Ini Dia 15 Manfaat Luar Biasa Minum Air Kelapa Setiap Hari Tanpa Berlebihan

436

Manfaat Minum Air Kelapa Setiap HariMeminum air kelapa biasanya diketahui menjadi penyebab diare ketika dikonsumsi terlalu sering apalagi berlebihan. Bahkan air kelapa disebut sebagai minuman yang berbahaya untuk para penderita penyakit ginjal karena adanya kadar kalium tinggi di dalam air kelapa. Padahal sebenarnya, ada segudang manfaat minum air kelapa setiap hari, tentu asalkan dengan porsi yang tak berlebihan.

Sebelum menilik apa saja manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh air kelapa yang Anda nikmati setiap hari, berikut adalah sejumlah kandungan baik yang pasti Anda peroleh saat meminumnya.

·         Fosfor

·         Vitamin C

·         Asam folat

·         Thiamin

·         Magnesium

·         Asam fosfat

·         Niacin

·         Kalsium

·         Sodium

·         Kalium

·         Piridoksin

·         Zat besi

·         Riboflavin

Walau mungkin Anda sudah pernah dan bahkan terlalu sering mendengar manfaat dari mengonsumsi air kelapa, ada berbagai khasiat penting yang Anda belum kenal sepenuhnya apabila meminumnya setiap hari tanpa berlebihan.

1.       Menjadi Solusi Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh adalah kondisi yang kita sebut dengan dehidrasi. Karena kurangnya cairan, fungsi tubuh pun akhirnya menjadi kurang maksimal. Supaya kadar cairan tubuh kembali seimbang, begitu juga dengan elektrolit, penting untuk meminum air kelapa setiap hari tanpa berlebihan sambil diimbangi dengan asupan air putih cukup.

2.       Menurunkan Risiko Penggumpalan Darah

Konsumsi air kelapa telah terbukti baik dalam membantu mengurangi risiko pembekuan atau penggumpalan darah dalam tubuh. Jadi dengan kata lain, air kelapa memiliki kandungan baik yang sangat baik sebagai pengencer darah alami. Dengan begitu, air kelapa ini terlebih lagi bisa bermanfaat bagi orang-orang pasca menempuh operasi transplantasi organ.

3.       Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda mencari cara menurunkan berat badan yang alami, maka salah satu cara termudahnya adalah dengan menikmati air kelapa setiap hari. Air kelapa bila dikonsumsi rutin rupanya berkemampuan untuk menekan nafsu makan yang tinggi.

4.       Menghilangkan Sakit Kepala

Baik itu sakit kepala biasa ataupun migrain, ada kemungkinan bahwa kondisi ini disebabkan oleh cairan tubuh yang kurang. Oleh sebab itu, diperlukan asupan magnesium lebih bagi tubuh untuk bisa meredakan sakit kepala tersebut. Air kelapa justru dianggap sebagai solusi yang lebih aman ketimbang Anda menggunakan obat yang dibeli di warung atau apotek terdekat.

5.       Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Kardiovaskular

Untuk sistem kardiovaskular atau jantung bisa terjaga kesehatannya, maka penting untuk mengonsumsi air kelapa setiap hari. Nyatanya, mengonsumsi air kelapa justru memberikan perlindungan terhadap jantung dari berbagai gangguan. Sehingga dengan begitu, Anda bisa menurunkan risiko terkena jenis-jenis penyakit jantung.

6.       Menormalkan Kadar Gula Darah

Bagi para pemilik risiko penyakit diabetes, penting untuk tahu bagaimana menormalkan dan menstabilkan kembali kadar gula darah yang meningkat. Sebagai solusi alami, Anda bisa minum air kelapa setiap hari, tak perlu banyak-banyak, cukup air kelapa dari sebuah kelapa per hari akan sangat membantu mengurangi kadar glukosa darah.

7.       Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, di dalam air kelapa ada kandungan-kandungan baik seperti folat, piridoksin, thiamin, niacin, serta riboflavin yang menawarkan sifat alami antibakteri. Bahkan meminum air kelapa juga akan memberikan tubuh antivirus sehingga dapat diandalkan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif.

8.       Meningkatkan Energi

Ketika tubuh lemas dan lesu apalagi berkaitan dengan kinerja hormon tiroid yang kurang baik dan sedang terganggu, maka meminum air kelapa setiap hari bakal sangat menolong. Air kelapa dikenal efektif dalam menambah maksimal fungsi hormon tiroid, jadi tubuh yang mengalami cepat lelah akan kembali pulih dan bertenaga setelah mengonsumsinya.

9.       Meningkatkan Kecerahan Kulit

Air kelapa memberikan efek hidrasi sehingga tak hanya mencukupi cairan tubuh agar tetap seimbang, rupanya ini juga berdampak baik bagi kulit. Meminum air kelapa setiap hari secara cukup akan menghidrasi kulit dan hasilnya akan membuat kulit jauh lebih bercahaya dan cerah alami sehingga tampak lebih sehat.

10.   Menyehatkan dan Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium dan kalium berikut magnesium di dalam air kelapa mampu menjaga kesehatan tulang Anda. Tak perlu khawatir pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat terjadi karena meminum air kelapa secara rutin akan memperkuatnya. Kaya akan mineral, air kelapa bisa membuat tulang seiring waktu lebih berkembang kuat.

11.   Mengatasi Kram pada Otot

Kadar kalium dalam tubuh yang rendah adalah salah satu pemicu otot mudah kram. Jadi dengan meminum air kelapa setiap hari, otot yang terasa nyeri dan bahkan mengalami kram dapat teratasi secara alami dan efektif karena tubuh akhirnya memperoleh kalium yang lebih cukup.

12.   Meningkatkan Proses Metabolisme

Manfaat dari meminum air kelapa rutin tanpa terlalu banyak adalah sebagai peningkat metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang bekerja secara lebih cepat, otomatis proses penurunan berat badan dan pembakaran lemak sepanjang hari pasti lebih maksimal.

13.   Mencegah Penuaan Dini

Selain mencerahkan kulit dan membuatnya bercahaya alami, meminum air kelapa apalagi dilakukan setiap hari akan memberikan tubuh sitokinin yang menawarkan sifat anti-aging. Dengan begitu, tubuh akan memiliki kadar pH yang lebih seimbang dan penuaan dini pun bisa dicegah.

14.   Menormalkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Selain kadar gula darah, rupanya bagi Anda penderita tekanan darah tinggi atau bahkan yang memiliki kondisi kolesterol tinggi bisa mengandalkan air kelapa. Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, minum air kelapa rutin adalah cara melancarkan peredaran darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah yang naik serta menaikkan kadar HDL rendah, bahkan juga menurunkan potensi stroke sekaligus serangan jantung.

15.   Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Anda pasti pernah mendengar bahwa air kelapa bisa menjadi solusi diare. Bahkan yang mengalami sembelit sekalipun bisa mengonsumsi air kelapa agar BAB menjadi lebih lancar. Berbagai masalah di pencernaan hingga masalah di ginjal, kandung kemih dan penyakit cacingan bisa Anda coba tangani dengan minum air kelapa.

Manfaat minum air kelapa setiap hari bukan main luar biasanya dan Anda pasti setuju setelah melihat uraian tersebut. Hanya saja, perhatikan juga bahaya air kelapa karena meminumnya berlebihan pun bisa mengancam kesehatan Anda; tetaplah konsumsi dalam kadar wajar setiap harinya supaya manfaat segudangnya bisa Anda peroleh.