Sponsors Link

15 Buah Penurun Panas Demam Pada Badan

Sponsors Link

Ketika demam dan suhu badan meningkat, mungkin penderita akan menjadi malas makan dan begitu lemas. Untuk menurunkan panas tubuh, ada beberapa buah segar yang bisa dijadikan pilihan dan dikonsumsi setiap hari sampai demam turun dan tubuh membaik. Buah penurun panas di bawah ini adalah peningkat sistem imunitas juga sehingga ketika daya tahan tubuh kembali normal, tubuh pun akan cepat sehat lagi.

ads

(Baca juga: makanan untuk orang demam)

1. Delima Merah

Buah yang juga populer dengan nama pomegranate ini adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C super tinggi serta air yang begitu banyak. Buah ini berkhasiat tinggi dalam menurunkan panas tubuh karena kaya air dan vitamin C itu tadi. Faktanya, 40 persen kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita mampu dipenuhi dengan baik oleh 1 buah delima merah asalkan dikonsumsi secara rutin. Untuk pemulihan pun juga baik dan akan dengan cepat mengembalikan tingkat daya tahan tubuh seperti normal lagi.

2. Kelapa

Bicara soal buah dengan kandungan air menyegarkan yang bisa diminum ketika sedang berada di pantai, tentu jawabannya adalah buah kelapa. Air yang terdapat di dalam buah kelapa mempunyai kandungan yang tidaklah sama dengan buah lainnya. Ini karena di dalam kelapa, airnya mengandung mineral dan ion tinggi sehingga bisa menjadi pengganti cairan hilang yang sangat baik.

Ketika demam, penderita akan kehilangan cukup banyak cairan dan air kelapa adalah salah satu yang paling baik untuk mengganti cairan tubuh tersebut. Perlu diketahui pula bahwa mineral dan ion pun termasuk baik untuk diandalkan sebagai penurun suhu tubuh. Jadi, kalau Anda demam atau bahkan anggota keluarga Anda, jangan ragu untuk mengonsumsi buah berair segar ini untuk kepulihan yang lebih cepat.

(Baca juga: buah untuk panas dalam)

3. Melon

Sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin E tinggi, melon juga berkandungan air banyak yang tak hanya bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Melon pun memiliki khasiat sebagai penurun panas atau demam pada seseorang. Karena kandungan airnya yang begitu tinggi, tubuh penderita demam yang mengonsumsi melon akan segar kembali dengan cepat.

Sama halnya dengan air kelapa, tubuh penderita yang mulai kekurangan cairan bakal dapat dikembalikan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A super tinggi ini. Kandungan karotenoid di dalam buah ini juga termasuk tinggi sehingga tentunya bagus untuk kesehatan. Suhu tubuh bisa menjadi normal lagi dan metabolisme juga ikut terjaga.

4. Semangka

Termasuk di dalam jenis makanan penghancur lemak perut, semangka juga adalah salah satu buah dengan kandungan air banyak, yaitu sekitar 91 persen. Ketika suhu badan meningkat dan tubuh mengalami yang namanya kekurangan cairan, buah ini adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi agar suhu cepat turun.

Semangka adalah buah tepat bagi Anda yang ingin menjaga cairan tubuh tetap pada kadar normalnya. Bahkan buah semangka ini juga merupakan jenis buah yang kaya nutrisi, seperti vitamin B6, karbohidrat dan juga kalium. Untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh, buah ini boleh dimakan setiap hari, terutama saat sakit demam agar tubuh menjadi dingin.

(Baca juga: bahaya mandi saat demam)

5. Mentimun

Satu lagi jenis buah berkandungan air tinggi yang sebetulnya cukup sering dijadikan acar namun juga sangat segar bila dikonsumsi secara langsung. Mentimun akan menjauhkan Anda dari bahaya dehidrasi yang dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Karena cairan tubuh sangat penting untuk sistem kerja tubuh, Anda memerlukan mentimun ini.

Mengonsumsi rutin selama demam atau suhu badan tinggi adalah ide yang bagus karena selain bisa menyegarkan tubuh, mentimun juga kaya akan karbohidrat. Ada juga kandungan vitamin dan mineral tinggi seperti magnesium dan kalsium yang bisa Anda dapatkan dari buah ini. Energi tubuh pun akan kembali dengan cepat.

sponsored links

6. Pisang

Ada banyak khasiat buah pisang untuk kesehatan yang pastinya sudah banyak diketahui, termasuk juga manfaatnya sebagai penurun panas. Namun tetap saja ada bahaya efek terlalu banyak makan buah pisang yang perlu diketahui dan dihindari. Mengonsumsinya tanpa berlebihan akan hanya membawa manfaat baik bagi tubuh penderita demam.

Biasanya orang yang suhu tubuhnya naik dan menjadi panas akan kehilangan cukup banyak cairan dari keringat yang keluar berlebih atau bahkan karena muntah-muntah. Kalium dan cairan yang hilang dari tubuh akan dapat digantikan oleh buah pisang satu ini. Selain itu, imunitas tubuh juga bakal dapat ditingkatkan sehingga penderita bisa cepat pulih.

(Baca juga: penyebab demam)

7. Blewah

Masih ada buah lainnya dengan kadar air tinggi dan bermanfaat dalam menurunkan panas demam seseorang. Selain menjadi makanan yang baik untuk mata minus, blewah adalah buah pilihan yang Anda bisa jadikan pencuci mulut ketika demam. Karena kaya akan antioksidan serta vitamin C, otomatis blewah menjadi jenis buah yang akan meningkatkan sistem daya tahan tubuh secara sempurna.

Baik itu dibuat minuman jus atau bahkan dimakan langsung, kandungan buah blewah yang baik akan memenuhi tubuh Anda sehingga akan cepat pulih. Anda pun bisa mencampurkan 50 gram daging manggis dan 100 gram blewah yang sudah matang bersama setengah gelas air putih dengan memblendernya, lalu diminum.

8. Jeruk

Bila bicara soal buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, jeruk pasti adalah yang muncul dalam benak Anda. Tidak salah lagi, buah jeruk yang mengandung vitamin C berkadar tinggi akan dapat membantu mengembalikan imunitas tubuh seperti normalnya. Ketika sistem imun normal, maka suhu badan yang panas tinggi pun bakal cepat reda.

Sifat antioksidan dalam buah jeruk juga terbilang tinggi selain dari kandungan vitaminnya, maka metabolisme tubuh pun akan dapat meningkat pula. Langsung pilih buah alami yang segar untuk dikonsumsi setiap hari ketimbang produk buah-buahan kemasan yang sudah diberi pemanis buatan.

(Baca juga: demam naik turun)

9. Nanas

Apabila Anda tak punya penyakit maag maupun asam lambung, boleh juga mencoba mengonsumsi nanas ketika suhu badan sedang tinggi-tingginya. Nanas adalah buah yang juga memiliki sifat antioksidan serta kandungan vitamin C tinggi yang mampu mendukung peningkatan sistem daya tahan tubuh. Daripada buah kemasan yang berpengawet dan berpemanis buatan, yang alami selalu jauh lebih dianjurkan.

Sama dengan buah jeruk dan juga semangka, nanas merupakan buah sehat yang akan membantu memulihkan tubuh dari demam dengan cukup cepat. Buah kalengan sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya sangat tinggi. Dengan kandungan gula yang begitu tinggi, imunitas tubuh justru bakal menjadi terhambat.

10. Kiwi

Buah kiwi pun tak kalah bermanfaat dari buah-buah lain yang sudah disebutkan. Sudah diteliti oleh British Journal of Nutrition bahwa mengemil buah kiwi rupanya dapat menurunkan panas demam pada penderitanya. Bahkan potensi gejala demam dapat diturunkan risikonya dengan mengonsumsi buah kiwi ketika badan sudah terasa tak enak.

Untuk penderita demam dan tubuh mengalami kenaikan suhu, penyembuhan dan pemulihan bakal menjadi lebih cepat ketika mengonsumsi buah ini. Ada 132 orang dewasa yang turut berpartisipasi dalam penelitian tersebut di mana setengahnya ditempatkan dalam diet konsumsi 2 buah pisang dan 4 buah kiwi dalam sehari. Hasilnya memang sangat baik untuk pemulihan dan pencegahan demam.

(Baca juga: cara kompres yang benar untuk demam)

11. Stroberi

Stroberi adalah buah segar yang juga baik untuk dijadikan sebagai penurun panas demam. Kadar antioksidan dan vitamin C di dalam buah merah ini cukup tinggi sehingga sama seperti jeruk dan semangka, buah ini efektif dalam menaikkan kembali sistem daya tahan tubuh yang melemah. Untuk peradangan dan demam, stroberi cukup ampuh untuk Anda andalkan.

Asalkan bukan buah stroberi kalengan atau kemasan lainnya, melainkan buah asli yang masih segar, Anda pasti bisa merasakan khasiatnya bagi tubuh. Karena berkeringat, muntah atau diare, panas demam akan membuat tubuh kehilangan cairan cukup banyak. Maka tak ada salahnya Anda mengonsumsi setiap hari buah ini, baik sebagai penurun panas, maupun pencegah demam.

12. Anggur

Meski menjadi salah satu jenis buah berbahaya untuk diabetes, anggur rupanya sangat baik justru untuk menurunkan panas demam. Karena termasuk dalam makanan yang mengandung antioksidan tinggi, tak heran bila anggur kemudian bisa dipilih untuk dikonsumsi penderita demam. Asalkan bukan anggur yang merupakan produk kemasan, panas demam dipastikan bisa turun cepat.

(Baca juga: menggigil tapi tidak demam)

13. Apel

Seperti yang kita tahu, apel akan menjauhkan kita dari dokter dan ini benar adanya karena apel mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan khasiatnya pun bisa juga untuk menurunkan panas ketika seseorang mengalami demam. Apel adalah salah satu buah yang akan mempercepat proses pemulihan ketika mengalami demam karena memang selain banyak vitamin, buah ini gampang dicerna.

1 buah apel saja diketahui memiliki efek antioksidan yang baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh di mana ini setara dnegan 1500 mg akan vitamin C. Selain itu masih ada juga kandungan flavonoid yang bisa mencegah kanker serta hepatitis atau penyakit hati.

(Baca juga: suhu tubuh normal manusia)

Sponsors Link

14. Cranberry

Jenis buah lainnya yang bagus untuk menurunkan suhu badan tinggi serta adalah cranberry di mana kadar antioksidannya pun tak kalah tinggi dari buah lainnya. Dalam setiap penyajiannya, ada kandungan antioksidan 5 kali lebih tinggi dari yang ada pada brokoli. Menjadi salah satu makanan probiotik tinggi, bakteri baik dari buah ini akan mampu mencegah Anda dari flu atau bahkan menyembuhkannya secara lebih cepat dan alami.

15. Pepaya

Ada lagi satu buah yang kaya akan kandungan air dan biasanya juga baik untuk mengatasi masalah sembelit atau sulit buang air besar. Pepaya adalah buah tepat untuk menurunkan panas demam yang cukup mengkhawatirkan karena adanya kandungan vitamin C tinggi. Sistem ketahanan tubuh yang menurun dan menyebabkan Anda mudah terkena demam akan kembali ditingkatkan.

Selain vitamin C, betakaroten serta vitamin E di dalam pepaya pun sangat tinggi sehingga akan dapat mengurangi inflamasi di seluruh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut jugalah, potensi efek asma pada seseorang bisa berkurang. Jadi, tak ada salahnya mengemil buah pepaya selama sakit atau saat sudah sehat karena ada banyak manfaat yang tak akan rugi Anda dapatkan. Cemilan buah pepaya juga dapat mendukung program diet Anda.

(Baca juga: tubuh menggigil tanpa demam)

Waktu yang Tepat untuk Menemui Dokter

Demam bukanlah hal yang patut disepelekan karena banyak kasus demam yang tak segera ditangani rupanya dapat membawa penderitanya kepada kematian. Apabila tanda-tanda berikut ini sudah mulai nampak, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya penanganan dini dapat diperoleh.

  • Sakit pada tenggorokan.
  • Sakit kepala serius.
  • Gangguan mental, seperti mulai mengalami kebingungan.
  • Muntah
  • Muncul ruam pada permukaan kulit di mana hal ini tak bisa dianggap biasa atau wajar.
  • Mudah tersinggung dan cepat marah.
  • Meningkatnya sensitivitas indera penglihatan terhadap cahaya, terutama yang sangat terang.
  • Sakit perut.
  • Muncul rasa nyeri ketika proses buang air kecil.
  • Sesak nafas.

Itulah daftar buah penurun panas paling baik yang bisa Anda konsumsi ketika sedang panas dan demam. Karena kandungan airnya banyak, belum lagi adanya sifat antioksidan serta vitamin yang begitu tinggi, metabolisme serta daya tahan tubuh bakal menjadi kuat kembali.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, August 2016 / 17:34 Oleh :
Kategori : Buah Sehat