11 Cara Menstabilkan Hormon Estrogen dan Progesteron Wanita Perlu Tahu

3447

Hormon estrogen merupakan hormon penting di dalam tubuh wanita yang memiliki peran penting dalam mendukung proses perkembangan serta pertumbuhan organ seksual wanita. Kelenjar adrenal, jaringan lemak serta indung telurlah yang menghasilkan hormon ini dan meski ada pula di dalam tubuh pria, hormon ini kadarnya lebih tinggi khususnya di dalam tubuh wanita berusia subur.

Sementara itu, hormon progesteron pun sama pentingnya di dalam tubuh wanita sebab berfungsi dalam mendukung pertumbuhan janin sehingga disebut juga sebagai hormon kehamilan. Dalam masa pembuahan, tugasnya adalah sebagai penurun respon imun para wanita dan mendukung persiapan kehamilan. Lalu kalau kedua hormon wanita tak stabil, apakah cara menstabilkan hormon estrogen dan progesteron yang baik?

  1. Mengurangi Kafein

Salah satu cara supaya hormon estrogen dan progesteron tetap seimbang dan stabil pada tubuh wanita adalah dengan membatasi asupan kafein. Hal ini jelas berlaku bagi para wanita dengan kegemaran minum kopi dan teh, apalagi yang suka mengonsumsi secara berlebihan dan sering. Kafein dapat menurunkan hormon estrogen sehingga berdampak pada infertilitas karena kafein menstimulasi hormon.

  1. Menghindari Kurang Makan atau Makan Berlebihan

Makan terlalu sedikit seperti misalnya mengurangi terlalu banyak asupan kalori mampu meningkatkan tingkat hormon kortisol sehingga stres mudah datang. Walau diet rendah kalori menjadi jawaban dari apakah penyakit gula bisa disembuhkan, untuk menstabilkan hormon progesteron dan estrogen serta hormon lainnya, pastikan untuk makan dengan porsi cukup. Bahkan berlebihan pun tak diperbolehkan supaya dapat menghindari masalah kenaikan berat badan.

  1. Menghindari Minuman atau Makanan Manis

Makanan maupun minuman manis atau bergula tinggi apapun bentuknya jika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering berdampak kurang bagus untuk kesehatan. Kebanyakan kasus obesitas pun disebabkan oleh konsumsi minuman berfruktosa tinggi, hingga masalah ketidakseimbangan hormon. Hindarilah bahaya makan manis atau minum manis supaya tubuh senantiasa sehat.

  1. Makan Telur

Telur yang dimakan utuh yakni bagian kuning dan putihnya adalah bagian dari diet rendah karbohidrat, namun mengonsumsi bagian putihnya saja pun tetap menyehatkan. Menjadikan telur sebagai menu sarapan rutin akan membantu keseimbangan hormon dan kestabilannya, baik itu hormon progesteron, estrogen maupun juga hormon dalam tubuh lainnya.

  1. Menambah Asupan Vitamin D

Hormon di dalam tubuh manusia pun dipengaruhi oleh asupan vitamin D, jadi untuk menstabilkan kembali hormon progesteron dan estrogen yang sempat kacau, berjemurlah setiap pagi demi mendapatkan sinar matahari pagi. Konsumsilah suplemen vitamin B12 dan juga vitamin D dari sumber makanan yang tepat.

  1. Berolahraga

Selain menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit, berolahraga rutin mendatangkan berbagai kebaikan lainnya seperti keseimbangan dan kestabilan hormon di dalam tubuh. Hal ini pun tak terkecuali pada hormon estrogen serta progesteron.

  1. Tidur Cukup

Seperti kita ketahui, tidur cukup merupakan cara untuk memperbaiki jaringan tubuh yang juga berperan sebagai penyeimbang dan penstabil hormon di dalam tubuh. Tidur setiap harinya 7-9 jam adalah yang paling baik dan ideal supaya tubuh terhindar dari masalah kesehatan berikut menjaga kesehatan sistem endoktrin.

  1. Mengurangi Stres

Demi kestabilan hormon progesteron dan juga estrogen, pastikan untuk para wanita tahu bagaimana cara menghilangkan stres yang paling baik dengan cara yang aman. Stres merupakan sumber dari kebanyakan masalah kesehatan sehingga faktor ini perlu dikelola sebaik mungkin.

  1. Diet Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi secara rutin tak hanya membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan, tapi juga baik dalam menstabilkan hormon. Bukan hanya progesteron dan estrogen, resistansi insulin pun dapat dicegah dengan berdiet tinggi serat ini.

  1. Mengonsumsi Lemak Sehat

Setiap tubuh manusia membutuhkan lemak dan lemak sehatlah yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Selain baik untuk tubuh dalam menjaga berat ideal dan lebih cepat mengenyangkan, diet tinggi lemak sehat akan membantu kestabilan hormon dalam tubuh sehingga mencegah tubuh terkena penyakit.

  1. Minum Teh Hijau

Daripada mengonsumsi kafein, Anda bisa coba mulai sekarang untuk mengonsumsi teh hijau karena sifat antioksidannya yang tinggi. Mengonsumsinya 1-3 cangkir per hari akan membawa kebaikan bagi tubuh karena hormon-hormon dalam tubuh akan terbantu untuk menjadi lebih stabil dan seimbang, tak terkecuali hormon estrogen dan progesteron pada wanita.

Itulah cara menstabilkan hormon estrogen dan progesteron pada tubuh wanita supaya tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Cukup mudah bukan untuk menempuh pola hidup yang baik tersebut? Cara-cara tersebut jugalah yang menjadi cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita yang paling alami.