6 Efek Samping Ketumbar untuk Kesehatan

Ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ketumbar memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat yang dapat anda peroleh dari ketumbar adalah, ketumbar dapat mengobati peradangan kulit mengobati diare mengobati anemia mengobati sariawan dan mengobati penyakit penyakit lainnya. Di dalam ketumbar memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Namun Tahukah anda bahwa ternyata mengkonsumsi ketumbar juga memiliki efek samping tersendiri. Adapun efek samping dari mengkonsumsi ketumbar adalah sebagai berikut:

Baca juga:

Efek samping ketumbar

1. Sensitivitas cahaya matahari

Ketumbar memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, namun dengan mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi sensitif terhadap cahaya matahari. Mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan juga akan membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari dan mudah terkena kanker kulit ataupun penyakit kulit lainnya.

2. Reaksi alergi

Seseorang yang mengkonsumsi ketumbar secara berlebih akan menyebabkan reaksi alergi. Gunakanlah ketumbar secara bijak dan jangan menggunakan ketumbar dengan berlebihan. Karena menggunakan ketumbar secara berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi tertentu. Selain itu bagi Anda yang memiliki alergi terhadap ketumbar Carilah rekomendasi lain untuk mengobati penyakit tertentu manfaat ketumbar. Karena jika anda memaksakannya melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi ketumbar Padahal anda alergi terhadap ketumbar akan menimbulkan masalah baru. Selain itu bukannya penyakit Anda dapat teratasi dari manfaat ketumbar malah Anda terkena penyakit lainnya karena alergi terhadap ketumbar. Selain alergi terhadap ketumbar, masih banyak alergi yang harus kamu tau penyebabnya dan cara mengobatinya seperti penyebab alergi hidung gatal, penyebab alergi kulit, dan pengobatan seperti obat tradisional alergi telur dan obat alergi  mata

3. Mual

Rasa mual merupakan salah satu efek samping dari mengkonsumsi ketumbar, jika anda sedang melakukan program diet atau pengobatan dengan mengkonsumsi ketumbar maka anda perlu memperhatikan efek-efek apa saja yang Anda rasakan. Ketika anda merasa mual namun terjadi hanya beberapa saat saja dan tidak terjadi terus-menerus maka Anda dapat melanjutkan pengobatan anda dengan mengkonsumsi ketumbar. Namun sebaliknya jika anda mengkonsumsi ketumbar dan menyebabkan rasa mual secara terus-menerus dan tidak kunjung sembuh maka hentikanlah pengobatan tersebut. Gunakanlah alternatif pengobatan herbal lainnya. Apabila mual terus berlanjut gunakanlah cara mengatasi mual atau cara menyembuhkan mual secara alami

baca juga :


4. Muntah

Sama seperti mual muntah juga merupakan salah satu efek samping Ketika seseorang mengkonsumsi ketumbar. Bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi ketumbar secara rutin dan teratur, namun anda merasakan efek samping seperti mual disertai muntah-muntah segera hentikan penggunaan pengobatan dengan ketumbar. Jika hal ini dipaksakan maka tidak akan baik untuk pencernaan anda. Carilah rekomendasi obat herbal lainnya untuk mengobati penyakit yang sedang anda Derita. Namun sebaliknya Ketika anda mengkonsumsi ketumbar sebagai pengobatan dan anda tidak merasakan atau mengalami efek samping seperti mual hingga muntah muntah Anda dapat melanjutkan pengobatan anda dengan ketumbar. Perhatikanlah dalam mengkonsumsi ketumbar untuk pengobatan. Jangan mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan atau Anda dapat mencari rekomendasi pengobatan menggunakan ketumbar kepada herbalis atau dokter. Bahakan konsumsi ketumbar secara berlebihan bisa menjadi penyebab anak muntah-muntah karena adanya alergi ketumbar pada anak tersebut.

baca juga:

5. Anoreksia

Anoreksia merupakan salah satu efek samping yang disebabkan ketika anda mengkonsumsi ketumbar. Meskipun pada dasarnya mengkonsumsi ketumbar dapat meningkatkan nafsu makan namun, mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya sebuah gangguan makan. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya penolakan pada tubuh untuk mempertahankan berat badan yang sehat.


6. Anafilaksis

Anafilaksis merupakan salah satu reaksi alergi berhati yang dimana reaksi tersebut akan berujung pada kematian jika reaksi tersebut tidak ditangani secara medis. Untuk itu ketika anda mengkonsumsi ketumbar dan merasakan reaksi-reaksi tertentu segera periksakan lah ke dokter supaya Anda dengan cepat mendapat penanganan dari dokter. Biasanya seseorang yang terkena anafilaksis akan mengalami penyempitan saluran pernafasan sehingga sulit untuk bernafas dan mengalami penurunan tekanan darah secara drastis.

baca juga :

Itulah beberapa efek samping dari ketumbar, selain memiliki manfaat untuk kesehatan ketumbar juga memiliki efek samping namun Jangan khawatir karena lebih banyak manfaat dari ketumbar daripada efek sampingnya. Jika Anda menggunakan ketumbar atau mengkonsumsi ketumbar dengan tidak berlebihan maka anda tidak akan mengalami efek samping ketumbar. Untuk hidup agar pertumbuhan dapat bermanfaat bagi kesehatan tanpa efek samping tertentu maka gunakanlah ketumbar dengan bijak, atau gunakan a ketumbar sesuai dengan dosis yang ditentukan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 07:12 Oleh :
Kategori : Alergi