6 Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo Akut

2827

Kepala merupakan bagian tubuh yang paling penting. Bahkan di bandingkan dengan bagian – bagian tubuh yang lainnya. Sebab di dalam kepala terdapat pusat koordinasi, di sebut dengan otak. Dimana, jika bagian kepala ini sakit, semua hal tidak bisa di lakukan. Mungkin tangan mu buntung, kakimu sudah tak ada, telinga tuli, mata hanya tinggal satu, ginjal juga punya satu, itu tidak masalah. Selama otak mash berjalan, maka selama itulah manusia masih hidup. (Baca Juga: Penyebab Otak Mengecil , Bahaya Susah Buang Air Kecil)

Bagian kepala ini memiliki fungsi dan peran penting. Yakni mengendalikan semua hal yang ada di lingkungan. Bagaimana seseorang makan, bernapas, berpikir, berjalan, menulis, dan lain sebagainya. Tentu saja, dengan banyak tugas ini tak jarang bagian kepala menjadi sering sakit. Baik itu penyebab kepala pusing dan mual, penyebab kepala pusing mendadak, penyebab kepala terasa dingin, sakit kepala tegangpenyebab kepala kesemutan, sakit kepala bagian kiri, dan lain sebagainya.

Dalam pembahasan kali ini, kita hanya akan fokus pada vertigo. Kira – kira kebiasaan apa sajakah yang membuat orang lain terkena serangan vertigo ini. Seperti apakah vertigo itu ?

Pengertian Vertigo

Vertigo merupakan suatu penyakit yang menyerang kepala dan mengganggu aktivitas yang sedang di lakukan. Ciri – cirinya adalah pasien mengalami sensasi kepala yang terasa sering pusing. Rasanya seperti berputar – putar melihat lingkungan yang ada di sekelilingnya. Bahkan benda – benda yang ada di samping terasa bergerak dan bergoyang sendiri. Baca juga penyebab vertigo kambuh , Terapi Vertigo)

Penderita yang mengalami vertigo ini tidak mampu menjalankan aktivitasnya selama beberapa saat. Ia harus menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Penderita ketika terserang vertigo, akan diam dan hanya berbaring saja. Sebab vertigo ini semakin terasa sakit dan pusing jika ia bergerak sendiri. (Baca Juga: Obat Herbal Vertigo)

Gejala vertigo yang parah, pasien benar – benar tidak bisa mengontrol dirinya. Semua yang di lihat terasa berputar dan bergoyang sendiri. Bahkan pasien tidak mampu membuka mata, karena terasa sangat pusing. Jika ia sedang dalam keadaan berdiri, bisa langsung jatuh saat vertigo menyerang. (Baca Juga: gejala vertigo)

Serangan gangguan vertigo ini berlangsung dalam waktu yang cukup singkat dan cepat. Sedangkan mereka yang sudah mengalami vertigo akut, gejala yang muncul cenderung lebih lama. Namun juga ada beberapa orang yang mengalami vertigo dengan waktu yang sangat cepat. Bahkan penderita kadang tidak menyadari bahwa itu adalah gejala vertigo. Mereka berpikir hanya kelelahan biasa. ( Baca juga : terapi vertigo di rumah, cara menyembuhkan vertigo )

Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo

Penyakit bisa muncul karena memang ia memiliki riwayat penyakit sendiri. Baik dari orang tuanya ada yang vertigo akut. Namun juga ada yang di sebabkan karena kelelahan dan kurang istirahat. Ada juga yang di sebabkan karena gejala penyakit serius. Seperti apalah kebiasaan yang menyebabkan vertigo ?

1. Memiliki Gangguan syaraf

Sebanyak 80% orang yang mengalami gangguan vertigo ialah mereka yang terkena gangguan syaraf. Terutama pada bagian saraf keseimbangan. Saraf ini terletak di antara penghubung saraf bagian telinga dan otak. Beberapa orang juga mengalami gangguan dari otak itu sendiri. Jenis vertigo yang di sebabkan karena masalah ini adalah vertigo periferal. (Baca Juga: Jenis Gangguan Mental Pada Anak , Makanan yang Baik untuk Otak)

2. Gangguan telinga

Selain di sebabkan karena memiliki gangguan saraf, pasien juga umumnya memiliki masalah pada telinga. Orang yang sedang bermasalah dengan telinga cenderung lebih mudah terkena vertigo. Untuk itu, anda harus menjaga telinga anda tetap sehat. Segera periksakan ke dokter jika mengalami beberapa gangguan dan hambatan dalam mendengar. (baca : cara mengatasi telinga bindeng , Penyebab Telinga Gatal)

3. Kebiasaan merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang patut di hindari. Merokok adalah kegiatan yang bisa menyebabkan seseorang terkena vertigo. Ketika mereka mulai kecanduan rokok, tekanan darah akan meninggi. Jika tidak segera di realisasikan candu tersebut, penderita akan mengalami berbagai keluhan. Salah satunya kepala yang sangat pusing dan di asumsikan sebagai vertigo. Perlu anda waspadai bahaya rokok terhadap otak, bahaya rokok bagi jantung,  dan bahaya menggunakan rokok elektrik

4. Kebiasaan minum alkohol

Bagi anda yang merasakan kecanduan alkohol, sebaiknya untuk berhenti. Sebab meminum alkohol tidak akan merampungkan masalah. Justru menambah masalah baru, terutama bagi kesehatan anda. Pecandu alkohol memiliki hasrat kuat untuk selalu mengkonsumsinya. Jika ia sedang ingin minum, tapi tidak bisa akan mengalami reaksi tekanan darah. Jika ia di biarkan (tanpa di beri alkohol), pecandu akan merasa pusing sekali. (Baca juga: Bahaya Minum Alkohol 70 Persen , Pengaruh Alkohol terhadap Sistem Saraf Manusia)

5. Berada di atas ketinggian

Pada posisi tubuh tertentu, orang akan merasa sistem keseimbangannya terganggu. Misalnya saat berada pada posisi ketinggian. Sebab di daerah yang tinggi, kadar oksigennya rendah. Sehingga ia mengalami masalah keseimbangan. Inilah mengapa, mereka yang berada di tempat tinggi kadang merasa kepalanya berputar –putar. Rasanya seperti mau jatuh ke bawah. (Baca Juga: Akibat Kepala Terbentur , Jatuh Terduduk)

6. Bagun tidur, jangan bergerak tiba – tiba

Ketika anda bangun dari tidur pagi hari, usahakan untuk ‘ngolet’ terlebih dahulu. Posisi tidur adalah posisi di mana seluruh tubuh terasa rileks. Jika anda menggerakkannya secara mendadak, yang terjadi adalah kekakuan otot pada tangan dan kaki. Selain itu, kepala juga jadi pusing dan terasa berputar – putar sendiri. (Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik , Bahaya Tidur di Pagi Hari)

Itulah beberapa ulasan mengenai kebiasaan yang bisa menyebabkan vertigo. Semoga bisa membantu ^_^