10 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dalam Semalam

11273

Memiliki wajah yang bersih dan sehat tentu sudah menjadi keinginan semua orang. Berbagai cara dilakukan untuk tetap menjaga agar wajah senantiasa selalu terawat dan terhindar dari permasalahan kulit. Karena wajah merupakan aset kita, maka semua orang pasti ingin menjaga dan merawatnya. Munculnya permasalahan kulit pada wajah tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu yaitu jerawat bruntusan. Bruntusan yaitu suatu kondisi di mana munculnya bintik-bintik kecil kemerahan yang biasanya muncul pada area wajah. Bruntusan umumnya memunculkan sensasi perih dan gatal, terutama pada saat terkena keringat. Seringkali, bruntusan bisa menyebabkan iritasi akibat rasa gatal yang kemudian digaruk. Jika tidak diatasai secara tepat, maka kondisinya akan menjadi semakin parah dan merusak penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri.

Pada artikel kali ini akan dibahas secara lebih khusus mengenai apa saja yang menjadi penyebab munculnya bruntusan sekaligus bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Tips yang akan disampaikan adalah yang sudah benar-benar teruji efektif. Berikut ulasannya lengkapnya.

Penyebab Munculnya Bruntusan

Munculnya permasalahan kulit tidak mungkin tanpa sebab. Pasti selalu ada yang menjadi pencetusnya. Bisa dari kebiasaan buruk yang kita lakukan maupun dari makanan yang kita konsumsi. Demikian juga halnya dengan munculnya bruntusan pada wajah, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Apa saja? Berikut adalah penyebab-penyababnya:

  1. Permasalahan Hormon. Umumnya munculnya bruntusan pada wajah dipengaruhi oleh faktor ketidakseimbangan hormon. Di usia-usia menginjak masa puber, permasalahan hormon seringkali menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat dan bruntusan.
  2. Alergi Makanan. Penyebab munculnya bruntusan yang kedua adalah alergi terhadap makanan. Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan alergi dan rasa gatal pada kulit. Nah, bruntusan adalah salah satu dari dampak alergi terhadap makanan tertentu yang kita konsumsi. Salah satu cara mengobati alergi makanan yang paling efektif adalah menghindari makanan pencetus. Ini juga efektif untuk mencegah wajah bruntusan.
  3. Jarang Membersihkan Wajah. Penyebab paling umum munculnya macam-macam penyakit kulit seperti bruntusan adalah malas membersihkan wajah. Padahal setiap hari kita beraktifitas di luar ruangan dan terpapar debu dan kotoran. Debu dan kotoran dan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya bruntusan dan penyakit kulit lainnya.
  4. Stress Berlebihan. Rasa-rasanya hampir semua orang pernah mengalami stress. Penyebab stress bisa apa saja. Namun jika mengalami stress berkepanjangan dan berlebihan maka bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Tidak hanya menyebabkan wajah bruntusan, kesehatan psikologi kita juga bisa tergangggu. Mengetahui cara mengatasi stress super ampuh yang tepat dapat mencegah munculnya masalah kesehatan lainnya.
  5. Makanan Berminyak/Gorengan. Makanan yang digoreng yang biasa dibeli di luar rumah seringkali dimasak dengan tidak sehat dan mengandung minyak jenuh. Minyak jenuh yang digunakan dapat menyebabkan masalah pada kulit kita, apalagi jika kulitnya memang sudah bermasalah sejak awal.
  6. Kulit Berminyak. Memiliki kulit berminyak memang seringkali rentan mengalami permasalahan kulit, di antaranya bruntusan. Kulit berminyak, jika tidak dibersihkan dengan benar dan teratur maka bruntusan akan muncul di wajah.
  7. Peggunaan Kosmetik. Penyebab munculnya bruntusan di wajah yang terakhir yaitu penggunaan kosmetik. Penggunaan kosmetik, terutama  yang tebal dalam waktu lama dapat menyebabkan permasalahan kulit, terutama jika kulitnya sensitif. Sisa-sisa makeup yang masih menempel di wajah dapat menyebabkan munculnya bruntusan. Oleh karena itu, harus membersihkan makeup dengan benar dan bersih. Jangan sampai masih tersisa dan menyumbat pori-pori wajah.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Sebelumnya sudah dibahas mengenai hal-hal apa saja yang menyebabkan munculnya bruntusan pada wajah. Hal selanjutnya yang akan dibahas yaitu mengenai cara menghilangkan jerawat bruntusan di wajah dalam semalam. Mengatasi bruntusan dalam semalam? Apa benar-benar ada caranya? Tentu saja ada! Simak cara-caranya berikut ini:

1. Es Batu

Menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan. Cara ini juga umumnya digunakan untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Karena masalahan wajah bruntusan tidak separah jerawat, penggunaan es batu dirasa ampuh untuk menyembuhkannya dalam semalam. Bahkan sudah ada yang berhasil membuktikannya sendiri.

2. Madu

Sejak dulu madu memang dikenal luas memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Madu sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit kusam dan juga jerawat. Nah, ternyata madu juga terbukti ampun menghilangkan bruntusan dalam semalam lho. Caranya sederhana, yaitu cukup mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Biarkan hingga mengering, lalu langsung bilas dengan air bersih.

3. Tomat

Buah-buahan yang sering dijadikan jus ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi tomat bisa mengatasi mengatasi masalah mata minus. Tidak hanya itu, ternyata tomat juga ampuh untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah. Maka tidak heran jika banyak yang menggunakan tomat untuk mengatasi masalah bruntusan maupun jerawat di wajah mereka. Caranya juga sangat mudah. Haluskan tomat dengan cara diblender lalu jadikan masker wajah. Biarkan hingga mengering lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

4. Campuran Lemon dan Putih Telur

Meskipun rasanya yang sangat asam ketika dimakan, lemon ternyata memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Caranya dengan mencampurkannya dengan telur putih terlebih dahulu lalu oleskan secara merata pada wajah. Biarkan hingga mengering kemudian bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

5. Teh Hijau

Selama ini banyak orang yang mengonsumsi teh hijau untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Namun ternyata manfaat teh hijau tidak sebatas hanya itu saja. Teh hijau juga ampuh menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Kandungan anti-oksidan dalam teh hijau dapat menyembuhkan kulit wajah yang bermasalah.

6. Obat Tetes Mata

Menggunakan tetes mata untuk wajah bruntusan? Apa benar ampuh? memang rasanya aneh menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah. Namun, tidak sekonyol kelihatan. Sudah ada beberapa orang yang membuktikannya dan memang hasilnya benar-benar ampuh. Meskipun begitu, jika Anda merasa ragu, bisa lewatkan cara ini dan coba gunakan cara lainnya yang dirasa cocok.

7. Astringent

Menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam ternyata juga bisa menggunakan cairan astringent. Kandungan astringent dipercaya ampuh membasmi bruntusan dan jerawat dalam waktu semalam. Anda bisa memperoleh cairan astringent di apotek terdekat tempat Anda tinggal. Gunakan kapas lalu tepuk-tepuk pelan pada area wajah yang mengalami bruntusan.

8. Pasta Gigi

Percaya tidak percaya kalau ternyata banyak orang yang mempraktekan cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi.  Tidak hanya memutihkan ketiak, ternyata kandungan pasta gigi juga ampuh sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Sensasi dingin dari mint dalam pasta gigi dapat meredakan peradangan akibat bruntusan. Anda cukup membersihkan wajah lalu mengoleskannya pada area wajah yang mengalami bruntusan. Tunggu hingga kering lalu bersihkan.

9. Aspirin

Jika selama ini aspirin hanya digunakan untuk mengatasi masalah pusing dan nyeri badan, percaya tidak percaya ternyata aspirin juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah dalam semalam. Caranya yaitu bubuk aspirin diteteskan sedikit air lalu diratakan sebentar. Oleskan aspirin pada wajah yang mengalami bruntusan dan biarkan hingga kering lalu bersihkan.

10. Tindakan Medis

Jika semua cara sederhana tadi sudah Anda coba lakukan namun ternyata tidak ada yang ampuh, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan tindakan medis. Tindakan medis yang dimaksudkan di sini adalah dengan melakukan suntik jerawat atau bisa juga tindakan medis lainnnya yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Lakukan tindakan medis ini dengan dokter yang sesuai bidangnya agar tidak menjadi masalah nantinya. Tindakan medis ini biasanya ampuh menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai penyebab wajah bruntusan dan cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yang sudah terbukti efektif. Kenali dengan baik penyebab wajah bruntusan dan kondisi kulit Anda untuk mengetahui cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Selamat mencoba!