5 Akibat Kelebihan Vitamin E Yang Wajib Anda Ketahui

1518

Vitamin E mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam kulit. Selain itu juga berfungsi untuk membuat kolagen terbentuk kembali dengan cepat sehingga kulit menjadi lebih cerah dan tidak kusam. Oleh karena itu mengkonsumsi vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Selain itu, vitamin E juga dapat menjadi alternative kesehatan untuk kesuburan pada pria.

Di samping sederet manfaat dari vitamin E untuk tubuh anda, ternyata vitamin E justru memberikan dampak buruk pada kesehatan anda jika kadarnya berlebihan. Artikel berikut akan membahas tentang 5 akibat kelebihan vitamin E yang wajib anda ketahui agar anda lebih bijak dan selalu mengukur takaran konsumsi vitamin E untuk tubuh anda.

  1. Kerusakan Sistem Saraf dan Otak

Kelebihan vitamin E ternyata malah dapat merusak sistem saraf dan otak. Hal itu dikarenakan perkembangan sel darah merah tidak maksimal sehingga terbelah menjadi dua. Hal ini tentu sangat bahaya karena saraf yang terserang adalah otak. Seperti kita ketahui bersama bahwa otak adalah bagian yang sangat penting dalam tubuh kita. Jenis-jenis penyakit syaraf lainnya juga akan mengancam anda jika kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin E.

  1. Katarak

Katarak di usia muda akan menimpa anda jika anda mengalami kelebihan mengkonsumsi vitamin E. Vitamin E ternyata juga dibutuhkan untuk proses penglihatan. Jika terjadi kelebihan vitamin E maka lensa kontak akan tertutupi dengan cairan dan menjadi katarak.

  1. Resiko Bayi Lahir Prematur

Jika anda mengalami kelebihan vitamin E maka akan memperbesar resiko bayi lahir prematur. Tentu anda tidak menginginkan hal ini terjadi. Oleh karena itu disarankan untuk anda memperhatikan kadar asupan vitamin E untuk tubuh anda dan ciri-ciri bayi diare. Resiko bayi lahir ini menjadi akibat kelebihan vitamin E khususnya ibu yang sedang hamil. Bagi anda ibu hamil lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Khususnya makanan yang mengandung vitamin E.

  1. Gangguan Kesehatan Kulit

Vitamin E sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Namun, justru ketika berlebihan mengonsumsi vitamin E juga mengakibatkan gangguan kesehatan kulit. Selain menjaga takaran kandungan vitamin E dalam makanan anda, kami juga menyarankan untuk memperhatikan makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit agar anda terhindar dari gangguan kesehatan kulit lainnya.

  1. Meningkatkan Resiko Kematian

Mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan dapat membuat pendarahan sulit mengering. Apalagi jika dipadukan dengan kelebihan vitamin K, bahaya kanker prostat pada pria juga akan terjadi. Awalnya, memang benar mengkonsumsi vitamin E dapat menghindarkan anda dari serangan kanker. Namun, setelah diteliti selama lebih dari 5 tahun ternyata orang yang mengkonsumsi vitamin E secara rutin malah yang lebih banyak terserang kanker. Inilah yang harus diwaspadai ketika kelebihan vitamin E ternyata malah memperbesar resiko kematian.

Nah, agar anda pas dalam memenuhi kebutuhan vitamin E anda dianjurkan untuk memenuhi takaran asupan vitamin sebanyak 15 mg. Anda dapat memerolehnya dari biji bunga matahari, almond, hazelnut, mangga, alpukat, labu, brokoli, bayam, kiwi, tomat mentah dan berbagai sumber makanan vitamin E lainnya. Namun tentu harus diingat kembali semuanya harus pada takaran yang pas agar akibat kelebihan vitamin E tidak terjadi pada anda. Saran kami jangan terlalu berlebihan dan begitupun sebaliknya jangan terlalu kurang. 15 mg vitamin E sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan untuk tubuh anda.