13 Pencegahan Pruritus Paling Mudah Dilakukan

Penyakit Pruritus adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit, dimana penyakit ini merupakan penyakit kulit yang disertai dengan gatal. Gatal-gatal pada penyakit ini tidak lah lama, namun terkadang sangat menyiksa penderitanya. Oleh karena itu harus segera mengetahui apa saja yang dapat  mencegah pruritus, adapun beberapa hal yang dapat digunakan untuk mencegah pruritus meliputi

baca juga :

Pencegahan pruritus

1. Hindari zat penyebab alergi

Seseorang yang terkena penyakit pruritus harus segera menghindari penyebab alergi yang menyebabkan terjadinya sakit kulit pruritus. Namun bagi Anda yang belum mengalami penyakit pruritus maka hindarilah penyebab penyebab alergi yang menyebabkan kulit terinfeksi. Selain itu hindari untuk memakai berbagai zat yang dapat membuat kulit iritasi seperti memakai perhiasan produk kulit kecantikan yang mengandung pewangi kosmetik dan juga parfum secara berlebihan. Ketahui pula penyebab alergi hidung gatal

2. Kurangi stress

Seseorang yang mengalami stress akan merasakan gatal yang berlebih. Sebab rasa stress dapat menjadi salah satu penyebab semakin parahnya rasa gatal pada seseorang. Untuk menghindari rasa stress Anda dapat melakukan relaksasi seperti meditasi Yoga atau hal lainnya yang membuat anda menjadi lebih rileks. Kerileksan harus segera didapatkan jangan sampai ciri-ciri stress yang mencengangkan menghampiri kondisi tubuh anda.

3. Hindari menggaruk

Menggaruk kulit yang gatal atau menggaruk kulit yang sedang meradang dapat menimbulkan terjadinya penyakit pruritus semakin parah. Untuk menghitung salah satu pencegahan agar penyakit pruritus tidak semakin parah adalah menghindari menggaruk pada bagian yang terkena sakit pruritus.

4. Mengkompres dengan air dingin

Seseorang yang mengalami putus akan merasakan gatal-gatal pada tubuhnya. Namun agar dapat terhindar dari sakit pruritus yang semakin parah maka dianjurkan untuk tidak menggaruk pada bagian yang terkena pruritus. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa gatal tersebut adalah dengan mengkompres air dingin pada bagian yang terasa gatal. Mengkompres tidak hanya sembarang kompres tapi perlu tau tehniknya seperti cara kompres yang benar untuk demam

5. Mandi dengan air hangat

Salah satu cara untuk mencegah pruritus adalah dengan mandi air hangat. Untuk hasil yang maksimal Maka Anda dapat menambahkan baking soda atau oatmeal mentah pada air yang akan anda gunakan untuk mandi atau berendam. Dengan menggunakan air hangat dapat mengurangi ataupun mencegah terjadinya proritas pada tubuh anda. Mandi air hangat asal tidak dilakukan dimalam hari tidak begitu masalah, namun jika dilakukan pada malam hari tentu ada dampak bahaya mandi dimalam hari


5. Menggunakan sabun yang ringan

Menggunakan sabun yang ringan saat mandi dapat membantu untuk mengatasi pruritus. Bahan kimia yang berat yang terdapat di dalam Sabun Mandi akan menambah sakit pruritus semakin parah. Untuk itu gunakanlah Sabunnya ringan agar penyakit pruritus tidak semakin parah. Penggunaan sabun yang ringan dan tidak beraroma sangat dianjurkan bersamaan dengan penggunaan air hangat atau air dingin saat mandi. Karena hal ini akan membantu untuk proses penyembuhan penyakit kulit pruritus yang anda Derita.

7. Kurangi durasi mandi

Jika badan masih sering terasa gatal mengurangi durasi mandi sangatlah dianjurkan. Untuk itu ketika Anda masih merasakan gatal-gatal pada kulit maka mandilah tidak lebih dari 20 menit. Berlama-lama di dalam air atau bernama lama saat mandi tidak dianjurkan untuk seseorang yang terkena penyakit pruritus.

baca juga :

8. Memotong kuku

Kuku yang panjang akan mudah melukai kulit terlebih kulit yang teriritasi. Memotong kuku merupakan salah satu cara untuk mencegah kulit terluka karena tidak sengaja digaruk. Jika kuku tidak panjang maka luka yang dihasilkan ketika tidak sengaja menggaruk kulit yang teriritasi tidak separah ketika luka yang dihasilkan kuku yang panjang. Memotong kuku memang penting agar tidak terserang jamur kuku seperti penyebab cantengan dan kuku tangan sering bernah

9. Kompres dengan kain flanel

Mengkompres dengan kain flanel dicampuri dengan air dingin akan membantu untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang terkena pruritus. Untuk itu mengkompres dengan kain flanel dicampur dengan air dingin dapat menjadi salah satu rekomendasi agar kulit tidak terasa gatal. Hal ini dilakukan untuk menghindari agar kulit yang terinfeksi atau kulit yang terkena pruritus tidak digaruk. Sebab kulit yang terinfeksi atau kulit yang terkena pruritus yang digaruk akan menyebabkan perut itu semakin parah dan tidak kunjung sembuh.

10. Hindari makan pedas

Jika anda mengalami sakit peruritus maka anda harus menghindari makan makanan yang pedas. mengkonsumsi makan makanan yang pedas akan membuat sakit pruritus semakin parah. Untuk itu konsumsilah makanan-makanan yang tidak pedas. Jika anda ingin mengkonsumsi makanan-makanan yang pedas pastikan bahwa sakit pruritus sudah benar-benar sembuh. agar sakit perut itu tidak semakin parah.

11. Hindari minum beralkohol

Mengkonsumsi minum minuman beralkohol akan membuat sakit perut itu semakin parah. Untuk itu bagi Anda yang mengidap penyakit pruritus maka hindarilah mengkonsumsi minum minuman yang beralkohol. Selain untuk mengatasi penyakit pruritus semakin parah dengan menghindari minum minuman yang beralkohol akan membantu anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi minuman beralkohol. (baca juga : bahaya alkohol bagi kehidupan)

12. Hindari makanan ber kafein

Selain menghindari makanan pedas dan minum minuman yang beralkohol, bagi Anda yang menderita penyakit pruritus sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang tinggi akan kafein. Sebab mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kafein dapat menyebabkan sakit perut itu semakin parah dan tidak kunjung sembuh.

13. mengeringkan badan dengan cara menepuk

Bagi Anda yang menderita penyakit pruritus ketika Anda setelah melakukan aktivitas di dalam air seperti mandi ataupun berenang Anda dapat mengeringkan badan dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan. Jangan mengeringkan badan dengan cara di gesek gesek secara keras, karena hal itu akan menyebabkan sakit peruritus semakin parah. Mengeringkan badan dengan cara menepuk-nepuk nya secara perlahan akan membantu kulit yang terkena pruritus terhindar dari gesekan-gesekan yang keras. Sehingga hal ini dapat membantu untuk proses penyembuhan sakit kulit pruritus.

ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya pruritus pada tubuh anda. Untuk menghindari terjadinya pruritus pada tubuh Anda maka anda harus menghindari berbagai penyebab-penyebab yang menyebabkan timbulnya penyakit pruritus pada tubuh anda. Selain menghindari penyebab-penyebab pruritus menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan tubuh juga sangatlah penting. Karena dengan menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita akan terhindar dari berbagai penyakit kulit dan penyakit penyakit lainnya yang tidak diinginkan. Untuk itu dengan mengetahui cara-cara pencegahan terjadinya pruritus akan membantu Anda agar anda dapat terhindar dari penyakit pruritus.

, ,
Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin