uniknya rambut dan kulitnya memiliki pigmen yang normal. Jenis albino ocular tidak terlalu sensitif terhadap sinar matahari namun tetap dianjurkan memakai kacamata anti utra violet guna mencegah silau dan pandangan menjadi kabur. (Baca juga: Jenis Jenis Cacat Mata , Ciri Ciri Mata Tidak Sehat)

  1. Jenis albino Recessive total albinism

Yaitu jenis penyalit albino yang hampir sama dengan tipe Ocular albinism yaitu kekurangan pigmen yang hanya menyerang mata namun perbedaannya penderita tidak sensitif terhadap sinar matahari namun hanya mengalami pandangan yang kurang jelas pada benda jauh. (Baca Juga: Penyebab Mata Besar Sebelah , Penyebab Mata Berdarah)

  1. Jenis albinino Black-Lock cell migration disorder syndrome (ABCD)

Yaitu kekurngna pigmen pada semua bagian tubuh tetapi memiliki bercak bercak yang bertebaran tidak beraturan disemua bagian tubuh sehingga berkesan kulitnya seperti sedang terkena kotoran. (Baca Juga: Obat Herpes Kulit , Penyebab Kulit Bergaris)

  1. Jenis albino Deatness syndrome (ADFN)

Yaitu kasus albino yang mempunyai masalah dengan kasus vitiligo dimana penderitnya tidak bisa merndengar dan kesulitan untuk bicara secara normal. Ketulian yang terjadi muncul sejak lahir. (Baca Juga: Cara Mencegah Vitiligo , Gejala Vitiligo)

  1. Syndrome hermansky pudlak

Sindrome hermansky pudlak adalah kasus langka yang juga berhubungan dengan albino tetapi mempunyai resiko yang lebih berat yaitu rentan menderita pendarahan dan infeksi (Baca Juga: Penyebab Vitiligo )

  1. Syndrome Chediak highasi

Symdrome chediak higashi merupakan jenis albino yang juga langka dan menpunyai resiko tinggi mengalami penurunan daya tahan tubuh yang signifikan sehingga orang orang yang memiliki tipe albino ini cenderung mudah infeksio dan terserang bakteri atau virus dari udara atau orang lain. (Baca Juga: Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

Fakta Tentang Albino

  • Albino adalah penyakit genetika berupa kekurangan zat pigmen didalam tubuh namun bukan berarti penyakit ini bisa menular. Penyakit ini tidak serta merta menghasilkan keturunan yang albino lagi setelah terjadi perkawinan. Segalanya ditentukan oleh keaktifan kromoson dan gen yang dimiliki. Biasanya albino akan muncul kembali pada generasi berikutnya pada tingkatan keturunan yang lebih jauh, Misalnya dari orantua diturunkan bukan langsung pada anak naknya tetapi justru kecucu atau cicitnya kelak. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Tato secara Alami)
  • Sebenarnya albino bukan sebuah penyakit menular tetapi hanya kekuranfgan warna pigmen. Albino tidak menyebabkan kemandulan atau membawa virus penyakit lain sebagaimana yang sering di pikirkan banyak orang. Albino hanya sebuah penyakit kelainan gen yang tidak selamanya akan diturunkan pada semua keturunannya.
  • Seseorang albino belum tentu buta warna dan tidak semuanya menderita keterlambatan dalam berfikir karena banyak penderita albino yang memiliki kecerdasan diatas rata rata dan tidak buta warna. Kondisi ini ditentukan dengan kesehatan jaringan otak secara individu bukan karena albinonya. (Baca Juga: Cara Mengobati Buta Warna)
  • Orang orang albino beresiko besar terkena kanker kulit hingga mengalami komplikasi penyakit kulit lain, Misalnya luka yang sulit disembuhkan hingga rentan terjadi pelepuhan jika sudah berurusan dengan suhu udara yang terlalu tinggi, Contohnya diAfrika yang juga terdapat albino.
  • Tidak selamanya penderita albino akan albino seumur hidupnya, Banyak penderita yang mengalami perubahan kearah normal ketika dewasa misalnya rambut dan kulit mulai berwarna.
  • Kasus albino bukan hanya dialami manusia tetapi juga hewan yang juga memiliki kesensitifitasan yang sama terhadap sinar matahari dan air yang terlalu hangat.Ketika mandi orang albino hanya cocok mandi dengan suhu air yang sedang yaitu campuran antara hangat dan dingin. (Baca Juga: Bahaya Sinar Matahari Langsung)
  • Albino juga ada yang hanya menyerang pada sebagian kulit, Sehingga seseorang terlihat belang. Kasus seperti ini palinfg banyak diderita oleh orang orang yang berkulit gelap misalnya diAfrika.
  • Saat ini sudah ada peralatan canggih yang dapat mengetes seseorang dari helai rambutnya bahwa dirinya membawa gen albino atau tidak.
  • Para albino ketika difoto dengan menggunakan kamera maka iris mata yang muncul dalam gambar akan berwarna merah, Hal ini disebabkan iris mata mereka tidak mampu mengeluarkan cahaya alami kearah layar kamera. (Baca Juga: Bahaya Sinar Matahari di Siang Hari)
  • Banyak yang beranggapan jika albino memiliki kelaianan mental, Sebenarnya tidak sama sekali. Mereka adalah orang orang normal seperti orang kebanyakan hanya saja didalam tubuhnya tidak memiliki produksi pigmen yang menyebabkan mereka berwarna. (Baca Juga: Gejala Gangguan Mental)
  • Albino memiliki kelainan penglihatan yang tidak akan bisa disembuhkan secara total tetapi bisa diminimaliskan menjadi lebih baik dengan penggunaan kacamata khusus yang direkomendasikan dokter spesialis mata.
  • Gangguan mata yang menyerang para albino adalah rabun dekat, Rabun jauh, Mata juling, Silinder dan Nistagmus (pergerakan bola maata yang terlalu cepat). (Baca Juga: Obat Mata Rabun Jauh )

Penyebab Albino

  1. Kelainan Metabolisme

Kelainan metabolisme tirosin yang menyebabnya tubuh gagal memproduksi zat pewarna kulit, Mata dan rambut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Belang Pada Tangan dan Kaki)

  1. Faktor genetik

Karena genetika yaitu Albino terbentuk pada seseorang disebabkan resesif autosom dan dominan autosom yaitu kondisi albino karena perkawainan silang orangtua antara yang memiliki gen normal dengan gen yang memiliki keturunan albino (kendati dirinya dalam keadaan tidak albino). (Baca Juga: Penyebab Orang Jadi Gila)

  1. Adanya Mutasi

Karena adanya mutasi pada salah satu gen sehat menjadi abnormal yang mempengaruhi sulitnya terbentuk produksi melanin oleh sel sel melanocytis yang ada pada mata, Kuylit dan rambut. (Baca Juga: Penumbuh Rambut Alami)

Ciri Ciri Albino

  • Memiliki gerak bola mata yang relatif lebih cepat daripada orang yang tidak albino
  • Kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari yaitu permukaan kulit mudah terasa nyeri, Panas seperti terbakar dan mengalami kemerahan.
  • Mata sangat sensitif terhadap cahaya matahari dan pandangan kabur atau tidak jelas untuk memvisualisasikan apapun yang ada disekitarnya.
  • Karakter mata tidak simetris atau juling dan rentan mengalami masalah kebutaan fungsional
  • Memiliki daya penglihatan yang kurang tajam terhadap objek benda berada pada jarak dekat atau jauh kendati keadaan cuaca tidak sedang gelap atau terlalu terang (panas)

(Baca Juga: Penyakit yang tidak Boleh Terkena Sinar Matahari , Bahaya Melihat Matahari Secara Langsung)

Penanganan

  1. Dianjurkan agar rajin mengoleskan pelindung kulit atau tabir surya yang memiliki SPF tinggi yaitu diatas 30. Cara yang lain adalah menggunakan payung, Topi atau pakaian yang tertutup namun terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat. (Baca Juga: Pencegahan Biang KeringatKeringat Berlebih=)
  2. Dianjurkan untuk senantiasa menggunakan pelindung mata berupa kacamata anti ultra violet untuk mengurangi efek fotopobia. (Baca Juga: Penyebab Mata Merah Sebelah Kiri)
  3. Sedapat mungkin menghindari intensitas sinar matahari antara pukul 12 .00 hingga 13,00 dimana kekuatanultravioletyang sedang menembus bumi dapat menyebabkan kulit penderita albino terbakar dan menimbulkan rasa nyeri. (Baca Juga: Bahaya Melihat Gerhana Matahari secara Langsung)