Leusin : Fungsi, Sumber dan Efeknya

3730

Leusin atau leucine, siapa yang pernah mendengar kata ini?. Memang tidak banyak orang yang tahu apa itu leusin. Leucine merupakan kelompok asam amino esensial dan biasanya berfungsi bagi hati dan juga jaringan lemak maupun otot. Leusin merupakan satu-satunya asam amino dan sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Manusia yang mengkonsumsi makanan sumber leucine bisa mencegah gangguan fungsi tubuh apalagi bagi orang yang usianya lebih dari 40 tahun. Leusin tidak diproduksi oleh tubuh. Oleh sebab itulah leusin ini harus didukung menggunakan makanan yang ada di sekitar kita.

Fungsi dan Manfaat Leusin

Salah satu hal yang harus diketahui oleh masyarakat luas adaah fungsi dari leucine. Tahukah anda apakah fungsi dari leucine tersbeut?, berikut ini adalah fungsi dari leucine yang harus kita ketahui bersama :

  1. Memperbaiki Kerusakan dan Membangun Otot

Salah satu fungsi dari leucin adalah memperbaiki kerusakan otot kemudian membangun otot yang rusak. Untuk menjalankan fungsinya, leucine ini akan bekerjasama dengan isoleusin. Isoleusin dan leusin slaing bekerjasama untuk membangun otot yang kuat sehingga tubuh tidak akan mudah mengalami nyeri otot.

Baca : Cara meningkatkan massa ototMakanan pembentuk otot tubuh

  1. Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

Gula darah yang tinggi menjadi ancaman kesehatan yang serius, sebab bisa menyebabkan seseorang mengalam diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit seumur hidup dan membutuhkan obat seumur hidup. Oleh sebab itu tidaka da salahnya jika kita mencegah penyekit diabetes dengan mengontrol gula darah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Baca : Bahaya mie instan bagi penderita diabetesCara mencegah diabetes

  1. Menciptakan Energi

Semua jenis asam amino esensial memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme gula dan lemak sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan fungsi dari asam amino untuk menciptakan energi salah satunya adalah leusin tersebut.

Metabolisme gula dan lemak yang ada di dalam tubuh akan dibakar dan diubah menjadi energi. Orang yang mengkonsumsi leucine setiap harinya akan memiliki energi yang prima dalam menajalankan setiap aktivitasnya.

  1. Meningtkan Produksi Hormon

Orang yang mengkonsumsi leusin setiap harinya bisa meningkatkan produksi hormon. Saat hormon terganggu maka kesehatan seseorang menjadi terganggu, tidak hanya itu saja kelainan hormon juga menjadi penyebab kesuburan seseorang menjadi terganggu. Dengan mengkonsumsi leusin, hormon yang tadinya tidak seimbang menjadi seimbang dan normal. Hal itu dikarenakan kandungan leusin mampu merangsang sel hormon untuk menjadi normal kembali.

Baca : Penyebab hormon prolaktin tinggiCara meningkatkan hormon progesteron

  1. Pembakaran Lemak

Manfaat leusin lainnya adalah bisa digunakan untuk pembakaran lemak. Lemak yang terlalu banyak menempel di dalam tubuh akan dibakar menggunakan leucine saat metabolism lemak dan gula sedang berlangsung. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi anda yang sedang diet mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung leucine agar dietnya menjaid berhasil.

Baca : Makanan yang dilarang saat dietCara menahan lapar untuk diet yang sehatCara diet yang benar dan salah

  1. Memulihkan Otot

Leucine ini sangat bermanfaat sekali bagi otot manusia. Selain bisa digunakan untuk membangun otot dan memperbaiki kerusakan otot.  Leucine bisa digunakan sebagai energi untuk syaraf otot dan jaringan otot. Orang yang kekurangan leucine bisa mudah kentara yaitu saat sehabis olahraga meskipun dia melakukan pemanasan dengan baik, dia tetap merasakan kram dan kesemutan. Hal itu dikarenakan syaraf ototnya tidak memiliki cukup energi sehingga mudah sekali mengalami kram dan kaku sendi. Oleh sebab itu sangat penting bagi orang yan suka berolahraga untuk mencukupi kebutuha  leucine agar tidak terjadi hal-hal yang serius dengan otot dan sendinya.

Kebutuhan Leusin per Hari

Untuk bisa mencukupi kebutuhan leucine dalam sehari, kita harus tahu batasan leucin setiap harinya. Kekurangan tidak bagus namun kelebihan juga tidak bagus. Oleh sebab itu ada baiknya kia tahu batasan pasti berapa banyak tubuh membutuhkan leucine setiap harinya. Jumlah leusin bisa dikonsumsi dalam batas yang wajar yaitu sekitar 12 mg per hari saja.

Efek Kekurangan Leusin

Ada beberapa efek yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan leucine. Berikut ini adalah dampak kekurangan Leucine yang bisa terjadi pada siapa saja yan jarang mengkonsumsi nutrisi tersebut :

  1. Otot Mengalami Masalah

Karena fungsi dan manfaat Leucine ini kebanyakan di otot, maka hal pertama yang bisa terjadi ketika seseoang kekurangan leusin adalah orang tersebut akan mengalami masalah pada ototnya. Misalnya ototnya akan mudah sekali merasakan kram, kaku dan sulit digerakkan. Tidak hanya itu saja seseorang dengan kekurangan Leucine dia akan mudah merasakan kelelahan terutama jia dia menggunakan ototnya untuk melakukan hal-hal yang berat. Tahap kekurangan leusin dalam tahap yyang parah adalah otot akan mengalami maslaha meskpun hanya untuk berjalan ringan.

Baca : Penyebab kram kaki

  1. Sering Merasakan kesemutan

Karena otot tidak berenergi sehingga kesehatan otot menjadi berkurang. Tidak mengherankan jika orang yang kkekurangan kandungan Leucine di dalam tubuhnya dia akan sering merasakan kesemutan meskipun hanya melakukan aktivitas yang ringan. Kesemutan tidak hanya menjadi tanda orang kekurangan leusin saja namun juga menjadi tanda seseorang terkena asam urat maupun penyakit diabetes. Oleh sebab itu bagi anda yang sering merasakan kesemutan jangan pernah menanggap remeh gejala kesemutan tersebut.

Baca : Penyebab jari kaki kramTangan kram dan kaku

  1. Mudah Merasakan Lemas

Lemas menjadi tanda seseorang terkena anemia namun kekurangan Leucine juga bisa menyebabkan seseorang terkena lemas berkepanjangan. Saat seseorang merasakan lemas, dia akan kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya akibat kurangnya energi yang ada di dalam tubuhnya.

Baca : Penyebab tubuh gemetar dan lemasTubuh lemas tak bertenaga

Efek Kelebihan Leusin

Sesuatu yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan. Ada orang yang terlalu semangat memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari justru semua ntrisi yang dikonsumsinya menjadi berlebihan. Oleh sebab itu kita harus tahu berapa batasan jumlah Leucine yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia.

Berikut ini adalah dampak kelebihan leusin yang harus diwaspadai oleh kita semua :

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Terlalu banyak mengkonsumsi Leucine justru akan meingkatkan nafsu makan seseorang. Pada dasarnya leusin banyak dikonsumsi seorang atlet untuk selalu berenergi dan bertenaga. Namun jika dkonsumsi secara berlebihan jutru nafsu makan menjadi bertambah.

Baca : Cara meningkatkan nafsu makanCara mengurangi nafsu makan

  1. Menyebabkan Kelainan Syaraf

Otot yang distimulasi terlalu sering dan terlalu berlebihan justru akan menyebabkan kelainan syaraf. Jika kekurangan leusin bisa menyebabka kesehatan otot terganggu, maka jika kelebihan lama kelamaan otot yang dirangsang secara berlebihan akan menyebabkan syaraf mengalami kelainan.

Baca : Jenis penyakit syaraf

  1. Membuat Gula Darah Menurun

Leucine dalam tahap yang normal bisa digunakan untuk menormalkan gula darah. Sayangnya jika leusin terlalu berlebihan, gula darah yang ada di dalam tubuh menjadi menurun. Gula darah menurun ini disebut dengan hipoglikemia. Saat gula darah menurun orang akan mengalami berbagai macam gejala berupa pusing, mata berkunang-kunang bahkan bisa pingsan dan kehilangan kesadaran.

  1. Menganggu Keseimbangan Hormon

Memang hormon bisa diseimbangkan dan distabilkan menggunakan Leucine . Namun jika hormon dirangsang dan distimulasi terlalu berlebihan akbatnya hormon menjadi tidak stabil dan menjaid terganggu. Orang yang mengalami masalah hormon tidak boleh diaggap remeh sebab bisa menyebabkan kemandulan.

Sumber Makanan Leusin

Untuk mencukupi kebutuhan akan leucine kita harus tahu sumber makanan apa saja yang mengandung cukup leusin. Berikut ini adalah makana  yang mengandung leusin tinggi dan bisa untuk kita konsumsi :

Itulah beberapa informasi mengenai Leucine yang wajib kita ketahui, emskiun tidak setenar dengan asam amino yang lannya namun kita harus menckui kebutuhan leusin ini. Bagi anda yang hobi olahraga, leusin menjdi nutrisi wajib abgi anda sebab leusin akan menjaga kestabilan dan eksehatan otot anda. Begitupula dengan anda yang memiliki aktivitas yang padat. Mengkonsumsi Leucine bisa menjadikan anda memiliki energi yang cukup untu beraktivitas sepanjang hari.