Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit 10 Penyebab Kepala Pusing Dan Mual yang Penting Diketahui

10 Penyebab Kepala Pusing Dan Mual yang Penting Diketahui

by Henny Anugerah

Penyebab kepala pusing dan mual sering muncul pada orang dewasa karena intensitas kegiatan lebih banyak dan membutuhkan kekuatan fisik serta otak . Kepala pusing yang disertai mual dapat diderita siapa saja terlepas dari apa dan bagaimana kondisi, Gaya hidup serta kebiasaan yang yang biasa dilakukan, Karena setiap orang mempunyai bentuk dari munculnya kepala pusing berbeda beda. (Baca Juga: Penyebab Kepala Pusing Mendadak , Penyebab Mual Dipagi Hari)

Penyebab kepala pusing dan mual

  1. Keracunan

Keracunan makanan, Obat obatan dan minuman tertentu dapat menjadi penyebab kepala pusing dan mual pada anak anak dan orang dewasa. Keracunan kerab menimbulkan gangguan sistem jaringan perut yang diiringi sakit kepala tiba tiba akibat kepanikan yang mengiringinya. (Baca Juga: Ciri Ciri Keracunan Makanan , Gejala Keracunan Makanan)

  1. Masuk angin

Ketika seseorang mengalami masuk angin maka keseimbangan tubuh menurun dan imunitasnyapun ikut berkurang , akibatnya akan mudah terserang masuk angin, Karena sakit kepala adalah bagian dari serangan masuk angin itu sendiri dimana secara umum disertai dengan mual mual. (Baca Juga: Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami , Ciri Ciri Masuk Angin)

  1. Kehamilan

Ibu yang sedang hamil muda biasanya akan mengalami perubahan hormon secara alami, Kondisi itulah akan menjadi penyebab kepala pusing dan mual mual yang akan terus terjadi hingga usia kehamilan mencapai 3 bulan atau bahkan lebih. (Baca Juga: Penyebab Bibir Sumbing , Efek Samping Binahong Untuk Ibu Menyusui)

  1. Siklus menstruasi

Pada saat wanita sedang memasuki siklus haid akan ada perubahan hormon yang mempengaruhi psikis, prilaku dan emosional secara individu. Ketika siklus haid sedang berlangsung maka secara alami tubuh kekurangan zat besi . Jika kondisi terus berlangsung maka akan menyebabkan pusing kepala dan mual yang berkepanjangan. (Baca Juga: Makanan yang Memperlancar Menstruasi , Cara Mengobati Darah

  1. Gangguan pencernaan

Penyebab kepala pusing dan mual dapat disebabkan karena seseorang sedang menderita gangguan pada sistem pencernaannya, Misalnya memiliki penyakit maag atau luka tukak lambung. Kondisi ini kerab menimbulkan rasa mual yang mempengaruhi ketegangan pada otot dan saraf saraf disekitar kepala yang menjadikan kepala menderita pusimng pusing. (Baca juga : Gangguan pencernaan)

  1. Stress berkepanjangan

Stress berkepanjangan adalah salah satu penyebab kepala pusing dan mual yang paling banyak dialami oleh manusia , Dimana sakitnya bisa muncul mendadak. Sejatinya manusia tidak akan bisa lari dari segala masalah yang sedang dihadapinya sehari hari, Maka tak heran jika Stres kerab menyebabkan gangguan pada jaringan kepala pada prian maupun wanita , yaitu munculnya sakit kepala, Kepala terasa berat dan muncul rasa pusing serta mual. (Baca juga: penyebab stres , Cara Menghilangkan Stres)

  1. Terlambat makan

Terlambat makan dapat memicu munculnya peningkatan asam lambung yang dapat menjadi penyebab kepala pusing dan mual mual yang timbul tenggelam. Ketika seseorang terlambat makan maka pada saat itulah tubuhnya sedang dalam kondisi kekuranagn zat gizi yang penting untuk metabolisme dan kelancaran seluruh aliran darahnya. (Baca Juga: Penyebab Nafsu Makan Meningkat , Asam Lemak Trans Monoenoic)

  1. Kelelahan

Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari dalam jedah yang selalu sama dan menuntut energi serta pikiran lebih cenderung menyebabkan tubuh mengalami kelelahan. Tubuh yang lelah dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah ke otak, Dimana pasokan darah tidak akan mengalir dengan lancar, Akibatnya akan timbul kepala pusing yang diiringi dengan mual . (Baca Juga: Cara Mengobati Mata Lelah , Gejala Mata Lelah)

  1. Kurang tidur 

Kebiasaan begadang atau tidur larut malam merupakan penyebab kepala pusing dan mual yang biasaa di alami oleh para pekerja yang berhubungan dengan jasaa misalnya sopir, Pembangun jalan raya, Gedung dan sebagainya. Begadang yang terus menerus dapat menyebabkan otot, Saraf saraf dan pembuluh darah menuju kepala menjadi semakin menciut, Terhambat dan tegang . Istirahat yang cukup sangat penting untuk menstabilkan energi dan stamina untuk keesokan harinya. Sebenarnya Saraf saraf dan arteri diarea kepala secara otomatis akan ikut beristirahat ketika seseorang beristirahat dan juga bisa terjadi sebaliknya. Baca juga : Bahaya akibat kurang tidur malam , Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur)

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca dapat menjadi penyebab kepala pusing dan mual dimana kondisi itu dapat mempengaruhi kondisi pembuluh darah di area kepala menjadi lebih sensitive terhadap perubahan cuaca yang terjadi. Pembuluh darah akan mengalami penyempitan dengan sendirinya guna untuk beradaptasi pada cuaca yang baru berlangsung akibatnya munculah kepala pusing dan mual mual. (Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Akut  , Obat Herbal Panas Dalam)

Penanganan

  • Membuat minuman tradisional sendiri yang telah terbukti mampu menyembuhkan sakit kepala misalnya minuman jahe merah kemudian beristirahat dengan pencahayaan ruangan yang tidak terlalu terang. Sedapat mungkin tidak ada suara apapun didalam ruangan tempat diman anda sedang beristirahat, Karena suara gaduh termasuk musik atau suara televisi adalah penyebab kepala pusing dan mual yang paling sering terjadi pada masyarakat kota. (Baca Juga: Obat Pegal Linu Tradisional , Bahaya Minuman Kemasan)
  • Minumlah obat pereda rasa sakit dimana sebelumnya telah direkomendasikan oleh dokter yang terkait lalu anda bisa melumatkan daun cocor bebek lalu dioleskan diatas dahin secara merata, Jadikan daun cocor bebek sebagai masker dahi. Daun cocor bebek ampuh dalam mengatasi nyeri kepala yang menyerang dahi. (Baca Juga: Cara Penularan Flu Burung)
  • Hindari kepulan asap rokok , Asap obat nyamuk atau udara yang mengandung radikal bebas lainnya agar kondisi pembuluh darah dikepala dalam keadaan yang tenang. asap seruingkali menjadi penyebab kepala pusing mual karena asaap mampu masuk kealiran darah menuju otak melalui rongga hidung dan mulut. (Baca Juga: Bahaya Menelan Asap Rokok , Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif)
  • Hindarai alkohol, Minuman yang mnengandung kafein (Kopi dan teh) agar tidak menderita pusing dan mual. Alkohol dan kafein adalh pemicu terbesra dan penyebab kepala pusing dan mual yang serimg menyerang wanita yang sedang hamil atau sedang mengalami siklus haid. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh)

You may also like