Ini Dia 13 Jenis Minuman Pelancar Haid Yang Sering Tidak Teratur

798

Saat tanda-tanda datang bulan tidak teratur, mungkin Anda para wanita akan mulai khawatir, panik dan bertanya-tanya tentang kenapa haid tidak teratur. Stres mungkin bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya, namun ada pula rangkaian faktor lain yang tak bisa diabaikan, seperti kondisi kesehatan tertentu. Meski begitu, minuman-minuman pelancar haid di bawah ini bisa dicoba lebih dulu.

  1. Teh Kamomil

Banyak orang mengira bahwa teh kamomil hanya dikonsumsi sebagai cara mengatasi stres. Ya, bila ketidaklancaran haid terjadi karena stres, maka teh kamomil dapat Anda minum untuk meredakan stres yang otomatis bakal memperlancar haid kembali. Namun selain itu, teh kamomil akan menyeimbangkan hormon tubuh sehingga siklus haid terjadi lebih lancar.

  1. Teh Jahe

Selain membantu supaya rasa nyeri saat haid bisa teredakan, sebenarnya meminum teh jahe di kala haid terlambat bisa menolong melancarkannya kembali. Anda bisa memarut jahe secukupnya di mana hasil parutan Anda seduh dengan air panas, lalu bila sudah jadi dalam beberapa menit kemudian Anda bisa menikmatinya.

  1. Susu Kedelai

Untuk siklus menstruasi yang mudah menjadi tak lancar, apalagi ini bukan kali pertama dan kedua Anda mengalami telat datang bulan, konsumsilah susu kedelai. Kandungan asam amino dan protein di dalamnya akan menutrisi tubuh juga dan meminumnya rutin bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang alami.

  1. Air Tebu

Belum banyak orang yang tahu bahwa air tebu menawarkan berbagai macam nutrisi, seperti mulai dari mineral magnesium, zat besi, fosfor, kalium, serta kalsium. Tak hanya itu, air tebu memiliki banyak kandungan vitamin sehingga meminumnya di kala haid kurang lancar akan kembali menormalkan siklusnya.

  1. Teh Adas

Pada teh jenis ini, ada kandungan fitoestrogen yang cukup tinggi di mana fungsinya sangat besar dalam menjadi penyeimbang hormon dalam tubuh. Ketika hormon mulai normal dan seimbang, suasana hati atau mood akan menjadi lebih baik di mana ini akan menjauhkan Anda dari stres. Meminumnya pun bisa menjadi cara melancarkan peredaran darah yang efektif.

Ketika peredaran darah lancar, hal ini juga berpotensi besar membuat siklus haid kembali lancar. Anda pun tak perlu khawatir ketika nyeri haid mulai datang kembali karena teh adas dapat menjadi penenang serta pereda kram perut alami. Cukup seduh 5 menit sesendok teh biji adas pada secangkir air panas, tambahkan madu sebelum menikmatinya.

  1. Teh Peppermint

Cukup masukkan daun mint kering ataupun segar ke dalam cangkir, lalu seduh dengan air panas untuk membuat secangkir teh peppermint. Bagi yang sudah menstruasi, meminumnya akan menjadi penolong pereda kram dan ketidaknyamanan di perut. Tapi bagi yang haidnya tak lancar, kandungan antioksidannya memberi perlindungan bagi tubuh, meningkatkan kesehatan, serta memperlancar haid dengan meminumnya setiap hari 2-3 cangkir.

  1. Jus Pepaya

Pepaya matang dan segar sebanyak 150 gram bisa Anda olah menjadi minuman jus yang akan membuat haid tidak lancar menjadi lancar kembali. Ini karena jus pepaya mampu membantu supaya sel telur di dinding rahim terangsang untuk proses peluruhan segera terjadi berkat vitamin dan serat tingginya. Bahkan meminumnya rutin juga akan membantu Anda yang mengalami sembelit agar BAB bisa jauh lebih lancar.

  1. Air Rebusan Daun Pepaya

Bila sebelumnya kita bicara bagaimana buah pepaya yang dijus bisa menjadi minuman pelancar menstruasi ampuh, kini daun pepayanya Anda dapat rebus beberapa lembar bersama dengan asam Jawa sedikit. Minuman ini dapat Anda nikmati hangat-hangat untuk memperlancar haid serta meredakan rasa sakit kram di perut.

  1. Teh Kayu Manis

Ada sifat antiradang dan anti-spasmodik yang dibawa oleh kayu manis selain aromanya yang wangi dan khas. Anda bisa menyeduh ½ sendok teh kayu manis bubuk bersama secangkir air panas tak hanya sebagai pelancar haid yang tertunda, tapi juga sebagai pereda rasa kram atau nyeri perut saat haid sudah datang. Bahkan Anda bisa memberi tambahan kayu manis bubuk ini pada smoothies apapun yang Anda buat.

  1. Teh Hijau

Selain dikenal menjadi penstabil dan penurun berat badan, lalu juga mencegah jenis-jenis penyakit jantung, teh hijau dapat dikonsumsi sehari 2 cangkir supaya haid yang tak lancar kembali bersiklus normal. Ini berkat adanya tanin di dalamnya yang juga mampu mendukung terserapnya zat besi dalam tubuh, juga antioksidannya yang akan meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Air Cuka Apel

1-2 sendok makan cuka apel bisa Anda campurkan ke dalam segelas air putih di mana mengonsumsinya akan membantu menjadi penyeimbang hormon dan melancarkan haid. Bahkan bagi penderita gangguan pencernaan pada lambung, air cuka apel ini sungguh aman dan mampu menjadi solusi. Kadar gula darah bisa jauh lebih seimbang karena konsumsi air cuka apel ini secara rutin.

  1. Air Kunyit

Rebuslah bersama-sama di dalam seliter air bahan-bahan seperti kunyit 2 rimpang saja ditambah dengan biji pala ½ sendok, ketumbar ½ sendok, serta daun srigading ½ genggam (bila ada). Didihkan dan angkat setelahnya, barulah menyaringnya dan meminumnya selagi hangat. Selain memperlancar haid, minuman ini akan mencegah peradangan pada tubuh.

  1. Teh Daun Raspberry Merah

Untuk keseimbangan dan cara menstabilkan hormon estrogen dan progesteron wanita, daun raspberry merah yang berkandungan fragarine dan tanin dapat diseduh dan diolah menjadi teh pelancar haid. Selain melancarkan menstruasi, teh ini pun akan meredakan kram, melawan rasa mual, hingga mampu mengatasi diare.

Itulah daftar minuman pelancar haid paling alami dan efektif yang layak untuk Anda coba di rumah saat mengalami keterlambatan haid. Bila minuman-minuman ini pun tak dapat membuat datang bulan lebih lancar, cobalah periksakan diri ke dokter supaya segala macam gejala gangguan kesehatan yang menjadi penyebab terlambat haid bisa diatasi secara medis.