Betain – Fungsi, Sumber dan Efeknya

2962

Mungkin tidak semua orang tahu apa itu Betain, namanya tidak setenar omega 3 dan juga Omega 6. Namun betain merupaka n nutrisi yang harus tecukupi dalam kehidupan sehari-hari. Betain diebut juga dengan betaine. Tahukah anda apakah betaine itu?.  Betain merupakan senyawa kimia yang bersifat netral dan dikelompokkan dengan fungsional kationik. Muatan betain adalah positif. Dalam sistem biologisnya, banyak betain yang bersifat alami dan bersifat osmolit organik Betain akan disentesis dari lingkungan untuk melndungi sel-sel terhadap stres, osmotik, kekeringan dan masih banyak lagi lainnya. ( Baca : Pantangan cacar airMakanan yang mengandung omega 3 tinggi )

Betaine pertama kali ditemukan oleh di sari bit gula atau beta vulgaris pada abad ke-1. Semenjak ditemukan, betaine menjaid tenar dan tersebar luas di berbagai macam sumber pangan hewani maupun sumber pangan nabati.

Fungsi dan Manfaat Betain

Memang belum banyak yang mengetahui apa saja yang menjadi fungsi dan manfaat dari Betaine. Hal itu dikarenakan betaine tidak familiar di masyarakat luas. Berikut ini adalah fungsi dan manfat Betain yang harus kita ketahui :

  1. Osmolit Organik

Banyak yag tidak tahu apa itu osmolit organik dan bagaimana betaine memerankan fungsinya. Betaine berperan sebagai osmolit organik dikarenakan betaine bisa digunakan untuk melindungi sel tubuh dari berbagai macam tekanan somotik yang berasa dar luar. Misalnya saja adalah peristiwa hidrasi sel.

Baca : Omega 6Triptopan

  1. Donor Gugus Metil

Maksudnya adalah betain memiliki fungsi untuk mengubah homistein menjadi mentionin. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh betaine dan hanyalah betaine yang suka mendoronkan metilnya tersebut agar berubah menjadi mentionin.

Baca : Efek samping melatoninPerbedaan mentega dan margarin

Kebutuhan Betain per Hari

Sampai saat ini belum ada jumlah dan batas yang pasti berapa jumlah kebutuhan tubuh akan betain. Dikutip dari jurnal di Amerika pada September 2004, mengatakan bahwa asupan betaine dalam sehari sebesar 9 sampai dengan 15 gram setiap harinya dan untuk batas amannya adalah 12 gram.

Fungsi dan Manfaat Betain

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa kekurangan betaine bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan sel-sel yang ada di Jantung tidak terlindungi dengan baik. Bukti itu didukung dengan studi epidemiologis yang mengemukakan homosistein yang ada pada betaine adalah hasil metabolisme metionin yang menjadi pengurang faktor resiko seseorang mengalami penyakit jantung.

Baca : Ciri ciri penderita jantung koronerCara mencegah gagal jantungBahaya rokok bagi jantung manusia

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Fungsi dan betaine selanjutnya adalah sebagai pencegahan penyakit stroke.

Baca : Bahaya kopi bagi penderita strokeCara mencegah stroke

  1. Mencegah Kepikunan

Fungsi metionin pada betaine mampu meningkatkan respon tehadap mentionin. Mentionin ini menjadi faktor bebas risiko trhapda penyakit otak dan syaraf. Saat otak dan syaraf terserang seseorang kan mudah sekali terkena penyakit yang berhubungan dengan syaraf otak misalnya saja adalah penyakit pikun, alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca : Cara agar tidak mudah pikun atau lupa

  1. Menghindarkan Bayi dari Kerusakan Tabung Otak

Tabung otak merupakan bagian terpenting bagi janin yang ada di dalam kandungan. Mengonsumsi betaine setiap hari dalam batas yang cukup mampu membantu janin dalam membentuk tabun sayarf otak. Jika janin kekurangan kandungan betaine akibatnya adalah kerusakan tabung syaraf otak tidak bisa terhindarkan lagi.

Baca : Cara meningkatkan kinerja otakCara meningkatkan daya ingat otakPendarahan otak

  1. Menyehatkan Pembuluh Darah

Betaine merupakan nutrisi yang penting bagi jantung dan pembuluh darah. Hal itu dikarenakan betaine mampu mencegah pembentukan asam amino yang bernama homosistein. Pembentukan asam amino ini bisa menyebabkan terganggunya kesehatan pembuluh darah terutama aliran darah menuju ke jantung dan juga aliran darah menuju ke otak.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Betaine juga memiliki ungsi untuk melancarkan sirulasi darah. Hal itu dikarenakan jika kesehatan pembuluh darah terjaga maka pembuluh darah pun akan lancar untuk mengalirkan darah menuju ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin melancarkan sirkulas darah, anda bisa mengkosumsi betain untk melancarkan aliran darah di dalam tubuh anda.

Baca : Cara menjaga kesehatan alat peredaran darahCara mengatasi kekurangan darahCiri ciri stroke

  1. Mengurangi Gejala Homositeinuria

Meskipun homosisteinuria tidak bisa disembuhkan namun mengkonsumsi betaine daam jumlah yang wajar bisa digunakan untuk mengurangi gejala penyakit tersebut. Penyakit itu merupakan kondisi dimana asam amino dapat terbentuk dengan sendirinya di dalam tubuh. Sehingga dengan konsumsi betaine ini diharapkan pembentukan asam amino itu bisa dicegah menggunakan betaine.

Efek Kekurangan

Betaine akan menimbulkan berbagai macam efek jika tidak dicukupi kebutuhannya. Tahukah anda apa saja efek akibat kekurangan betaine?. Tentu saja efeknya adalah anda tidak akan bisa mendapatkan semua manfaat dan fungsi dari betaine. Berikut in adalah bahaya kekurangan betaine yang harus diwaspadai :

  1. Mudah Terkena Penyakit Jantung

Dampak nyata seseorang yang kekurangan betaine di dalam tubuhnya adaha dia akan mudah sekali terkena penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan betaine akan membuat penyumbatan pembuluh darah dan menghambat peredaran darah manusia. Salah satu pembuluh darah yang akan terhambat alirannya adalah pembuluh darah yang menuju ke jantung. Oleh sebab itulah penyakit jantung akan terjadi.

  1. Penyumbatan Pembuluh Darah

Saat betaine tidak terkonsumsi dengan baik, asam amino bisa dengan sendirinya muncul dan menganggu pembuluh darah. Saat hal ini terjaid terus menerus akibatnya adalah penyumbatan pembuluh darah tidak bisa dihindarkan.

  1. Rentan Terkena Stroke

Jika penyumbatan darah ada di otak, orang yang kurang mengkonsumsi betaine akan mudah sekali terkena stroke. Selain kekurangan betain, penyumbatan pembuluh darah yang ada di otak bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi, keolsterol dan masih banyak lagi lainnya.

Baca : Penyebab strokeJenis-jenis stroke

  1. Aliran Darah Tidak Lancar

Saat tubuh mengalami penyumbatan di pembuluh darah maka aliran darah menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu agar asam amino tidak muncul dan menghalangi pembuluh darah disarankan untuk mengkonsumsi betaine dan makana bergizi lainnya.

Efek Kelebihan Betain

Meskipun efek akibat kekurangan betaine menakutkan, namun kelebihan betaine juga memiliki efek yang tidak kalah menakutkan. Berikut ini adalah efek akibat kelebihan betaine yang harus diwaspadai :

  1. Menyebabkan Gatal Pada Kulit

Hal ini bisa terjadi jiak tubuh distimulasi menggunakan betain yang berlebihan. Jaringan kulit beraksi dengan cara menimbulkan rasa gatal.

Baca : Penyebab kelopak mata gatal dan bengkakMakanan yang dapt menyebabkan gatal

  1. Bengkak

Salah satu efek kelebihan betaine yang tidak boleh disepelekan adalah betaine bisa memicy pembengkakan pada wajah, bibir dan juga lidah. Hal itu menjadi efek yang serius saat kadar betain menjaid menumpuk di bagian tubuh.

  1. Sakit tenggorokan

Kandungan betaine yang teralu banyak masuk ke dalam tubuh bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit tenggorokan. Alasannya adalah kandungan betaine tersebut akan mengiritasi tenggorokan sehingga menyebakan rasa perih dan panas di tenggorokan.

Baca : Penyebab sakit tenggorokanObat sakit tenggorokanSering ada dahak di tenggorokan

Sumber Makanan Betaine

Mungkin kita semua tidak tahu apa saja makanan yang mengandung betaine yang ada di sekitar kita. Mnegngat tidak banyak media yang membahas tentang betaine. Nah berikut ini adalah sumber makanan mengandung betaine yang bisa anda konsumsi untuk mengikatkan betaine yang ada di dalam tubuh anda :

  • Bayam dengan kandungan betain sekitar 577 mg. ( Baca : Bahaya bayam bagi penderita asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan )
  • Bayam dengan garam kandungan betainnya adalah 577 mg.
  • Biji gandum tanpa dimasak dengan akndungan betain 630 mg.
  • Bayam mentah dengan kandungan betain 550 mg.
  • Bayam kalengan dengan kandungen betain 540 mg.
  • Sereals siap makan dengan kandungan betain 360 mg.
  • Daging domba dalam seperempat kg nya mengandung betain 332 mg. ( Baca : Asam lemak transNiacin )
  • Makaroni dengan kdnungan betain sekitar 142 mg.
  • Spaghetti dengan kandungan betain sekitar 142 mg.
  • Mie dengan kandungan betain 132 mg.
  • Telur dengan kandungan betain 132 mg. ( Baca : Bahaya konsumsi telur berlebihanAlergi telur )
  • Ikan dengan kandungan betain 124 mg. ( Baca : Obat tradisional mata ikan )
  • Roti tawar dengan kandungan betaine 5 mg.
  • Keju dengan kandungan betain 53 mg.

Itulah berbagai macam informasi mengenai betaine yang bisa anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesehatan anda semua.