Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 16 Cara Menghilangkan Tato secara Alami Tanpa Harus Operasi

16 Cara Menghilangkan Tato secara Alami Tanpa Harus Operasi

by Erlita

Tato adalah bagian dari seni, itu menurut pendapat beberapa orang namun ada pula yang tak menyukai tato karena seseorang dengan tato di tubuhnya dianggap orang yang tidak benar. Di Indonesia, umumnya tato dianggap sebagai simbol premanisme dan juga kekerasan. Sementara itu, pada Kerajaan Mesir zaman dulu, tato menyimbolkan kekayaan.

Bagi beberapa orang yang sudah ditato permanen, memang untuk menghilangkannya akan sulit karena harus memakai proses operasi. Namun, sebetulnya ada cara menghilangkan tato secara alami dan tanpa efek samping yang berbahaya. Daripada menggunakan cara operasi laser yang biayanya pun juga tak sedikit, menggunakan cara-cara alami ini akan sangat membantu Anda.

(Baca juga: bahaya akibat kelebihan garam)

1. Memakai Air Garam dan Jus Lemon

Dengan bahan-bahan super mudah ini, Anda bisa menghilangkan tato secara gampang, khususnya penggunaan garam yang tinggi kandungan klorin serta natrium. Untuk menggunakan kedua bahan ini, Anda cukup perlu menyiapkan garam 100 gram yang dicampur dengan sari jeruk sitrun sedikit. Ambil bola kapas dan rendamkan di larutan tersebut.

Setelahnya, Anda bisa aplikasikan dengan mengusap-usapkan kapas yang sudah dicelup tadi ke bagian tato yang hendak dihilangkan. Gosok-gosokkanlah kapas tersebut selama setengah hingga satu jam lamanya. Biarkan larutan terserap ke dalam kulit dan kemudian baru Anda bersihkan menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Menggunakan Lemon

Sebelumnya kita tahu cara membuat larutan kombinasi antara jus lemon dan air garam, namun lemon saja pun bisa Anda gunakan. Sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi, buah lemon bisa diandalkan sebagai penghilang tato ampuh. Caranya, awali dengan membersihkan area kulit yang akan dihilangkan tatonya menggunakan air hangat.

Lemon yang telah disiapkan bisa Anda peras untuk memperoleh jusnya saja, barulah Anda gosok-gosokkan ke tato. Untuk penggosokan yang lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan kapas. Setelah itu, tunggulah mengering atau sampai air perasan lemon terserap ke kulit, barulah Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuh kulit hingga bersih.

(Baca juga: akibat kelebihan klorida dalam tubuh)

3. Memakai Aprikot

Membuat scrub sendiri dari bahan aprikot juga bisa membantu menghilangkan tato yang permanen. Dengan menggunakan bahan ini yang juga dicampur dengan garam, maka otomatis akan membuat kulit bertato terkelupas. Caranya kurang lebih sama dengan yang sebelum ini, yakni mencampurkan aprikot dan garam, lalu campuran tersebut digosokkan ke bagian kulit yang ada tatonya.

4. Memanfaatkan Lidah Buaya

Tanaman satu ini sudah tak usah dipertanyakan lagi akan khasiatnya karena khasiat lidah buaya untuk kulit saja begitu besar. Tak hanya sekadar membantu melembutkan dan melembabkan kulit, lidah buaya juga bakal membantu menghilangkan tato, sekalipun itu permanen. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengambil bagian lendir atau gelnya seperti biasa.

Gel dari lidah buaya bakal membantu supaya pigmen tinta dalam tubuh menghilang secara berangsur. Hanya saja, memang obat alami satu ini lebih cocok dan dianjurkan untuk dipakai menghilangkan tato yang masih belum terlalu lama. Kandungan air di dalam lidah buaya akan membuat tinta tato tak bisa bertahan lama pada kulit.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas cacar air di wajah)

5. Menggunakan Minyak Lavender

Untuk menghilangkan tato yang permanen, Anda juga bisa mengandalkan minyak lavender sebagai bahan alami yang aman dan cukup murah sebagai obatnya. Minyak esensial satu ini bisa Anda langsung aplikasikan ke kulit yang tatonya ingin dihilangkan. Minyak ini tergolong aman karena mampu membuat kulit terbakar atau luka menjadi tenang.

Cara pengaplikasian cukup mudah karena yang perlu dilakukan adalah menggunakan kain katun yang lembut untuk memberikan pijatan di bagian keloid sehari 2 kali, yakni pagi dan sore. Setelah diaplikasikan, Anda bisa mendiamkannya hingga beberapa saat sebelum akhirnya boleh Anda bilas dengan air biasa.

6. Memakai Madu

Carilah madu murni untuk menghilangkan tato permanen Anda apabila ingin menghindari yang namanya operasi laser. Terapkan saja langsung madu murni yang Anda miliki beberapa kali ke area kulit yang ada tatonya dan lakukanlah setiap harinya beberapa kali. Kulit nantinya akan benar-benar bersih dari tato dan kulit bakal mengkilap secara alami tanpa bekas luka apapun.

Madu di sini tak hanya dipakai sendiri karena Anda juga membutuhkan bahan-bahan lainnya, seperti daging lidah buaya, yogurt dan juga garam. Semuanya ini bisa Anda campur dan obat alami ini siap diaplikasikan setelah kulit yang bertato dibersihkan. Krim alami buatan sendiri ini bisa dioles dan digosokkan secara rutin demi menghilangkan tinta tato.

(Baca juga: cara menghilangkan kurap)

7. Memakai Garam

Seperti halnya lemon, garam juga bisa dipakai sendiri tanpa harus dicampur dengan lemon untuk menghilangkan tato. Garam ini bisa Anda coba gunakan secara langsung karena murah dan selalu tersedia di rumah. Hanya saja, risikonya Anda perlu menahan rasa sakit yang kuat dengan bahan.

Yang perlu dilakukan ketika memilih cara ini adalah dengan menyiapkan 100 gram garam yang bisa Anda campurkan dengan air supaya garam bisa larut. Setelah itu, ambil spons lembut yang dimasukkan ke dalam larutan tersebut dan gosokkan langsung ke kulit yang bertato. Pastikan Anda melakukannya ½ hingga 1 jam lamanya.

Dengan proses penggosokan yang tak sebentar, ini justru bakal mendukung klorida dan natrium untuk bisa diserap kulit secara sempurna. Dari situlah kemudian struktur sel tinta akan dipatahkan dan lama-kelamaan pasti memudar dengan pemakaian obat alami ini secara teratur. Setelah ½ – 1 jam tersebut, pakai air hangat untuk membersihkan kulit.

8. Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun

Kombinasi berikutnya yang tak boleh dilewatkan ketika Anda hendak menghilangkan tato permanen dengan cara alami adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dan madu (temukan cara membedakan madu asli dan palsu). Kedua bahan ini sangat bagus dan efektif untuk menghilangkan tato tanpa bekas dan efek samping berbahaya. Namun memang Anda perlu tahu bahwa hasilnya pun tak bisa instan.

Sebelum tidur setiap malam, Anda bisa mencampurkan kedua bahan dan ramuan bisa diaplikasikan langsung pada kulit yang bertato. Memang hasilnya agak lama, namun Anda bisa membuktikan efektivitas asalkan menggunakan cara ini setiap hari secara terus-menerus. Dalam hitungan beberapa bulan, tato dijamin hilang tak berbekas.

(Baca juga: cara menghilangkan panu)

9. Menggunakan Daun Pandan, Air Garam, Minyak Zaitun dan Madu

Kali ini kombinasikan 4 bahan tersebut apabila Anda ingin menghilangkan tato tanpa harus melakukan operasi. Madu, minyak zaitun, air garam serta daun pandan adalah kombinasi bahan-bahan yang sangat ampuh dan sangat aman. Ketika seluruh bahan telah tercampur, maka Anda bisa mengaplikasikannya.

Untuk pengaplikasikannya, Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan langsung ke kulit yang tatonya ingin Anda hilangkan. Tak masalah untuk menggunakannya sehari 4-6 kali dan sesering mungkin karena dengan begitulah kulit yang ditato bakal mengelupas sehingga akhirnya hilang secara alami. Memang tak instan, tapi dengan kesabaran dan ketelatenan, pasti tato pun akan hilang.

10. Menggunakan Krim Anti Tato

Supaya tato permanen bisa hilang tanpa operasi, krim anti tato juga termasuk cara alami yang bisa dipilih bila Anda takut operasi. Pilihan satu ini banyak digunakan karena memang krim ini bisa dipakai tanpa penggunanya merasa kesakitan selama proses penghilangan tato. Cobalah cari produk krim terpercaya supaya tidak membahayakan tubuh.

(Baca juga: makanan yang mengandung vitamin e tinggi)

11. Memakai Minyak Vitamin E, Paederia Tomentosa dan Lidah Buaya

Bahan-bahan ini juga dipercaya sangat ampuh dalam membantu menghilangkan tato, tanpa efek samping berbahaya dan tentunya tanpa rasa sakit. Cukup dengan mencampurkan bahan-bahan ini dalam persentase yang sama tanpa tambahan air, Anda sudah bisa menggunakan ramuan ini.

Memang pada akhirnya ramuan akan terbentuk kental dan ini bisa Anda terapkan ke bagian kulit bertato 3-4 kali setiap harinya dengan pengolesan searah jarum jam. Gosoklah pada bagian tersebut selama 10 menit dan kemudian pakai air hangat untuk membilasnya. Proses penggosokan pun dilakukan dengan lembut saja, setelah beberapa minggu atau bulan akan terlihat hasilnya.

12. Menggunakan Bubuk Pasir dan Batu Gerinda

Cara sederhana, aman dan pastinya tak menyakitkan lainnya untuk menghilangkan tato adalah dengan menggunakan batu gerinda kasar serta bubuk pasir. Metode seperti ini juga disebut dengan istilah metode abrasif di mana memang sangat gampang penerapannya. Tapi tentunya untuk melihat hasilnya Anda harus bersabar cukup lama.

Gilinglah pasir dan batu gerinda kasar, lalu jangan lupa untuk mencampurkannya dengan gel atau daging lidah buaya. Campuran yang sudah jadi bisa Anda gosokkan perlahan ke area bertato dan lakukan metode ini secara teratur supaya sel-sel kulit yang bertinta tato bisa hilang secara berangsur.

(Baca juga: penyebab vitiligo)

13. Salabrasi

Selain dengan operasi, Anda bisa mencoba cara alami yang dinamakan salabrasi. Cara ini adalah sebuah metode penghapusan tato dengan menggunakan perangkat abrasif, garam meja plus air keran. Perangkat abrasif yang dimaksud bisa dengan balok kayu; kemudian Anda bisa menggunakan perban untuk menutup bagian kulit yang sudah diatasi selama 30-40 menit.

Area kulit yang bertato pasti akan dicukur, lalu campurkan beberapa sendok teh garam ke dalam air  di mana airnya bisa diaplikasikan ke area yang bertato. Sesudah itu, bahan abrasif bisa digosokkan ke area tersebut juga sampai kaku. Pada tahap ini kulit pasti akan melepuh, tapi jika diperban dengan benar, maka sesudah 3 hari, perawatan seperti ini tak usah diulang kembali.

14. Terapi Cahaya

Istilah lain bagi terapi cahaya ini adalah IPL atau Intense Pulse Light di mana bukan dalam bentuk operasi tapi lebih kepada pemanfaatan cahaya intensitas super tinggi. Pada prosedur ini, ada pula penggunaan gel yang diperlukan dan memang selama prosesnya pasien akan merasakan kesakitan, tapi dijamin tato akan lebih cepat hilang dengan sukses.

(Baca juga: terapi psikologi untuk depresi)

15. Menggunakan Minyak Vitamin E, Scrub Aprikot dan Gel Lidah Buaya

Ketiga bahan ini bisa Anda campur bersama dengan takaran yang masing-masing dibuat sama. Larutan kemudian bisa dioles ke area kulit bertato dengan gerakan yang melingkar dan setelah itu diamkan lebih dulu sekitar 5 menit. Pakai air dingin untuk menjadi pembasuh kulit yang tadinya sudah dioles dengan ramuan obat penghilang tato. Sehari lakukan cara ini 4 kali dan dalam waktu 1 bulan tinta tato akan memudar.

16. Memakai Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Tato permanen bukan hal sulit untuk dihilangkan karena kombinasi dari minyak zaitun dan minyak kelapa akan sangat menolong Anda. Setelah dicampur merata, Anda bisa mengaplikasikan langsung ke area kulit bertato setiap malam secara rutin. Memang hasilnya akan terlihat baru setelah beberapa bulan pemakaian, tapi jika bersabar Anda akan melihat hasilnya yang efektif.

(Baca juga: cara menghilangkan benjolan di ketiak)

Demikianlah cara-cara menghilangkan tato secara alami paling ampuh yang tak ada salahnya dicoba ketika Anda menghindari operasi sebagai solusinya. Beberapa cara tersebut dapat Anda coba dengan mudah tanpa takut efek samping yang berbahaya.

You may also like