25 Bahaya Minum Kopi setelah Minum Obat Wajib Diwaspadai

Pasti kita sering mendengar anjuran atau larangan tentang sebaiknya tak mengonsumsi kopi setelah minum obat. Minum kopi bagi banyak orang merupakan sebuah kebiasaan atau kewajiban yang tak bisa dijauhkan, namun minum kopi tepat setelah minum obat bisa berbahaya bagi tubuh dan merupakan kebiasaan buruk untuk dihentikan. Hal ini telah menjadi rahasia umum, hanya saja masih ada saja yang masih belum begitu menyadari akan bahaya minum kopi setelah minum obat.

Baca juga:

  1. Denyut Jantung Tak Normal

Kalau setelah minum kopi saja rasanya denyut jantung bisa berdetak lebih cepat, maka tentunya kita perlu berhati-hati dan tidak meminumnya setelah mengonsumsi obat. Detak jantung dijamin akan meningkat secara drastis ketika minum kopi sehabis minum obat secara langsung.

Jangan kira hal tersebut sebagai hal yang sementara dan wajar saja karena dampaknya akan sangat buruk bagi jantung ke depannya. Hal seperti ini pada umumnya terjadi ketika minum kopi setelah minum obat antidepresan, obat antipsikotik, pil KB, jenis antibiotik kuinolon, theophylline dan obat asma.

  1. Keracunan

Minum kopi yang berkandungan kafein setelah minum obat bisa-bisa berbahaya bagi tubuh dan memicu keracunan pada tubuh. Ingat bahwa kafein bertahan lebih lama di dalam tubuh dan ketika bercampur dengan bahan kimia dari obat yang dikonsumsi, hal ini bisa menimbulkan kondisi keracunan yang sangat perlu diwaspadai.

  1. Tekanan Darah Rendah

Perlu diketahui juga bahwa minum obat sebelum minum kopi bisa berdampak pula bagi tekanan darah Anda. Ada beberapa kasus di mana ketika seseorang meminum tizanidine lalu minum kopi, maka gejala yang dirasakan adalah kepala melayang, sakit kepala, hingga pingsan yang merupakan tanda dari tekanan darah yang rendah.

Baca juga:

  1. Overdosis Kafein

Pada dasarnya, kondisi efek samping atau bahaya minum kopi sesudah mengonsumsi obat juga tergantung dari obat itu sendiri. Jika seseorang mengonsumsi Vemurafenib, Norfloxacin, Grepafloxacin, dan FluvoxaMINE lalu dilanjutkan minum kopi, awas karena efek kafein dapat meningkat dan hal ini bisa menyebabkan overdosis kafein yang tentunya mengancam kesehatan.

  1. Pembengkakan

Pembengkakan pada organ tubuh tertentu bisa saja terjadi karena mengonsumsi kopi setelah minum obat Anagrelide. Pembengkakan dapat disertai juga dengan detak jantung tak teratur atau meningkat, berikut juga tekanan darah yang menjadi makin rendah sehingga cukup berbahaya apabila dibiarkan. Maka dari itu, hindari minum kopi apalagi setelah minum obat.

  1. Sakit Kepala Serius

Jangan remehkan konsumsi kopi, apalagi sesudah minum obat karena kita tak pernah tahu efek seperti apa yang timbul. Sakit kepala serius bisa saja dialami pengonsumsi obat Rasagiline di mana sakit kepala ini tak seperti biasanya dan tergolong dalam kondisi yang hebat.


Baca juga:

  1. Mencegah Kerja Obat dalam Tubuh

Minum kopi sesudah minum obat secara langsung tanpa jeda beberapa jam bisa-bisa memicu campuran keduanya, yakni efek kafein dan kandungan obat yang diminum. Kafein bisa menjadi penghambat efek obat yang seharusnya bekerja maksimal bagi tubuh untuk menyembuhkan atau meredakan gejala yang dialami penderita. Maka sama saja, minum obat tak akan berefek apa-apa.

  1. Tremor

Tremor atau tangan bergetar sendiri merupakan sebuah kondisi yang juga bisa disebabkan sebagai efek dari minum kopi sesudah minum obat. Meminum obat Theophylline dan dilanjutkan dengan langsung minum kopi bisa berdampak pada kondisi tremor tersebut sehingga sebaiknya diberi jeda 2-3 jam.

  1. Insomnia

Efek minum kopi yang dilakukan setelah minum obat juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami susah tidur alias insomnia. Gangguan tidur semacam ini dapat terjadi karena pada dasarnya kafein bekerja sebagai perangsang bagian fungsi otak juga. Efek seperti ini paling bisa muncul ketika minum kopi setelah minum Theophylline.

Baca juga:


  1. Mual dan Muntah

Gangguan pencernaan bisa saja terjadi apabila kafein bertempur dengan efek obat yang diminum. Lagi-lagi mual adalah salah satu bahaya bila minum kopi setelah minum Theophylline. Tak semua obat cocok dengan kafein dan rata-rata pun akan meninggalkan efek yang bisa berbahaya bagi tubuh, bahkan sampai mual yang terkadang juga bisa disertai dengan muntah.

Bahaya Lainnya saat Minum Kopi setelah Minum Obat

Selain dari 10 kondisi bahaya yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa bahaya yang kiranya dialami oleh seseorang yang tetap nekat meminum kopi tepat sehabis minum obat.

  • Tubuh melemah.
  • Kebingungan atau menjadi linglung.
  • Anemia
  • Kecemasan/kegugupan berlebih.
  • Tekanan darah tinggi
  • Pendarahan
  • Infeksi
  • Kelemahan otot.
  • Mulut kering.
  • Konstipasi
  • Rasa kantuk berlebih.
  • Penglihatan menjadi lebih kabur.
  • Telinga berdenging.
  • Menurunnya kemampuan koordinasi tubuh.
  • Diare

Baca juga:

Itulah berbagai bahaya minum kopi setelah minum obat tergantung dari obat apa yang dikonsumsi. Sangat perlu mewaspadai dan mencegah kondisi-kondisi tersebut dengan memberikan jarak waktu minum kopi 2-3 jam sesudah minum obat. Bahkan sama sekali tak diperbolehkan untuk minum obat dengan kopi, melainkan sebaiknya dengan air putih supaya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

, , , , ,
Post Date: Saturday 23rd, September 2017 / 03:14 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk